BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dengan
berkembangnya dunia usaha umumnya, banyak perusahaan-perusahaan yang berkembang
menjadi perusahaan lebih besar. Sehubungan dengan perkembangan perusahaan
tersebut, maka kegiatan-kegiatan yang ada diperusahaan bertambah banyak, baik
jenis kegiatan maupun volume kegiatan yang dilaksanakan. Jika dalam perusahaan
kecil jenis kegiatan yang dilakukan adalah terbatas sehingga akan mudah untuk
direncanakan dan diawasi, demikian juga dengan perusahaan yang mulai berkembang
semakin besar kegiatan yang
dilaksanakan maka semakin sulit untuk direncanakan
dan diawasi. Setiap perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dagang maupun
industri pada umumya, bertujuan untuk memperoleh pertumbuhan usaha yang semakin
baik, kelangsungan hidup perusahaan serta gambaran positif dari masyarakat
mengenai perusahaan tersebut.
Perusahaan
yang didirikan selalu bertujuan untuk mencari laba karena dengan adanya laba
maka perusahaan akan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya sekaligus dapat
memperluas atau mengembangkan usahanya. Laba yang menjadi tujuan perusahaan
tidak akan di dapat dengan sendirinya, sedangkan laba tersebut akan muncul
apabila ada kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan, misalnya
penjualan.
1
Dalam melaksanakan kegiatan penjualan
tersebut maka harus dapat dikaitkan dengan fungsi manajemen. Fungsi – fungsi
manajement antara yang satu dengan yang lainnya akan saling terkait dan
memiliki hubungan yang saling terpadu. Karena banyaknya produk yang ditawarkan
produsen kepada masyarakat maka persaingan di dalam industri ini pun semakin
tajam. Akibat dari persaingan yang semakin tajam ini produsen dituntut untuk
melahirkan inovasi-inovasi produk baru yang berbeda dari pesaing-pesaingnya
untuk merebut minat konsumen dan menguasai pasar. Salah satu inovasi yang dulu
dan sampai sekarang kita rasakan. Untuk itu para produsen harus memulai dengan
mempromosikan produk agar diketahui masyarakat dan sangat penting bagi produsen
untuk harus memasarkannya dan mendistribusikannya secara baik agar dapat
dikenal dan dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sebagai konsumen.
Sebuah inovasi menghasilkan produk dan setiap produk yang
tercipta diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setelah perusahaan
menghasilkan produk, pada tahap berikutnya perusahaan melakukan penetapan harga
dan setelah itu tiba saatnya perusahaan harus melempar produknya ke pasar.
Produk yang diciptakan tadi perlu untuk didistribusikan agar konsumen dapat
menikmati dan menkonsumsi produk tersebut. Untuk itu para produsen harus
memulai dengan mempromosikan produk agar diketahui masyarakat dan sangat
penting bagi produsen untuk harus memasarkannya dan mendistribusikannya secara
baik agar dapat dikenal dan dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sebagai
konsumen.
Distribusi sangat penting dalam
aktivitas sebuah perusahaan, jika perusahaan tersebut tetap ingin hidup terus
secara berkesinambungan, maka perusahaan harus mampu memasarkan produk yang
dihasilkannya kepada konsumen agar dikonsumsi dan otomatis perusahaan akan
mendapatkan keuntungan dari produk yang dikonsumsi. Jalan yang harus ditempuh
perusahaan adalah mendistribusikannya melalui jalur atau saluran distribusi,
yaitu jalur atau keseluruhan perantara pemasaran yang dilalui barang dan jasa
dari produsen hingga sampai ke pemakai industri dan konsumen. Untuk mampu
memasarkan produknya ke masyarakat dan memastikan produknya dapat dinikmati
konsumen maka perusahaan harus tepat membuat keputusan untuk memilih jalur
pendistribusian mana yang akan digunakan perusahaan untuk merealisasikan hal
tersebut.
Dalam membuat keputusan mengenai jenis jalur atau saluran
pendistribusian yang akan digunakan, perusahaan perlu mempertimbangkan jenis
produk, karakteristik konsumen, dan sebagainya. Dan dalam mendistribusikan
produk dari produsen ke konsumen biasanya melibatkan sejumlah perantara
pemasaran, yaitu orang-orang yang terlibat dalam perpindahan barang dan jasa
dari produsen ke konsumen.
Kegiatan-kegiatan pemasaran yang berkaitan dengan produk dan
penetapan harga tidak akan berguna jika tidak dilengkapi dengan kegiatan
distribusi. Selain itu, kegiatan promosi yang sangat penting pun tidak ada
manfaatnya jikalau produk tersebut tidak tersedia pada saat dibutuhkan karena
tidak terdistribusi dengan baik ke pasar. Dengan menggunakan jalur distribusi
yang baik pula perusahaan bisa
menjamin produknya terdistribusi pada tempat-tempat yang mudah diperoleh
konsumen agar konsumen dapat menikmati produk tersebut dengan mudah.
Bisa digambarkan bila perusahaan tidak mampu memilih jalur
pendistribusian yang tepat, perusahaan akan merugi karena bisa-bisa produknya
tidak akan sampai dan tidak bisa dikosumsi masyarakat. Terlebih lagi bagi
produk yang lahir dari biaya produksi yang tidak sedikit dan riset produk yang
memakan waktu cukup lama apabila tidak terdistribusi dengan baik maka akan
sangat mengganggu kelangsungan hidup perusahaan.
Berdasarkan latar belakang dan besarnya peranan Analisis
Jalur Pendistribusian bagi kelangsungan sebuah kegiatan perusahaan maka penulis
tertarik untuk membahas masalah "“ANALISIS JALUR PENDISTRIBUSIAN UPAYA
MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT KIMIA FARMA (PERSERO) Tbk. MEDAN" sebagai
judul dalam penulisan tugas akhir ini.
B. Perumusan Masalah
Sebagai alasan suatu perencanaan riset, perlu di tetapkan apa
yang menjadi pokok yang dijadikan penelitian untuk menghindari pembahasan
terlalu luas maka penulis membahas :
1. Bagaimana jalur pendistribusian pruduk yang dilakukan PT
Kimia Farma (Persero) Tbk Medan dalam meningkatkan penjualan ?
C. Tujuan Penelitian.
Adapun tujuan dari penelitian ini ada dua macam. Diantaranya
adalah tujuan yang bersifat umum dan yang bersifat khusus.
1. Tujuan Umum
1. Terciptanya suatu hubungan terarah antara dunia perguruan
tinggi dan dunia kerja sebagai mitra pengguna outcome-nya.
2. Tujuan Khusus
1. Untuk memenuhi tugas akhir yang harus ditempuh sebagai
persyaratan akademis di Jurusan D-III Keuangan Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian
a. Bagi Penulis, merupakan usaha
untuk meningkatkan kemampuan menganalisis setiap permasalahan yang dihadapi,
terutama dalam hal jalur pendistribusian, dengan mengimplementasikan
teori-teori yang diperoleh selama perkuliahan.
b. Bagi Perusahaan, Dapat digunakan
sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil langkah tepat di dalam memajukan
perusahaan pada masa akan datang.
c. Bagi Akademik, dapat memberikan manfaat sebagai masukan
bagi pihak yang membutuhkan terutama yang ada relevansinya dengan penelitian
ini, serta sebagai bahan referensi dan pembanding untuk penulisan tugas akhir
dimasa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi