BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi yang semakin
maju menuntut manusia untuk bertindak semakin cepat dengan memperhatikan
efisiensi disegala bidang, dalam menghadapi perkembangan tersebut tentu saja
diperlukan fasilitas dan peralatan dalam kesiapan sarananya. Kalangan dunia
usaha baik instansi pemerintah maupun instansi swasta dalam melakukan usaha
sangat mengandalkan fasilitas atau peralatan kerja untuk menyelesaikan suatu
pekerjaan dengan efisien dan hasil kerja yang optimal. Dengan itu, diperlukan
kesiapan dalam mengoperasikan fasilitas atau peralatan kerja tersebut.
Pengembangan sumber
daya manusia dapat meningkatkan produktifitas pegawai sehingga dapat membentuk
tenaga kerja yang produktif, terampil, dan profesional yang bekerja secara
efektif dan efesien. Produktifitas sering pula dikaitkan dengan cara sistem
yang efesien, sehingga proses produksi berlangsung tepat waktu dan dengan
demikian tidak diperlukan kerja lembur dengan segala implikasinya, terutama
implikasi biaya. Dan merupakan hal yang logis dan tepat apabila peningkatan
produktifitas dijadikan salah satu sasaran jangka panjang Perguruan Tinggi
Negeri dalam rangka pelaksanaan strateginya.
Fasilitas adalah sarana
dan prasarana untuk melancarkan dan memberikan kemudahan suatu pekerjaan. Kerja
adalah kegiatan melakukan sesuatu. Fasilitas kerja adalah segala sesuatu berupa
sarana dan prasarana yang dapat membantu memudahkan
suatu kegiatan atau aktifitas. Sebuah lembaga perusahaan atau instansi, harus
menyediakan fasilitas kerja yang lengkap.
Suatu Perguruan Tinggi
Negeri harus membuat perencanaan fasilitas dengan baik, agar fasilitas yang
dipilih sesuai dengan kebutuhan. Perencanaan fasilitas merupakan suatu kegiatan
yang dilakukan sebelum dan sesudah operasi.
Secara umum perencanaan
fasilitas mempunyai beberapa fungsi seperti menunjang kegiatan produksi,
menggunakan tenaga kerja, peralatan dan ruang serta energi secara efektif,
meminimalkan investasi modal, mempermudah pemeliharaan, meningkatkan
keselamatan dan kepuasan kerja.
Penggunaan fasilitas
yang efisien dan efektif akan mampu mempermudah pelaksanaan pekerjaan pegawai,
sehingga kinerja Perguruan Tinggi Negeri akan dapat mewujudkan tujuannya.
Secara umum, tujuan
perencanaan fasilitas (Situmorang, 2007) yaitu :
1. Menunjang tujuan organisasi melalui
peningkatan material handling dan penyimpanan 2. Menggunakan tenaga kerja,
peralatan, ruang, dan energi secara efektif 3. Meminimalkan investasi modal 4.
Mempermudah pemeliharaan 5. Meningkatkan keselamatan dan kepuasan kerja Pada
Fakultas Ekonomi khususnya pada bagian
Diploma III, menggunakan berbagai macam fasilitas kerja untuk meningkatkan
efisiensi dan efektifitas kerja dan ketepatan waktu pengerjaan tugas oleh
pegawai. Dengan tersedianya fasilitas kerja yang terdapat pada Diploma III Fakultas
Ekonomi menyebabkan peningkatan efektifitas
kerja secara terus – menerus. Fasilitas kerja yang terdapat pada Diploma III
Fakultas Ekonomi adalah sarana kantor, yang
terdiri dari komputer, printer, mesin tik, lemari, filling cabinet.
Dengan adanya fasilitas
kerja yang lengkap pada Diploma III Fakultas Ekonomi dapat meningkatkan efektifitas kerja pegawai.
Dengan meningkatnya efektifitas kerja pegawai menyebabkan kinerja Perguruan
Tinggi Negeri meningkat. Kinerja pegawai yang meningkat dapat dilihat dari cara
kerja atau prosedur yang cepat. Prosedur yang cepat karena pegawai memberikan
pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik dari pegawai didukung oleh adanya
fasilitas kerja.
Berdasarkan uraian
tersebut, maka penulis memilih judul “PERANAN FASILITAS KERJA TERHADAP
EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI DIPLOMA III PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SUMATERA
UTARA”.
B.
Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang
telah dikemukakan di atas maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian sebagai
berikut, “Apakah fasilitas yang tersedia pada Diploma III Fakultas Ekonomi terhadap efektifitas kerja pegawai”.
C. Tujuan Penelitian Tujuan
penulisan Tugas Akhir ini, antara lain :
1. Untuk mengetahui peranan fasilitas kerja
yang tersedia, dapat meningkatkan efektifitas kerja pegwai Diploma III Fakultas
Ekonomi .
2. Mengidentifikasi
fasilitas – fasilitas dominan yang mempengaruhi kerja pegawai Diploma III
Fakultas Ekonomi D. Manfaat
Penelitian Manfaat penulisan Tugas Akhir dari penelitian yang penulis
lakukan adalah :
1. Bagi Fakultas Ekonomi Memberikan bahan
masukan kepada Perguruan Tinggi Negeri dalam mengatasi masalah tentang peranan
fasilitas kerja terhadap pegawai 2.
Bagi Penulis Menambah pengetahuan dan wawasan penulis mengenai peranan
fasilitas kerja dalam meningkatkan produktifitas pegawai E. Sistematika
Penulisan 1. Jadwal penulisan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Jl. T. M. Hanafiah Kampus Medan. Untuk lebih jelasnya, jadwal kegiatan
ini dapat dilihat pada Tabel 1.1 NO. KEGIATAN MINGGU KE 1 2 3 1.
Persiapan 2. Pengumpulan Data 3. Penulisan Laporan Tabel 1.1.
Jadwal Kegiatan Dalam
kegiatan pengumpulan data, Penulis melakukan penelitian selama beberapa minggu
mulai tanggal 01 Februari s/d 09 Februari 2010 di bagian Diploma III Fakultas
Ekonomi .
2.
Laporan Penulisan Tugas Akhir yang penulis kerjakan,
dibagi menjadi empat bagian yaitu :
BAB I :
PENDAHULUAN Pada bab ini
akan diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, maksud dan tujuan
penelitian, rencana penulisan yang mencakup jadwal survei dan rencana isi.
BAB II :
PROFIL PERUSAHAAN Bab
ini meliputi sejarah singkat Instansi, struktur organisasi dan personalia, job
description, kinerja usaha terkini dan rencana kegiatan Fakultas Ekonomi .
BAB III :
TOPIK PENELITIAN Pada
bab ini penulis menjelaskan hasil penelitian mengenai segala sesuatu yang
berhubungan dengan judul Tugas Akhir. Pembahasan berupa fasilitas kerja, peranan
fasilitas kerja terhadap efektifitas kerja pegawai Diploma III Fakultas Ekonomi
.
BAB IV :
PENUTUP Dalam bab ini
penulis mencoba mengambil kesimpulan dan memberikan saran-saran yang bertitik
tolak dari pengumpulan data dan pembahasan yang dilakukan dimana diharapkan
dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi di masa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi