Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA PROGRAM S1 REGULER DAN DIII DI FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dana merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi suatu instansi/lembaga dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Pengelolaan dana di dalam suatu instansi/lembaga haruslah dilakukan dengan sebaik mungkin, agar di dalam kas tercipta suatu efisiensi dan efektivitas dalam penggunaanya.

Untuk mengetahui kondisi serta perkembangan keuangan suatu instansi/lembaga, biasanya bagian keuangan dari suatu instansi/lembaga menyusun laporan keuangan yang menggambarkan kejadian-kejadian atau segala transaksi yang terjadi di dalam instansi/lembaga tersebut agar pencapaian daripada tujuan dapat tercapai. Laporan keuangan yang diterbitkan instansi/lembaga merupakan produk dari proses akuntansi yang tentunya memiliki karakteristik dan keterbatasan.
Untuk menilai efektivitas dalam pengelolaan dana perlu dilakukan suatu analisis. Analisis sumber dan penggunaan dana merupakan suatu perkiraan yang dapat membantu bagian keuangan untuk melihat dan mengetahui seberapa besar sumber dan penggunaan dana yang ada di dalam suatu instansi/lembaga di masa yang akan datang. Sehingga instansi/lembaga dapat memenuhi kewajiban keuangannya yang harus segera dipenuhi.
Dari analisis sumber dan penggunaan dana ini akan membantu bagian keuangan dalam menentukan jumlah dana yang harus disediakan dan untuk dapat mengetahui asal sumber dana tersebut diperoleh. Di lain pihak, analisis ini juga
  
dapat membantu bagian keuangan dalam merencanakan besar penggunaan dana dengan baik agar dapat menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sebab, jika terjadi kesalahan dalam perencanaan yang telah dibuat atau kurangnya dana maka instansi/lembaga tersebut akan sulit berkembang dengan baik.
Kekurangan dana secara berkelanjutan yang tidak segera diatasi akan memungkinkan instansi/lembaga tersebut mengalami hambatan dalam pencapaian tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya. Dana tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal dan dapat mendukung kelancaran kegiatan operasional dari suatu instansi/lembaga yang bersangkutan.
Dana yang akan digunakan sebaiknya tersedia dalam jumlah yang cukup relevan sehingga suatu instansi/lembaga dapat beroperasi secara ekonomis dan dapat menunjang segala kelancaran kegiatan operasional instansi/lembaga secara teratur. Selain itu, pemilikan dana yang cukup akan memberikan beberapa keuntungan antara lain, memungkinkan instansi/lembaga dapat memenuhi kewajibannya tepat waktu, memungkinkan instansi/lembaga memiliki persediaan dana dalam jumlah yang cukup untuk dapat mengantisipasi biaya tak terduga yang harus dipenuhi sewaktu-waktu, serta memungkinkan instansi/lembaga untuk dapat beroperasi dengan lebih efisien.
Besarnya dana yang dibutuhkan oleh setiap instansi/lembaga berbeda-beda, tergantung dari jenis instansi/lembaga tersebut. Seperti halnya pada Fakultas Ekonomi USU. Fakultas Ekonomi USU membutuhkan dana untuk melakukan berbagai kegiatan operasional baik yang berhubungan dengan barang perlengkapan yang dibutuhkan oleh masing-masing bagian. Misalnya pada Bagian
  
Kepala Tata Usaha, meliputi bagian Personalia/Kepegawaian, Keuangan, Pelengkapan, Akademik dan Kemahasiswaan dan pada masing-masing departemen baik pada program Reguler, Diploma, Mandiri maupun Ekstensi.
Dana yang disalurkan itu harus memiliki laporan kerja, bagaimana dana tersebut akan digunakan dan untuk apa dana itu dipergunakan, apakah sesuai dengan program kerja yang telah direncanakan sebelumnya. Kebijakan instansi/lembaga dalam mengelola jumlah dana secara baik, tepat guna dan cermat akan mengakibatkan keseimbangan, sedangkan akibat dari pengelolaan dana yang kurang baik, tidak tepat guna serta ketidakcermatan akan mengakibatkan selisih yang akan merugikan instansi/lembaga tersebut.
Optimalisasi sumber dan penggunaan dana adalah usaha dari suatu instansi/lembaga untuk menjaga dana yang ada dalam instansi. Dan penggunaan dana yang dilakukan instansi/lembaga untuk menghindari terjadinya kekurangan dalam melakukan aktivitas instansi/lembaga tersebut.
Berdasarkan pertimbangan di atas, maka penulis merasa tertarik melakukan penganalisaan sumber dan penggunaan dana pada instansi/lembaga ini. Oleh karena itu penulis mengambil judul “Analisis Sumber Dan Penggunaan Dana Program S1 Reguler dan DIII di Fakultas Ekonomi  ".
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, maka penulis menetapkan beberapa perumusan masalah agar pembahasan masalah menjadi lebih terarah pada sasarannya. Adapun perumusan masalah sehubungan
  
dengan judul di atas adalah : Bagaimanakah sumber–sumber dana dan penggunaan dana pada program S1 Reguler maupun program DIII di Fakultas Ekonomi  ?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan penelitian pada Fakultas Ekonomi USU, yaitu : Untuk mengetahui bagaimanakah sumber–sumber dana dan penggunaan dana pada program S1 Reguler maupun program DIII di Fakultas Ekonomi  .
Adapun manfaat penelitian pada Fakultas Ekonomi USU adalah sebagai berikut :
1. Bagi instansi/lembaga

Dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam mengambil langkah-langkah untuk masa yang akan datang.
2. Bagi penulis

Berguna untuk menambah pengalaman serta pengetahuan terutama dalam hal menganalisa laporan sumber dan penggunaan dana dari suatu instansi/lembaga yang nantinya dapat menjadi bekal dalam melaksanakan dan pengambilan keputusan dalam bidang keuangan. Sebagai pembanding untuk melakukan penelitian di masa yang akan datang.
3. Bagi pihak lain

Dapat digunakan sebagai bahan informasi dan referensi khususnya mengenai sumber dan penggunaan dana.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi