Sabtu, 22 Februari 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJEMEN PADA PT PP LONSUM INDONESIA Tbk.

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Banyak perusahaan yang berkembang seiring dengan waktu dewasa ini. Perusahaan-perusahaan tersebut berkembang sesuai dengan kebutuhan berbagai pihak, mulai dari perusahaan dagang, jasa serta perusahaan manufaktur. Sebagian besar tujuan dari perusahaan-perusahaan tersebut adalah profit yang maksimum. Atas dasar tujuan tersebut, berbagai pihak dalam perusahaan selalu berupaya untuk melakukan hal-hal yang dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Keuntungan yang diperoleh perusahaan tentunya bukan merupakan hasil pekerjaan dari satu orang saja, melainkan hasil usaha dari semua pihak Zulaika : Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajemen Pada Pt Pp Lonsum Indonesia Tbk, 2008. USU Repository © 2009
yang terlibat dalam perusahaan tersebut. Perusahaan manufaktur yang melaksanakan kegiatan lebih kompleks juga memiliki berbagai cara untuk mencapai tujuan utama yaitu laba yang maksimal. Oleh karena itu, perusahaan selalu berupaya untuk menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang murah dan terjangkau pada segmennya. Kualitas menjadi hal utama bagi setiap perusahaan. Kualitas yang ditampilkan perusahaan selalu mengarah pada produk, harga dan waktu. Artinya setiap pelanggan selalu menginginkan produk dengan kualitas yang bagus dengan harga murah dan dapat diperoleh pada saat dibutuhkan oleh pelanggan. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, maka pihak-pihak yang terlibat dalam perusahaan harus bekerja dengan maksimal. Secara garis besar, kinerja manajemen perusahaan yang bagus akan bersinergi terhadap kualitas produk yang diharapkan pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan suatu Total Quality Management (TQM) yang diterapkan dengan langkah-langkah yang tepat.
Hal yang paling ditegaskan dalam TQM adalah mengenai kualitas yang mencakup produk, pelayanan dan karyawan atau manajemen perusahaan tersebut. Menjadi suatu kelayakan bahwa yang berperan besar dalam pemenuhan kualitas adalah manajemen perusahaan. Dalam melaksanakan TQM, manajemen melakukan segala aspek kegiatan dengan perbaikan terus-menerus yang berfokus pada pelanggan untuk menghasilkan Zulaika : Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajemen Pada Pt Pp Lonsum Indonesia Tbk, 2008. USU Repository © 2009
produk yang berkualitas. Karena adanya keterbatasan data, waktu dan dana maka penulis membatasi unsur TQM yang diteliti adalah fokus pada pelanggan, perbaikan berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan serta pelibatan dan pemberdayaan karyawan. Pada hakikatnya tujuan bisnis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan para pelanggan. Karena pelanggan merupakan orang atau organisasi yang menerima hasil pekerjaan, maka menjadi hal penting untuk memberikan produk yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Oleh karena kepuasan pelanggan merupakan prioritas dalam penerapan TQM, maka selayaknya perusahaan harus berfokus pada pelanggan. Efektivitas penerapan TQM harus mendasar pada perubahan infrastruktur organisasional, yang meliputi perbaikan berkesinambungan. Jika dituntut untuk melakukan perbaikan kinerja, tentunya harus ada perbaikan berkesinambungan. Perbaikan berkesinambungan merupakan unsur fundamental dalam TQM. Sistem ini dibuat untuk menilai apakah dengan diberlakukannya sistem ini sebagai penerapan TQM dapat meningkatkan kinerja manajemen.
Unsur fundamental lain dalam TQM adalah pendidikan dan pelatihan yang merupakan pengembangan personil secara terus-menerus. Apabila merujuk pada kondisi sekarang, untuk dapat bertahan menghadapi persaingan global maka harus ada pendidikan dan pelatihan karyawan dan manajemen Zulaika : Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajemen Pada Pt Pp Lonsum Indonesia Tbk, 2008. USU Repository © 2009
perusahaan. Berdasarkan kategori karyawan, pelatihan dapat berupa program orientasi karyawan baru, pelatihan umum secara ekstensif, pelatihan job-spesific, praktik standard setahap demi setahap, dan pelatihan peralatan, serta prosedur operasi. Sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan ini akan berpengaruh terhadap kinerja manajemen perusahaan. Selain unsur-unsur TQM diatas, pelibatan dan pemberdayaan karyawan juga menjadi hal penting dalam menilai perbaikan kinerja manajemen. Pelibatan dan pemberdayaan karyawan selalu menjadi perhatian utama setiap manajemen dalam perusahaan. Hal ini dibuat untuk menilai apakah pelibatan dan pemberdayaan karyawan berpengaruh pada peningkatan kinerja manajemen yang diharapkan. Kinerja merupakan suatu pengukuran prestasi kerja dari para karyawan dan manajemen, sehingga perlu untuk melihat hal apa saja yang mempengaruhinya. Disamping hal-hal yang mempengaruhi, diperlukan suatu sistem pengukuran yang tepat untuk diterapkan setiap perusahaan sehingga bermanfaat untuk menilai kinerja manajemen berdasarkan porsi yang tepat.
Penelitian ini dilakukan di PT PP LONSUM INDONESIA Tbk. Penulis memilih perusahaan ini karena PT PP LONSUM INDONESIA Tbk merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan sistem pengukuran kinerja berdasarkan balanced scorecard. Balanced Scorecard adalah suatu sistem pengukuran kinerja yang lebih detail dan menyeluruh karena tidak hanya menilai dari segi keuangan tetapi juga dari sisi lain yang Zulaika : Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajemen Pada Pt Pp Lonsum Indonesia Tbk, 2008. USU Repository © 2009

mempengaruhi kinerja, diantaranya dari sisi pelanggan, proses bisnis serta pembelajaran dan pertumbuhan. Atas dasar hal tersebut diatas, maka penulis memilih judul “Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajemen Pada PT PP LONSUM INDONESIA Tbk”  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi