BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dalam
hidup bermasyarakat, perlu adanya kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Hal ini disebabkan keterbatasan kemampuan yang ada pada manusia
baik fisik, waktu, pengetahuan dan sebagainya, sehingga untuk memenuhi
kebutuhannya ia memerlukan bantuan orang lain.
Proses
kerja sama dari kelompok orang untuk mencapai tujuan yang sudah tentu
didasarkan atas norma dan ketentuan yang sudah disetujui secara bersama-sama,
sehingga bentuk kerja sama tersebut terorganisasi dalam suatu kumpulan yang
formil dan dipimpin oleh seorang pemimpin yang diangkat dan diakui oleh anggota
perkumpulan tersebut, maka hal ini dinamakan organisasi.
Pengorganisasian
didefenisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai
dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil
pengorganisasian adalah struktur organisasi.
Struktur
organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi
yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan
operasional untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi menunjukkan adanya
pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan
yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi).
Agar
struktur organisasi dapat mendukung pencapaian tujuan hendaknya mengandung 3
(tiga) hal, yaitu:
1.
Cara (sistem) Pendelegasian Tugas dan Wewenang
Pendelegasian
tugas dan wewenang yang jelas memungkinkan tenaga kerja mengetahui tugas-tugas
yang dibebankan kepadanya dan yang menjadi tanggung jawabnya. Tenaga kerja juga
akan mengetahui ruang lingkup wewenang yang dimilikinya atau tugas-tugas yang
akan dilaksanakannya.
Dengan kondisi
kerja tersebut tenaga kerja mengetahui sumber pemberi delegasi tugas dan tempat
melaporkan hasilnya. Cara atau sistem pendelegasian tugas dan wewenang yang
jelas tidak akan menyebabkan dualisme dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan.
2. Koordinasi
Jika
pendelegasian tugas dan wewenang sudah jelas maka keadaan tersebut harus diikuti
oleh koordinasi, sebab setiap individu maupun bagian dalam organisasi
perusahaan sudah mengetahui posisi, tugas, wewenang yang dimiliki. Dengan kata
lain koordinasi diperlukan untuk mengatur kondisi tersebut.
3. Komunikasi
Agar koordinasi
dapat diterapkan, maka perlu komunikasi yang bermanfaat untuk mendekatkan
setiap tenaga kerja maupun kelompok kerja. Hal tersebut dimaksudkan untuk
saling memberikan informasi antara tenaga kerja maupun kelompok kerja. Tanpa
komunikasi akan terjadi kondisi yang membingungkan dan tidak mendukung
aktivitas-aktivitas dalam upaya pencapaian sasaran dari organisasi tersebut.
Jelaslah
struktur organisasi sangat penting bagi suatu perusahaan, karena merupakan
gambaran umum perusahaan tersebut. Menyadari manfaat struktur organisasi bagi
setiap perusahaan maupun instansi yang berhubungan dengan koordinasi maka
penulis terdorong dan tertarik untuk membahas mengenai “Peranan Struktur
Organisasi Dalam Meningkatkan Koordinasi Kerja Pegawai Pada Fakultas Ekonomi ”.
B. Perumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang dijabarkan di atas maka dapat dirumuskan masalah yang
menjadi objek penelitian, yakni Apakah struktur organisasi yang telah
diterapkan di Fakultas Ekonomi dapat meningkatkan
koordinasi kerja pegawai?”
C. Manfaat
Penelitian
Manfaat
penulisan Tugas Akhir dari penelitian yang dilakukan adalah :
1. Bagi Fakultas
Ekonomi Ekonomi
Memberikan bahan
masukan kepada Fakultas Ekonomi dalam mengenai masalah tentang peranan struktur
organisasi dalam meningkatkan kerja karyawan.
2. Bagi Peneliti
Dapat
membandingkan antara teori dengan praktek yag diterapkan pada obyek penelitian.
3. Bagi peneliti
selanjutnya
Sebagai bahan
referensi khususnya penelitian tentang struktur organisasi.
D. Jadwal Survei
dan Sistematika Penulisan
1. Jadwal survey
/ Observasi
Dalam penulisan
skripsi minor ini penulis membuat jadwal kegiatan yang digunakan untuk menyusun
waktu yang diperluan agar penyelesaian skripsi minor ini dapat berjalan dengan
teratur dan selesai dengan tepat waktu. Jadwal observasi, penulisan sampai
dengan skripsi minor ini selesai dimulai pada tanggal 09 Desember 2013 dan
berakhir pada tanggal 15 Januari 2013. Observasi dilakukan pada Fakultas
Ekonomi yang beralamat di Jalan Prof.
T.M. Hanafiah Kampus USU Medan.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi