Sabtu, 01 Maret 2014

Skripsi Ekonomi Pembangunan: HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI KERJA PEGAWAI

 BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Sumber daya manusia (SDM) memegang peranan penting dalam perusahaan karena sebagai penggerak segala usaha dan aktivitas yang ada diperusahaan dan juga sebagai penentu jalannya perusahaan. Meskipun perusahaan memiliki alat-alat canggih sekalipun tetapi tidak didukung oleh adanya pegawai yang memiliki dedikasi tinggi dalam bekerja maka produktivitas

kerja perusahaan tidak dapat meningkat. Oleh karena itu, dalam setiap lembaga ataupun organisasi membutuhkan pegawai yang disiplin agar mencapai target yang diharapkan, dengan cara pembinaan disiplin kerja yang langgeng dan merupakan fungsi yang harus dilaksanakan manajemen tenaga kerja maupun manajemen pada semua hierarki perusahaan.
Disiplin pegawai diwujudkan salah satunya dengan disiplin waktu, Kemudian disiplin hasil, yaitu melaksanakan tugas sesuai dengan beban dan tanggung jawab pegawai. Serta disiplin dalam hal kebersihan dan kerapian. Pegawai yang tidak memenuhi disiplin yang baik akan mendapatkan sanksi sesuai dengan tindakan indisipliner yang dilakukan pegawai, mulai dengan teguran secara lisan, peringatan tertulis sampai dengan pemberhentian.
Kedisiplinan dapat diartikan bilamana pegawai selalu datang dan pulang tepat waktunya, mengerjakan semua pekerjaannya dengan baik, mematuhi semua peraturan dan norma-norma sosial yang berlaku. Kedisiplinan harus ditegakkan dalam suatu organisasi karena tanpa dukungan disiplin pegawai yang baik, maka sulit bagi organisasi untuk mewujudkan tujuannya. Jadi, kedisiplinan adalah kunci keberhasilan suatu organisasi mencapai tujuan.
 Memelihara kedisiplinan yang baik adalah hal yang sulit, karena banyak indikator-indikator yang mempengaruhinya. Indikator-indikator tersebut antara lain : tujuan dan kemampuannya, teladan pimpinan, balas jasa , keadilan, pengawasan melekat, sanksi hukuman, ketegasan, peraturan dan hubungan kemanusiaan . Jadi sangat jelas kontrol dari atasan merupakan salah satu faktor dalam menciptakan disiplin kerja pegawai pada suatu organisasi.
Penerapan kedisiplinan bagian dari tujuan utama pelaksanaan budaya organisasi di Fakultas Ekonomi Sumatera Utara. Budaya organisasi jika dilaksanakan dengan tepat mampu meningkatkan disiplin kerja, kepuasan kerja dan kinerja pegawai. Oleh karena itu perlu kerjasama yang terkoordinasi dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya agar dapat benar-benar terlaksana.
Salah satu tujuan organisasi Fakultas Ekonomi  antara lain menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing serta menyesuaikan diri terhadap perkembangan nasional dan internasional, menjadi lembaga yang berkemampuan melaksanakan penelitian-penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan responsif terhadap perkembangan/perubahan. Tujuan organisasi dapat dicapai apabila manajemen mampu mengelola, menggerakkan, dan menggunakan sumber daya manusia yang dimilikinya secara efektif dan efisien.
Pegawai adalah faktor penting dalam setiap organisasi baik dalam pemerintah maupun swasta, karena hidup matinya organisasi semata-mata tergantung pada pegawai. Pegawai sebagai pelaku utama pada kegiatan suatu organisasi. Pegawai merupakan faktor penentu dalam pencapaian tujuan instansi
 secara efektif dan efisien. Pegawai merupakan penggerak dan penentu yang mengatur jalannya organisai.
Organisasi mempunyai peraturan dan aturan permainan yang telah disepakati bersama, sebab pelanggaran terhadap peraturan yang telah dibuat haruslah dikenakan tindakan pendisiplinan. Untuk menerapkan peraturan-peraturan tersebut diperlukan adanya peraturan disiplin yang memuat pokok-pokok kewajiban, larangan, dan sanksi apabila tidak ditaati atau larangan tersebut dilanggar.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi