BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perusahaan memiliki tujuan untuk mendapatkan laba agar dapat mempertahankan hidup perusahaannya dan juga
perkembangan perusahaannya. Hal tersebut
tidak hanya berlaku untuk perusahaan besar atau menengah saja, akan tetapi juga berlaku untuk
perusahaan kecil. Salah satu cara untuk
hal tersebut adalah mempertahankan pelanggan yang telah dimiliki perusahaan tersebut. Konsumen yang dihadapkan
dengan berbagai pilihan produk, membuat
para produsen harus mampu memberikan nilai tambah pada produknya sehingga kepuasan dan kepercayaan
konsumen tercapai dan perilaku pasca
pembelian yang diinginkan akan tercapai, yaitu perilaku pembelian ulang.
Produsen harus
mampu memberikan kualitas produk kualitas yang dapat diterima, bermanfaat, harga yang bersaing,
serta penyampaian produk yang lebih
cepat dibanding pesaing. Bila diuraikan secara ringkas, produsen harus mampu memberikan kepuasan dan kepercayaan
kepada konsumennya demi mempertahankan
kesetiaan para pelanggannya demi mempertahankan dan perkembangan hidup perusahaan.
Bisnis kecil Depot
Air Minum Tris Water Reverse Osmosis System (RO) harus mampu memelihara
kualitas air minum isi ulang yang diproduksinya.
Air yang diproduksi
adalah air minum untuk dikonsumsi sehari-hari. Air tersebut harus bersih dan bermutu baik dan
harus diproses dengan baik. Cara tersebut
akan membuat kepercayaan terhadap produknya tetap terjaga dan konsumen akan melakukan pembelian ulang
terhadap produk tersebut.
Bisnis depot
air di Indonesia memiliki pesaing pasar
yang dapat ditunjukkan pada tersedianya
depot air minum di setiap sisi kota, khususnya kota Medan. Berdasarkan jenis depot air minum
yang tersedia, ada 2 (dua) jenis depot
air minum yang ada, yaitu: 1. Depot air minum RO 2. Depot air minum non RO.
Produk depot air
minum di atas memiliki konsumen tersendiri yang disebabkan adanya kecocokan yang dirasakan
konsumen. Konsumen yang setia dengan
depot air yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari mereka. Oleh karena itu, Depot Air Minum Tris Water Reverse
Osmosis System(RO)harus mampu memberikan
produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen yang ingin memdapatkan air
bersih.
Depot Air Minum
Tris Water Reverse Osmosis System (RO) merupakan depot air minum yang memproduksi air bersih
dan kaya akan oksigen. Hal ini membuat
para konsumen yang mementingkan kesehatan, melakukan pembelian terhadap produk ini walaupun harganya relatif lebih mahal dibandingkan non RO. Target pasar Depot Air
Minum Tris Water Reverse Osmosis System
(RO) ini sebagian besar adalah rumah tangga. Perbandingan harga depot air minum yang ada dapat dilihat
dari Tabel 1.1.
Tabel 1.1 Perbandingan harga Depot Air Minum RO dan Non
RO Jenis Depot Harga Non RO Rp. 3.000 RO
Rp. 4500 Sumber: Penelitian (2011) Adanya persaingan Depot Air Minum
membuat Depot Air Tris Water Reverse Osmosis System (RO) berhati-hati dalam menetapkan strategi pemasarannya.
Oleh karena itu, Depot Air Minum Tris Water Reverse Osmosis System (RO) selalu memenuhi kebutuhan,
keinginan, dan harapan konsumennya agar
konsumen mereka merasa puas. Semua kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen selalu
diupayakan semaksimal mungkin oleh Depot
Air Minum Tris Water Reverse Osmosis System (RO). Apabila kepuasan dan kepercayaan konsumen itu tercapai
maka akan terjadi keputusan pembelian
ulang oleh konsumen.
Konsumen akan
melakukan pembelian ulang terhadap suatu merk produk apabila konsumen pernah menggunakan produk
tersebut sebelumnya dengan pencapaian
kepuasan dan kepercayaan terhadap produk tersebut. Kesetiaan pelanggan sangat penting karena dengan
kesetiaan pelanggan maka akan terjadi
pembelian ulang pada suatu merk produk.
Menurut Zimerer
(2008:36), Bisnis kecil (small business) adalah perusahaan yang mempekerjakan kurang dari 100
orang. Baik bisnis kecil maupun bisnis
besar ataupun menengah pada intinya memiliki tujuan untuk menciptakan para pelanggan mereka merasa puas.
Kepuasan pelanggan dapat dicapai dengan
memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka demi memenangkan persaingan.
Persaingan dalam
kasus ini adalah depot air minum yang membuat depot air minum harus lebih berhati-hati dalam
merancang startegi pemasarannya.
Salah satu cara
memperoleh pangsa pasar yaitu melalui perolehan pelanggan sebanyak-banyaknya. Perusahaan akan memperoleh
pelanggan dalam jumlah yang banyak
apabila telah memberikan kepuasan dan kepercayaan kepada pelanggannya.
Pelanggan yang
setia akan tercipta apabila kepuasan dan kepercayaan mereka telah diperoleh. Hal tersebut
menjadikan peluang untuk mendapatkan pelanggan
baru melalui rekomendasi. Mempertahankan pelanggan yang telah tercipta lebih menguntungkan dibandingkan
dengan menarik pelanggan baru, karena
biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan menarik pelanggan baru.
Menurut Kotler dan
Keller (2007:243) Kepuasan pembeli adalah fungsi dari seberapa sesuainya harapan pembeli produk
dengan kenerja yang dipikirkan pembeli
atas produk tersebut. Jika kinerja produk lebih rendah daripada harapan, pelanggan akan kecewa; jika
kinerja produk sesuai harapan, pelanggan
akan puas; jika kinerja produk melebihi harapan, pelanggan akan sangat puas atau senang.
Konsumen yang
merasa puas dan sangat puas akan mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap suatu merk produk.
Kepercayaan ini mampu memberikan peran
yang penting dalam menciptakan hubungan dengan pelanggan. Kepercayaan konsumen terhadap merk
produk berdasarkan pengalaman yang
mereka peroleh dengan merk produk tersebut.
Pengalaman tersebut
menjadi peluang untuk timbulnya rasa percaya terhadap merk produk tersebut. Kepercayaan
konsumen yang timbul terhadap merk
produk tersebut akan mempengaruhi kesetiaan
konsumen. Ketika konsumen telah
memiliki rasa percaya pada produk tersebut, konsumen akan bergantung pada merk produk tersebut dan akan
muncul peluang untuk terjadinya
pembelian ulang.
Kepuasan dan
kepercayaan konsumen terhadap produk Depot Air Minun Tris Water Reverse Osmosis System (RO)
didasarkan pada keunggulan yang dimiliki
produknya, yaitu memiliki oksigen yang tinggi, kebersihannya karena diolah dengan alat yang canggih dan juga
memang air murni (H2O).
Selain harga yang
lebih mahal yang tidak mempengaruhi konsumen, Depot Air Minum Tris Watet Reverse osmosis
System (RO), lokasi yang jauh juga tidak
membuat para pelanggan Depot Air Minum
Reverse Osmosis System (RO) tidak
telalu terpengaruh. Para pelanggannya tetap saja melakukan pembelian ulang di Depot Air Minum Reverse
Osmosis System (RO).
Berdasarkan atas
uraian latar belakang masalah di atas, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh
Kepuasan dan Kepercayaan Komsumen
Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Depot Air Minum Tris Water Reverse Osmosis System (RO).”
1.2 Perumusan Masalah Menurut latar
belakang yang telah dijelaskan, maka perumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Apakah kepuasan
dan kepercayaan konsumen berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang pada Depot Air Minum Tris Water Reverse
Osmosis System (RO)?” 1.3 Tujuan
Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan dan
kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian ulang pada Depot Air Minum Tris Water Reverse
Osmosis System.
1.4 Manfaat
Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah: a. Bagi
Perusahaan Bagi perusahaan yang diteliti, diharapkan dapat menjadi masukan
untuk terus meningkatkan kualitas agar
tetap dapat menjaga kepuasan dan kepercayaan
konsumen terhadap produk mereka.
b. Bagi Penulis Penulis diharapkan dapat menambah pengetahuan
dan wawasan mengenai pengaruh kepuasan
dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian ulang. Penulis juga dapat menerapkan
teori-teori yang diperoleh selama masa perkuliahan.
c. Bagi Peneliti Lanjutan Penelitian ini
dimaksudkan untuk memberikan referensi dan perbandingan dalam mengadakan penelitian yang terkait
dengan kepuasan dan kepercayaan terhadap
keputusan pembelian ulang.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi