BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perusahaan
industri maupun jasa dalam kegiatan operasinya selalu berhubungan dengan
masalah keuangan, demikian pula halnya dengan usaha perhotelan yang membutuhkan
informasi keuangan hotel karena informasi keuangan tersebut memegang peranan
yang penting dalam proses pengambilan keputusan yang tepat untuk kelangsungan
hotel tersebut.
Industri
perhotelan sebagai bagian dari industri pariwisata adalah industri yang
bergerak dalam bidang penjualan jasa pelayanan, apabila dilihat dari usia, maka
industri perhotelan sudah ada sejak zaman dahulu kala, dimana pada waktu itu
hanyalah dikelola dalam metode rumah tangga. Hotel dikelompokkan kedalam
berbagai kriteria menurut kebutuhannya dan kualifikasi suatu hotel pum berbeda
disetiap negara (Prianthara dan Ikhsan, 2008)
Perkembangan
industri telah berpengaruh pula terhadap sistem pengelolaan industri perhotelan
dimana sistem yang diterapkan adalah dalam bentuk sistem pengelolaan modern dan
bersifat untuk mencari suatu keuntungan. Dalam hal ini dapat dijabarkan dari pengertian
hotel sesuai dengan keputusan Menteri Perhubungan R.I No. PM 10/PW – 301/Phb.
77 tanggal 12 Desember 1977, mengatakan : Hotel adalah suatu bentuk akomodasi
yang dikelola secara komersial disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh
pelayanan penginapan,
berikut makan dan minum. Sementara itu, menurut Webster:
Hotel adalah suatu bangunan atau suatu lembaga yang menyediakan kamar untuk
menginap, makan dan minum serta pelayanan lainnya untuk umum (Prianthara dan
Ikhsan, 2008)
Didalam menjalankan operasinya,
setiap perusahaan membutuhkan dana. Tanpa adanya dana suatu perusahaan tidak
mungkin dapat berjalan dengan baik, tetapi tersedianya dana dalam jumlah yang
cukup besar belum tentu dapat menjamin kelangsungan hidup suatu perusahaan.
Dalam mencapai tingkat kinerja perusahaan yang tinggi. Kegunaan dana itu antara
lain adalah untuk membeli bahan baku, membayar gaji, sewa dan lain-lain untuk
menilai sehat atau tidaknya kondisi keuangan suatu perusahaan dapat dilihat
dari cara suatu perusahaan mengelola dananya. Dalam pengelolaan dana
perusahaan, tidak hanya memikirkan bagaimana menggunakan dana tersebut tetapi
juga memikirkan bagaimana cara mencari sumber-sumber dana yang dibutuhkan oleh
perusahaan.
Dalam melaksanakan tanggungjawab pemimpin perusahaan perlu
memperhatikan informasi apa saja yang penting untuk mengetahui keadaan keuangan
dan bagaimana menganalisa agar dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang
kondisi keuangan perusahaan dan diperhatikan sejauh mana perusahaan
memanfaatkan dana yang ada dan berapa besar laba yang diperoleh dari penggunaan
dana tersebut (Prianthara dan Ikhsan, 2008)
Kemajuan bisnis dan perkembangan zaman mendorong setiap
pelaku ekonomi untuk berhati-hati dalam mengelola hotelnya dalam hal ini
kemampuan untuk memperoleh dana dari sumber-sumber yang tepat serta
mempergunakan
dana tersebut pada jalur-jalur yang
tepat sehingga kelak akan meraih laba bagi hotel tersebut sangatlah penting
untuk di perhatikan (Prianthara dan Ikhsan, 2008)
Pada umumnya Hotel tersebut mengadakan hubungan dengan dunia
perbankkan untuk memenuhi kebutuhan dananya, oleh karena itu, apabila hotel
tersebut ingin mendapatkan kredit maka pihak kreditur akan meneliti dan
menganalisa laporan sumber dan penggunaan dananya karena dengan analisa sumber
dan penggunaan dana itu akan dapat di ketahui bagaimana hotel tersebut
mengelola atau menggunakan dana yang dimilikinya dan berapa besar kekurangan
dananya. Dengan keterangan tersebut diatas, maka pihak Bank maupun kreditur
akan mengambil suatu keputusan apakah hotel tersebut layak atau tidak di
berikan kredit. Kredit tersebut bisa dalam jangka panjang dan bisa dalam jangka
yang pendek.
Industri perhotelan adalah industri yang bergerak dalam bidang
jasa oleh demikian produk dan jasa pelayanan yang diberikan hendaknya ditujukan
untuk pemuasan keinginan tamu dan semua itu dapat dilakukan hanya dengan
melakukan persiapan, sudah tentu persiapan yang dilakukan adalah persiapan
dalam arti luas yang menyangkut persiapan sumber daya manusia yang mempunyai
sikap mental dan fisik yang baik (Prianthara dan Ikhsan, 2008)
Suatu hotel harus mempunyai seorang manajer yang baik hal ini
karena seorang manajer memegang peranan yang sangat penting bagi hotel tersebut,
seorang manajer hotel selain mengatur sumber penggunaan dana serta menjamin
adanya uang tunai untuk jangka perlu juga memikirkan dana untuk jangka panjang.
Yang
harus menjadi tanggung jawab dan
tugas dari seorang manajer hotel adalah mempertahankan hotel dan juga
pertumbuhan hotel dimasa yang akan datang. (Prianthara dan Ikhsan, 2008)
Dalam melaksanakan tanggung jawab itu manajer hotel tersebut
perlu memperhatikan informasi apa saja. Yang penting untuk mengetahui keaadaan
keuangan dan bagaimana menganalisaanya agar dapat memperoleh gambaran yang
jelas tentang kondisi keuangan. Hotel juga perlu diperhatikan sejauh mana hotel
tersebut telah memanfaatkan dana yang ada seberapa besar laba yang diperoleh
dari penggunaan dana tersebut.
Dengan mengetahui keadaan ini maka pemilik hotel dapat
menilai prestasi kerja dari manajer hotel apakah berhasil dengan baik atau
tidak akan mengelola dananya, kegiatan untuk memperoleh dan menggunakan dana
itu perlu dikelola sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan yang di tetapkan.
Saat interaksi antara karyawan dan tamu merupakan saat-saat
menentukan nilai atau kualitas pelayanan dalam perusahaan dan saat inilah awal
terbentuknya citra baik atau buruknya suatu perusahaan dimata tamu. Jan Carlzon
menyebutkan sebagai moment truth atau saat terciptanya kebenaran dan
kepercayaan dalam diri tamu dan meyakinkan bahwa mereka dapat memenuhi
kebutuhannya.
Manajemen kas merupakan bagian dari modal kerja perusahaan
yang paling penting. Dengan dikelolanya kas oleh seorang pengelola kas yang
profesional, suatu perusahaan tidak akan mengalami kesulitan dalam menjalankan
aktivitas sehingga kelangsungan hidup perusahaan dapat berkesinambungan.
Banyak perusahaan yang jatuh pailit
karena pihak manajemen tidak mampu mengelola dan memanfaatkan biaya perusahaan.
Tetapi tidak di barengi dengan pendapatan, maka akan mengakibatkan kerugian.
Kadang kala uang yang tersedia cukup banyak tetapi tidak dipergunakan karna
pengelolaan kas yang tidak produktiv. Untuk itu perlu diketahui sistem
pengelolaan kas yang tepat.
Inna Dharma Deli yang bergerak dibidang jasa mementingkan
pengelolaan atau manajemen kas bagi perusahaan. Hal ini dilakukan untuk
mengetahui keadaan kas perusahaan apakah sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Dengan demikian dari uraian tersebut dilihat betapa pentingnya peranan analisa
manajemen kas dalam meningkatkan langkah selanjutnya yang akan ditempuh
perusahaan. Bertitik tolak dari pemikiran tersebut maka penulis tertarik mambuat
skripsi minor denga judul “ANALISA SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA PADA HOTEL
INNA DHARMA DELI”
5
B. Perumusan Masalah
1. Apakah perbelanjaan perusahaan
cukup sehat ditinjau dari analisa sumber dan penggunaan dana?
2. Bagaimana keadaan sumber dan penggunaan dana pada hotel
Inna Dharma Deli dalam dua periode?
C. Tujuan Penelitian
Setiap kegiatan yang dilakukan selalu mempunyai tujuan yang
bermanfaat. Demikian pula halnya dengan penelitian yang dilakukan dalam
penulisan paper ini mempunyai tujuan dan manfaat. Adapun tujuan penelitian ini
adalah:
1. Untuk memenuhi salah satu syarat
memperoleh gelar Ahli Madya Fakultas Ekonomi .
2. Untuk mengetahui bagaimana keadaan
sumber dan penggunaan dana pada hotel Inna Dharma Deli dalam dua periode.
3. Untuk mengetahui kesehatan Perbelanjaan perusahaan
ditinjau dari sumber dan penggunaan dananya.
D. Manfaat Penelitian
a. Bagi Penulis
Berguna untuk menambah pengalaman dan pengetahuan terutama
dalam hal menganalisa laporan sumber dan penggunaan dana perusahaan yang
nantinya dapat menjadi bekal dalam melaksanakan serta pengambilan keputusan
dalam hal keuangan.
b. Bagi Hotel
Sebagai bahan masukan atau pertimbangan yang berupa saran,
terhadap perkembangan Hotel dimasa yang akan datang.
c. Bagi Pihak lain
Menambah pengetahuan dan menambah masukan bagi pembaca yang
tertarik pada judul skripsi minor ini.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi