Rabu, 12 Maret 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS JALUR PENDISTRIBUSIAN PRODUK MINUMAN POCARI SWEAT OLEH PT. AMERTA INDAH OTSUKA


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Perkembangan dunia industri sekarang kian pesat, salah satunya di industri minuman dalam kemasan yang terbukti dengan banyaknya produk minuman dalam kemasan yang ditawarkan produsen ke pasar. Perkembangan ini disebabkan mulai dari tingginya kebutuhan masyarakat akan kepraktisan minuman dalam kemasan dan keinginan masyarakat untuk menikmati rasa-rasa yang berbeda yang ditawarkan produsen minuman dalam kemasan kepada masyarakat.

Karena banyaknya produk yang ditawarkan produsen kepada masyarakat maka persaingan di dalam industri ini pun semakin tajam. Akibat dari persaingan yang semakin tajam ini produsen dituntut untuk melahirkan inovasi-inovasi produk baru yang berbeda dari pesaing-pesaingnya untuk merebut minat konsumen dan menguasai pasar. Salah satu inovasi yang dulu dan sampai sekarang kita rasakan adalah minuman bersoda dalam kemasan yang memiliki berbagai macam rasa dan merek. Dan sekarang inovasi terbaru di industri minuman dalam kemasan yang sedang kita rasakan adalah minuman isotonik yang dicap produsen sebagai minuman yang mampu membuat tubuh kembali segar seusai berolah raga dan bekerja karena dapat mengembalikan ion-ion tubuh yang hilang karena melakukan berbagai aktivitas.

Inovasi yang terbilang baru seperti ini belum tentu langsung mendapat respon yang baik dari masyarakat sebagai konsumen. Karena masyarakat belum banyak mengetahui dan mengenal apa itu minuman isotonik. Untuk itu para produsen harus memulai dengan mempromosikan produk agar diketahui masyarakat dan sangat penting bagi produsen untuk harus memasarkannya dan mendistribusikannya secara baik agar dapat dikenal dan dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sebagai konsumen.
Sebuah inovasi menghasilkan produk dan setiap produk yang tercipta diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setelah perusahaan menghasilkan produk, pada tahap berikutnya perusahaan melakukan penetapan harga dan setelah itu tiba saatnya perusahaan harus melempar produknya ke pasar. Produk yang diciptakan tadi perlu untuk didistribusikan agar konsumen dapat menikmati dan menkonsumsi produk tersebut.
Distribusi sangat penting dalam aktivitas sebuah perusahaan, jika perusahaan tersebut tetap ingin hidup terus secara berkesinambungan, maka perusahaan harus mampu memasarkan produk yang dihasilkannya kepada konsumen agar dikonsumsi dan otomatis perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari produk yang dikonsumsi. Dan jalan yang harus ditempuh perusahaan adalah mendistribusikannya melalui jalur atau saluran distribusi, yaitu jalur atau keseluruhan perantara pemasaran yang dilalui barang dan jasa dari produsen hingga sampai ke pemakai industri dan konsumen. Untuk mampu memasarkan produknya ke masyarakat dan memastikan produknya dapat dinikmati konsumen maka perusahaan harus tepat membuat keputusan untuk

memilih jalur pendistribusian mana yang akan digunakan perusahaan untuk merealisasikan hal tersebut.
Dalam membuat keputusan mengenai jenis jalur atau saluran pendistribusian yang akan digunakan, perusahaan perlu mempertimbangkan jenis produk, karakteristik konsumen, dan sebagainya. Dan dalam mendistribusikan produk dari produsen ke konsumen biasanya melibatkan sejumlah perantara pemasaran, yaitu orang-orang yang terlibat dalam perpindahan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Kegiatan-kegiatan pemasaran yang berkaitan dengan produk dan penetapan harga tidak akan berguna jika tidak dilengkapi dengan kegiatan distribusi. Selain itu, kegiatan promosi yang sangat penting pun tidak ada manfaatnya jikalau produk tersebut tidak tersedia pada saat dibutuhkan karena tidak terdistribusi dengan baik ke pasar. Dengan menggunakan jalur distribusi yang baik pula perusahaan bisa menjamin produknya terdistribusi pada tempat-tempat yang mudah diperoleh konsumen agar konsumen dapat menikmati produk tersebut dengan mudah.
Bisa dibayangkan bila perusahaan tidak mampu memilih jalur pendistribusian yang tepat, perusahaan akan merugi karena bisa-bisa produknya tidak akan sampai dan tidak bisa dikosumsi masyarakat. Terlebih lagi bagi produk yang lahir dari biaya produksi yang tidak sedikit dan riset produk yang memakan waktu cukup lama apabila tidak terdistribusi dengan baik maka akan sangat mengganggu kelangsungan hidup perusahaan.

Jadi bisa kita sebut walaupun jalur pendistribusian ini merupakan proses terakhir di perusahaan dalam memasarkan barang tetapi menjadi hal penting yang kelihatannya sederhana yang harus diperhatikan setiap perusahaan dalam memasarkan produknya. Berdasarkan uraian di atas dan melihat pentingnya jalur pendistribusian dalam memasarkan produk bagi tujuan perusahaan, membuat penulis merasa tertarik untuk membahas permasalahan tersebut dalam bentuk skripsi minor dengan judul “ANALISIS JALUR PENDISTRIBUSIAN PRODUK MINUMAN POCARI SWEAT OLEH PT. AMERTA INDAH OTSUKA MEDAN”
B. Perumusan Masalah

Jalur pendistribusian mempunyai arti penting bagi perusahaan sebagai jalur dalam memasarkan produk kepada konsumen. Perusahaan harus tepat dalam memilih jalur pendistribusian yang akan mereka terapkan dalam memasarkan dan mendistribusikan produk mereka ke pasar. Setelah perusahaan memilih jalur pendistribusian, tetapi dalam pelaksanaannya perusahaan masih mengalami kendala yang dapat mengakibatkan proses pendistribusian dan penjualan terganggu.
Untuk lebih memperjelas permasalahan yang dijadikan sebagai dasar penulisan tugas akhir ini, maka penulis mencoba untuk merumuskan permasalahan tersebut dalam bentuk pertanyaan “apakah pemilihan jalur pendistribusian yang digunakan oleh PT. AMERTA INDAH OTSUKA

MEDAN dalam mendistribusikan minuman pocari sweat sudah berjalan secara efektif dan efisien?” .
C. Tujuan Penelitian

Adapun yang menjadi tujuan penelitian pada penyusunan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui dan membahas jalur pendistribusian minuman pocari sweat yang digunakan oleh PT. AMERTA INDAH OTSUKA MEDAN sudah berjalan dengan efektif dan efisien.
D. Manfaat Penelitian

Manfaat yang dapat diperoleh penulis dari hasil penelitian melalui laporan tugas akhir ini adalah :
a. Bagi Penulis
1. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada Fakultas Ekonomi Program Diploma III Jurusan Keuangan .
2. Untuk meningkatkan wawasan serta pengetahuan mengenai pentingnya jalur pendistribusian dalam memasarkan produk dari produsen ke konsumen.
b. Bagi Perusahaan

Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil langkah tepat di dalam memajukan perusahaan pada masa akan datang.


b. Bagi Peneliti Lain

Dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dan informasi bagi rekan-rekan yang akan melakukan penelitian pada masa yang akan datang.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi