Selasa, 04 Maret 2014

Skripsi Ekonomi Pembangunan: Analisis Kausalitas dan Kointegrasi Kredit Perbankan dan Pertumbuhan Ekonomi


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi yang tinggi merupakan sasaran utama untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. Namun, masalah pertumbuhan ekonomi merupakan masalah klasik dalam literatur ilmu ekonomi. Menurut Boediono (1985), pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output perkapita dalam jangka panjang. Selain itu, pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai suatu ukuran kuantitatif yang menggambarkan perkembangan suatu perekonomian dalam suatu tahun tertentu apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.(Sukirno, 2006).

Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi sangat dibutuhkan sumber pembiayaan guna mendorong dunia usaha. Perkembangan sektor perbankan dimana bank memiliki fungsi pokok sebagai agen pembangunan maupun financial intermediary merupakan salah satu pendukung usaha pembangunan tersebut. Keberadaan dunia usaha tidak terlepas dari sektor perbankan yang ada. Dalam hal ini, perkembangan dunia usaha perlu mendapat perhatian yang serius guna meningkatkan kemampuan para pengusaha sehingga dapat bersaing di pasar regional maupun internasional. Kebutuhan dana yang tidak sedikit untuk pembangunan di berbagai sektor usaha dan industri sangat ditentukan oleh sektor perbankan. Hal ini, terlihat jelas adanya perkembangan jumlah kredit perbankan sebagai sumber pembiayaan bagi sektor-sektor tersebut sehingga dapat

mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan tentunya sistem perekonomian nasional.
Sektor perbankan secara nyata juga berperan penting dalam kelancaran aktivitas perekonomian Indonesia dan Sumatera Utara. Pertumbuhan jumlah bank swasta dan nasional yang sangat cepat mulai tahun 1980an ternyata membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi baik secara nasional maupun regional. Peran sektor perbankan dalam memobilisasi dana masyarakat telah menunjukkan perkembangan yang sebelumnya hanya sebagai fasilitator kegiatan dari beberapa perusahaan besar menjadi sektor yang sangat berpengaruh bagi perekonomian. Secara keseluruhan, bank berperan sebagai wahana yang menghimpun dana masyarakat secara efektif dan efisien guna meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan adanya fungsi bank tersebut, dapat kita lihat seberapa besar sektor perbankan dapat meningkatkan perekonomian baik daerah maupun negara karena fungsi perbankan dapat mempengaruhi jumlah uang yang beredar melalui penciptaan uang dan penyaluran kredit. Oleh karena itu, bank dan usaha kreditnya merupakan dua faktor yang saling berkaitan. Pengerahan dana dari masyarakat yang berada di lembaga keuangan perbankan ini dapat digunakan sebagai sources of fund yang dapat mendorong kegiatan usaha melalui pemberian kredit dan akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi