BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Dewasa
ini bukan hanya saja dunia usaha, tetapi dunia pendidikan juga dihadapkan pada
situasi dan kondisi persaingan yang semakin ketat. Dunia pendidikan dituntut
untuk lebih selektif dan efektif dalam menciptakan lulusan yang berkualitas,
kompetetif dan cerdas.
Sebagai
salah satu institusi sentral dalam pembangunan Indonesia, Perguruan tinggi
secara terus menerus dihadapkan kepada berbagai perubahan yang bergerak sangat
cepat dan menyentuh berbagai aspek hidup bermasyarakat. Dampak kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat menimbulkan beragam tantangan baru
bagi Indonesia. Tantangan dan perkembangan tersebut mempersyaratkan perguruan
tinggi untuk menigkatkan mutu perguruan tinggi dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Fakultas
Ekonomi adalah salah satu lembaga dunia
pendidikan yang ikut serta berpartisipasi dalam menciptakan dan menghasilkan
para sarjana dibidang ekonomi juga sangat berpengaruh membentuk manusia-manusia
yang unggul dan berprestasi.
Mahasiswa
merupakan salah satu bagian dari perguruan tinggi. Mahasiswa bukan hanya
dipandang sebagai orang yang terdaftar sebagai pelajar diperguruan tinggi
tetapi juga diharapkan dapat muncul menjadi pemimpin negara yang unggul yang dapat
membangun indonesia dan mampu membawa masyarakatnya menuju kebahagiaan dan
kesejahteraan. Dengan kata lain mahasiswa memiliki
peran sebagai pembaharu. Orang-orang
yang berasal dari universitas banyak melakukan pembaruan di banyak bidang
kehidupan.
Peran pembaharu yang kelak akan dijalankan oleh mahasiswa
ketika ia terjun ke masyarakat menuntut mahasiswa untuk melatih dirinya sebagai
pembaharu. Ia dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap berbagai hal yang
membutuhkan pembaruan dan perbaikan di berbagai bidang. Kepekaan itu harus
dilatih sejak awal ia masuk perguruan tinggi, dalam upaya mewujudkan mahasiswa
yang mampu membangun bangsa dan masyarakat Indonesia yang maju, Pendidikan
Tinggi melalui kegiatan penelitian dan keilmuan dapat menghasilkan berbagai
pemikiran dan konsepsi untuk memajukan harkat dan martabat manusia serta budaya
bangsa melalui kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan karya
seni yang bermutu sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Untuk itu Pendidikan
Tinggi dituntut untuk secara terus menerus menjadi contoh dan juga menjadi
motor transformasi dalam dinamika perubahan yang berlangsung sangat cepat.
Pendidikan tinggi sebagai civitas akademika pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, harus senantiasa menunjukkan sikap kepedulian
terhadap pengembangan diri mahasiswa dengan cara memberikan ulur tangan dan
sedikit mungkin campur tangan. Sebagai unsur terpelajar dari generasi muda,
mahasiswa diharapkan senantiasa peka terhadap masalah yang berkembang di
tengah-tengah masyarakat dan diberi peluang untuk turut serta dalam pembangunan
nasional. Sebagai warga negara yang telah dewasa mahasiswa memilki hak dan
kewajiban yang sama dengan warga negara yang lainnya.
Berdasarkan uraian diatas terlihat
jelas bahwa pelayanan kemahasiswaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam
mendukung instansi pemerintah mencapai tujuannya. Oleh karena itu, penulis
terdorong untuk mengetahui mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan. Terutama untuk
mengetahui apakah pelayanan kemahasiswaan pada Departemen Manajemen Ekstensi
Fakultas Ekonomi sudah dilaksanakan
dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga
penulis menulis mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan. Adapun judul dari
tugas akhir ini adalah “Sistem Pelayanan Kemahasiswaan Pada Departemen
Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi ”.
1.2. Perumusan Masalah
Masalah pokok yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah : “
Apakah pelayanan kemahasiswaan pada Departemen Manajemen Ekstensi Fakultas
Ekonomi sudah dilaksanakan dengan baik
sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
1.3. Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian yang dilakukan
oleh penulis adalah :
1. Menambah pengetahuan dan wawasan pemikiran penulis tentang
sistem pelayanan kemahasiswaan.
2. Sebagai pengalaman yang sangat
berharga bagi penulis karena dapat langsung terjun ke lapangan untuk
mendapatkan data dan informasi mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan yang
dijalankan oleh Departemen Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi USU.
3. Dapat digunakan sebagai bahan
masukan dan pertimbangan bagi instansi agar dapat melaksanakan aktivitas dengan
lebih efisien, efektif serta lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan demi
kelancaran instansi dalam mencapai tujuannya.
4. Sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan bagi peneliti
atau rekan-rekan mahasiswa yang akan membahas masalah dengan topik yang sama.
1.4. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang ingin dicapai dari penelitian yang
dilakukan oleh Penulis adalah :
1. Untuk mengetahui sejauh mana
pelayanan terhadap mahasiswa yang dibuat oleh Departemen Manajemen Ekstensi
Fakultas Ekonomi USU.
2. Untuk mengetahui apakah pelayanan
yang dibuat oleh Departemen Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi USU sudah
berjalan dengan baik.
3. Agar dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan
penulis, khususnya mengenai pelayanan mahasiswa
1.5. Sistematika Pembahasan
Sistematika Pembahasan merupakan suatu gambaran singkat untuk
membedakan pembahasan, memudahkan pembahasan dan perincian sehingga data – data
yang relevan dalam Tugas Akhir ini, maka penulis merinci sistematika penulisan
seperti dibawah ini:
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini diuraikan secara singkat latar belakang masalah,
tujuan dan manfaat penelitian.
BAB II: PROFIL INSTANSI
Bab ini menguraikan sejarah singkat Manajemen Ekstensi FE
USU, Struktur organisasi, visi, misi tujuan, sasaran, kekuatan, peluang,
kelemaham, ancaman,uraian tugas, kerja sama dan kemitraan Manajemen Ekstensi FE
USU.
BAB III: PEMBAHASAN
Dalam bab ini penulis mencoba membahas tentang pengertian
pelayanan, kualitas pelayanan, prinsip kepelayanan bermutu, strategi layanan
pelanggan, lembaga kemahasiswaan, dan pelayanan kemahasiswaan pada Departemen
Manajemen Ekstensi FE USU.
BAB IV: KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini merupakan bab yang terakhir dari penulisan tugas
akhir ini. Penulis akan memberikan kesimpulan yang didasarkan dari penjelasan
bab terdahulu dan mencoba memberikan saran. Saran yang dirasakan perlu untuk
efektivitas instansi dimasa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi