Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: FUNGSI PENGENDALIAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI PADA FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Di dalam suatu organisasi / perusahaan diperlukan kinerja pegawai yang baik agar suatu organisasi / perusahaan dapat berjalan dengan baik pula. Begitu juga dengan Fakultas Ekonomi   yang merupakan salah satu organisasi / perusahaan yang berkembang. Seiring dengan kemajuan ekonomi Indonesia, sebagai hasil pembangunan terencana sejak tahun 1969, minat generasi muda terhadap fakultas ekonomi meningkat dan menjadi pilihan papan atas, termasuk pada Fakultas Ekonomi  . Hal ini menuntut fakultas khususnya pegawai untuk memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa.

Untuk dapat memberikan pelayanan yang baik, para pegawai harus dapat meningkatkan efektifitas kerjanya. Menurut Siagian ( 2005 ), efektifitas kerja adalah penyelesaian pekerjaan tepat pada waktunya seperti yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan menurut Sutarto ( 2005 ), efektifitas kerja merupakan suatu keadaan dimana aktifitas jasmani dan rohani yang dilakukan oleh manusia dapat mencapai hasil sesuai yang dikehendaki. Jadi efektifitas kerja diperlukan agar target atau tujuan yang diharapkan / dikehendaki dapat tercapai dengan baik. Efektifitas kerja mengarah pada pencapaian yang maksimal sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang memuaskan.
  
Efektifitas kerja dapat dicapai salah satunya adalah melalui pengendalian. Pengendalian ini digunakan untuk mengarahkan pegawai agar melaksanakan kegiatan organisasional secara efektif. Menurut Anthony ( 2008 ) dalam bukunya Management Control System, Pengendalian adalah suatu proses dimana pimpinan / manajer mempengaruhi anggota lain dalam organisasi untuk melaksanakan / menyelenggarakan strategi organisasi atau perusahaan. Pengendalian juga dipandang sebagai proses pengambilan keputusan yang dimaksudkan untuk mempengaruhi perilaku pegawai menuju apa yang paling baik untuk organisasi.
Pengendalian sangat penting untuk menjamin aktifitas yang sesungguhnya berjalan sesuai dengan aktifitas yang telah direncanakan. Ada beberapa faktor yang menciptakan kebutuhan organisasi akan pengendalian yaitu :
1) Perubahan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam lingkungan organisasi manapun. Melalui pengendalian pimpinan dapat mendeteksi perubahan yang mempengaruhi jasa perusahaan.
2) Kesalahan merupakan hal yang tidak dapat dipungkiri sebagai manusia, anggota organisasi dapat membuat kesalahan. Dengan pengendalian memungkinkan pimpinan mendeteksi kesalahan – kesalahan sebelum menjadi gawat.

Hal diatas membuat pengendalian dibutuhkan dalam setiap organisasi. Dan pengendalian yang baik dalam organisasi diperlukan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan efektifitas kerja pegawainya.
  
2. Permasalahan
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka terdapat permasalahan yang menjadi objek dalam penelitian ini, yakni Sejauh mana Fungsi Pengendalian Mampu Meningkatkan Efektifitas Kerja Pegawai di Fakultas Ekonomi   ?
3. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
a) Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana fungsi pengendalian mampu meningkatkan efektifitas kerja pegawai.
b) Manfaat Penelitian
1. Bagi Perusahaan

Memberikan tambahan informasi tentang pengendalian dalam meningkatkan efektifitas kerja pegawai.
2. Bagi Pihak Lain

Sebagai pedoman atau referensi dalam melakukan penelitian di masa yang akan datang, khususnya penelitian yang berkaitan dengan pengendalian dan efektifitas kerja pegawai.
3. Bagi Penulis

Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk menerapkan teori yang penulis dapatkan dari bangku kuliah dan memperdalam pengetahuan serta menambah wawasan.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi