Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: PENERAPANPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARANIPS EKONOMI DI KELAS VII SMP KARTIKA IV-8 MALANG


BAB I  PENDAHULUAN  
A. Latar Belakang Masalah  Kegiatan  pendidikan  dapat  terj adi  pada  set i ap  manusia  secara  langsung  maupun  t i dak  langsung.  Sedangkan  manusia  ti dak  akan  lepas  dari  dunia  pendidikan  karena  pada  hakekatnya  pendidi kan  adalah  usaha  untuk  mengembangkan  kepribadian  dan  kemampuan  baik  yang  dilakukan  melalui  pendidikan  formal  maupun  non  formal  dan  dapat  berlangsung  seumur  hidup.
 Kegiatan  belajar  mengajar  di  sekol ah  yang  dilakukan  guru  terhadap  siswanya  selama  ini  bertuj uan  untuk  mewujudkan  dan  menghasilkan  siswa  yang  memiliki  potensi  dalam  hal  pengetahuan, ketrampilan maupun cara berfiki r.
 Al-Qur’an  memiliki  pandangan  tersendi ri  tentang  kehidupan  dunia,  sebagaimana  pandangannya  tentang  akhirat,  adalah  t i dak  bisa  dibantah.  Namun  banyak  orang  t i dak  mengerti   aspek  pendidikan  yang  dimiliki  Al -Qur’an.  Dalam  ayat  Al -Qur’an  dapat  ki ta  temukan  adanya  ungkapan  tarbiyah  (pendidikan).

 Istilah  Rabb  sendi ri,  menurut  ahli  leksikografi  bahasa  arab,  di turunkan  dari   akar  yang  sama  dengan  akar  kata  tarbiyah.  Al -Maududi   menyatakan  ”mendidik  dan  memberikan  perhat i an”  adalah  salah  satu  dari   makna-makna  implisi t  kata  Rabb.
 Menurut  Al -Qurthubi ,  Rabb  di pakai  untuk  menggambarkan  siapa  saja  yang  melakukan  sesuatau  menurut  cara  yang  sempurna.  Ar-Razi,  yang  membuat  perbandingan  antara  Allah  sebagai  pendidik  dan  manusia  sebagai   pendi dik,  menyatakan  bahwa  Allah  sebagai  pendidik  t i dak  sepert i   manusia,  tahu  betul   segala  kebutuhan  yang  dididik-Nya  lantaran  Dia  adalah  Dzat  Pencipta.  Dan  perhat i annya  t i dak  terbatas  hanya  terhadap  sekel ompok  manusia.  Allah  memperhat i kan dan mendi dik  seluruh makhluk manusia, dan karenanya kemudian  di gelari  Rabbul  Alamin.  Berbi cara  tentang  makhluk  manusia,  maka  rel evan  sekali  di sebutkan di   sini  bahwa Allah tel ah memberikan  pendidikan (pengajaran) tentang  nama-nama  segala  sesuatu  kepada  manusia  pertama  di  bumi.  Nabi  sendir i  mengident ifikasikan  dirinya  sebagai  mu’alim  (pendidik).
  Nabi  selalu  memberikan  pengajaran  kepada  manusia  prinsip-prinsip  Islam,  dan  memerintahkan  kepada  mereka  yang  tel ah  menerima  pengajarannya  untuk  mengajarkan  pengetahuannya  kepada  orang  lain.  Al-Bukhari  (1935-1950:  jilid  1,  67) meriwayatkan sebuah hadi t s: ”Contoh  petunjuk  dan  ilmu  yang  Allah  kirimkan  kepadaku  adalah  bagaikan  hujan  lebat  turun  ke  bumi.  Tanah  subur  menyerap  air  hujan  bakal  menghasilkan  buah-buahan  dan  rumput  berlimpah....Ini  adalah  contoh  orang  yang  memahami  ajaran  Allah,  mempelajari  dan  mengajarkan apa yang diketahuinya kepada orang lain”. (H.R. Muslim)  Pendidikan  Islam  di dasari  suatu  pemiki ran,  bahwa  ilmu  adalah  milik  Allah,  maka  pendidikan  Islam  j uga  berasal   dari  Allah.
  Allah  adalah  pendidik  yang  pertama  dan  utama:  Segala  puji  bagi  Allah,  pendidik  alam  semesta.  (AlFat ihah  1:2).  Allah  juga  sebagai  pengajar  pertama,  firman  Allah  dalam  QS.  AlBaqarah, 31:   Rahman,  Abdur  SA,  Landasan  dan  Tujuan  Pendidikan  Menurut  Al-Qur’an  Serta  Implementasinya (Bandung: CV. Diponegoro, 1991), hlm. 43   Qomar, Mujamil, Epistimologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional Hingga  Metode  Kritik (Jakarta: Erlangga, 2002),  hlm.
Art inya:  ”  Dan  Dia  telah  mengajarkan  kepada  Adam  nama  (benda-benda)  seluruhnya,  kemudian  mengemukakannya  kepada  para  malaikat  lalu  berfirman:  Sebutkanlah  kepada-Ku  nama  benda-benda  itu,  jika  kamu memang orang-orang benar.” (QS. Al -Baqarah 31) Ilmu  pengetahuan  dalam  pandangan  Islam  ti dak  bertol ak  belakang  secara  menyeluruh  dengan  ilmu  pengetahuan  Barat.  Ada  segi-segi   tertentu  yang  merupakan  t i t i k  persamaan  dan  perbedaannya.  Dewasa  ini  keprihat inan  mulai  muncul  di  kalangan  pemikir  muslim  terhadap  watak  sains  modern  Barat  dan  akibat-akibat  yang  di t imbul kannya.  Sains  saat  ini  tel ah  dirasakan  membahayakan  umat  Isl am  khususnya.  Mereka  digi ring  menjadi  komuni tas  yang  t i dak  memiliki  kepekaan  sosial  sama  sekali.
  Oleh  karena  i tu  pembelajaran  kontekstual   sangat  tepat  di gunakan  dalam  proses  belajar  mengaj ar  karena  dengan  adanya  pembelajaran  kontekstual   siswa  mampu  menghargai   lingkungan  seki tar  sebab  di  dal am  proses  belajar  mengajar  guru  menghadirkan  dan  mengkai tkan  mater i  pel ajaran dengan dunia nyata  yang terj adi dalam  lingkungan masyarakat.
 Pendidikan  berdasarkan  undang-undang  No.20  tahun  2003  adalah  usaha  sadar  dan  terencana  untuk  mewujudkan  suasana  bel ajar  dan  proses  pembelajaran  agar  peserta  di di k  secara  aktif   mengembangkan  potensi   di rinya  untuk  memiliki  kekuatan  sepiri tual  keagamaan,  pengendalian  di ri ,  kepribadian,  kecerdasan,  akhlak mulia, serta ketrampilan  yang di perlukan dirinya, bangsa dan  negara.
  Ibid., hlm.125   Perkembangan  zaman  yang  semakin  maju  selalu  menginginkan  perubahan  serta  inovasi-inovasi  ke  arah  yang  lebih  bai k.  Hal  inilah  yang  menyebabkan  Indonesia  kalah  bersaing  dengan  negara  l ain,  tidak  bisa  ki ta  hindari   kalau  di  dal am  persaingan  yang  menggl obal  mutu  sumber  daya  manusia  sangat  pent ing.
 Untuk  mengikuti   era  gl obalisasi   yang  sedang  berkembang  dunia  pendi dikan  di  Indonesia  sudah  mengalami  perkembangan  dari  tahun  ke  tahun.  Ini  dibukt i kan  dengan  adanya  perubahan-perubahan  sistem  pendidi kan  di   Indonesia  karena  ti dak  ingin  tertinggal  dari  negara-negara  maju  dalam  bidang  pendidikan.  Di   antara  upaya  untuk  peningkatan  mutu  pendidikan  adalah  adanya  dana  operasi onal  dar i  pemerintah  untuk  peningkatan  status  sekol ah.  Seperti   yang  tel ah  dicanangkan  pemerintah  pusat,  seti daknya  set i ap  pemerintah  daerah  harus  memiliki  sekol ah  standar  nasi onal  (SSN)  dan  sekol ah  berstandar  internasi onal  (SBI).  Dengan  adanya  sekol ah  standar  nasi onal   dan  sekol ah  berstandar  internasi onal   bisa  dijadikan  barometer  peningkatan  pendidikan.  Pendidikan  mempunyai   peran  pent ing  dalam  perbaikan  mutu  sumber  daya  manusia  dan  merupakan  investasi  pent ing bagi  generasi  muda penerus  bangsa Indonesia.
 Sal ah  satu  masalah  yang  dihadapi  dunia  pendidikan  adalah  masalah  lemahnya  proses  pembelajaran.  Dalam  proses  pembelajaran,  anak  kurang  di dorong  untuk  mengembangkan  kemampuan  berfikir.
  Pendidikan  ki ta  masih  di dominasi  ol eh  pendapat  bahwa  pengetahuan  sebagai   perangkat  fakta-fakta  yang  harus  dihafal.  Suatu  kel as  masih  terfokus  pada  guru  sebagai  satu-satunya  sumber  pengetahuan,  sedangkan  ceramah  adalah  pilihan  utama  strategi   belajar  sehingga   Sanjaya,  Wina.  Strategi  Pembelajaran  Berorientasi  Standar  Proses  Pendidikan(Jakarta:  Kencana , 2006),  hlm. 1   belajar  mengajar  menjadi  kurang  menarik  bagi  siswa.  Saat  ini  telah  berkembang  pemiki ran  bahwa  belajar  akan  lebih  bai k  jika  lingkungan  diciptakan  alamiah.
 Belajar  akan  lebih  bermakna  jika  anak  mengalami  apa  yang  di pelajarinya,  bukan  mengetahuinya.  Pembelajaran  yang  berorientasi   target  penguasaan  materi   terbukt i  berhasil  dalam  kompetensi  mengingat  dal am  jangka  pendek,  tetapi   gagal   dalam  membekali  anak  memecahkan  persoalan  dalam  kehidupan  jangka  panjang.  Untuk  i tu  perl u  strategi   yang  ti dak  mengharuskan  siswa  untuk  menghafal  fakta-fakta,  tetapi   juga  strategi   yang  mendorong  siswa  merekronstruksi kan  pengetahuan  di  benak  mereka  sendi ri,  agar  siswa  lebih  menguasai  materi   yang  sedang  dipelajari.
 Untuk  mengahadapi  pembaharuan,  pemerintah  telah  menerapkan  kuri kulum  baru  yai tu  KTSP  (Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan).  Sej umlah  sekol ah  mulai  berusaha  menggunakan  kuri kulum  tingkat  satuan  pendidikan  yang  mengacu  pada  Standar  Isi   yang  disusun  ol eh  Badan  Standar  Nasional   Pendidi kan.  Sosi alisasi   dan  pel at ihan-pelat ihan  pun  mulai  diselenggarakan.  Namun,  sejauh  ini  guru  dan  sekol ah  sebagai   pelaksana  masih  meraba-raba  penerjemahan  kurikul um  tersebut.
 Mereka  j uga khawat i r kekurangan  buku pegangan sebagai   bahan ajar.
 Hasil  pantauan  ke  sejumlah  sekol ah,  menunjukkan  bahwa  kesuli tan  dan  kerumi tan  i tu  terutama  dirasakan  ol eh  guru  di  sekol ah  yang  t i dak  sempat  merasakan  kuri kulum  berbasis  kompetensi  (KBK).  Tiba-tiba  kini  mereka  di arahkan  menjalankan  kuri kulum  t ingkat  satuan  pendidi kan.  Penerapan  kuri kul um  t ingkat  satuan  pendidikan  perl u  proses  karena  sudah  terl alu  lama  sekol ah  diatur  ol eh  pemerintah.  Sekol ah  butuh  sosi alisasi   dan  proses   pengalaman.
  Kepala  Badan  Peneli t ian  dan  Pengembangan  (Bali t bang)  Depdi knas,  Mansyur  Ramly  mengungkapkan  bahwa  model  KTSP  menuntut  kreativi tas  untuk  menyusun  model  pendidi kan  yang  sesuai  dengan  kondisi  l okal.
 Tetapi ,  pada  prinsipnya  model   KTSP  bukan  kurikulum  baru,  hanya  modifikasi  dari   model  kurikulum  yang  sudah  ada.
  Keberhasilan  KTSP  sangat  bergantung  pada  guru  dan  kepala  sekol ah,  karena  dua  figur  tersebut  merupakan  kunci  yang  menentukan  serta  menggerakkan  berbagai  komponen  dan  dimensi  yang  lain  di  sekol ah. Dal am posisi tersebut, baik buruknya komponensekolah  yang  lain  sangat  di tentukan  ol eh  kuali tas  guru  dan  kepala  sekol ah,   tanpa  mengurangi   arti   pent ing  tenaga kependidikan  yang  lain.
  Dal am  pengembangan  fasili tas  dan  sumber  belajar,  guru  di   samping  harus  mampu  membuat  sendiri  alat  pembelajaran  dan  alat  peraga,  j uga  harus  berinisiat if  mendayagunakan  lingkungan  seki tar  sekolah  sebagai  sumber  belajar  yang  lebih  kongkri t.  Pendayagunaan  lingkungan  sebagai  sumber  belajar,  misalnya  memanfaatkan  batu-batuan,  tanah,  tumbuh-tumbuhan,  keadaan  alam,  pasar,  kondi si  sosi al,  ekonomi ,  dan  budaya  kehidupan  yang  berkembang  di  masyarakat.
 Untuk  kepent ingan  tersebut,  perl u  senant iasa  diupayakan  peningkatan  pengetahuan  guru  dan  didorong  terus  untuk  menjadi  guru  yang  kreat if  dan  profesi onal ,  terutama  dalam  pengadaan  serta  pendayagunaan  fasili tas  dan  sumber  belajar  secara  l uas,  untuk  mengembangkan  kemampuan  peserta  di dik  secara   Kurikulum Satuan Pendidikan Sejumlah Sekolah Masih Kesulitan Menerjemahkan Standar Isi  Versi BSNP (http: www.geogle.com, diakses 28 April 2007), hlm. 1-  Pemerintah Siap Membantu Sekolah Menyusun KTSP(http:www.geogle.com, diakses 28 April  2007), hlm.
  Mulyasa,  E,  Implementasi  Kurikulum  2004  Panduan  Pembelajaran  KBK  (Bandung:  Rosda  Karya, 2004), hlm. 4   optimal .  Upaya  ini  harus  menjadi  kepedulian  bersama  antara  kepala  sekol ah,  komi te  sekol ah,  dan  pengawas  sekol ah  secara  proporsi onal.  Harus  disadari  bahwa  sampai   saat  ini,  buku  pelajaran  masih  merupakan  sumber  belajar  yang  sangat  pent ing  bagi  para  peserta  di dik,  meskipun  masih  banyak  yang  t i dak  memilikinya,  terutama  bagi  sekol ah-sekol ah  yang  berada  di  luar  kota,  di   pedesaan,  dan  di  daerah-daerah terpencil.
 Kurikulum  t ingkat  satuan  pendidikan  (KTSP)  adal ah  modifikasi  dar i  kuri kul um  berbasis  kompetensi,  KBK  mempunyai   pendekatan  yang  diharapkan  dapat  menghidupkan  kelas  yai tu  pendekatan  kontekstual   (CTL).  Pendekatan  kontekstual   merupakan  konsep  belajar  yang  memungkinkan  guru  menghadirkan  si tuasi  dunia  nyata  ke  dalam  kelas  dan  mendorong  siswa  membuat  hubungan  antara  pengetahuan  yang  di   milikinya  dengan  penerapannya  dalam  kehi dupan  mereka sebagai  anggota kel uarga dan masyarakat.
 Pembelajaran  kontekstual   ini  lebih  menekankan  pada  strategi  pembelajarannya  dari   pada  hasil  belajarnya,  dengan  harapan  dari   proses  belajar  tersebut  siswa  mampu  mengkonstruksi kan  sendiri   pengetahuannya.  Pengajaran  dan  pembelajaran  kontekstual   merupakan  suatu  konsepsi  yang  membantu  guru  mengai tkan  isi  mata  pelajaran  dengan  keadaan  dunia  nyata.  Guru  sebisa  mungkin  menghadirkan  dunia  nyata  ke  dalam  kelas  dengan  harapan  siswa  dapat  dengan  mudah menerima materi  pel ajaran.
 Sementara  Center  Of  Occupational  Reseach  And  Development  (CORD)  menyampaikan  lima  strategi   bagi  pendidi k  dalam  rangka  penerapan  pembelajaran  kontekstual   yai tu  relating  (mengai tkan),  experiencing  (mengalami ),  applying   (menerapkan),  cooperating  (berkerja  sama),  dan  transferring  (mentransfer)  kondi si  belajar  tersebut  biasa  di  sebut  dengan  strategi   REACT.  Berdasarkan  informasi  dari  salah  satu  siswa  kelas  VII,  Kenyataan  yang  ada  menunjukkan  bahwa  selama  ini  pembelajaran  ekonomi  di  SMP  Kart i ka  IV-8  Malang  hanya  diberikan  secara  teori t i k  dan  menggunakan  metode  yang  kurang  menari k.  Guru  masih  cenderung  suli t  menerapkan  berbagai  metode  karena  karakteri st i k  siswa  yang  berbeda-beda dalam menerima materi  pelajaran dan  si tuasi  kelas  yang masih  ramai   dan  gaduh.  Sel ain  i tu  pembelajaran  ekonomi   cenderung  di dominasi  ol eh  guru  dan  kurang  terpusat  pada  si swa.  Mi salkan  guru  memberikan  materi   di  depan  kel as  dengan  menggunakan  media  papan  tulis  dan  lembar  kerj a  siswa  (LKS).
 Si swa  hanya  belajar  menghafal  pelajaran  yang  tel ah  diberi kan  saja  dan  kurang  bisa memahami dan menghayat i  konsep-konsep ekonomi .
 Proses  pembelajaran  di   dalam  kelas  diarahkan  kepada  kemampuan  anak  untuk  menghafal  informasi ,  otak  anak  di paksa  untuk  mengingat  dan  menimbun  berbagai  informasi  tanpa  di tuntut  untuk  memahami  informasi  yang  diingatnya  i tu  untuk  menghubungkannya  dengan  kehidupan  sehari -hari .  Akibatnya  ket i ka  anak  di dik  tel ah  lulus  dari   sekol ah  mereka  pintar  secara  teori t i s  tetapi   mereka  miskin  aplikasi .  Para  siswa  tetap  bel ajar  dengan  metode  konvensi onal ,   yang  akan  menyebabkan  prestasi  belajar  siswa  t i dak  akan  mengalami  peningkatan,  kurang  maksimal  dan  siswa  kurang  bekal  dalam  memecahkan  persoal an-persoal an  yang  dihadapi  dalam  kehidupannya  di  masa  mendatang.  Misalnya  anak  hafal  perkalian  dan  pembagian,  tetapi   dalam  kehidupan  nyata  mereka  bingung  berapa  harus  membayar  manakala  ia  disuruh  membeli  2,5  kg  tel ur  dengan  harga  1  kg  Rp.
  12.500.
  Gej ala  semacam  i tu  merupakan  gejala  umum  dari  hasil  proses  pendidikan,  maka  dari  i tu  dalam  proses  pembelajaran  di  dalam  kelas  diperlukan  strategi   pembelajaran  yang  dapat  meningkatkan  prestasi   belajar  siswa.  Melihat  fenomena  yang  terj adi  di  atas,  peneli t i  tertari k  untuk  meneli t i  proses  belajar  yang  terj adi  di  SMP  Karti ka  IV-8  Malang.  Peneli t ian  ini  mengambil  judul  "  Penerapan  Pembelajaran  Kontekstual   Strategi   REACT  Untuk  Meningkatkan  Prestasi  Belajar  Pada Mata Pel ajaran IPS  Ekonomi   Di   Kelas VII SMP Karti ka IV-8 Mal ang "
B. Rumusan Masalah  Berdasarkan  latar  bel akang  yang  tel ah  di uraikan  maka  rumusan  masalah  peneli t ian  ini adalah  sebagai  beri kut:  1.  Bagaimana  penerapan  pembelajaran  kontekstual   strategi    REACT  untuk  meningkatkan  prestasi   belajar  pada  mata  pel ajaran  IPS  ekonomi   di  kelas  VII SMP Karti ka IV-8 Mal ang?  2.  Bagaimana  respon  siswa  terhadap  penerapan  pembelajaran  kontekstual  strategi   REACT  pada  mata  pelajaran  IPS  ekonomi  di  kelas  VII  SMP  Kart i ka IV-8 Mal ang?  
C. Tujuan Penelitian  Berdasarkan  uraian  rumusan  masalah  di  atas  maka  tuj uan  peneli t ian  ini  adal ahsebagai   beri kut:   Sanjaya, Wina, op.cit., hlm.2   1.  Mendeskripsikan  penerapan  pembelajaran  kontekstual   strategi    REACT  untuk  meningkatkan  prestasi  belajar  pada  mata  pel ajaran  IPS  ekonomi  di  SMP Karti ka IV-8 Malang.
 2.  Mendeskripsikan  respon  siswa  terhadap  penerapan  pembelajaran  kontekstual  strategi   REACT  pada  mata  pelajaran  IPS  ekonomi  di  SMP  Kart i ka IV-8 Mal ang.
 D. Manfaat Penelitian  Hasil  peneli t ian  ini di   harapkan dapat bermanfaat bagi :  1.  Bagi  guru  bidang  studi ,  hasil  peneli t ian  ini  merupakan  sebuah  informasi  yang  pent ing  bagi  guru  untuk  menerapkan  pembel ajaran  yang  efekt if   di  kel as dan menambah  li t eratur guru tentang metode pembelajaran.
 2.  Bagi   sekol ah, diharapkan dari  peneli t ian  ini dapat meningkatkan mutu atau  kuali tas pembelajaran di   sekol ah khususnya di  SMP Karti ka IV-8 Mal ang.
 3.  Bagi  siswa,  dengan  di terapkannya  pembelajaran  ini  diharapkan  akan  mampu  meningkatkan  prestasi  belajar  siswa,  khususnya  bagi  siswa  kelas  VII.
 4.  Bagi   penulis,  sebagai   sarana  aplikasi   dalam  berfiki r  untuk  memperluas  pengetahuan tentang pembelajaran.
 E. Ruang Lingkup Penelitian  Mengingat  segala  keterbatasan  yang  dimiliki  ol eh  peneli t i  maka  penelit i  membatasi  peneli t ian  ini dengan ruang  lingkup sebagai   beri kut:   1.  Metode  pengaj aran  dalam  mata  pel ajaran  IPS  ekonomi  dengan  menggunakan  pembelajaran  kontekstual   strategi   REACT  ini  di terapkan  di  kel as  VII  C  dengan  kompetensi   dasar  menganalisis  kegiatan  pokok  ekonomi  dalam kehidupan sehari -hari .
  


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi