Rabu, 05 Maret 2014

Skripsi Ekonomi Pembangunan: ANALISIS PENGARUH INFLASI, SUKU BUNGA, NILAI TUKAR, DAN NILAI EKSPOR TERHADAP NERACA PEMBAYARAN INDONESIA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pembangunan khususnya dalam bidang ekonomi ditempatkan pada urutan pertama dari seluruh aktifitas pembangunan. Dalam rangka pembangunan ekonomi sekaligus terkait usaha – usaha pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat. Pembangunan ekonomi dipandang sebagai kenaikan dalam pendapatan perkapita. Besarnya pendapatan perkapita ditentukan oleh besarnya pendapatan nasional. Salah satu yang mempengaruhi besarnya pendapatan nasional adalah factor ekspor – impor atau perdagangan luar negeri.

Dalam dunia modern sekarang, suatu negara sulit untuk memenuhi seluruh kebutuhannya sendiri tanpa bekerjasama dengan negara lain. Dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat, pembagian kerja menjadi semakin mantap, sehingga perkembangan spesialisasi menjadi semakin pesat. Sebagai akibatnya, semakin meningkat pula produksi barang – barang dan jasa - jasa yang dibutuhkan untuk memuaskan kebutuhan kita. Perkembangan spesialisasi berarti juga perkembangan perdagangan. Karena tidak semua sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan barang – barang dapt diperoleh didalam negeri, perdagangan antar bangsa pun meningkat dengan cepat. Dengan demikian perdagangan antar bangsa memungkinkan terjadinya :

a. Tukar menukar barang – barang dan jasa
b. Pertukaran dan perluasan penggunaan teknologi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi negara – negara yang terlibat didalamnya.
Perdagangan luar negeri adalah kegiatan memperdagangkan output barang – barang dan jasa – jasa yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Arus barang, jasa serta kapital international dicapai dalam suatu neraca yang disebut dengan neraca pembayaran, yang merupakan catatan sistematik dari transaksi internasional suatu negara untuk periode tertentu. Dengan kata lain neraca pembayaran mencatat nilai barang dan jasa serta volume netto kapital yang masuk dan keluar dari suatu negara untuk periode tertentu, biasanya satu tahun kalender.
Perkembangan perdagangan luar negeri dan neraca pembayaran adalah sangat penting dan berpengaruh besar atas perekonomian dan pembangunan negara yang system ekonominya terbuka seperti Indonesia. Ekonomi Indonesia dalam peta ekonomi dunia memang merupakan a small open economy, dimana kekuatan ekonominya dipasar global adalah kecil namun transaksi internasionalnya dalam perdagangan barang dan jasa atau pun modal adalah besar. Dalam hubungan ini gejolak fluktuasi perekonoian dan perdagangan dunia tidak hanya akan mempengaruhi keseimbangan eksternal, tetapi juga berpengaruh terhadap stabilitas dan pembangunan nasional.
Dampak perkembangan tesebut serta pengaruh perubahan yang terjadi dalam perekonomian dunia terhadap perekonomian Indonesia perlu selalu dimonitor dan diamati

dengan teratur dan kontiniu. Sehingga kita akan dapat mengambil langkah dan upaya yang tepat untuk dapat memeperbaiki posisi perekonomian serta memelihara proses dan momemtum pembagunan nasional yang berlangsung dewasa ini.
Neraca pembayaran disusun untuk memberitahukan kepada pemerintah dan siapa saja yang membutuhkan dan berkepentingan mengenai posisi internasional dari negara – negara yang bersangkutan secara keseluruhan. Data –data seperti ini tentunya sangat diperlukan bagi penyusunan kebijakan moneter, fiskal dan perdagangan. Bagi kalangan swasta, data – data pada neraca pembayaran juga penting untuk menyusun perencanaan dan srtategy bisnis. Pemerintah dari suatu negara biasanya juga meminta rincian informasi dan data – data neraca pembayaran dari negara – negara lain yang menjadi mitra – mitra dagangnya. Informasi yang terkandung dalam neraca pembayaran dari suatu negara juga sangat dibutuhkan oleh kalangan perbankan, perusahaan – perusahaan multinasional dan siapa saja yang secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam kegiatan perdagangan dan keuangan internasional.
Neraca Pembayaran Indonesia (balance of payment) memainkan peranan cukup penting dalam pengelolaan ekonomi makro Indonesia. Selain dapat dijadikan sebagai barometer dalam mengukur kemampuan perekonomian nasional dalm menopang – menopang transaksi – transaksi internasional, terutama yang berhubungan dengan kewajiban pembayaran utang dan transaksi impor, posisi neraca pembayaran juga merupakan salah satu indikator yang turut mempengaruhi sentimen para pelaku pasar.
Disamping itu, sejumlah besaran yang ada didalamnya seperti, ekspor – impor barang dan jasa, memiliki kontribusi yang cukup significant terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB), oleh karena itu, sektor ini juga memiliki peranan yang sangat strategis dalam upaya mendorong perbaikan ekonomi didalam negeri, baik dari sisi ketersediaan cadangan devisa maupun dari sisi kontribusi sektor tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi.
Dari uraian inilah yang menjadi pertimbangan bagi penulis untuk menelti dan menulis skripsi dengan judul “ Analisis Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar, Sukubunga, dan Nilai Ekspor Terhadap Neraca Pembayaran “ .
1.2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, penulis membuat perumusan masalah sebagai berikut :
a. Apakah Inflasi, Suku Bunga dan Nilai Tukar berpengaruh terhadap Nilai Ekspor ?
b. Apakah Inflasi, Suku Bunga dan Nilai Tukar berpengaruh terhadap Neraca Pembayaran ?
c. Apakah Nilai Ekspor berpengaruh terhadap Neraca Pembayaran ?
d. Bagaimana pengaruh direct effect, indirect effect, dan total effect variabel inflasi, suku bunga, dan nilai tukar terhadap neraca pembayaran melalui nilai ekspor ?

1.3. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah :
a. Untuk mengetahui pengaruh Inflasi, Suku Bunga, dan Nilai Tukar terhadap Nilai Ekspor.
b. Untuk mengetahui pengaruh Inflasi, Suku Bunga, dan Nilai Tukar terhadap Neraca Pembayaran.
c. Untuk mengetahui pengaruh Inflasi, Suku Bunga, dan Nilai Tukar, dan Nilai Ekspor terhadap Neraca Pembayaran.
d. Untuk mengetahui pengaruh direct effect, indirect effect, dan total effect variabel Inflasi, Suku Bunga, dan Nilai Tukar terhadap Neraca Pembayaran melalui nilai ekspor.
1.4. Mafaat Penelitian
Secara umum manfaat penelitian ini adalah :
a. Sebagai bahan pertimbangan di dalam mengambil kebijakan fiskal dan kebijakan moneter oleh pemerintah
b. Menjadi masukan bagi bank dalam rangka pemberian kredit terhadap kalangan swasta dan masyarakat
c. Menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak – pihak lain yang ingin mengetahui perkembangan neraca pembayaran Indonesia dan faktor – faktor yang mempengaruhinya
d. Bermanfaat bagi penulis sendiri sebagai penambah pengetahuan dan menjadi masukan bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi