BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Di
dalam suatu organisasi / perusahaan diperlukan kinerja pegawai yang baik agar
suatu organisasi / perusahaan dapat berjalan dengan baik pula. Begitu juga
dengan Fakultas Ekonomi yang merupakan salah satu organisasi /
perusahaan yang berkembang. Seiring dengan kemajuan ekonomi Indonesia, sebagai
hasil pembangunan terencana sejak tahun 1969, minat generasi muda terhadap
fakultas ekonomi meningkat dan menjadi pilihan papan atas, termasuk pada
Fakultas Ekonomi . Hal ini menuntut
fakultas khususnya pegawai untuk memberikan pelayanan yang baik kepada
mahasiswa.
Untuk
dapat memberikan pelayanan yang baik, para pegawai harus dapat meningkatkan
efektifitas kerjanya. Menurut Siagian ( 2005 ), efektifitas kerja adalah
penyelesaian pekerjaan tepat pada waktunya seperti yang telah ditetapkan
sebelumnya. Dan menurut Sutarto ( 2005 ), efektifitas kerja merupakan suatu
keadaan dimana aktifitas jasmani dan rohani yang dilakukan oleh manusia dapat
mencapai hasil sesuai yang dikehendaki. Jadi efektifitas kerja diperlukan agar
target atau tujuan yang diharapkan / dikehendaki dapat tercapai dengan baik.
Efektifitas kerja mengarah pada pencapaian yang maksimal sehingga dapat
menghasilkan sesuatu yang memuaskan.
Efektifitas kerja dapat dicapai salah
satunya adalah melalui pengendalian. Pengendalian ini digunakan untuk
mengarahkan pegawai agar melaksanakan kegiatan organisasional secara efektif.
Menurut Anthony ( 2008 ) dalam bukunya Management Control System,
Pengendalian adalah suatu proses dimana pimpinan / manajer mempengaruhi anggota
lain dalam organisasi untuk melaksanakan / menyelenggarakan strategi organisasi
atau perusahaan. Pengendalian juga dipandang sebagai proses pengambilan
keputusan yang dimaksudkan untuk mempengaruhi perilaku pegawai menuju apa yang
paling baik untuk organisasi.
Pengendalian sangat penting untuk menjamin aktifitas yang
sesungguhnya berjalan sesuai dengan aktifitas yang telah direncanakan. Ada
beberapa faktor yang menciptakan kebutuhan organisasi akan pengendalian yaitu :
1) Perubahan merupakan bagian yang
tidak dapat dipisahkan dalam lingkungan organisasi manapun. Melalui
pengendalian pimpinan dapat mendeteksi perubahan yang mempengaruhi jasa
perusahaan.
2) Kesalahan merupakan hal yang tidak dapat dipungkiri
sebagai manusia, anggota organisasi dapat membuat kesalahan. Dengan
pengendalian memungkinkan pimpinan mendeteksi kesalahan – kesalahan sebelum
menjadi gawat.
Hal diatas membuat pengendalian dibutuhkan dalam setiap
organisasi. Dan pengendalian yang baik dalam organisasi diperlukan sebagai
salah satu cara untuk meningkatkan efektifitas kerja pegawainya.
2. Permasalahan
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka
terdapat permasalahan yang menjadi objek dalam penelitian ini, yakni Sejauh
mana Fungsi Pengendalian Mampu Meningkatkan Efektifitas Kerja Pegawai di
Fakultas Ekonomi ?
3. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
a) Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh
mana fungsi pengendalian mampu meningkatkan efektifitas kerja pegawai.
b) Manfaat Penelitian
1. Bagi Perusahaan
Memberikan tambahan informasi tentang pengendalian dalam
meningkatkan efektifitas kerja pegawai.
2. Bagi Pihak Lain
Sebagai pedoman atau referensi dalam melakukan penelitian di
masa yang akan datang, khususnya penelitian yang berkaitan dengan pengendalian
dan efektifitas kerja pegawai.
3. Bagi Penulis
Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk
menerapkan teori yang penulis dapatkan dari bangku kuliah dan memperdalam
pengetahuan serta menambah wawasan.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi