Selasa, 14 Oktober 2014

Skripsi Ekonomi: Pemasaran Dana Pihak Ketiga Pd.Bpr Bkk Tulung Cabang Pedan Untuk Membangun Loyalitas Nasabah

   BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Pemasaran Dana Pihak Ketiga Pd.Bpr Bkk Tulung Cabang Pedan Untuk Membangun Loyalitas Nasabah
Dunia  bisnis  saat  ini  mengalami  perkembangan  pesat.  Hal  ini  ditunjukkan  dengan  persaingan  industri  perbankan  khususnya  di  kecamatan  Pedan.  Kecamatan  Pedan  adalah  bagian  dari  wilayah  kabupaten  Klaten.  Di  kecamatan  Pedan  ini  terdapat  48.798 orang  dengan  mata  pencaharian  petani  sebanyak 6.302 orang, pengusaha besar ada 22 orang, pedagang 1.270 orang,  pegawai  451  orang,  peternak  24.875  orang,  pengrajin  1.229  orang,  buruh  6.734  orang  danlainnya  454  orang.  Sarana  perekonomian  di  daerah  ini  meliputi  pasar  umum,  pasar  hewan,  toko  kios,  industri  besar  dan  sedang,  industri kecil,  industri rumah tangga, perdagangan, angkutan,  jasa. Di Pedan  terdapat  bank  umum  sebanyak  7  buah,  BPR  ada  7  buah,  Koperasi  Simpan  Pinjam ada 26 buah dan lembaga lain 8 buah.  Perusahaan Daerah  BPR BKK  Tulung  Cabang  Pedan  merupakan  salah  satu  bank  yang  harus  siap  untuk  bersaing  dengan  bank-bank  pemerintah  dan  bank-bank  swasta  untuk  mendapatkan nasabah.

Setiap nasabah memiliki sifat yang berbeda - beda. Hal ini dikarenakan  asal daerah, agama, pendidikan, pengalaman dan budaya yang berbeda.Namun  secara  umum  keinginan  nasabah  sama  yakni  segala  keinginan  dan  kebutuhannya harus terpenuhi dengan perhatian yang cukup.      Nasabah  yang  harus  dikenal  oleh  pegawai  bank  yakni  nasabah  ingin dianggap  seperti raja, segala kebutuhan nasabah  ingin terpenuhi, nasabah tidak mau  didebat  ataupun  disinggung,  nasabah  ingin  diperhatikan,  nasabah merupakan  sumber  pendapatan  bank.  Setelah  mengerti  sifat-sifat  nasabah secara  umum  maka  langkah  selanjutnya  adalah  memberikan  pelayanan prima  yang maksimal guna untuk meminimalisir kaburnya nasabah ke bank lainnya.
Mayoritas  nasabah  PD.  BPR  BKK  Tulung  Cabang  Pedan  adalah pedagang dan  wiraswasta yang kesehariannya berkegiatan di pasar, rumah dan  lokasi  mereka  berbisnis.  Mereka  tidak  memiliki  banyak  waktu  untuk mengunjungi bank.  Bersumber dari ketidaktahuan masyarakat tentang produkproduk  PD.  BPR  BKK  Tulung  Cabang  Pedan  maka  pihak  bank  menuntut supaya  marketing  menjalin  kedekatan  personal  dengan  para  nasabah  untuk memasarkan  produk  dana  sekaligus  memberikan  pelayanan  prima  kepada  nasabah.  Dapat dikatakan bahwa ujung tombak keberhasilan bank ini terletak  pada  strategi  marketing  yang  tepat  sasaran  di  lapangan.  Tanpa  marketing  usaha  yang  dijalankan  bank  ini  tidak  akan  dapat  berjalan  sebagaimana  mestinya.  Marketing  dapat  meningkatkan  profit  PD.  BPR  BKK  Tulung  Cabang  Pedan  sebagai  contoh  marketing  dapat  menginformasikan  kepada  orang-orang  sekitar  tentang  keberadaan  bank  ini  dan  produk-produk  yang  dihasilkan  serta  melakukan  sistem  jemput  bola  pada  setiap  nasabahnya.
Sehingga  sosialisasi  produk  perbankan  dapat  diterima  baik  oleh  masyarakat.
Secara personal atau secara kelompok akan mempercayakan dana mereka dan     instansi -instansi  tertentu  menjalin  kerja  sama  untuk  kemudahan  pembayaran  sekolah.
Pelayanan  yang  prima  seperti  inilah  dituntut  dapat  menjalankan  dan mengelola  bisnis  perbankan  secara  efektif  dan  efisien.  Di  mana  pelayanan  prima  ini  dapat  dijadikan  sebagai  tolak  ukur  keberhasilan  bank  untuk mendapatkan  nasabah yang loyal.Tujuan  pelayanan prima adalah  memberikan pelayanan yang dapa  tmemenuhi   dan  memuaskan  pelanggan  atau  masyarakat serta  memberikan  fokus  pelayanan  kepada  pelanggan  (Sutopo  dan  Suryanto,  2006:9).  Pelayanan  prima  digunakan  untuk  mempertahankan  dan meningkatkan  produktivitas.  Hal  ini  untuk  menunjukkan  keseriusan  nasabah  dalam  menanggapi  produk  atau  jasa  lainnya  yang  ditawarkan  oleh  bank  tersebut.  Semakin  banyak  nasabah yang mendapat pelayanan dapat dipastikan bahwa  keuntungan  dan  market  BPR  juga  akan  meningkat.  Sekaligus  menunjukkan  bahwa  ikatan  emosional  bank  tersebut  dengan  nasabahnya  sangat kuat bukan hanya diukur dari sebuah brand bank.
Bersumber  dari  latar  belakang yang telah  penulis  uraikan  diatas, maka penulis  tertarik  untuk  meneliti  peran  BPR  menghimpun  dana  dengan mengambil  judul: “PEMASARAN DANA PIHAK KETIGAPD. BPR BKK  TULUNG  CABANG  PEDAN  UNTUK  MEMBANGUN  LOYALITAS  NASABAH”.
   B.  RumusanMasalah.
Berdasarkan  latar  belakang  yang  telah  dikemukakan  sebelumnya,  maka dapat dirumuskan  masalah sebagai  berikut:.
1.  Bagaimanakah  mekanisme  PD.  BPR  BKK  Tulung  cabang  Pedan  dalam memasarkan produk dana kepada nasabah?.
2.  Bagaimana  fungsi  dari  pemberian target dalam  memasarkan  Produk Dana  PD.  BPR  BKK  Tulung  Cabang  Pedan  dan  kebijakannya  apabila  target tidak terpenuhi?.
C.  TujuanPenelitian.
Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah:.
1.  Untuk  mekanisme  pemasaran  produk  Dana  PihakKetiga  PD.  BPR  BKK  Tulung cabang Pedan kepada  nasabah.
2.  Untuk  mengetahui  fungsi  pemberian target dan  kebijakan  PD.  BPR BKK  Tulung Cabang Pedan dalam pencapaian target.
D.  ManfaatPenelitian.
Penelitian  diharapkan  dapat  berguna  dan  bermanfaat  bagi  peneliti  dan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan:    1.  Bagi Peneliti.
Dapat  mengaplikasikan  materi  perkuliahan  dengan  praktik  di  BPR  dan membuat peneliti  berfikir kritis dalam  suasana bekerja.
2.  Bagi Pihak Bank.
Hasil  penelitian  ini  diharapkan  memberikan  kontribusi  dan  dapat dijadikan  sebagai   pertimbangan  PD.  BPR  BKK  Tulung  Cabang  Pedan untuk  membuat  kebijakan yang baru  dalam  memberikan  pelayanan prima  perbankan kepada  nasabah.
3.  Bagi Pihak Lain.
Diharapkan  hasil  penelitian  ini   menambah  wawasan  pembaca  dan  dapat dijadikan  bahan referensi untuk tugas mendatang.
E.  MetodePenelitian.
Metode pengumpulan data didalam penulisan Tugas Akhir  ini adalah: 1.  Metode Observasi.
Metode Observasi dilakukan ketika  magang kerja  berlangsung dengan cara mengamati  sistem  kerja  dan  komunikasi  antara  pegawai  dengan  nasabah  PD. BPR BKK Tulung Cabang Pedan.
2.  Metode Wawancara.
Metode  Wawancara  dilakukan  dengan  mengajukan  beberapa  pertanyaan kepada  narasumber  yakni  pembimbing  institusi   mitra,  karyawan pendamping dan para nasabah.
  3.  Metode Kepustakaan.
Metode yang menggunakan  buku sebagai sumber-sumber pengertian bank,  jenis  bank,  pengertian  dana  pihak  ketiga,  pengertian  pemasaran  dan pengertian  loyalitas nasabah.

 Skripsi Ekonomi: Pemasaran Dana Pihak Ketiga Pd.Bpr Bkk Tulung Cabang Pedan Untuk Membangun Loyalitas Nasabah

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi