Keberadaan jasa
perbankan dalam masyarakat memang lebih menguntungkan terutama pada sektor
perekonomian, di mana para pelaku ekonomi lebih leluasa dalam menjalankan
proses kegiatan ekonominya untuk menunjang kelangsungan hidup. Usaha jasa
perbankan dalam masyarakat yang mengedepankan pelayanan yang baik demi
memperoleh kepercayaan dari masyarakat sebagai nasabahnya akan menghadapi
berbagai macam keadaan atau pandangan yang timbul dari masyarakat sebagai
ungkapan kepuasan atau ketidakpuasannya akan pelayanan yang diterimanya dari
pihak bank yang dipercayainya.
Di
kota Medan dan sekitarnya telah berdiri beberapa bank yang menawarkan jasa
perbankan, baik bank yang dimiliki oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta.
Di antaranya Bank Rakyat Indonesia, (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank
Mandiri dan lain sebagainya. Kehadiran bank-bank tersebut, secara ekonomi
memberikan keuntungan kepada masyarakat umum khususnya para pelaku ekonomi.
Menyadari
akan berbagai hal di atas maka dalam penelitian ini peneliti tertarik untuk
memilih bank mandiri sebagai objek penelitian, dengan maksud untuk mengetahui
seperti apa dan bagaimana loyalitas nasabah terhadap pelayanan pihak perbankan
dalam hal ini Bank Mandiri Cabang Imam Bonjol Medan. Karenanya perlu dilakukan
kajian lebih mendalam mengenai kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah pada
Bank Mandiri Cabang Medan.
Dengan
Melihat latar belakang diatas, maka penulis mengambil kesimpulan untuk menyajikan
pembahasan dengan judul “ Analisis Kualitas
Pelayanan Terhadap Loyalitas Nsabah
Pada Bank Mandiri (Cabang Imam Bonjol Medan)”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas maka
permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah: Apakah variabel kualitas
pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty)
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Mandiri Cabang Imam
Bonjol Medan?
C. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui dan mengukur
apakah variabel kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness,
assurance, emphaty) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada
Bank Mandiri Cabang Imam Bonjol Kota medan .
b. Untuk mengetahui dan mengukur variabel mana yang relatif
lebih dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank Mandiri Cabang
Imam Bonjol Kota Medan.
D. Manfaat Penelitian
a. Sebagai sumbangan pemikiran kepada
pihak perbankan dalam menentukan kebijakan yang tepat dalam melayani nasabah
yang akan menggunakan jasa yang di tawarkan.
b. Sebagai pengalaman yang cukup berharga bagi peneliti untuk
mengimplementasikan berbagai teori yang berkaitan dengan penelitian.
c. Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Program Diploma
III Jurusan Keuangan Pada Fakultas Ekonomi
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi