Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS SATE MADURA


 BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Konsep pemasaran sekarang ini menjadi lebih nyata diterapkan diberbagai macam jenis usaha yang ada di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan semakin tingginya tingkat persaingan untuk memperebutkan pangsa pasar yang potensial yang menjadi target market dari setiap jenis usaha yang ada. Persaingan untuk memberikan yang terbaik oleh pelaku usaha kepada konsumen telah menempatkan peranan konsumen sebagai salah satu persoalan yang harus segera dapat ditangani dengan lugas oleh pelaku usaha baik dengan melakukan pendekatan secara individual maupun kelompok, sehingga dengan begitu para pelaku usaha dapat mengambil
simpati para konsumen dan juga dapat mempengaruhi pertimbangan mereka untuk dapat menerima produk usaha yang dihasilkan sehingga dapat berpengaruh pada perilaku konsumen dalam pengambil keputusan mereka. Bisnis makanan merupakan aspek yang besar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Bisnis makanan tidak akan ada habisnya, karena setiap manusia pasti membutuhkan makanan, khususnya makanan yang menyehatkan lagi murah. Bisnis Sate madura penulis pilih karena Sate Madura memiliki cita rasa yang berbeda dengan sate-sate lain nya. Selain itu Sate Madura belum banyak dijual di daerah Besitang jadi pasti banyak orang yang igin mencobanya.

Sate atau kadangkala ditulis satay atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate).
Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging bisa dibuat sate. Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya.
Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa sambal kecap, sambal kacang, atau yang lainnya. Lalu sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong. Kadang-kadang sate dimakan dengan ketupat.
Asal mula sate diduga diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar awal abad ke-19, berdasarkan fakta bahwa sate mulai populer sekitar awal abad ke-19 bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab ke Indonesia. Hal ini pula yang menjadi alasan populernya penggunaan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai oleh warga keturunan Arab
Sate madura adalah sate khas Madura. Sate madura biasanya terbuat dari ayam. Sate madura sudah terkenal di seluruh Nusantara, Sate madura dapat ditemukan hampir di semua daerah khususnya di kota besar seperti Medan, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Konon di Madura sendiri sate susah dicari. selain ayam sebagai bahan utama sate juga ada yang menggunakan kambing. Sate madura sebenarnya sama saja dengan sate lainnya. Bahan utamanya berupa daging yang dipotong-potong kecil. Di antara daging-daging tersebut diselipkan juga sepotong lemak untuk menambah kegurihan sate

Sebelum dibakar, sate diolesi dengan minyak sayur dan sedikit kecap manis yang telah diberi bumbu halus. Bumbu halus itu terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai merah, ketumbar, sedikit garam dan gula merah. Usai proses persiapan, sate madura pun siap untuk dibakar. Dibakarnya pun menggunakan arang dan tidak boleh terlalu kering. Dan saat lemak bercampur dengan bumbu dan kelapa tersebut meleleh saat pembakaran, aroma yang muncul sangat menggiurkan. Walaupun sudah berkesan nikmat, masih ada yang perlu dipersiapkan sebelum menyantapnya, yakni saus kacang bumbu sate. Saus ini terdiri dari kacang tanah goreng yang dihaluskan, bawang merah dan putih goreng, cabai merah, cabai rawit, gula serta garam. Semua elemen bumbu dihaluskan dan dicampurkan dengan kacang yang telah dihaluskan. Tambahkan pula air sesuai selera sehingga membentuk adonan saus. Tentu tak ketinggalan menaburinya dengan air jeruk nipis. Hambatan untuk usaha sate Madura ini adalah tidak semua orang dapat menikmatinya terutama kepada mereka yang berkolesterol tinggi dan yang pengidap asam urat akut. Di Indonesia banyak pesaing makanan, namun kebanyakan para pesaing menyediakan aneka ragam makanan yang bercita rasa di luar dari kebudayaan Indonesia, seperti burger, steak, spageth, dan lain-lain. Untuk usaha penyediaan makanan yang bercita rasa Indonesia, disini pelaku bisnis memberikan bumbu yang khas dari rempah-rempah Indonesia, sehingga rasa menjadi lebih enak dilidah para konsumen.
Modal awal yang digunakan dalam bisnis sate madura ini mencapai Rp 50.000.0000 -, omzet yang didapat per bulan nya dapat mencapai Rp.2.000.000 -. Tingkat

penjualan yang dicapai terus meningkat 20% per tahunnya, .Dengan meningkatnya penjualan, maka pelaku bisnis juga melakukan penambahan modal sewaktu-waktu. Jika usaha ini terus berkembang dengan pesat, maka usaha ini akan pulang modal kurang lebih dalam jangka 7-8 bulan. Suatu bisnis akan maju bila organisasi yang di dalamnya terdiri dari orang-orang yang bertanggung jawab atas pekerjaannya. Untuk menjalankan bisnis makanan ini yang paling utama adalah penyediaan karyawan dibagian pengadaan makanan, dimana untuk karyawan dibagian ini harus memiliki keahlian khusus dalam memasak. Selain itu, dipekerjakan juga karyawan untuk bagian kasir dan pelayanan bagi konsumen yang datang. Dan semua ini dipantau oleh seorang manager. Usaha ini akan terus dijalankan, dan jika sudah mencapai target atau profit yang maksimal, maka usaha ini akan menggembangkan bisnis dengan membuka cabang diluar Provinsi bahkan sampai ke luar Negeri. Setiap usaha harus menghindari resiko yang terjadi, resiko bisnis bisa saja terjadi kapan pun, namun resiko bisa diminimalisasikan. Bahkan resiko dapat dijadikan pelung dalam suatu bisnis. Bisnis makanan yang saya dirikan ini adalah bisnis yang mampu membuat konsumen akan selalu ingin kembali untuk membeli, karena saya akan menyedikan makanan dengan rasa yang khas dan dengan pelayanan yang baik pula. Konsumen pasti akan merasa puas, dengan mengeluarkan uang yang tidak terlalu mahal mereka bisa menyantap makanan yang enak, nikmat dan halal. Sate Madura melakukan pengembangan jaringan pasar melalui dua aspek, aspek tersebut adalah adalah:


1. Membangun Sistem Promosi untuk Penetrasi Pasar
a. Iklan

Iklan merupakan salah satu metode promosi yang digunakan oleh Sate Madura. Awalnya Sate Madura dipasarkan melalui jaringan sosial, brosur, dan spanduk. Jika Sate Madura ini melakukan perluasan usaha maka akan dipasarkan melalui iklan radio, televisi lokal, majalah dan Koran.
b. Promosi Konsumen

Untuk merangsang tanggapan pembeli Sate Madura memberikan potongan harga untuk konsumen pada tiap bulan sekali.
2. Membangun program jaringan pasar untuk mempertahankan pangsa pasar
a. Membuka cabang baru

Untuk meningkatkan daya saing, Sate Madura akan mengadakan program perluasan jaringan pasar dengan membuka cabang baru di daerah yang memiliki lokasi strategis.
b. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kemajuan suatu usaha akan berhasil dengan baik jika didukung oleh para SDM yang handal dan tangguh. Dengan adanya SDM yang tangguh, maka akan memmbawa dampak yang luar biasa terhadap kemajuan satu usaha. Untuk peningkatan Sumber Daya Manusia, Sate Madura mengikut sertakan setiap SDM untuk mengikuti pelatihan-pelatihan membuat sate

Dengan melihat begitu banyaknya pertumbuhan bisnis wirausaha, mulai dari perancanaan usaha sampai dengan proses realisasi usaha ini. Maka dengan ini penulis ingin membahas masalah tersebut dalam sebuah tugas akhir dengan judul Perencanaan Bisnis Sate Madura. 1.2 Tujuan Prospek Bisnis
a. Untuk mengembangkan jiwa enterpreneurshipbagi penulis
b. Untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar sehingga hasil keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar.
c. Untuk mengetahui langkah awal menjadi entrepreneur sukses.

1.3 Manfaat Prospek Bisnis Adapun manfaat yang diharapkan dari perncanaan bisnis ini adalah sebagai berikut:
a. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang pastinya berguna diwaktu yang akan datang.
b. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat dijadikan sebagai referensi atau masukan untuk kebijakan kebijakan perusahaan pada periode-periode selanjutnya.


  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi