BAB
I PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Pada umumnya dengan meningkatnya pendapatan
perkapita masyarakat, maka daya beli pun bertambah. Akibatnya kebutuhan
masyarakat pun ikut bertambah baik dari jenisnya maupun jumlah dana untuk
setiap kebutuhan. Disini muncul kebutuhan masyarakat akan cara-cara pembayaran
yang praktis untuk menyelesaikan transaksinya. Bagi bank, ini adalah kesempatan
untuk meraih keuntungan, yaitu dengan menyediakan jasa-jasa pembayaran yang
praktis dan mudah. Untuk mempermudah dan mempercepat proses pembayaran
dibutuhkan teknologi. Teknologi masa kini identik dengan komputerisasi.Tentu
kemudahan
bertransaksi melalui internet banking merupakan salah satu cara dan
upaya para bankir untuk meningkatkan kepuasan nasabah terhadap layanan bank
tersebut. Salah satu bank yang menawarkan jasa internet banking adalah PT. Bank
Negara Indonesia (Persero) Tbk . Pada awal launching produk internet banking di
Bank BNI tepatnya tanggal 05 April 2007 usernya hanya berkisar seribu saja
seluruh Indonesia,khususnya di cab USU hanya 6 orang user saja, hingga awal
September seluruh user telah mencapai 48.000 dan untuk cabang USU mencapai 863
user. Jenis transaksi yang dapat dilakukan pun meningkat, jika pada awal
mulanya transaksi yang dapat dilakukan di internet banking adalah:2
Transaksi non
financial :
• informasi saldo seluruh rekening yang anda miliki
dalam 1 CIF (Customer Information File) berupa tabungan, giro, deposito dan
pinjaman.
• Informasi mutasi rekening (30 transaksi atau 1 bulan
terakhir)
Transaksi Finansial :
• transfer dana antar rekening BNI
• pembayaran tagihan kartu kredit BNI, Standard
Chartered, HSBC, GE Finance, ANZ, Niaga, ABN Amro, Permata & Danamon.
• telkom (telfon,flexiclassy, speedy)seluruh Indonesia
• telkomsel
• listrik PLN
• pembelian voucher Telkomsel, Indosat dan XL
Namun seiring dengan meningkatnya jumlah
user internet banking Bank BNI, meningkat pula permintaan akan transaki yang
dapat dilakukan melalui internet banking ini, dimulai dari tanggal 31 Agustus
2007, transaksi yang ditambahkan adalah pembelian tiket pesawat Mandala Airline
secara online, kemudian tanggal 04 September 2007, pembayaran tiket online
untuk Garuda, Lion Air dan Adam Air, SPC ( Student Payment Centre), atau
pembayaran uang kuliah secara online dan pembayaran PLN untuk Sumatera Barat.
Pada tanggal 12 September 2007 fitur non financial ditambah untuk inquiry
saldo, inquiry mutasi rekening, ganti password, ganti alamat email, daftar
rekening, dan daftar pembayaran, sedangkan untuk fitur 3
financial
bertambah untuk pembayaran kartu kredit Citi bank, pembayaran tagihan XPLOR dan
pembelian isi ulang Fren, Esia, Flexy trendy dan Three. Jenis rekening yang
ditawarkan untuk dapat mengikuti internet banking pun beragam yaitu Tabungan
(BNI Taplus, BNI Taplus Utama, BNI Taplus Mahasiswa, BNI Taplus Pegawai, BNI
Tapenas), BNI Giro Perorangan (rupiah ataupun valas), BNI Deposito (rupiah
ataupun valas) dan Rekening Pinjaman Perorangan dengan syarat memiliki Customer
Identification File yang sama. Data informasi dan transaksi yang ditampilkan
adalah data terkini karena sistem Online BNI. Hal ini menarik perhatian penulis
untuk membuat penelitian dengan judul : “Analisis Internet Banking Terhadap
Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Internet banking pada PT.Bank Negara
Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang USU Medan “
1.2.Perumusan
Masalah Berdasarkan keterangan yang
telah diuraikan diatas, maka permasalahan yang akan dikaji didalam penelitian
ini adalah : 1.2.1.Bagaimana kepuasan nasabah dalam menggunakan internet
banking? 1.2.2.Fitur apa yang paling banyak digunakan oleh nasabah internet
banking BNI ?4
1.3.Tujuan dan manfaat Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah : 1.3.1.Untuk mengetahui kepuasan nasabah dalam menggunakan internet
banking. 1.3.2 Untuk mengetahui fitur transaksi internet banking yang paling
sering digunakan oleh nasabah Manfaat dari penelitian ini adalah :
1.3.1.Sebagai bahan informasi kepada PT.Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
1.3.2.Sebagai salah satu cara pengembangan untuk memperkenalkan BNI Internet
Banking 1.3.3.Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi penulis
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi