Rabu, 12 Maret 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS LAPORAN ARUS KAS PADA CV. UJANG JAYA


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah satu tujuan dari perusahaan yaitu memperoleh laba atau keuntungan. Dalam mencapai tujuan yang dimaksud, perusahaan perlu memiliki laporan yang dapat menunjukkan apa yang telah diperoleh perusahaan pada periode sebelumnya dan periode sekarang untuk kemudian dibandingkan sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijakan yang akan dipilih pada masa yang akan datang. Sarana yang dapat memberikan informasi tersebut adalah laporan keuangan yang umumnya terdiri dari Laporan Laba Rugi, Neraca, dan Laporan Arus Kas.

Laporan Arus Kas adalah suatu laporan yang menggambarkan penerimaan dan pengeluaran kas serta perubahan bersih pada kas yang berasal dari aktifitas operasional, investasi,dan pendanaan perusahaan selama satu periode tertentu dan juga merupakan suatu format yang merekonsiliasikan saldo kas awal dan saldo kas akhir. Laporan arus kas dapat membantu manajer keuangan untuk menilai dan mengidentifikasikan:
1. Kemampuan perusahaan untuk memperoleh arus kas masuk bersih di masa depan dari kegiatan operasi untuk membayar hutang, bunga dan deviden.
2. Kebutuhan perusahaan akan dana dari luar.
3. Alasan adanya perbedaan antara penghasilan bersih dan Arus Kas.
4. Dampak dari penginvestasian dan pendanaan transaksi kas maupun non kas.

Kas merupakan suatu yang sangat penting dalam perusahaan. Tanpa adanya kas maka tidak ada laporan keuangan. Di dalam perusahaan, kas berfungsi sangat aktif sebagai dasar pengelolaan fungsi-fungsi manajemen khususnya dalam bidang keuangan. Hubungan antara kas dengan fungsi-fungsi manajemen sangatlah erat, misalnya pada fungsi pemasaran. Efisiensi anggaran kas dengan memperketat pengeluaran biaya dapat meningkatkan volume penjualan.
Sebagai dasar pengambilan keputusan, laporan arus kas memerlukan perhatian khusus sehingga dapat diketahui apakah perusahaan mampu mengelola kasnya dengan baik. Peranan laporan arus kas dan keluar bagi aktifitas operasi,investasi dan pendanaan perusahaan secara terpisah dalam satu periode tertentu. Dampak dari laporan arus kas yang tidak tepat bagi perusahaan adalah tidak efektifnya system operasi perusahaan, sebaliknya kas tidak terlalu besar, karena seharusnya kas menggangur dapat dimanfaatkan perusahaan untuk hal lain yang dapat menghasilkan laba. Kas yang tersedia dalam suatu perusahaan haruslah cukup sesuai dengan kebutuhan operasional sehari-hari dan untuk memenuhui salah satu tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba.
Secara umum semua transaksi yang terjadi di dalam perusahaan sangat erat kaitannya dengan kas, karena kas merupakan suatu perkiraan yang paling utama dalam arus kegiatan perusahaan. Oleh karena itu, penulis merasa tertarik untuk memilih judul “Analisis Laporan Arus Kas Pada CV. Ujang Jaya Medan.”

B. Perumusan Masalah
Agar penulisan skripsi minor lebih terarah, maka penulis membuat Perumusan Masalah yang akan dibahas. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan penulis sebelumnya, adapun masalah yang akan dibahas dalam skripsi minor ini adalah “ Apakah Laporan Arus Kas sudah efektif untuk membantu perusahaan untuk mengetahui rugi laba perusahaan?”
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui apakah arus kas di dalam perusahaan dapat mendukung tujuan perusahaan dalam memperoleh laba.
2. Manfaat Penelitian
a. Bagi perusahaan, skripsi minor ini kiranya dapat menjadi suatu pertimbangan dalam kebijakan pengelolah kas sehingga perusahaan dapat memperoleh keuntungan sesuai dengan yang diharapkan.
b. Bagi penulis, terpenuhinya salah satu syarat untuk untuk menyelesaikan pendidikan Program Diploma-III pada Fakultas Ekonomi USU dan menambah pengetahuan penulis dalam bidang yang diteliti baik secara teoritis maupun aplikasi.
D. Metode Penelitian
Setiap penulisan suatu karya ilmiah haruslah berdasarkan data dan fakta yang dapat dipercaya kebenarannya.Oleh sebab itu, dalam melakukan penelitian

perlu diketahui lokasi penelitian, sumber data, metode pengumpulan data dan metode analisis yang digunakan.
1. Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian adalah CV. Ujang Jaya – Jl. Binjai Km. 13,8 Sei Semayang-Binjai-Medan.
2. Sumber Data
Dalam penelitan ini penulis menggunakan sumber data yaitu:
a. Data Internal
Data internal merupakan data yang diperoleh dari perusahaan dan dikumpulkan dengan melakukan peninjauan langsung dengan pihak berwenang berkaitan memberikan data atau infomasi yang diperlukan dan melakukan pengamatan serta pencatatan atau kegiatann yang berhubungan dengan objek penelitian.
b. Data eksternal
Data yang diperoleh dari sumber lain diluar perusahaan misalnya melakukan penelitiankepustakaan dengan mempelajari buku-buku yang sesuai dengan objek penelitian.
3. Metode Pengumpulan Data
Dalam menulis skripsi minor ini penulis menggunakan 2 metode pengumpulan data, yaitu:


a. Interview yaitu wawancara langsung dengan pihak-pihak yang dianggap perlu dan mampu memberikan informasi dan data yang berkaitan dengan objek penelitian
b. Dokumentasi yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan mengamati dokumen yang dimiliki dan disediakan oleh perusahaan untuk diolah si peneliti yang berkaitan dengan Laporan Arus Kas.

4. Metode Analisis
Adapun metode analisis data yang digunakan adalah:
a. Analisa data deskriptif yaitu suatu teknik penganalisan yang dirumuskan dan menafsirkan data-data dan keterangan yang diperoleh dengan jalan melakukan pengumpulan, penyusunan, dan pengklisifikasian data, kemudian diadakan interprestasi.
b. Analisa data deduktif yaitu metode yang digunakan untuk membandingkan hasil yang diperoleh dengan teori secara umum dan menunjukkan hubungan antara variable yang diteliti. Dari analisa tersebut dapat ditarik kesimpulan dan saran yang dianggap perlu.



Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi