BAB I PENDAHULUAN
A.Latar
Belakang
Di era Globalisasi dan kecanggihan tekhnik informasi
yang berkembang pesat saat ini, menghadapkan kita pada suatu masalah yang sulit
yaitu untuk meminimalisir faktor dari luar yang datang dalam perusahaan akibat persaingan
yang ketat saat ini, maka perusahaan tidak hanya memikirkan bagaimana
menghasilkan produknya tetapi juga menekan betapa pentingnya strategi pemasaran
dalam memasarkan produknya.
Industri Perhotelan
sebagai bagian dari Industri Pariwisata, adalah Industri yang bergerak dalam
bidang penjualan jasa pelayanan. Jasa merupakan semua aktifitas ekonomi yang
hasilnya tidak merupakan produk dalam bentuk fisik atau konstruksi, yang
biasanya dikonsumsi pada saat yang sama dengan waktu yang dihasilkan dan
memberikan nilai tambah kenyamanan, hiburan, kesenangan, atau kesehatan atau
pemecahan atas masalah yang dihadapi konsumen.
Perkembangan Industri
telah berpengaruh pula terhadap sistem pengelolaan Industri Perhotelan, dimana
sistem yang diterapkan adalah dalam bentuk sistem pengelolaan modern dan bersifat
suatu Industri untuk mencapai keuntungan.
Dalam hal ini dapat
dijabarkan dari pengertian Hotel sesuai keputusan Menteri Pariwisata, Pos, dan
Telekomunikasi Nomor :
KM 94 / HK 103 / MPPT –
87.
Hotel
adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh
bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan, dan minumserta
jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial.
Untuk tujuan komersial,
produk yang ditawarkan adalah kamar, makan, dan minum serta fasilitas lainnya,
dalam pengajiannya dibutuhkan cara promosi atau pemasaran terhadap perusahaan
dengan cara yang baik dan efisisen.
Salah satu kunci
keberhasilan perusahaan adalah dengan mengenali kondisi perusahaan sebaik
mungkin, terutama kegiatan yang mempunyai peranan penting dalam perusahan, dan
mungkin banyak hambatan yang dihadapi oleh perusahaan dimana keadaan ini perlu
diperbaiki karena dapat mengganggu pelaksanaan kegiatan perusahaan dalam
mencapai tujuannya.
Dalam memasarkan
produk, kita dituntut meningkatkan kemampuan sehingga mampu bersaing pada masa
sekarang dan membuat pertimbanganpertimbangan strategi pemasaran yang sangat
menentukan dalam perencanaan dan pengambilan dalam sebuah keputusan.
Kegiatan pemasaran
mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, dimana pemasaran
tersebut merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba
sesuai dengan tujuan perusahaan. Secara umum pemasaran adalah hal yang sangat
mendasar, sehingga tidak dapat dianggap sebagai fungsi sendiri.
Pemasaran adalah cara
memandang seluruh perusahan dari hasil akhirnya, yaitu dari pandangan
pelanggannya. Keberhasilan suatu bisnis bukan ditentukan
oleh produsennya melainkan oleh pelanggannya. Pemasaran meliputi seluruh
kegiatan perusahaan dalam beradaptasi terhadap lingkunganya secara kreatif dan
menguntungkan.
Pemasaran saat ini
merupakan hal yang penting dalam meningkatkan volume penjualan, guna mencapai
laba yang optimum demi kemajuan dan kelangsungan hidup bagi perusahaan
mengingat semakin ketatnya persaingan dalam usaha bisnis.
Maka dari itu
dibutuhkan biaya untuk dapat memasarkan produknya agar masyarakat mengenal
produk apa yang ditawarkan, semakin sering kita mengadakan promosi atau
pemasaran maka semakin besar pula biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh
perusahaan. Biaya pemasaran merupakan biaya yang ditimbulkan akibat adanya
aktivitas atau kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh suatu pemasaran untuk
mengenalkan produk apa yang akan ditawarkan kepada konsumen, sebagai beban yang
secara langsung atau tidak langsung telah dimanfaatkan didalam usaha untuk
mendapatkan penghasilan atau laba. Dan biaya menurut perusahaan dapat diartikan
sebagai pengorbanan sumber daya ekonomis tertentu yang dilakukan untuk
memperoleh sumber daya ekonomis lainnya.
Adapun yang mendorong
penulis untuk membahas pengaruh biaya pemasaran dalam meningkatkan volume
penjualan atau jumlah kunjugan tamu adalah sebagai berikut:
1. Pemasaran merupakan
kunci utama dalam meningkatkan volume penjualan produk untuk dapat memperoleh
laba yang optimum.
2. Pemasaran bisa
dijadikan sebagai dasar untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan dari pelanggan.
3.
Pemasaran dilakukan untuk meningkatkan daya saing bagi perusahaan sejenis dalam
hal menguasai pasar.
Berdasarkan alasan yang
dikemukakan diatas mengenai perkembangan perusahaan dibidang pemasaran maka penulis
memilih judul yaitu “PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP JUMLAH KUNJUNGAN TAMU
PADA HOTEL INNA DHARMA DELI MEDAN” B. Perumusan Masalah Beberapa perusahaan
besar maupun kecil, terdapat juga masalah, demikian juga dalam hal ini
keberhasilan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan sangat tergantung pada
kemampuan perusahaan dalam melakukan penjualan pada tingkat yang tinggi.
Melalui pengamatan dapat disimpulkan yang dihadapi perusahaan adalah :Apakah
biaya pemasaran yang telah dikeluarkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan tamu
pada Hotel INNA Dharma Deli Medan?”.
C. Tujuan Penelitian Setiap penelitian
yang dilakukan mempunyai tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari
penelitian, maka tujuan yang akan diperoleh dari penelitian adalah :
1. Mengetahui secara
langsung bagaimana pelaksanaan biaya pemasaran dalam meningkatkan kunjungan
tamu yang dilaksanakan oleh Hotel INNA Dharma Deli Medan.
2.
Untuk melakukan studi perbandinganantara teori-teori yang didapat pada waktu
perkuliahan dengan praktek-praktek yang dilaksanakn dalam perusahaan.
3. Untuk mengetahui
sejauh mana perusahaan tersebut menerapkan sistem pemasaran dalam hal mencapai
tujuan.
4. Sebagai salah satu
syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada program Diploma III Jurusan Keuangan
.
D. Manfaat Penelitian Manfaaat
dari penelitian yang dilakukan berguna bagi penulis, bagi perusahaan dan bagi
pihak yang berkepentingan :
1. Bagi Penulis Menambah
wawasan dan pengetahuan penulis tentang pemasaran dan biaya pemasaran pada
suatu perusahaan terutama pada perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan
dan juga berguna untuk menerapkan Ilmu yang diterima dengan praktek yang ada
dilapangan sehingga dapat dijadikan bahan perbandingan antara praktek dengan
teori yang didapat selama mengikuti perkuliahan.
2. Bagi Perusahaan Sebagai
bahan masukan dalam menghadapi persaingan produk yang semakin ketat dan untuk
mengembangkan sistem pemasaran yang lebih baik untuk dapat tetap mempertahankan
keloyalan pelanggan terhadap perusahaan atau meningkatkan labadengan
meningkatkan kunjugan tamu terhadap Hotel INNA Dharma Deli Medan.
3.
Bagi Pihak Yang Berkepentingan Sebagai bahan masukan untuk menambah pengetahuan
dan wawasan dan juga sebagai bahan pembanding bagi penulis-penulis lain untuk
melakukan penelitian di tahun yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi