1
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Sistem
informasi (SI) telah menjadi alat yang integral, online, dan interaktif
yang sangat terlibat pada operasi menit ke menit dan pembuatan keputusan pada
organisasi besar. Selama dekade terakhir, sistem SI secara fundamental telah
mengubah ekonomi organisasi dan meningkatkan kemungkinan mengelola pekerjaan.
Organisasi memiliki tujuan menekan orang yang ada di dalamnya (misalnya sebagai
penjara); lainnya memiliki tujuan manfaat (seperti untuk bisnis). Dan yang
lainnya lagi memiliki tujuan normatif (universitas, kelompok religius). Setiap
organisasi memiliki SI yang berbeda, tetapi pada dasarnya SI semua sama. Hanya
saja penerapan SI setiap organisasi itu berbeda tergantung kebijakan dan sistem
kepemimpinan yang digunakan. (Hall, 2006)
Fungsi-fungsi manajemen dalam suatu organisasi baik
besar maupun kecil masing-masing membutuhkan SI. Sama halnya dengan perguruan
tinggi. Pada perguruan tinggi baik negeri maupun swasta masing-masing memiliki
Sistem Informasi Akademik (SIA) yang digunakan untuk mempermudah informasi
untuk pelaksanaan pekerjaan atau kelancaran kerja sivitas akademik. Perguruan
tinggi atau universitas terbagi atas beberapa fakultas yang memiliki jurusan
sesuai spesifik program studi yang ada. Di Universitas Sumatera Utara Fakultas
Ekonomi memiliki beberapa program studi yaitu Program Diploma III (DIII) &
Srata 1 (S1). Untuk Program DIII ada 3 (tiga) Program Studi (Prodi) yaitu DIII
Keuangan, Akuntansi dan Kesekretariatan. Sama halnya dengan2
program diploma, Program S1 3 (tiga) jurusan yaitu S1 Akuntansi,
Manajemen dan Ekonomi Pembangunan.
SIA
digunakan setiap program studi untuk mempermudah informasi yang ada di
fakultas. Dalam penerapannya setiap jurusan memiliki menu khusus agar lebih
mudah dalam pengelolaan database yang ada dari setiap jurusan.
Selama
melaksanakan kegiatan magang banyak ditemukan pelaksanaan SI yang terkadang
cenderung kepada kesalahan dari mahasiswa yang tidak mengerti atau kurang jelas
memahami informasi yang ada. Hal ini, menimbulkan kesalahan pengerjaan tugas
dari pemberitahuan yang ada. Kesalahan yang terjadi biasanya mengenai syarat
yang harus dilengkapi, seperti jumlah lampiran, surat yang harus dibuat, daftar
tembusan ada atau tidak, tanggal regristrasi dan sebagainya. Kesalahan tersebut
tidak semata hanya kesalahan dari pihak pemberi informasi, terkadang juga
sering terjadi kesalahan teknis dalam pengetikan atau redaksi kalimat yang
tidak sesuai.
Berdasarkan keterangan dan uraian di atas, maka TA
peranan SIA pada program S1 Manajemen Reguler, yang selanjutnya menyusun tugas
akhir yang berjudul “Peranan Sistem Informasi Pada Program S1 Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara”.
1.2.
Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah diuraikan sebelumnya, maka yang menjadi
rumusan masalah dalam penyusunan tugas akhir ini adalah “Apakah sistem
informasi akademik yang ada di Fakultas Ekonomi 3
Universitas Sumatera Utara sudah mampu memberikan
informasi yang berguna?”
1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana SIA di Fakultas Ekonomi
Universitas Sumatea Utara mampu menyajikan informasi yang cepat dan tepat
sesuai standar pembuatan informasi dengan standar yang berlaku umum digunakan
oleh pihak Akademik FE USU Program Studi S1 Manajemen Reguler.
1.4.
Manfaat Penelitian
a. Sebagai bahan pembelajaran untuk menambah wawasan
dan pengetahuan secara teoritis dan praktik mengenai Peranan SIA untuk
kelancaran penyajian informasi bagi mahasiswa Program S1 Manajemen Reguler
b. Sebagai bahan masukan dalam menyajikan data SIA
yang akurat untuk kelancaran penyajian informasi akdemik.
c. Sebagai bahan pembanding dan masukan untuk
penelitian-penelitian yang sejenis berikutnya.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi