BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Konsep
pemasaran sekarang ini menjadi lebih nyata diterapkan diberbagai macam jenis
usaha yang ada di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan semakin tingginya tingkat
persaingan untuk memperebutkan pangsa pasar yang potensial yang menjadi target
market dari setiap jenis usaha yang ada. Persaingan untuk memberikan yang
terbaik oleh pelaku usaha kepada konsumen telah menempatkan peranan konsumen
sebagai salah satu persoalan yang harus segera dapat ditangani dengan lugas
oleh pelaku usaha baik dengan melakukan pendekatan secara individual maupun
kelompok, sehingga dengan begitu para pelaku usaha dapat mengambil
simpati para
konsumen dan juga dapat mempengaruhi pertimbangan mereka untuk dapat menerima
produk usaha yang dihasilkan sehingga dapat berpengaruh pada perilaku konsumen
dalam pengambil keputusan mereka. Bisnis
makanan merupakan aspek yang besar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Bisnis makanan tidak akan ada habisnya, karena setiap manusia pasti membutuhkan
makanan, khususnya makanan yang menyehatkan lagi murah. Bisnis Sate madura
penulis pilih karena Sate Madura memiliki cita rasa yang berbeda dengan
sate-sate lain nya. Selain itu Sate Madura belum banyak dijual di daerah
Besitang jadi pasti banyak orang yang igin mencobanya.
Sate atau kadangkala ditulis satay
atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong
kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu,
kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan
berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate).
Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung
variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging bisa dibuat
sate. Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang
kaya.
Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa sambal kecap,
sambal kacang, atau yang lainnya. Lalu sate dimakan dengan nasi hangat atau,
kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong. Kadang-kadang sate dimakan
dengan ketupat.
Asal mula sate diduga diciptakan oleh pedagang makanan
jalanan di Jawa sekitar awal abad ke-19, berdasarkan fakta bahwa sate mulai
populer sekitar awal abad ke-19 bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang
dari Arab ke Indonesia. Hal ini pula yang menjadi alasan populernya penggunaan
daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai oleh warga keturunan
Arab
Sate madura adalah sate khas Madura. Sate madura biasanya
terbuat dari ayam. Sate madura sudah terkenal di seluruh Nusantara, Sate madura
dapat ditemukan hampir di semua daerah khususnya di kota besar seperti Medan,
Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Konon di Madura sendiri sate susah dicari.
selain ayam sebagai bahan utama sate juga ada yang menggunakan kambing. Sate
madura sebenarnya sama saja dengan sate lainnya. Bahan utamanya berupa daging
yang dipotong-potong kecil. Di antara daging-daging tersebut diselipkan juga
sepotong lemak untuk menambah kegurihan sate
Sebelum dibakar, sate diolesi dengan
minyak sayur dan sedikit kecap manis yang telah diberi bumbu halus. Bumbu halus
itu terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai merah, ketumbar, sedikit
garam dan gula merah. Usai proses persiapan, sate madura pun siap untuk dibakar.
Dibakarnya pun menggunakan arang dan tidak boleh terlalu kering. Dan saat lemak
bercampur dengan bumbu dan kelapa tersebut meleleh saat pembakaran, aroma yang
muncul sangat menggiurkan. Walaupun sudah berkesan nikmat, masih ada yang perlu
dipersiapkan sebelum menyantapnya, yakni saus kacang bumbu sate. Saus ini
terdiri dari kacang tanah goreng yang dihaluskan, bawang merah dan putih
goreng, cabai merah, cabai rawit, gula serta garam. Semua elemen bumbu
dihaluskan dan dicampurkan dengan kacang yang telah dihaluskan. Tambahkan pula
air sesuai selera sehingga membentuk adonan saus. Tentu tak ketinggalan
menaburinya dengan air jeruk nipis. Hambatan untuk usaha sate Madura ini adalah
tidak semua orang dapat menikmatinya terutama kepada mereka yang berkolesterol
tinggi dan yang pengidap asam urat akut. Di Indonesia banyak pesaing makanan,
namun kebanyakan para pesaing menyediakan aneka ragam makanan yang bercita rasa
di luar dari kebudayaan Indonesia, seperti burger, steak, spageth, dan
lain-lain. Untuk usaha penyediaan makanan yang bercita rasa Indonesia, disini
pelaku bisnis memberikan bumbu yang khas dari rempah-rempah Indonesia, sehingga
rasa menjadi lebih enak dilidah para konsumen.
Modal awal yang digunakan dalam bisnis sate madura ini
mencapai Rp 50.000.0000 -, omzet yang didapat per bulan nya dapat mencapai
Rp.2.000.000 -. Tingkat
penjualan yang dicapai terus
meningkat 20% per tahunnya, .Dengan meningkatnya penjualan, maka pelaku bisnis
juga melakukan penambahan modal sewaktu-waktu. Jika usaha ini terus berkembang
dengan pesat, maka usaha ini akan pulang modal kurang lebih dalam jangka 7-8
bulan. Suatu bisnis akan maju bila organisasi yang di dalamnya terdiri dari
orang-orang yang bertanggung jawab atas pekerjaannya. Untuk menjalankan bisnis
makanan ini yang paling utama adalah penyediaan karyawan dibagian pengadaan
makanan, dimana untuk karyawan dibagian ini harus memiliki keahlian khusus
dalam memasak. Selain itu, dipekerjakan juga karyawan untuk bagian kasir dan
pelayanan bagi konsumen yang datang. Dan semua ini dipantau oleh seorang
manager. Usaha ini akan terus dijalankan, dan jika sudah mencapai target atau
profit yang maksimal, maka usaha ini akan menggembangkan bisnis dengan membuka
cabang diluar Provinsi bahkan sampai ke luar Negeri. Setiap usaha harus
menghindari resiko yang terjadi, resiko bisnis bisa saja terjadi kapan pun,
namun resiko bisa diminimalisasikan. Bahkan resiko dapat dijadikan pelung dalam
suatu bisnis. Bisnis makanan yang saya dirikan ini adalah bisnis yang mampu
membuat konsumen akan selalu ingin kembali untuk membeli, karena saya akan
menyedikan makanan dengan rasa yang khas dan dengan pelayanan yang baik pula.
Konsumen pasti akan merasa puas, dengan mengeluarkan uang yang tidak terlalu
mahal mereka bisa menyantap makanan yang enak, nikmat dan halal. Sate Madura
melakukan pengembangan jaringan pasar melalui dua aspek, aspek tersebut adalah
adalah:
1. Membangun Sistem Promosi untuk
Penetrasi Pasar
a. Iklan
Iklan merupakan salah satu metode promosi yang digunakan oleh
Sate Madura. Awalnya Sate Madura dipasarkan melalui jaringan sosial, brosur,
dan spanduk. Jika Sate Madura ini melakukan perluasan usaha maka akan
dipasarkan melalui iklan radio, televisi lokal, majalah dan Koran.
b. Promosi Konsumen
Untuk merangsang tanggapan pembeli Sate Madura memberikan
potongan harga untuk konsumen pada tiap bulan sekali.
2. Membangun program jaringan pasar
untuk mempertahankan pangsa pasar
a. Membuka cabang baru
Untuk meningkatkan daya saing, Sate Madura akan mengadakan
program perluasan jaringan pasar dengan membuka cabang baru di daerah yang
memiliki lokasi strategis.
b. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).
Kemajuan suatu usaha akan berhasil dengan baik jika didukung
oleh para SDM yang handal dan tangguh. Dengan adanya SDM yang tangguh, maka
akan memmbawa dampak yang luar biasa terhadap kemajuan satu usaha. Untuk
peningkatan Sumber Daya Manusia, Sate Madura mengikut sertakan setiap SDM untuk
mengikuti pelatihan-pelatihan membuat sate
Dengan melihat begitu banyaknya
pertumbuhan bisnis wirausaha, mulai dari perancanaan usaha sampai dengan proses
realisasi usaha ini. Maka dengan ini penulis ingin membahas masalah tersebut
dalam sebuah tugas akhir dengan judul Perencanaan Bisnis Sate Madura. 1.2 Tujuan Prospek Bisnis
a. Untuk mengembangkan jiwa enterpreneurshipbagi
penulis
b. Untuk mengembangkan usaha menjadi
lebih besar sehingga hasil keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar.
c. Untuk mengetahui langkah awal menjadi entrepreneur sukses.
1.3 Manfaat Prospek Bisnis Adapun manfaat yang diharapkan dari perncanaan bisnis
ini adalah sebagai berikut:
a. Diharapkan perencanaan bisnis ini
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang pastinya berguna diwaktu yang
akan datang.
b. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat dijadikan sebagai
referensi atau masukan untuk kebijakan kebijakan perusahaan pada periode-periode
selanjutnya.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi