Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS PELAKSANAAN SELEKSI DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA PADA PT.INDOKARYA TRI UTAMA


 BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pada dasarnya, dalam pemerkerjaan tenaga kerja dewasa ini mengalami perubahan seiring dengan persaingan bisnis global yang semakin kompleks dan sulit diprediksi. Tentu bukan tanpa alasan sehingga terjadi perubahan. Permintaan pasar yang fluktuatif sebagai akibat munculnya pesaing ataupun akibat kondisi ekonomi yang menurun serta maraknya persoalan ketenaga kerjaan harus diakui, merupakan beberapa sebab utama perubahan paradigma ini. Model pemekerjaan yang bersifat seumur hidup untuk satu perusahaan sebagaimana kecenderungan pada era sebelum tahun 2000 berubah secara total dengan sistem kontrak dan berikutnya bergerak ke model Outsourcing.

PT. INDOKARYA TRI UTAMA sudah mengantisipasi hal ini Sejak didirikan pada tahun 1997 dengan fokus bisnis pada bidang pendidikan dan penenpatan tenaga kerja. Pada awalnya bisnis penempatan tenaga kerja dan outsourcing hanya terfokus pada tingkat operator di manafaktur, staff administrasi, petugas keamanan, clearing servis dan office boy serta pengemudi akan tetapi belakangan ini semakin banyak perusahaan yang meminta tenaga kerja outsourcing untuk bidang pertambangan, penjualan, pemasaran, promosi dan lain-lain. Setiap perusahaan baik kecil, menengah maupun perusahaan besar memiliki tenaga tidak mahir, setengah terampil, terampil dan apa yang biasanya disebut white collar pekerjaan. Proses rekrutmen adalah waktu lama, memerlukan ekstra upaya dan biaya tinggi bila menangani dalam perusahaan. Untuk mengatasi
1

kendala pada PT. INDOKARYA TRI UTAMA menyediakan layanan untuk menyiapkan tenaga kerja sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh pelanggan melalui database yang diperbaharui secara berkala. Pelanggan akan mewawancarai calon-calon yang telah dipilih dari database perusahaan sebagai proses seleksi dan memutuskan yang lulus atau tidak. Setiap kali Nasabah yang merekrut calon, sebagai kompensasi perusahaan akan biaya rekrutmen biaya yang relatif lebih murah dan pada calon Pelanggan akan menjadi tanggung jawab. PT. INDOKARYA TRI UTAMA akan memberikan 3 (tiga) bulan untuk menjamin Kandidat untuk bekerja pada saat Nasabah dan Calon memutuskan untuk mengakhiri pekerjaan sebelum 3 (tiga) bulan waktu itu dipenuhi maka kami akan mengganti dengan yang baru yaitu kandidat dan selanjutnya kondisi negotiable .
Disamping tingkat operator seperti: tukang las, Driver, Security Guard, Rekayasa, Helper dan lain-lain kami juga mampu menyediakan dan di database kami memiliki staf profesional seperti: Supervisor, Engineer, Finance, Akunting, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Penjualan , Logistik, Interpreter, dll untuk Manufaktur dan Jasa Perusahaan. Seleksi dan penempatan Tenaga kerja yang dilaksanakan dengan baik akan membantu perusahaan dalam mencapai produktivitas yang tinggi, sebab seleksi terhadap tenaga kerja dimaksudkan agar penempatan calon pegawai sesuai dengan kemampuan serta sifat pekerjaan yang akan diberikan kepadanya.telah menjadi suatu keharusan bagi perusahaan untuk memilih atau mengadakan seleksi kepada calon pengawai yang akan menjadi karyawannya.

Kegagalan dalam melaksanakan seleksi dan penempatan tenaga kerja akan mempengaruhi proses pencapaian tujuan perusahaan. Proses seleksi atau prosedur seleksi hahus benar-benar dipikirkan karena menyangkut prosess jangka panjang dari tenaga kerja, prinsip “The Right Man On Right Place” merupakan suatu pegangan bagi manerima tenaga kerja. Kegagalan suatu organisasi dalam mencapai tujuan sering terjadi karena tidak tersedianya tenaga kerja yang terampil untuk kebutuhan organisasi. Hal yang paling mendasar adalah bagaimana seleksi dan penenpatan tenaga kerja tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Tenaga kerja merupakan sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan dan mengendalikan kegiatan guna pencapaian tujuan perusahaan. Komitmen PT. INDOKARYA TRI UTAMA senantiasa menumbuhkan sikap profesional para staff, mendengarkan masukan dan harapan pelanggan serta melakukan evaluasi perbaikan bahkan pembenahan organisasi secara berkesinambungan demi Kepuasan pelanggan PT. INDOKARYA TRI UTAMA.
3
Namun pelatihan merupakan aspek penting dipisahkan dari proses kerja. Perkembangan teknologi, perubahan paradigma dalam dunia bisnis, ahli pembangunan akan mengubah sistem kerja, budaya kerja yang menyebabkan kebutuhan mendesak untuk melatih pekerja yang memungkinkan mereka untuk mengikuti perubahan. Oleh karena itu, pelatihan berkelanjutan adalah peran penting untuk memelihara produktivitas, kompetensi dan nilai-nilai Perusahaan dan untuk menghindari kejadian berbahaya yang akan menimbulkan kerugian untuk Pekerja dan Perusahaan. Jenis Pelatihan yang adakan tenaga untuk ditempatkan di Pelanggan terdiri dari pra-dan-setelah terus-menerus yang akan

dilakukan sekali dalam waktu tiga bulan dan akan mengikuti kebutuhan Klien perusahaan. PT. INDOKARYA TRI UTAMA. Dengan adanya seleksi yang tepat dan baik yang sesuai dengan jabatan, diharapkan produktivitas tenaga kerja memberikan hasil yang tinggi sesuai dengan target yang ditetapkan oleh perusahaan. Data yang dipergunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini merupakan data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang dikumpulan oleh objek penelitian, yaitu PT. INDOKARYA TRI UTAMA.
Mempertimbangkan aspek yang disebutkan di atas menyediakan layanan pelatihan yang bisa diprogram untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari pelanggan yang dapat dilakukan baik di lokasi Perusahaan atau di PT.INDOKARYA TRI UTAMA Training Centre. Usaha dari PT. INDOKARYA TRI UTAMA ini yang difokuskan pada tenaga kerja yang didukung oleh konsultasi hukum, psikolog berpengalaman, baik dari universitas yang dikenal di Indonesia atau di luar negeri diaktifkan PT.INDOKARYA TRI UTAMA untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan dan juga memberikan konsultasi manajemen tenaga kerja terdiri dari:
4
1. Konsultasi Tenaga Kerja Penegakan Hukum
2. Konsultasi / Memproduksi Perusahaan Regulasi
3. Layanan penilaian / psikologis Evaluasi dan
4. Analisis pekerjaan


B. Perumusan Masalah
5
Masalah adalah kesenjangan antara suatu yang diharapkan dengan kenyataan dan cara pemecahaanya harus segera diambil. Berdasarkan Tugas akhir ini penulis memilih bidang seleksi dan penempatan pegawai pada PT. INDOKARYA TRI UTAMA MEDAN. Sesuai dengan judul yang diajuakan penulis, permasalahan diperusahaan dapat dirumuskan sebagai berikut: Kelemahan-kelemahan dalam proses seleksi dan penempatan tenaga kerja mengakibatkan tidak efisiannya pendayagunaan dan penempatan tenaga kerja.
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan mengadakan penelitian ini adalah :
1. Untuk menambah pengetahuan yang lebih mendalam mengenai pelaksanaan seleksi dan penempatan tenaga kerja diperusahaan secara langsung.
2. Untuk mengetahui bagaimana cara pelaksanaan seleksi dan penempatan tenaga kerja pada PT. INDOKARYA TRI UTAMA MEDAN.


D. Manfaat Penelitian
6
1. Bagi penulis

untuk mempelejari dan menerapkan tentang pelaksanaan seleksi dan penempatan tenaga kerja pada PT. INDOKARYA TRI UTAMA MEDAN.
2. Bagi perusahaan

Sebagai acuan/pertimbangan dan masukan dalam menevaluasi serta mengambil kebijakan dalam kegiatan perusahaan sehingga dapat memperbaiki kesalahan-kesalahanyang terjadi dan mencegah kesulitan-kasulitan dibidang pelaksanaan seleksi dan penempatan tenaga kerja.
3. Bagi penbaca

Untuk menambah pengetahuan dan memjadi masukan bagi pembaca dalam memahami pelaksanaan seleksi dan penempatan tenaga kerja dari sebuah perusahaan

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi