Kamis, 27 November 2014

Skripsi Ekonomi: Strategi penetapan harga pada biro perjalanan umum (bpu) rosalia indah kantor pusat Palur Karanganyar

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Strategi penetapan harga pada biro perjalanan umum (bpu) rosalia indah kantor pusat Palur Karanganyar
Perkembangan  peradaban  dan  kemajuan  zaman  telah  membawa  manusia  kepada  perubahan-perubahan  kehidupan  ke  arah  yang  lebih  baik.Bertambah  maju  tingkat  perekonomian  bertambah  penting  pula  peranan  transportasi  sebagai  alat  pengangkutan.Tidak  ada  kegiatan  ekonomi  yang  dapat dilepaskan dari keperluan pengangkutan, oleh karena itu pengangkutan  atau alat transportasi harus selalu dapat dijamin kelancaran dalam arus barang  dan penumpang dengan cepat, murah dan aman.

Sarana  transportasi  berguna  untuk  memperlancar  dan  mempermudah  aktivitas  perekonomian  masyarakat  disamping  kegiatan  lainnya.Serta  setiap  masyarakat  menganggap  sarana  transportasi  penting  untuk  mendukung  aktivitas  dan  kegiatan  masyarakat  yang  ingin  bepergian.Orang-orang  yang melihat  peluang  ini  maka  akan  berpikir  tentang  usaha  yang  bisa  didirikan.
Salah  satu  peluang  usaha  yang  bisa  didirikan  adalah  biro  perjalanan  umum.Biro  perjalanan  umum  merupakan  usaha  yang  menjual  atau  memberikan jasa kepada konsumennya, berupa jasa perjalanan.Biro perjalanan umum yang bisa didirikan salah satunya adalah biro perjalanan bus.
Berbagai  macam  bus  bisa  ditawarkan,  mulai  dari  bus  dengan  ukuran  kecil  dengan  fasilitas  ala  kadarnya  tanpa  AC,  bus  besar  dengan  berbagai  macam kelas, sampai busway yang mampu menampung cukup banyak dengan  fasilitas  yang  nyaman.Berbagai  macam  biro  perjalanan  umum  berlombalomba membuktikan bahwa jasa transportasi mereka  adalah jasa transportasi    yang  paling  baik.Satu  diantaranya  biro  perjalanan  tersebut  adalah  Biro  Perjalanan Umum (BPU) Rosalia Indah.
Nama Rosalia  Indah tentu sudah tidak asing di kalangan masyarakat.
Jika ditanya tentang Rosalia Indah, sebagian besar masyarakat akan menjawab  itu adalah bus. Jika banyak orang  yang tidak asing dengan nama itu, berarti  tandanya  Rosalia  Indah  berhasil  menarik   minat  konsumen  untuk  menjadi  pelanggan  biro  perjalanan  ini.  Salah  satu  cara  yang  dilakukan  oleh  Rosalia  Indah  adalah  dengan  cara  promosi.  Tidak  hanya  iklan  yang  bisa  digunakan  sebagai media promosi tetapi juga dengan penetapan harga.
Menurut Triton (2008 : 181) penetapan harga merupakan “strategi  pemasaran yang menentukan terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli”.
Transaksi hanya akan terjadi bila harga yang ditetapkan pada sebuah produk  atau  jasa  disepakati  oleh  penjual  dan  pembeli.  Oleh  karena  itu,  jika  suatu  perusahaan mampu menetapkan harga dengan tepat, maka akan memperoleh  laba yang besar.
Selain itu banyak orang ingin menggunakan transportasi umum dengan  harga yang terjangkau dan fasilitas yang nyaman memang  bukan dua hal yang  mudah  untuk  disatukan,  karena  kita  tahu  di  zaman  sekarang  ini  tidak  ada  barang  murah  dengan  kualitas  yang  baik.Kalaupun  ada,  mungkin  itu  merupakan  strategi  harga  yang  dilakukan  oleh  penjual  dan  tentunya  dalam  periode  tertentu  saja.  Jika  sebuah  perusahaan  tidak  berhati-hati  dalam  menerapkan  harga  untuk  produk  atau  jasa  yang  dijualnya,  maka  usahanya  tidak  akan  bertahan  dan  tentunya  masyarakat  tidak  tertarik  dengan  yang  ditawarkan.
  Oleh  karena  itu,Biro  Perjalanan  Umum  (BPU)  Rosalia  Indah  untuk  menghadapi  pesaingnya  maka  menetapkan  strategi  penetapan  harga.Harga  yang  bervariasi  membuat  perusahaan  ini  terus  bisa  meningkatkan  jumlah  konsumen  yang  menggunakan  jasa  transportasinya  dan  yang  lebih  membuktikan bahwa BPU Rosalia Indah mampu berada dihati konsumennya  adalah penggunaan jasa transportasi secara berulang-ulang.
Dari  latar  belakang  diatas,  maka  penulis  mengambil  judul  “Strategi  Penetapan  Harga  Pada  Biro  Perjalanan  Umum  (BPU)  Rosalia  Indah  Kantor  Pusat Palur Karanganyar”.
B.  Rumusan Masalah.
Berdasarkan  penjelasan  diatas,  maka  dapat  dirumuskan  masalah  sebagai berikut :.
Strategi  penetapan  harga  apakah  yang  diterapkan  oleh  BPU  Rosalia  Indah untukbisa menarik minat penumpang?.
C.  Tujuan Penelitian.
Berhubungan  dengan  rumusan  masalah  yang  sudah  ditentukan,  penelitian ini memiliki tujuan : Mengetahui  strategi  penetapan  harga  yang  diterapkan  oleh  BPU  Rosalia Indah.
 D.  Manfaat Penelitian.
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi :.
1.  Bagi Akademisi Hasil  penelitian  ini  dapat  memberikan  manfaat  bagi  pembaca  sebagai rujukan calon penelitian yang sejenis yang akan datang.
2.  Bagi Pembaca Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberikan  masukandalam  rangka mengambil kebijakan terkait dengan strategi penetapan harga.
3.  Bagi Perusahaan Hasil penelitian ini diharapkan dapat sebagai bahan masukan dan  pertimbangan  untuk  mengambil  kebijakan  terkait  dengan  strategi  penetapan harga bagi perusahaan.

 Skripsi Ekonomi: Strategi penetapan harga pada biro perjalanan umum (bpu) rosalia indah kantor pusat Palur Karanganyar

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi