Senin, 10 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP JUMLAH KUNJUNGAN TAMU PADA HOTEL INNA DHARMA

BAB I PENDAHULUAN 
A.Latar Belakang
Di era Globalisasi dan kecanggihan tekhnik informasi yang berkembang pesat saat ini, menghadapkan kita pada suatu masalah yang sulit yaitu untuk meminimalisir faktor dari luar yang datang dalam perusahaan akibat persaingan yang ketat saat ini, maka perusahaan tidak hanya memikirkan bagaimana menghasilkan produknya tetapi juga menekan betapa pentingnya strategi pemasaran dalam memasarkan produknya.

Industri Perhotelan sebagai bagian dari Industri Pariwisata, adalah Industri yang bergerak dalam bidang penjualan jasa pelayanan. Jasa merupakan semua aktifitas ekonomi yang hasilnya tidak merupakan produk dalam bentuk fisik atau konstruksi, yang biasanya dikonsumsi pada saat yang sama dengan waktu yang dihasilkan dan memberikan nilai tambah kenyamanan, hiburan, kesenangan, atau kesehatan atau pemecahan atas masalah yang dihadapi konsumen.
Perkembangan Industri telah berpengaruh pula terhadap sistem pengelolaan Industri Perhotelan, dimana sistem yang diterapkan adalah dalam bentuk sistem pengelolaan modern dan bersifat suatu Industri untuk mencapai keuntungan.
Dalam hal ini dapat dijabarkan dari pengertian Hotel sesuai keputusan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Nomor :
KM 94 / HK 103 / MPPT – 87.
 Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan, dan minumserta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial.
Untuk tujuan komersial, produk yang ditawarkan adalah kamar, makan, dan minum serta fasilitas lainnya, dalam pengajiannya dibutuhkan cara promosi atau pemasaran terhadap perusahaan dengan cara yang baik dan efisisen.
Salah satu kunci keberhasilan perusahaan adalah dengan mengenali kondisi perusahaan sebaik mungkin, terutama kegiatan yang mempunyai peranan penting dalam perusahan, dan mungkin banyak hambatan yang dihadapi oleh perusahaan dimana keadaan ini perlu diperbaiki karena dapat mengganggu pelaksanaan kegiatan perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Dalam memasarkan produk, kita dituntut meningkatkan kemampuan sehingga mampu bersaing pada masa sekarang dan membuat pertimbanganpertimbangan strategi pemasaran yang sangat menentukan dalam perencanaan dan pengambilan dalam sebuah keputusan.
Kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, dimana pemasaran tersebut merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba sesuai dengan tujuan perusahaan. Secara umum pemasaran adalah hal yang sangat mendasar, sehingga tidak dapat dianggap sebagai fungsi sendiri.
Pemasaran adalah cara memandang seluruh perusahan dari hasil akhirnya, yaitu dari pandangan pelanggannya. Keberhasilan suatu bisnis bukan  ditentukan oleh produsennya melainkan oleh pelanggannya. Pemasaran meliputi seluruh kegiatan perusahaan dalam beradaptasi terhadap lingkunganya secara kreatif dan menguntungkan.
Pemasaran saat ini merupakan hal yang penting dalam meningkatkan volume penjualan, guna mencapai laba yang optimum demi kemajuan dan kelangsungan hidup bagi perusahaan mengingat semakin ketatnya persaingan dalam usaha bisnis.
Maka dari itu dibutuhkan biaya untuk dapat memasarkan produknya agar masyarakat mengenal produk apa yang ditawarkan, semakin sering kita mengadakan promosi atau pemasaran maka semakin besar pula biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh perusahaan. Biaya pemasaran merupakan biaya yang ditimbulkan akibat adanya aktivitas atau kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh suatu pemasaran untuk mengenalkan produk apa yang akan ditawarkan kepada konsumen, sebagai beban yang secara langsung atau tidak langsung telah dimanfaatkan didalam usaha untuk mendapatkan penghasilan atau laba. Dan biaya menurut perusahaan dapat diartikan sebagai pengorbanan sumber daya ekonomis tertentu yang dilakukan untuk memperoleh sumber daya ekonomis lainnya.
Adapun yang mendorong penulis untuk membahas pengaruh biaya pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan atau jumlah kunjugan tamu adalah sebagai berikut:
1. Pemasaran merupakan kunci utama dalam meningkatkan volume penjualan produk untuk dapat memperoleh laba yang optimum.
2. Pemasaran bisa dijadikan sebagai dasar untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan dari pelanggan.
 3. Pemasaran dilakukan untuk meningkatkan daya saing bagi perusahaan sejenis dalam hal menguasai pasar.
Berdasarkan alasan yang dikemukakan diatas mengenai perkembangan perusahaan dibidang pemasaran maka penulis memilih judul yaitu “PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP JUMLAH KUNJUNGAN TAMU PADA HOTEL INNA DHARMA DELI MEDAN” B. Perumusan Masalah Beberapa perusahaan besar maupun kecil, terdapat juga masalah, demikian juga dalam hal ini keberhasilan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan sangat tergantung pada kemampuan perusahaan dalam melakukan penjualan pada tingkat yang tinggi. Melalui pengamatan dapat disimpulkan yang dihadapi perusahaan adalah :Apakah biaya pemasaran yang telah dikeluarkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan tamu pada Hotel INNA Dharma Deli Medan?”.
 C. Tujuan Penelitian Setiap penelitian yang dilakukan mempunyai tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari penelitian, maka tujuan yang akan diperoleh dari penelitian adalah :
1. Mengetahui secara langsung bagaimana pelaksanaan biaya pemasaran dalam meningkatkan kunjungan tamu yang dilaksanakan oleh Hotel INNA Dharma Deli Medan.
 2. Untuk melakukan studi perbandinganantara teori-teori yang didapat pada waktu perkuliahan dengan praktek-praktek yang dilaksanakn dalam perusahaan.
3. Untuk mengetahui sejauh mana perusahaan tersebut menerapkan sistem pemasaran dalam hal mencapai tujuan.
4. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada program Diploma III Jurusan Keuangan .
D. Manfaat Penelitian Manfaaat dari penelitian yang dilakukan berguna bagi penulis, bagi perusahaan dan bagi pihak yang berkepentingan :
1. Bagi Penulis Menambah wawasan dan pengetahuan penulis tentang pemasaran dan biaya pemasaran pada suatu perusahaan terutama pada perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan dan juga berguna untuk menerapkan Ilmu yang diterima dengan praktek yang ada dilapangan sehingga dapat dijadikan bahan perbandingan antara praktek dengan teori yang didapat selama mengikuti perkuliahan.
2. Bagi Perusahaan Sebagai bahan masukan dalam menghadapi persaingan produk yang semakin ketat dan untuk mengembangkan sistem pemasaran yang lebih baik untuk dapat tetap mempertahankan keloyalan pelanggan terhadap perusahaan atau meningkatkan labadengan meningkatkan kunjugan tamu terhadap Hotel INNA Dharma Deli Medan.
 3. Bagi Pihak Yang Berkepentingan Sebagai bahan masukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan dan juga sebagai bahan pembanding bagi penulis-penulis lain untuk melakukan penelitian di tahun yang akan datang.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi