Kamis, 06 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERANAN FASILITAS KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BAGIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam era globalisasi ini, semua aspek mengalami perkembangan dan perubahan. Perkembangan dan perubahan terjadi dari bagian yang paling kecil sampai yang paling besar. Aktifitas bisnis merupakan salah satu bagian yang mengalami perkembangan dan perubahan tersebut. Persaingan di dalam dunia bisnis menuntut semua perusahaan yang ada melakukan perubahan dan perbaikan yang sesuai dengan perkembangan yang ada sehingga dapat bersaing dengan perusahaan yang lain serta tercapainya tujuan perusahaan.

Daya saing yang tinggi dan berkelanjutan yang harus dimiliki perusahaan tersebut yang hanya dapat dicapai oleh sumber daya manusianya. Oleh sebab itu, perusahaan harus memenuhi kebutuhan karyawannya dengan menyediakan berbagai fasilitas kerja yang lengkap guna menunjang lancar. Fasilitas kerja dimulai dari fasilitas pokok seperti : fasilitas sarana dan prasarana maupun fasilitas tambahan harus di penuhi perusahaan dengan sebaik-baiknya.
Peranan fasilitas sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses pekerjaan karyawannya untuk menyelenggarakan seleruh kegiatan pekerjaan karyawan. Penggunaan perlengkapan dan mesin-mesin merupakan salah satu aspek yang menarik perhatian pekerjaan kantor. Fasilitas-fasilitas yang cocok memberikan kontribusi yang besar kepada efisiensi kantor. Fungsi peralatan memberikan kemudahan untuk memelihara fasilitas kerja tersebut juga merupakan hal yang
1
 harus dipertimbangkan, jangan sampai fasilitas kerja sebagai peralatan yang memberatkan maintenance cost perusahaan.
Adanya fasilitas kerja akan membuat karyawan merasa nyaman dalam bekerja dan menimbulkan semangat kerja untuk mendapatkan hasil yang diharapkan oleh perusahaan. Peningkatan efektivitas dapat ditunjang dengan adanya penyediaan fasilitas kerja yang dapat membantu dan memotivasi karyawan dalam menyelesaikan pekerjaaan kantor dengan baik.
Efektivitas adalah pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif suatu kegiatan tertentu untuk untuk meningkatkan mutu kerja pegawai (Anoraga, 2000 : 178). Efektivitas sering pula dikaitkan dengan cara sistem yang efisien, sehingga proses produksi berlangsung tepat waktu dan dengan demikian tidak diperlukan kerja lembur dengan segala implikasinya, terutama biaya. Efisiensi proses kerja, tingkat efektivitas penggunaan teknologi perkantoran, dan kenyamanan lingkungan tempat mereka bekerja secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi kinerja karyawan dalam menyelesaikan tugas yang dibebankan. Disamping hal tersebut terdapat pula berbagai faktor yang mempengaruhi efektivitas kerja, diantaranya adalah : Sikap mental, pendidikan, keterampilan, manajemen, hubungan industrial pancasila, tingkat penghasilan, jaminan sosial, lingkungan dan iklim kerja, sarana produksi, teknologi dan kesempatan berprestasi. Dan merupakan hal yang logis dan tepat apabila peningkatan efektivitas dijadikan salah satu sasaran jangka panjang Perusahaan dalam rangka pelaksanaan strateginya.

Fasilitas adalah sarana dan prasarana untuk melancarkan dan memberikan kemudahan suatu pekerjaan. Kerja adalah kegiatan melakukan sesuatu. Fasilitas kerja adalah segala sesuatu berupa sarana dan prasarana yang dapat membantu memudahkan suatu kegiatan atau aktivitas. Sebuah lembaga perusahaan atau instansi, harus menyediakan fasilitas kerja yang lengkap.
Suatu Perusahaan harus membuat perencanaan fasilitas dengan baik, agar fasilitas yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Perencanaan fasilitas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan sebelum dan sesudah operasi. Secara umum perencanaan fasilitas mempunyai beberapa fungsi seperti menunjang kegiatan produksi, menggunakan tenaga kerja, peralatan dan ruang serta energi secara efektif, meminimalkan investasi modal, mempermudah pemeliharaan, meningkatkan keselamatan dan kepuasan kerja.
Penggunaan fasilitas yang efisien dan efektif akan mampu mempermudah pelaksanaan pekerjaan karyawan, sehingga kinerja suatu perusahaan akan dapat mewujudkan tujuannya.
Secara umum, tujuan perencanaan fasilitas (Situmorang, 2007 : 114)
yaitu :
1. Menunjang tujuan organisasi melalui peningkatan material handling dan penyimpanan.

2. Menggunakan tenaga kerja, peralatan, ruang, dan energi secara efektif.
3. Meminimalkan investasi modal.

4. Mempermudah pemeliharaan.
5. Meningkatkan keselamatan dan kepuasan kerja
Pada PT. Perkebunan Nusantara III Medan khususnya pada bagian Manajemen Sumber Daya Manusia, menggunakan berbagai macam fasilitas kerja untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja dan ketepatan waktu pengerjaan tugas oleh karyawan. Dengan tersedianya fasilitas kerja yang terdapat pada bagian Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Perkebunan Nusantara III Medan menyebabkan peningkatan efektivitas kerja secara terus – menerus.
PT. Perkebunan nusantara III (Persero) Medan menyediakan berbagai fasilitas kerja bagi karyawannya yaitu :
1. Fasilitas sarana kerja seperti : rumah dinas, pakaian dinas, asuransi kesehatan, klinik perobatan dan lain sebagainya.
2. Fasilitas prasarana kerja seperti : meja dan kursi kerja, alat tulis, komputer dengan fasilitas internet, lemari arsip dokumen, ruang kantor dan lain sebagainya.

Dengan adanya fasilitas kerja yang lengkap pada bagian Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Perkebunan Nusantara III Medan dapat meningkatkan efektivitas kerja karyawan. Dengan meningkatnya efektivitas kerja karyawan menyebabkan kinerja PT. Perkebunan Nusantara III Medan meningkat. Kinerja karyawan yang meningkat dapat dilihat dari cara kerja atau prosedur yang cepat. Prosedur yang cepat karena karyawan memberikan pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik dari karyawan didukung oleh adanya fasilitas kerja.

Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis memilih judul “PERANAN FASILITAS KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BAGIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN”.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut, “Apakah fasilitas yang tersedia pada bagian Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Perkebunan Nusantara III Medan dapat mempengaruhi efektivitas kerja karyawan”.
C. Tujuan Penelitian
Tujuan penulisan Tugas Akhir ini, antara lain :
1. Untuk mengetahui peranan fasilitas kerja yang tersedia, dapat meningkatkan efektivitas kerja karyawan bagian Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Perkebunan Nusantara III Medan.
2. Mengidentifikasi fasilitas – fasilitas dominan yang mempengaruhi kerja karyawan bagian Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Perkebunan Nusantara III Medan.

D. Manfaat Penelitian
Manfaat penulisan Tugas Akhir dari penelitian yang penulis lakukan adalah :
1. Bagi PT. Perkebunan Nusantara III Medan
Sebagai bahan masukan untuk meningkatkan efektivitas kerja karyawan dengan lebih efektif dan efisien pada masa yang akan datang, serta sebagai

pertimbangan untuk perbaikan-perbaikan fasilitas yang ada di bagian Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Perkebunan Nusantara III Medan.
2. Bagi Penulis

Menambah pengetahuan dan wawasan penulis mengenai peranan fasilitas kerja dalam meningkatkan efektivitas kerja karyawan. 
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi