Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PADA DEPOT AIR MINUM TRIS WATER REVERSE OSMOSIS SYSTEM (RO)



BAB I PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang 
Perusahaan memiliki tujuan untuk mendapatkan laba agar dapat  mempertahankan hidup perusahaannya dan juga perkembangan  perusahaannya. Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk perusahaan besar atau  menengah saja, akan tetapi juga berlaku untuk perusahaan kecil. Salah satu  cara untuk hal tersebut adalah mempertahankan pelanggan yang telah dimiliki  perusahaan tersebut. Konsumen yang dihadapkan dengan berbagai pilihan  produk, membuat para produsen harus mampu memberikan nilai tambah pada  produknya sehingga kepuasan dan kepercayaan konsumen tercapai dan  perilaku pasca pembelian yang diinginkan akan tercapai, yaitu perilaku pembelian ulang.

Produsen harus mampu memberikan kualitas produk kualitas yang dapat  diterima, bermanfaat, harga yang bersaing, serta penyampaian produk yang  lebih cepat dibanding pesaing. Bila diuraikan secara ringkas, produsen harus  mampu memberikan kepuasan dan kepercayaan kepada konsumennya demi  mempertahankan kesetiaan para pelanggannya demi mempertahankan dan  perkembangan hidup perusahaan.
Bisnis kecil Depot Air Minum Tris Water Reverse Osmosis System (RO) harus mampu memelihara kualitas air minum isi ulang yang diproduksinya.
Air yang diproduksi adalah air minum untuk dikonsumsi sehari-hari. Air   tersebut harus bersih dan bermutu baik dan harus diproses dengan baik. Cara  tersebut akan membuat kepercayaan terhadap produknya tetap terjaga dan  konsumen akan melakukan pembelian ulang terhadap produk tersebut.
Bisnis depot air  di Indonesia memiliki pesaing pasar yang dapat  ditunjukkan pada tersedianya depot air minum di setiap sisi kota, khususnya  kota Medan. Berdasarkan jenis depot air minum yang tersedia, ada 2 (dua)  jenis depot air minum yang ada, yaitu:  1.  Depot air minum RO 2.  Depot air minum non RO.
Produk depot air minum di atas memiliki konsumen tersendiri yang  disebabkan adanya kecocokan yang dirasakan konsumen. Konsumen yang  setia dengan depot air yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari mereka. Oleh  karena itu, Depot Air Minum Tris Water Reverse Osmosis System(RO)harus  mampu memberikan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan  keinginan konsumen yang ingin memdapatkan air bersih.
Depot Air Minum Tris Water Reverse Osmosis System (RO) merupakan  depot air minum yang memproduksi air bersih dan kaya akan oksigen. Hal ini  membuat para konsumen yang mementingkan kesehatan, melakukan  pembelian terhadap produk ini  walaupun harganya relatif lebih mahal  dibandingkan non RO. Target pasar Depot Air Minum Tris Water Reverse  Osmosis System (RO) ini sebagian besar adalah rumah tangga. Perbandingan  harga depot air minum yang ada dapat dilihat dari Tabel 1.1.
 Tabel 1.1  Perbandingan harga Depot Air Minum RO dan Non RO Jenis Depot  Harga Non RO  Rp. 3.000 RO  Rp. 4500 Sumber: Penelitian (2011) Adanya persaingan Depot Air Minum membuat Depot Air Tris Water Reverse Osmosis System (RO)  berhati-hati dalam menetapkan strategi  pemasarannya.  Oleh karena itu, Depot Air Minum Tris Water  Reverse  Osmosis System (RO) selalu memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan  konsumennya agar konsumen mereka merasa puas. Semua kebutuhan,  keinginan, dan harapan konsumen selalu diupayakan semaksimal mungkin  oleh Depot Air Minum Tris Water Reverse Osmosis System (RO). Apabila  kepuasan dan kepercayaan konsumen itu tercapai maka akan terjadi keputusan  pembelian ulang oleh konsumen.
Konsumen akan melakukan pembelian ulang terhadap suatu merk produk  apabila konsumen pernah menggunakan produk tersebut sebelumnya dengan  pencapaian kepuasan dan kepercayaan terhadap produk tersebut. Kesetiaan  pelanggan sangat penting karena dengan kesetiaan pelanggan maka akan  terjadi pembelian ulang pada suatu merk produk.
Menurut Zimerer (2008:36), Bisnis kecil (small business) adalah  perusahaan yang mempekerjakan kurang dari 100 orang. Baik bisnis kecil  maupun bisnis besar ataupun menengah pada intinya memiliki tujuan untuk  menciptakan para pelanggan mereka merasa puas. Kepuasan pelanggan dapat   dicapai dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka demi  memenangkan persaingan.
Persaingan dalam kasus ini adalah depot air minum yang membuat depot  air minum harus lebih berhati-hati dalam merancang startegi pemasarannya.
Salah satu cara memperoleh pangsa pasar yaitu melalui perolehan pelanggan  sebanyak-banyaknya. Perusahaan akan memperoleh pelanggan dalam jumlah  yang banyak apabila telah memberikan kepuasan dan kepercayaan kepada  pelanggannya.
Pelanggan yang setia akan tercipta apabila kepuasan dan kepercayaan  mereka telah diperoleh. Hal tersebut menjadikan peluang untuk mendapatkan  pelanggan baru melalui rekomendasi. Mempertahankan pelanggan yang telah  tercipta lebih menguntungkan dibandingkan dengan menarik pelanggan baru,  karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan menarik pelanggan  baru.
Menurut Kotler dan Keller (2007:243) Kepuasan pembeli adalah fungsi  dari seberapa sesuainya harapan pembeli produk dengan kenerja yang  dipikirkan pembeli atas produk tersebut. Jika kinerja produk lebih rendah  daripada harapan, pelanggan akan kecewa; jika kinerja produk sesuai harapan,  pelanggan akan puas; jika kinerja produk melebihi harapan, pelanggan akan  sangat puas atau senang.
Konsumen yang merasa puas dan sangat puas akan mempengaruhi  kepercayaan konsumen terhadap suatu merk produk. Kepercayaan ini mampu  memberikan peran yang penting dalam menciptakan hubungan dengan   pelanggan. Kepercayaan konsumen terhadap merk produk berdasarkan  pengalaman yang mereka peroleh dengan merk produk tersebut.
Pengalaman tersebut menjadi peluang untuk timbulnya rasa percaya  terhadap merk produk tersebut. Kepercayaan konsumen yang timbul terhadap  merk produk tersebut akan mempengaruhi kesetiaan  konsumen. Ketika  konsumen telah memiliki rasa percaya pada produk tersebut, konsumen akan  bergantung pada merk produk tersebut dan akan muncul peluang untuk  terjadinya pembelian ulang.
Kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap produk Depot Air Minun  Tris Water Reverse Osmosis System (RO) didasarkan pada keunggulan yang  dimiliki produknya, yaitu memiliki oksigen yang tinggi, kebersihannya karena  diolah dengan alat yang canggih dan juga memang air murni (H2O).
Selain harga yang lebih mahal yang tidak mempengaruhi konsumen,  Depot Air Minum Tris Watet Reverse osmosis System (RO), lokasi yang jauh  juga tidak membuat para pelanggan Depot Air Minum  Reverse Osmosis  System (RO) tidak telalu terpengaruh. Para pelanggannya tetap saja melakukan  pembelian ulang di Depot Air Minum Reverse Osmosis System (RO).
Berdasarkan atas uraian latar belakang masalah di atas, penulis tertarik  melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan  Komsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Depot Air  Minum Tris Water Reverse Osmosis System (RO).”   1.2 Perumusan Masalah Menurut latar belakang yang telah dijelaskan, maka perumusan masalah  pada penelitian ini adalah: “Apakah kepuasan dan kepercayaan konsumen  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang  pada Depot Air Minum Tris Water Reverse Osmosis System (RO)?”  1.3 Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  dan menganalisis pengaruh kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian  ulang pada Depot Air Minum Tris Water Reverse Osmosis System.
1.4 Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah:  a.  Bagi Perusahaan Bagi perusahaan yang diteliti, diharapkan dapat menjadi masukan untuk  terus meningkatkan kualitas agar tetap dapat menjaga kepuasan dan  kepercayaan konsumen terhadap produk mereka.
b.  Bagi Penulis  Penulis diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai  pengaruh kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian  ulang. Penulis juga dapat menerapkan teori-teori yang diperoleh selama masa  perkuliahan.
c.  Bagi Peneliti Lanjutan Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan referensi dan perbandingan  dalam mengadakan penelitian yang terkait dengan kepuasan dan kepercayaan  terhadap keputusan pembelian ulang.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi