BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Mahasiswa merupakan salah satu bagian
dari sumber daya manusia Indonesia dan sekaligus merupakan aset bangsa yang
kelak akan menjadi generasi penerus dalam pembangun bangsa. Di sisi lain,
mahasiswa merupakan insan yang memiliki berbagai dimensi yaitu sebagai bagian
dari civitas akademika dan bagian dari generasi muda yang terlatih sebagai
pelaku sejarah yang ikut berperan dan menentukan sejarah perkembangan bangsa
Indonesia. Dalam upaya
mewujudkan bangsa dan masyarakat Indonesia yang maju,
mandiri dan sejahtera lahir dan batin sebagai landasan menuju masyarakat adil
dan makmur berdasarkan Pancasila, peranan pendidikan tinggi amat penting dan
strategis. Pendidikan tinggi melalui kegiatan penelitian dan keilmuan dapat
menghasilkan berbagai pemikiran dan konsepsi untuk memajukan harkat dan
martabat manusia serta budaya bangsa melalui kegiatan pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi dan karya seni yang bermutu sesuai dengan kebutuhan
pembangunan.
Mengingat
mahasiswa merupakan aset nasional dan sumber daya insani yang strategis maka
perlu diberi peluang dan kesempatan seluas-luasnya untuk mengaktualisasikan
diri secara utuh dan bertanggung jawab. Sebagai civitas akademika dalam rangka
pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dan sekaligus merupakan mitra
dosen dalam proses belajar mengajar yang dialogis. Dalam proses pengembangan
diri mahasiswa, para pembimbing
1kemahasiswaan
senantiasa menunjukkan sikap ulur tangan dan sedikit mungkin campur tangan.
Demikian pula dalam menata organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi
senantiasa berpegang pada prinsip “dari, oleh dan untuk mahasiswa”. Sebagai
unsur terpelajar dari generasi muda, mahasiswa diharapkan senantiasa peka
terhadap masalah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan diberi peluang
untuk turut serta dalam pembangunan nasional. Sebagai warga negara yang telah
dewasa mahasiswa memilki hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara yang
lainnya. Berdasarkan pokok-pokok pikiran tersebut diatas, maka pengembangan kemahasiswaan
merupakan tugas nasional yang pelaksanaannya menjadi tanggung jawab bersama
antara pemerintah, swasta dan masyarakat.
Dalam catatan
sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan pada kita bahwa mahasiswa sebagai
generasi muda yang setidaknya mempunyai dua kedudukan yang penting di dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara. Pertama, mahasiswa sebagai generasi muda
intelektual. Kedudukan ini memberikan mahasiswa dalam posisi penting dan
terhormat di dalam kehidupan masyarakat, sebab bagaimana pun juga mahasiswa
sebagai mahluk yang terpelajar dan diharapkan mampu memberikan sumbangsih yang
nyata sesuai dengan kemampuan akademisnya. Kedudukan yang kedua, yaitu
mahasiswa sebagai agent of change yang mana menjadi kunci pokok dalam
pelaksanaan pengawasan kegiatan roda pemerintahan. Kedudukan yang kedua ini
menempatkan mahasiswa sebagai bagian dari proses perubahan dan stabilitator
sosial suatu wilayah dimana dia berada. Mahasiswa
1adalah agent
of change yang merupakan salah satu kunci dari pola kehidupan suatu
masyarakat. Berdasarkan uraian diatas terlihat jelas bahwa pelayanan
kemahasiswaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung instansi
pemerintah mencapai tujuannya. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk
mengetahui mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan. Sehingga penulis menulis
mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan. Adapun judul dari tugas akhir ini
adalah “Sistem Pelayanan Kemahasiswaan Pada Fakultas Ekonomi ”. B. Perumusan
Masalah Sesuai dengan uraian yang telah dikemukakan diatas, maka penulisan
tugas akhir ini hanya membatasi pada masalah tentang sistem pelayanan
kemahasiswaan, dan masalah pokok yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah : “Apakah
pelayanan kemahasiswaan pada Fakultas Ekonomi sudah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat
mencapai tujuan yang telah ditetapkan”. C. Tujuan Dan Manfaat Penelitian a.
Tujuan Penelitian Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian yang dilakukan
oleh penulis adalah :
11. Menambah
pengetahuan dan wawasan pemikiran penulis tentang sistem pelayanan
kemahasiswaan.
2. Sebagai
pengalaman yang sangat berharga bagi penulis karena dapat langsung terjun ke
lapangan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai sistem pelayanan
kemahasiswaan yang dijalankan oleh Fakultas Ekonomi USU.
3. Dapat
digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi instansi agar dapat
melaksanakan aktivitas dengan lebih efisien, efektif serta lebih bijaksana
dalam pengambilan keputusan demi kelancaran instansi dalam mencapai tujuannya.
4. Sebagai bahan
masukan dan bahan pertimbangan bagi peneliti atau rekan-rekan mahasiswa yang
akan membahas masalah dengan topik yang sama.
b. Manfaat
Penelitian Adapun
manfaat yang ingin dicapai dari penelitian yang dilakukan oleh Penulis adalah :
1. Untuk
mengetahui sejauh mana pelayanan terhadap mahasiswa yang dibuat oleh Fakultas
Ekonomi USU.
2. Untuk
mengetahui apakah pelayanan yang dibuat oleh Fakultas Ekonomi USU sudah
berjalan dengan baik.
D. Metode
Penelitian
Penelitian
merupakan suatu kegiatan pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisa data
yang dilakukan dengan metode ilmiah secara efisien
1dan sistematis.
Dengan demikian penelitian memerlukan suatu ketelitian khusus agar data yang
diolah dapat menyajikan hasil yang benar-benar akurat. Untuk mengumpulkan data
yang diperlukan maka digunakan metode penelitian yang terdiri dari : a.
Jenis Data Adapun jenis data yang dipergunakan adalah sebagai berikut :
1. Data Primer
Merupakan data
yang dikumpulkan khususnya untuk riset tertentu yang sedang dilaksanakan. Data
diperoleh langsung dari objeknya, misalnya data mengenai sistem pelayanan
kemahasiswaan pada fakultas ekonomi .
2. Data Skunder
Merupakan data
yang diperoleh dari sumber lain dalam bentuk laporan dan publikasi. Sering
disebut juga data eksternal yang datangnya dari luar objek penelitian, misalnya
: buku-buku dan media lainnya yang ada kaitannya dengan judul tugas akhir ini. b.
Teknik Pengumpulan Data Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah sebagai berikut:
1. Library
Research (Penelitian Kepustakan)
Penelitian
kepustakaan adalah : Penelitian yang dilakukan dengan cara membaca buku, majalah,
atau sumber bacaan lainnya yang berhubungan dengan sistem pelayanan
kemahasiswaan.
12. Field
Research (Penelitian Lapangan)
Penelitian
lapangan adalah : penelitian yang dilakukan kelapangan dengan jalan mendatangi
langsung objek penelitian. Cara pengumpulan datanya menggunakan dua cara, yaitu
:
1. Observasi
(Pengamatan)
Merupakan
kegiatan pengamatan dan pencatatan atas kegiatan yang berhubungan dengan objek
penelitian.
2. Interview
(Wawancara)
Merupakan data
yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak-pihak yang berwenang,
berkaitan dengan memberikan data atau informasi yang diperlukan dalam
penyusunan tugas akhir ini. E. Metode Analisis Data Penulisan tugas
akhir ini menggunakan beberapa metode analisis data antara lain :
1. Metode
Deduktif
Yaitu metode
yang digunakan untuk menganalisis data yang telah terkumpul sebagaimana adanya
dengan membuat kesimpulan yang berlaku secara umum, dan dari kesimpulan
tersebut maka akan diuraikan secara terperinci mengenai judul yang dibahas.
2. Metode
Deskriptif
Yaitu metode
yang dilakukan dengan mengumpulkan data, menganalisis, menyusun,
mengklarifikasikan, serta mengajukan data
1yang
dikumpulkan sehingga memberikan gambaran atau keterangan yang jelas mengenai
masalah yang dihadapi oleh fakultas ekonomi dan berbagai keadaan yang berhubungan dengan
judul yang dibahas.
F. Sistematika Penulisan BAB I :
PENDAHULUAN Menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, maksud tujuan
dan manfaat penelitian, metode penelitian yang terdiri dari jenis data, teknik
pengumpulan data, dan metode analisis data, dan rencana penulisan yang terdiri
dari jadwal survei/observasi dan sistematika penulisan. BAB II : PROFIL
PERUSAHAAN Menguraikan sejarah ringkas perusahaan, struktur organisasi, job
description, jaringan usaha/kegiatan, kinerja usaha terkini, dan rencana
kegiatan. BAB III : PEMBAHASAN Menguraikan hasil penelitian yang telah
dilakukan yaitu mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan pada fakultas ekonomi . BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Menguraikan
kesimpulan dan saran terhadap hasil penelitian.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi