Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS ANGGARAN PENDAPATAN PROGRAM S-1 REGULER TAHUN 2008/2009 SEBAGAI ALAT PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA FAKULTAS EKONOMI

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Suatu instansi atau lembaga baik lembaga pemerintah ataupun lembaga swasta tentu memiliki perencanaan kegiatan yang disebut dengan anggaran. Anggaran merupakan penetapan tujuan yang dinyatakan dalam satuan kuantitatif dan nilai moneter untuk periode akuntansi yang akan datang. Anggaran disiapkan setelah dilakukan evaluasi yang kritis atas kondisi internal dan eksternal perusahaan. Dengan membuat anggaran,
manajemen dapat memfokuskan pekerjaan pada inti permasalahan. Pemimpin instansi atau lembaga akan mengarahkan semua unit yang ada dalam instansi atau lembaga, sehingga proses pencapaian tujuan akan lebih cepat tercapai.
Institusi/instansi pemerintah membutuhkan suatu anggaran pendapatan dan perbelanjaan yang dapat digunakan sebagai alat bantu manajemen dalam pengambilan keputusan. Dalam institusi/instansi pemerintah hanya terdapat dua jenis anggaran yaitu anggaran pendapatan dan anggaran perbelanjaan. Dan anggaran memiliki fungsi sesuai dengan fungsi manajemen (yaitu fungsi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan).
Anggaran berfungsi sebagai alat perencanaan, artinya menentukan rencana belanja dan sumber dana yang tersedia seefisien mungkin. Anggaran berfungsi sebagai alat pelaksanaan, artinya memberikan pedoman agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara selaras. Anggaran berfungsi sebagai alat pengawasan, artinya
digunakan sebagai alat menilai pelaksanaan pekerjaan dengan membandingkan realisasi dengan rencana (anggaran) dan melakukan tindakan perbaikan bila dipandang perlu (atau bila terdapat penyimpangan yang merugikan).
 merupakan sebuah lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang pendidikan. Fakultas Ekonomi  memiliki 5 Program Pendidikan Tinggi, yaitu Program S-1 Reguler atau Kelas Mandiri, Program Diploma III, Program Internasional, Program S-1 Ekstensi dan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Anggaran dapat digunakan sebagai alat pengambilan keputusan dalam rangka mengestimasi anggaran di masa mendatang. Program S-1 Reguler terdiri dari 3 program studi yaitu program studi Akuntansi, program studi Manajemen, dan program studi Ekonomi Pembangunan. Sumber dana anggaran dalam Program S-1 Reguler meliputi SPP dan Skripsi para mahasiswanya. Dana yang diperoleh tersebut harus dialokasikan dengan pengambilan keputusan yang terbaik, pimpinan fakultas beserta tim keuangan menyusun anggaran berdasarkan keputusan pengalokasian yang terbaik serta dapat diaplikasikan seefektif dan seefisien mungkin.
Penyusunan anggaran dimulai dengan mengumpulkan informasi terlebih dahulu, baik berupa data dari historis ataupun data yang dibutuhkan berdasarkan analisis saat ini. Kemudian instansi atau lembaga pemerintah menganalisis data anggaran tersebut sebagai alat pengambilan keputusan. Keputusan yang diambil dapat berdampak positif atau negatif dalam suatu instansi atau lembaga. Keputusan yang baik dapat memberikan pengaruh positif dan meningkatkan kinerja instansi atau lembaga, begitu juga sebaliknya keputusan yang salah atau

kurang baik dapat memberikan pengaruh negatif dan menurunkan kinerja instansi atau lembaga. Dalam hal pengambilan keputusan para pimpinan dapat menggunakan anggaran pendapatan sebagai tolak ukur seberapa besar pendapatan tersebut dapat dialokasikan ke berbagai sektor perbelanjaan.
Berdasarkan uraian terdahulu, maka penulis tertarik untuk mengambil judul Tugas Akhir “Analisis Anggaran Pendapatan Program S-1 Reguler Tahun 2008 dan 2009 Sebagai Alat Pengambilan Keputusan Di Fakultas Ekonomi ”
B. Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yang akan dibahas oleh penulis dalam Tugas Akhir yang berjudul “Analisis Anggaran Pendapatan Program S-1 Reguler Fakultas Ekonomi  ialah ‘Bagaimana anggaran pendapatan dapat digunakan sebagai alat pengambilan keputusan ?”
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana anggaran pendapatan dapat digunakan sebagai alat pengambilan keputusan dalam perumusan estimasi untuk tahun selanjutnya serta pengambilan keputusan penggunaan anggaran dalam berbagai sektor perbelanjaan.
D. Manfaat Penelitian
a. Bagi Institusi,
1. Agar dapat menjadi bahan masukan dan informasi mengenai jumlah pendapatan dan perkiraan alokasi dana – dana tersebut di berbagai sektor perbelanjaan untuk kemudian dapat mengambil keputusan yang lebih baik dalam hal penyusunan anggaran serta pengalokasiannya di tahun berikutnya
2. Sebagai monitoring dan evaluasi dalam hal pengambilan keputusan penyusunan anggaran pendapatan di tahun berikutnya.
b. Bagi Peneliti Lain
Agar dapat memberikan masukan ataupun sebagai penambah wawasan bagaimana anggaran dalam institusi pemerintah digunakan sebagai alat pengambilan keputusan.
c. Bagi Penulis
Memberikan tambahan ilmu mengenai anggaran pemerintahan yang digunakan sebagai alat pengambilan keputusan manajemen dalam institusi pemerintah guna meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja di masa mendatang.

E. Sistematika Penulisan
Tugas Akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap bab nya dibagi atas beberapa sub bab antara lain :
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini, Penulis menjelaskan latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian.
BAB II : PROFIL FAKULTAS EKONOMI USU
Dalam bab ini, Penulis menjelaskan mengenai sejarah ringkas Fakultas Ekonomi USU, struktur organisasi dan Job Description, jenis kegiatan, kinerja usaha terkini, dan rencana kegiatan.
BAB III : HASIL PENELITIAN
Dalam bab ini, menjelaskan tentang bagaimana menganalisis suatu anggaran pendapatan dan bagaimana anggaran pendapatan dapat digunakan sebagai alat pengambilan suatu keputusan.
BAB IV : PENUTUP
Dalam bab ini, menjelaskan tentang kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan di bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi USU, dan saran Penulis bagi bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi USU.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi