Selasa, 04 Maret 2014

Skripsi Ekonomi Pembangunan: ANALISIS INTERNET BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA


 BAB I PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Pada umumnya dengan meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat, maka daya beli pun bertambah. Akibatnya kebutuhan masyarakat pun ikut bertambah baik dari jenisnya maupun jumlah dana untuk setiap kebutuhan. Disini muncul kebutuhan masyarakat akan cara-cara pembayaran yang praktis untuk menyelesaikan transaksinya. Bagi bank, ini adalah kesempatan untuk meraih keuntungan, yaitu dengan menyediakan jasa-jasa pembayaran yang praktis dan mudah. Untuk mempermudah dan mempercepat proses pembayaran dibutuhkan teknologi. Teknologi masa kini identik dengan komputerisasi.Tentu kemudahan
bertransaksi melalui internet banking merupakan salah satu cara dan upaya para bankir untuk meningkatkan kepuasan nasabah terhadap layanan bank tersebut. Salah satu bank yang menawarkan jasa internet banking adalah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk . Pada awal launching produk internet banking di Bank BNI tepatnya tanggal 05 April 2007 usernya hanya berkisar seribu saja seluruh Indonesia,khususnya di cab USU hanya 6 orang user saja, hingga awal September seluruh user telah mencapai 48.000 dan untuk cabang USU mencapai 863 user. Jenis transaksi yang dapat dilakukan pun meningkat, jika pada awal mulanya transaksi yang dapat dilakukan di internet banking adalah:2
Transaksi non financial :
• informasi saldo seluruh rekening yang anda miliki dalam 1 CIF (Customer Information File) berupa tabungan, giro, deposito dan pinjaman.
• Informasi mutasi rekening (30 transaksi atau 1 bulan terakhir)

Transaksi Finansial :
• transfer dana antar rekening BNI
• pembayaran tagihan kartu kredit BNI, Standard Chartered, HSBC, GE Finance, ANZ, Niaga, ABN Amro, Permata & Danamon.
• telkom (telfon,flexiclassy, speedy)seluruh Indonesia
• telkomsel
• listrik PLN
• pembelian voucher Telkomsel, Indosat dan XL

Namun seiring dengan meningkatnya jumlah user internet banking Bank BNI, meningkat pula permintaan akan transaki yang dapat dilakukan melalui internet banking ini, dimulai dari tanggal 31 Agustus 2007, transaksi yang ditambahkan adalah pembelian tiket pesawat Mandala Airline secara online, kemudian tanggal 04 September 2007, pembayaran tiket online untuk Garuda, Lion Air dan Adam Air, SPC ( Student Payment Centre), atau pembayaran uang kuliah secara online dan pembayaran PLN untuk Sumatera Barat. Pada tanggal 12 September 2007 fitur non financial ditambah untuk inquiry saldo, inquiry mutasi rekening, ganti password, ganti alamat email, daftar rekening, dan daftar pembayaran, sedangkan untuk fitur 3
financial bertambah untuk pembayaran kartu kredit Citi bank, pembayaran tagihan XPLOR dan pembelian isi ulang Fren, Esia, Flexy trendy dan Three. Jenis rekening yang ditawarkan untuk dapat mengikuti internet banking pun beragam yaitu Tabungan (BNI Taplus, BNI Taplus Utama, BNI Taplus Mahasiswa, BNI Taplus Pegawai, BNI Tapenas), BNI Giro Perorangan (rupiah ataupun valas), BNI Deposito (rupiah ataupun valas) dan Rekening Pinjaman Perorangan dengan syarat memiliki Customer Identification File yang sama. Data informasi dan transaksi yang ditampilkan adalah data terkini karena sistem Online BNI. Hal ini menarik perhatian penulis untuk membuat penelitian dengan judul : “Analisis Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Internet banking pada PT.Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang USU Medan “
1.2.Perumusan Masalah Berdasarkan keterangan yang telah diuraikan diatas, maka permasalahan yang akan dikaji didalam penelitian ini adalah : 1.2.1.Bagaimana kepuasan nasabah dalam menggunakan internet banking? 1.2.2.Fitur apa yang paling banyak digunakan oleh nasabah internet banking BNI ?4

1.3.Tujuan dan manfaat Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1.3.1.Untuk mengetahui kepuasan nasabah dalam menggunakan internet banking. 1.3.2 Untuk mengetahui fitur transaksi internet banking yang paling sering digunakan oleh nasabah Manfaat dari penelitian ini adalah : 1.3.1.Sebagai bahan informasi kepada PT.Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. 1.3.2.Sebagai salah satu cara pengembangan untuk memperkenalkan BNI Internet Banking 1.3.3.Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi penulis
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi