Kamis, 30 Oktober 2014

Skripsi Ekonomi: Evaluasi Sistem Penjualan Kredit Pada Cv. Al-Abrar Divisi Amdk Kafur

    BAB I .
PENDAHULUAN .
A. Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi: Evaluasi Sistem Penjualan Kredit Pada Cv. Al-Abrar Divisi Amdk Kafur
Penjualan merupakan suatu kegiatan utama dari setiap perusahaan  untuk memperoleh keuntungan. Penjualan adalah suatu usaha yang  terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan  pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna  mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan, 1991).

Penjualan dibedakan menjadi dua yaitu penjualan tunai dan penjualan  kredit. Banyak perusahaan yang mengambil kebijakan dengan  menggunakan penjualan kredit untuk menambah volume penjualan  produk.
Penjualan kredit menjadi salah satu cara untuk menarik minat  konsumen dalam melakukan pembelian, sehingga semakin banyak peluang  perusahaan untuk mendapatkan laba yang besar. Penjualan kredit  memerlukan sistem pengendalian intern yang baik agar dapat menghindari  resiko yang timbul sebagai dampak penjualan kredit. Dampak yang dapat  timbul yaitu munculnya piutang tak tertagih. Untuk menghidari resiko  tersebut, maka diperlukan evaluasi terhadap sistem penjualan kredit.
Evaluasi ini dilakukan karena sebagian besar pendapatan perusahaan  berasal dari penjualan kredit.
CV Al-Abrar Divisi AMDK KAFUR memasarkan produknya  dengan menggunakan penjualan secara tunai dan penjualan secara kredit.
  Perusahaan menggunakan sistem yang sederhana dalam proses penjualan  tunai dikarenakan hubungan dengan pelanggan hanya dilakukan satu kali,  yaitu pada saat penyerahan barang dan transaksi uang.
Sistem penjualan kredit CV Al-Abrar Divisi AMDK KAFUR yaitu  apabila agen ingin mengambil produk diharuskan untuk melunasi hutang  terhadap produk yang diambil sebelumnya. Perusahaan memberikan  jangka waktu maksimal seminggu kepada agen untuk melunasi hutangnya.
Ada beberapa agen yang dalam waktu seminggu masih belum membayar  hutang, tetapi tetap mengambil produk secara kredit. Hal ini dapat  mengakibatkan peningkatan resiko piutang tak tertagih. Apabila sistem  seperti ini tetap dijalankan oleh perusahaan maka resiko piutang tak  tertagih akan semakin besar.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penyusunan Tugas Akhir  ini mengambil judul “EVALUASI SISTEM PENJUALAN KREDIT CV  AL-ABRAR DIVISI AMDK KAFUR”.
B.  Rumusan Masalah .
Berdasarkan latar belakang di atas, Maka permasalahan yang akan  di bahas di dalam Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:.
1.  Bagaimanakah sistem akuntansi penjualan kredit di CV Al-Abrar  Divisi AMDK KAFUR? .
2.  Apa saja kelebihan dan kelemahan dari sistem dan prosedur  penjualan kredit di CV Al-Abrar Divisi AMDK KAFUR?.
C. Tujuan Penelitian .
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, Maka tujuan penulisan  Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:.
1.  Untuk mengetahui sistem akuntansi penjualaan kredit di CV Al-  Abrar Divisi AMDK KAFUR.
2.  Untuk mengevaluasi kelebihan dan kelemahan dari sistem dan  prosedur penjualan kredit di CV Al-Abrar Divisi AMDK KAFUR.
D. Manfaat Penelitian.
1.  Bagi Perusahaan.
Dapat memberikan informasi bagi perusahaan untuk menghindari  resiko piutang tak tertagih yang dapat muncul dari sistem akuntansi  penjualan kredit yang sudah berjalan.
2.  Bagi Pembaca.

Sebagai bahan referensi untuk melakukan penulisan Tugas Akhir  selanjutnya terutama mengenai sistem penjualan kredit.   
Skripsi Ekonomi: Evaluasi Sistem Penjualan Kredit Pada Cv. Al-Abrar Divisi Amdk Kafur

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi