BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perencanaan bisnis adalah suatu cetak
biru tertulis ( blue print ) yang berisikan tentang misi usaha, usulan
usaha, operasional usaha, rincian financial, strategi usaha, peluang
pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta keterampilan pengelolaannya.
Bisnis udang selimut kembang tahu tampaknya bisnis yang tak kalah menjanjikan.
Makanan ini sejenis dimsum yaitu makanan asal Cina yang pada umumnya dijual di
restoran-restoran terkenal. Menjual udang selimut kembang tahu bisa menjadi
pilihan yang tepat. Semua orang, kalangan tua ataupun muda pasti menyukai udang
sebagai tambahan lauk makanan sehari-hari. Dengan adanya peluang
bisnis inilah
penulis berupanya menyusun konsep dan ide bisnis cemilan yang enak, sehat,
murah dan bergizi untuk dikonsumsi semua orang. Penulis yakin ide bisnis ini
menarik untuk dijalankan mengingat saat ini masyarakat Indonesia khususnya kota
Medan menyukai cemilan yang mengenyangkan dan sehat tentunya.
Ide-ide sering sekali muncul dalam
bentuk untuk menghasilkan suatu barang baru. Ide itu sendiri modal/peluang bagi
penulis untuk berhasil dan ide yang harus dimatangkan melalui evaluasi dan
pengamatan secara terus-menerus. Usaha udang selimut kembang tahu ini cukup
potensial, mengingat masyarakat yang menyukai cemilan.
Udang selimut
kembang tahu menjangkau semua kalangan. Mengingat produk seperti ini sedikit
lebih mahal dijual pada restoran umumnya. Pada bisnis plan ini penulis ingin
memfokuskan target pasar khusus untuk kalangan mahasiswa dan pelajar di
sekitaran kampus. Sebagai kaum intelektual tentunya mahasiswa sadar betul apa
yang penting dan bermanfaat untuk dikonsumsi. Penulis pun sadar betul dalam
berbisnis tentu ada saja yang menjadi hambatan yaitu pesaing.
Rencana manajemen merupakan hal yang sangat penting
dalam merencanakan sebuah bisnis. Bisnis akan gagal jika tidak didukung oleh
manajemen yang baik. Hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan manajemen
salah satunya adalah aspek keuangan. Untuk modal awal usaha hanya diperlukan
dana sekitar Rp. 4.000.000,-. Dengan beranggotakan 5 (lima) orang. Dana ini
diperoleh dari masing-masing 4 anggota. Proyeksi Cash inflow untuk satu tahun
berjalan diasumsikan sebesar Rp. 83.200.000 Proyeksi Cash outflow untuk satu
tahun berjalan diasumsikan sebesar Rp. 55.651.000.
Sebagai tahap awal berbisnis Udang Selimut Kembang
Tahu hanya diperlukan sumber daya manusia lima orang saja. Tentunya tim ini
akan bekerja dengan solid untuk membentuk manajemen yang bisa mengelola resiko
menjadi peluang. Bisnis udang selimut kembang tahu merupakan usaha yang
dikelola oleh sumber daya manusia pilihan yang handal dan berpengalaman dalam
memberikan pelayanan kepada konsumen.
B. Permasalahan
Sebagai mahasiswa yang terbiasa mendapat kiriman uang
saku dari orang tua, lalu suatu saat memutuskan untuk tidak lagi menerima
kiriman uang saku, pasti awal-awal akan merasa tidak nyaman, takut dan gelisah.
Tidak nyaman, takut dan gelisah jika tidak dapat bertahan hidup. Hal ini karena
melakukan sebuah kebiasaan baru dan sama sekali asing dan beresiko tinggi.
Keadaan ini disebut dengan keluar dari zona aman ( comfort zone ).
Berani keluar dari kenyamanan menjadi “tanggungan” orang tua dan berani
mengambil resiko berjuang mempertahankan hidup sendiri di usia muda. Kemauan
yang keras untuk bisa berdiri di kaki sendiri inilah yang akan menjadi
pendorong besar untuk menjalankan bisnis. Bagi yang belum pernah berbisnis,
pastilah pada saat awal mengalami ketidaknyamanan ini.
Dalam merumuskan masalah ini Penulis ingin
merencanakan suatu bisnis yang terangkum dalam Tugas Akhir yang berjudul
“Perencanaan Bisnis Udang Selimut Kembang Tahu”.
C.
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1. memegang kendali atas kehidupan
wirausaha,
2. rencana bisnis merupakan bukti dari inisiatif
penulis, karena menunjukkan bahwa penulis mempunyai disiplin untuk memfokuskan
energi, pikiran pada suatu proyek penting.
D. Manfaat Penelitian
Adapun
manfaat dari penelitian ini adalah :
1. rencana bisnis adalah jantung dan jiwa operasi dan
perangkat dokumen yang paling penting yang akan diberikan kepada setiap lembaga
peminjam dana atau investor potensial,
2. sebagai alat komunikasi terhadap rencana utama.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi