BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perkembangan
dunia industri sekarang kian pesat, salah satunya di industri minuman dalam
kemasan yang terbukti dengan banyaknya produk minuman dalam kemasan yang
ditawarkan produsen ke pasar. Perkembangan ini disebabkan mulai dari tingginya
kebutuhan masyarakat akan kepraktisan minuman dalam kemasan dan keinginan
masyarakat untuk menikmati rasa-rasa yang berbeda yang ditawarkan produsen
minuman dalam kemasan kepada masyarakat.
Karena
banyaknya produk yang ditawarkan produsen kepada masyarakat maka persaingan di
dalam industri ini pun semakin tajam. Akibat dari persaingan yang semakin tajam
ini produsen dituntut untuk melahirkan inovasi-inovasi produk baru yang berbeda
dari pesaing-pesaingnya untuk merebut minat konsumen dan menguasai pasar. Salah
satu inovasi yang dulu dan sampai sekarang kita rasakan adalah minuman bersoda
dalam kemasan yang memiliki berbagai macam rasa dan merek. Dan sekarang inovasi
terbaru di industri minuman dalam kemasan yang sedang kita rasakan adalah
minuman isotonik yang dicap produsen sebagai minuman yang mampu membuat tubuh
kembali segar seusai berolah raga dan bekerja karena dapat mengembalikan
ion-ion tubuh yang hilang karena melakukan berbagai aktivitas.
Inovasi yang terbilang baru seperti
ini belum tentu langsung mendapat respon yang baik dari masyarakat sebagai
konsumen. Karena masyarakat belum banyak mengetahui dan mengenal apa itu
minuman isotonik. Untuk itu para produsen harus memulai dengan mempromosikan
produk agar diketahui masyarakat dan sangat penting bagi produsen untuk harus
memasarkannya dan mendistribusikannya secara baik agar dapat dikenal dan
dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sebagai konsumen.
Sebuah inovasi menghasilkan produk dan setiap produk yang
tercipta diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setelah perusahaan
menghasilkan produk, pada tahap berikutnya perusahaan melakukan penetapan harga
dan setelah itu tiba saatnya perusahaan harus melempar produknya ke pasar.
Produk yang diciptakan tadi perlu untuk didistribusikan agar konsumen dapat
menikmati dan menkonsumsi produk tersebut.
Distribusi sangat penting dalam aktivitas sebuah perusahaan,
jika perusahaan tersebut tetap ingin hidup terus secara berkesinambungan, maka
perusahaan harus mampu memasarkan produk yang dihasilkannya kepada konsumen
agar dikonsumsi dan otomatis perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari produk
yang dikonsumsi. Dan jalan yang harus ditempuh perusahaan adalah mendistribusikannya
melalui jalur atau saluran distribusi, yaitu jalur atau keseluruhan perantara
pemasaran yang dilalui barang dan jasa dari produsen hingga sampai ke pemakai
industri dan konsumen. Untuk mampu memasarkan produknya ke masyarakat dan
memastikan produknya dapat dinikmati konsumen maka perusahaan harus tepat
membuat keputusan untuk
memilih jalur pendistribusian mana
yang akan digunakan perusahaan untuk merealisasikan hal tersebut.
Dalam membuat keputusan mengenai jenis jalur atau saluran
pendistribusian yang akan digunakan, perusahaan perlu mempertimbangkan jenis
produk, karakteristik konsumen, dan sebagainya. Dan dalam mendistribusikan
produk dari produsen ke konsumen biasanya melibatkan sejumlah perantara
pemasaran, yaitu orang-orang yang terlibat dalam perpindahan barang dan jasa
dari produsen ke konsumen.
Kegiatan-kegiatan pemasaran yang berkaitan dengan produk dan
penetapan harga tidak akan berguna jika tidak dilengkapi dengan kegiatan
distribusi. Selain itu, kegiatan promosi yang sangat penting pun tidak ada
manfaatnya jikalau produk tersebut tidak tersedia pada saat dibutuhkan karena
tidak terdistribusi dengan baik ke pasar. Dengan menggunakan jalur distribusi
yang baik pula perusahaan bisa menjamin produknya terdistribusi pada
tempat-tempat yang mudah diperoleh konsumen agar konsumen dapat menikmati
produk tersebut dengan mudah.
Bisa dibayangkan bila perusahaan tidak mampu memilih jalur
pendistribusian yang tepat, perusahaan akan merugi karena bisa-bisa produknya
tidak akan sampai dan tidak bisa dikosumsi masyarakat. Terlebih lagi bagi
produk yang lahir dari biaya produksi yang tidak sedikit dan riset produk yang
memakan waktu cukup lama apabila tidak terdistribusi dengan baik maka akan
sangat mengganggu kelangsungan hidup perusahaan.
Jadi bisa kita sebut walaupun jalur
pendistribusian ini merupakan proses terakhir di perusahaan dalam memasarkan
barang tetapi menjadi hal penting yang kelihatannya sederhana yang harus
diperhatikan setiap perusahaan dalam memasarkan produknya. Berdasarkan uraian
di atas dan melihat pentingnya jalur pendistribusian dalam memasarkan produk
bagi tujuan perusahaan, membuat penulis merasa tertarik untuk membahas
permasalahan tersebut dalam bentuk skripsi minor dengan judul “ANALISIS
JALUR PENDISTRIBUSIAN PRODUK MINUMAN POCARI SWEAT OLEH PT. AMERTA INDAH OTSUKA
MEDAN”
B. Perumusan Masalah
Jalur pendistribusian mempunyai arti penting bagi perusahaan
sebagai jalur dalam memasarkan produk kepada konsumen. Perusahaan harus tepat
dalam memilih jalur pendistribusian yang akan mereka terapkan dalam memasarkan
dan mendistribusikan produk mereka ke pasar. Setelah perusahaan memilih jalur
pendistribusian, tetapi dalam pelaksanaannya perusahaan masih mengalami kendala
yang dapat mengakibatkan proses pendistribusian dan penjualan terganggu.
Untuk lebih memperjelas permasalahan yang dijadikan sebagai
dasar penulisan tugas akhir ini, maka penulis mencoba untuk merumuskan
permasalahan tersebut dalam bentuk pertanyaan “apakah pemilihan jalur
pendistribusian yang digunakan oleh PT. AMERTA INDAH OTSUKA
MEDAN dalam mendistribusikan minuman pocari
sweat sudah berjalan secara efektif dan efisien?” .
C. Tujuan
Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan penelitian pada penyusunan tugas
akhir ini adalah untuk mengetahui dan membahas jalur pendistribusian minuman
pocari sweat yang digunakan oleh PT. AMERTA INDAH OTSUKA MEDAN sudah berjalan
dengan efektif dan efisien.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diperoleh penulis dari hasil penelitian
melalui laporan tugas akhir ini adalah :
a. Bagi Penulis
1. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan
pada Fakultas Ekonomi Program Diploma III Jurusan Keuangan .
2. Untuk meningkatkan wawasan serta pengetahuan mengenai
pentingnya jalur pendistribusian dalam memasarkan produk dari produsen ke
konsumen.
b. Bagi Perusahaan
Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil
langkah tepat di dalam memajukan perusahaan pada masa akan datang.
b. Bagi Peneliti Lain
Dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dan informasi bagi
rekan-rekan yang akan melakukan penelitian pada masa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi