Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: SISTEM PELAYANAN KEMAHASISWAAN PADA FAKULTAS EKONOMI

BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang Masalah 
Mahasiswa merupakan salah satu bagian dari sumber daya manusia Indonesia dan sekaligus merupakan aset bangsa yang kelak akan menjadi generasi penerus dalam pembangun bangsa. Di sisi lain, mahasiswa merupakan insan yang memiliki berbagai dimensi yaitu sebagai bagian dari civitas akademika dan bagian dari generasi muda yang terlatih sebagai pelaku sejarah yang ikut berperan dan menentukan sejarah perkembangan bangsa Indonesia. Dalam upaya mewujudkan bangsa dan masyarakat Indonesia yang maju,
mandiri dan sejahtera lahir dan batin sebagai landasan menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, peranan pendidikan tinggi amat penting dan strategis. Pendidikan tinggi melalui kegiatan penelitian dan keilmuan dapat menghasilkan berbagai pemikiran dan konsepsi untuk memajukan harkat dan martabat manusia serta budaya bangsa melalui kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan karya seni yang bermutu sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
Mengingat mahasiswa merupakan aset nasional dan sumber daya insani yang strategis maka perlu diberi peluang dan kesempatan seluas-luasnya untuk mengaktualisasikan diri secara utuh dan bertanggung jawab. Sebagai civitas akademika dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dan sekaligus merupakan mitra dosen dalam proses belajar mengajar yang dialogis. Dalam proses pengembangan diri mahasiswa, para pembimbing
1kemahasiswaan senantiasa menunjukkan sikap ulur tangan dan sedikit mungkin campur tangan. Demikian pula dalam menata organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi senantiasa berpegang pada prinsip “dari, oleh dan untuk mahasiswa”. Sebagai unsur terpelajar dari generasi muda, mahasiswa diharapkan senantiasa peka terhadap masalah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan diberi peluang untuk turut serta dalam pembangunan nasional. Sebagai warga negara yang telah dewasa mahasiswa memilki hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara yang lainnya. Berdasarkan pokok-pokok pikiran tersebut diatas, maka pengembangan kemahasiswaan merupakan tugas nasional yang pelaksanaannya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, swasta dan masyarakat.
Dalam catatan sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan pada kita bahwa mahasiswa sebagai generasi muda yang setidaknya mempunyai dua kedudukan yang penting di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pertama, mahasiswa sebagai generasi muda intelektual. Kedudukan ini memberikan mahasiswa dalam posisi penting dan terhormat di dalam kehidupan masyarakat, sebab bagaimana pun juga mahasiswa sebagai mahluk yang terpelajar dan diharapkan mampu memberikan sumbangsih yang nyata sesuai dengan kemampuan akademisnya. Kedudukan yang kedua, yaitu mahasiswa sebagai agent of change yang mana menjadi kunci pokok dalam pelaksanaan pengawasan kegiatan roda pemerintahan. Kedudukan yang kedua ini menempatkan mahasiswa sebagai bagian dari proses perubahan dan stabilitator sosial suatu wilayah dimana dia berada. Mahasiswa
1adalah agent of change yang merupakan salah satu kunci dari pola kehidupan suatu masyarakat. Berdasarkan uraian diatas terlihat jelas bahwa pelayanan kemahasiswaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung instansi pemerintah mencapai tujuannya. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk mengetahui mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan. Sehingga penulis menulis mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan. Adapun judul dari tugas akhir ini adalah “Sistem Pelayanan Kemahasiswaan Pada Fakultas Ekonomi ”.
B. Perumusan Masalah Sesuai dengan uraian yang telah dikemukakan diatas, maka penulisan tugas akhir ini hanya membatasi pada masalah tentang sistem pelayanan kemahasiswaan, dan masalah pokok yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah : “Apakah pelayanan kemahasiswaan pada Fakultas Ekonomi  sudah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
C. Tujuan Dan Manfaat Penelitian a. Tujuan Penelitian Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah :

11. Menambah pengetahuan dan wawasan pemikiran penulis tentang sistem pelayanan kemahasiswaan.
2. Sebagai pengalaman yang sangat berharga bagi penulis karena dapat langsung terjun ke lapangan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan yang dijalankan oleh Fakultas Ekonomi USU.
3. Dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi instansi agar dapat melaksanakan aktivitas dengan lebih efisien, efektif serta lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan demi kelancaran instansi dalam mencapai tujuannya.
4. Sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan bagi peneliti atau rekan-rekan mahasiswa yang akan membahas masalah dengan topik yang sama.
b. Manfaat Penelitian Adapun manfaat yang ingin dicapai dari penelitian yang dilakukan oleh Penulis adalah :
1. Untuk mengetahui sejauh mana pelayanan terhadap mahasiswa yang dibuat oleh Fakultas Ekonomi USU.
2. Untuk mengetahui apakah pelayanan yang dibuat oleh Fakultas Ekonomi USU sudah berjalan dengan baik.
D. Metode Penelitian
Penelitian merupakan suatu kegiatan pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisa data yang dilakukan dengan metode ilmiah secara efisien

1dan sistematis. Dengan demikian penelitian memerlukan suatu ketelitian khusus agar data yang diolah dapat menyajikan hasil yang benar-benar akurat. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan maka digunakan metode penelitian yang terdiri dari :
a. Jenis Data Adapun jenis data yang dipergunakan adalah sebagai berikut :
1. Data Primer
Merupakan data yang dikumpulkan khususnya untuk riset tertentu yang sedang dilaksanakan. Data diperoleh langsung dari objeknya, misalnya data mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan pada fakultas ekonomi .
2. Data Skunder
Merupakan data yang diperoleh dari sumber lain dalam bentuk laporan dan publikasi. Sering disebut juga data eksternal yang datangnya dari luar objek penelitian, misalnya : buku-buku dan media lainnya yang ada kaitannya dengan judul tugas akhir ini.
b. Teknik Pengumpulan Data Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. Library Research (Penelitian Kepustakan)
Penelitian kepustakaan adalah : Penelitian yang dilakukan dengan cara membaca buku, majalah, atau sumber bacaan lainnya yang berhubungan dengan sistem pelayanan kemahasiswaan.

12. Field Research (Penelitian Lapangan)
Penelitian lapangan adalah : penelitian yang dilakukan kelapangan dengan jalan mendatangi langsung objek penelitian. Cara pengumpulan datanya menggunakan dua cara, yaitu :
1. Observasi (Pengamatan)
Merupakan kegiatan pengamatan dan pencatatan atas kegiatan yang berhubungan dengan objek penelitian.
2. Interview (Wawancara)
Merupakan data yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak-pihak yang berwenang, berkaitan dengan memberikan data atau informasi yang diperlukan dalam penyusunan tugas akhir ini.
 E. Metode Analisis Data Penulisan tugas akhir ini menggunakan beberapa metode analisis data antara lain :
1. Metode Deduktif
Yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data yang telah terkumpul sebagaimana adanya dengan membuat kesimpulan yang berlaku secara umum, dan dari kesimpulan tersebut maka akan diuraikan secara terperinci mengenai judul yang dibahas.
2. Metode Deskriptif
Yaitu metode yang dilakukan dengan mengumpulkan data, menganalisis, menyusun, mengklarifikasikan, serta mengajukan data

1yang dikumpulkan sehingga memberikan gambaran atau keterangan yang jelas mengenai masalah yang dihadapi oleh fakultas ekonomi  dan berbagai keadaan yang berhubungan dengan judul yang dibahas.

Sistematika Penulisan BAB I : PENDAHULUAN Menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, maksud tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian yang terdiri dari jenis data, teknik pengumpulan data, dan metode analisis data, dan rencana penulisan yang terdiri dari jadwal survei/observasi dan sistematika penulisan. BAB II : PROFIL PERUSAHAAN Menguraikan sejarah ringkas perusahaan, struktur organisasi, job description, jaringan usaha/kegiatan, kinerja usaha terkini, dan rencana kegiatan. BAB III : PEMBAHASAN Menguraikan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan pada fakultas ekonomi  . BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Menguraikan kesimpulan dan saran terhadap hasil penelitian.  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi