BAB I PENDAHULUAN
A.Executive Summary
Usaha Kecil menengah (UKM) mempunyai peran penting
dan stategis bagi pertumbuhan ekonomi negara, baik negara berkembang maupun
negara maju. Pada saat krisis ekonimi berlangsung di Indonesia, UKM merupakan
sektor ekonomi yang memiliki ketahanan paling baik. Kemampuan UKM perlu diberdayakan
dan dikembangkan secara terus menerus dengan berusaha mereduksi kendala yang
dialami UKM, sehingga mampu memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap peningkatan
kesejahteraan masyarakat (Goeltom, 2004).
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah sebuah istilah yang mengacu
ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaaan bersih paling banyak
Rp.200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, dan usaha yang
berdiri sendiri (Undang-undang No.9 Tahun 1995). Menurut Keputusan Presiden RI
No.99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah “Kegiatan ekonomi rakyat yang
berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan
usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang
tidak sehat.” Seorang wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang
menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi
mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang signifikan
dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber
daya itu bisa dikapitalisasikan. Dengan demikian wirausahawan harus mampu menciptakan peluangnya sendiri demi tercipta suatu hal
yang berharga dan dapat dipakai untuk bertahan hidup, saya kutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Usaha_Kecil_dan_Menengah
Kegiatan bisnis dapat dirasakan
oleh semua orang. Kita semua selalu terlibat dalam kehidupan sehari- hari
dengan kegiatan bisnis. Setiap hari kita berbelanja di pasar, toko atau
supermarket. Kita juga membaca koran, menyalakan lampu listrik, melihat siaran
televisi, mengendarai sepeda motor atau mobil atau bis kota dan sebagainya.
Kesemuanya itu adalah tidak lepas dari campur tangan langsung ataupun tidak
langsung dari suatu kegiatan bisnis.
Menurut Gitosudarmo (2001: 2-3) Bisnis adalah usaha untuk memenuhi
kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Manusia bisnis (Businessman)
akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk
melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang karenanya.
Dari kepuasan masyarakat itulah si pengusaha akan mendapatkan keuntungan dan
kemudian keuntungan tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis atau
usahanya agar menjadi lebih luas lagi, bagi masyarakat yang lebih luas ataupun
membuka bisnis baru bagi kebutuhan masyarakat.
Manfaat bisnis menurut Daft (2002:232) adalah: · Pemenuhan
kebutuhan dan keinginan konsumen.
· Keuntungan usaha.
· Pertumbuhan
dan perkembangan usaha yang berkelanjutan.
· Mengatasi berbagai resiko.
· Tanggung jawab sosial.
Perencanaan Perusahaan adalah catatan ringkas yang dibuat oleh
wirausaha untuk menggambarkan operasi dan menerangkan soal keuangan, tahap keuntungan,
strategi pemasaran, kemampuan manajemen dan kepakaran pihak pengelola.
Perencanaan perusahaan diibaratkan sebagai peta petunjuk perjalanan.
Ia menceritakan cara menuju sasaran, tujuan, dan bagaimana cara
untuk mencapai kesemuanya. Secara lengkap ia akan merangkum misi, tujuan dan
sasaran, anggaran, ramalan keuangan, target pasar, stategi pengembangan dan
lain-lain (Sukirno, 2004:393).
Menurut Sukirno ada beberapa Tujuan Perencanaan Perusahaan yaitu; Garis
petunjuk untuk mengelola perusahaan, mengurangi kesalahan, menggunakan sumber-sumber
organisasi dan meningkatkan produktivitas, memudahkan pengawasan, meyakinkan
pihak-pihak berkepentingan, serta menilai prestasi dan kemajuan perusahaan.
Manajemen merupakan ilmu tentang upaya manusia untuk memenfaatkan semua
sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien
(Gitosudarmo & Mulyono, 2001).
Menurut Daft ada empat fungsi manajemen yaitu: 1. Perencanaan
(Planning) adalah
fungsi manajemen yang berhubungan dengan penentuan tujuan yang ingin diraih
oleh organisasi dan penetapan tugas-tugas dan alokasi sumber daya untuk
mencapai tujuan tersebut.
2. Penorganisasian (Organizing) adalah fungsi manajemen yang berkaitan dengan penetapan dan
pengelompokan tugas-tugas ke dalam departemen dan pengalokasian sumber daya ke
berbagai departemen.
3. Kepemimpinan (Leading) adalah fungsi manajemen yang melibatkan penggunaan pengaruh untuk
memotivasi karyawan meraih sasaran organisasi.
4. Pengendalian (Controlling) adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan pemantauan
aktivitas-aktivitas karyawan, menjaga organisasi agar tetap berjalan ke arah
pencapaian sasaransasarannya, dan membuat koreksi jika diperlukan.
Sumber Daya Manusia (SDM) adalah orang-orang yang ada dalam organisasi
memberikan sumbangan pemikiran dan melakukan berbagai jenis pekerjaan dalam
mencapai tujuan organisasi (Sukirno, 2004:172-173). Dari berbagai pemaparan
diataslah yang menjadi landasan pemikiran dan pelaksanaan saya dalam menyusun
rencana bisnis keripik kentang ini.
Asal Mula Kentang Konon tanaman kentang berasal dari suatu daerah di sekitar Peru
Selatan sejak hampir 3000 SM. Kemudian, diperkenalkan ke Eropa oleh Spanyol
sekitar abad ke-16, setelah kerajaan Spanyol berhasil melakukan penjelajahannya
dengan mengarungi lautan. Selanjutnya, perkembangan di Eropa sampai abad
ke-19, kentang menjadi bahan makanan yang sangat populer. Alasannya karena
kentang cukup murah untuk dikonsumsi, selain itu juga mempunyai sifat
mengenyangkan dan tidak berampas.
Penanaman kentang banyak dilakukan di hampir seantero Eropa kala
itu, seperti halnya di Irlandia yang menghabiskan hampir sepertiga lahan yang
ada untuk ditanami kentang. Begitu juga yang terjadi di Inggris, bahkan kentang
menjadi pendukung adanya revolusi industri di sana. Sedangkan, kentang dikenal masyarakat
di Asia dan Amerika berturut-turut sejak abad ke-16 dan abad ke-19.
Kandungan kentang sebagian besar terdiri atas karbohidrat dan
kandungan zat tepung. Kentang biasa dikonsumsi sebagai penyerta hidangan daging
bakar (steak)
atau pun ayam goreng tepung dan salad (sayuran yang diberi saus sejenis mayones).Selain
karbohidrat, kandungan kentang lainnya adalah serat, air, lemak , protein,
vitamin, dan mineral. Kekayaan nutrisi kentang membuatnya sebagai sayuran
pilihan yang tepat untuk dihidangkan dalam sajian masakan keluarga.
Selain kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, kentang juga
memiliki kandungan racun yang dinamakan dengan glycoalkaloids. Racun tersebut
akan mengakibatkan terganggunya sistem saraf sehingga tubuh seseorang yang keracunan
akan melemah dan pusing. Akan tetapi, jangan takut, sangat jarang terjadi
seseorang menderita keracunan oleh kentang. Selain itu, dengan memasaknya dalam
suhu tinggi, membuat zat racun tersebut menjadi rusak, sehingga kecil
kemungkinannya untuk meracuni siapa pun yang mengkonsumsinya (http://www.lapar.com/makanplus/asal-usul/ini-dia-asal-usulkentang)
Mengolah Kentang Berikut ini dua hal penting yang harus diperhatikan
saat mengolah kentang menjadi hidangan favorit keluarga Anda. Keduanya dapat
dilakukan tanpa mengurangi cita rasa dari kentang tersebut.
· Hal terpenting saat mengolah kentang adalah dengan
memasaknya dalam suhu tinggi. Artinya, jika digoreng sebaiknya dalam minyak
panas. Cara lain dengan dibakar dalam oven bersuhu tinggi, direbus, atau
dikukus.
Tujuannya agar zat racun yang terdapat dalam kentang menjadi rusak
sehingga tidak menimbulkan efek keracunan.
· Hal terpenting lainnya saat mengolah kentang adalah
dengan tidak mengupas kulitnya. Karena sebagian besar nutrisi dalam kentang
terdapat di balik kulit tersebut. Usahakan untuk mengolahnya tanpa membuang kulit
sehingga sebagian besar nutrisi di dalamnya dapat dicerna oleh tubuh kita.
Jenis Kentang Di
dunia terdapat hampir 4.000 jenis tanaman kentang, yang terdiri atas jenis
coklat kemerahan (russet),
jenis kentang merah, jenis kentang putih, jenis kentang kuning (yukon), jenis
kentang ungu, dan jenis kentang biru. Di Inggris kita dapat ditemukan 80 jenis kentang yang berbeda. Sementara
dalam dunia kulinari jenis kentang dibedakan atas sifat, seperti lilin, sifat
tepung, dan sifat mengenyangkannya. Karenanya para juru masak akan menentukan
olahan hidangan yang tepat untuk kentang berdasarkan tiga sifat tersebut. Jenis
kentang biru merupakan jenis kentang yang mempunyai warna kulit dan daging
berwarna keunguan tapi berubah menjadi biru setelah dimasak. Jenis kentang ini
berasal dari Amerika Selatan.
Kentang (Solanum Tuberosum) dalam buku yang berjudul “ Petunjuk Praktis Budi Daya Kentang” oleh Hendro Sunarjono tahun 2008, tergolong bahan makanan
yang kaya nutrisi dan semakin meningkat kebutuhannya. Beberapa manfaat tanaman
kentang antara lain: 1. Bahan diversifikasi pangan non beras yang bernilai gizi
tinggi.
2. Tanaman cepat menghasilkan (cash crop) bagi petani.
3. Komoditas ekspor non-migas.
4. Bahan dasar industri pangan dan tektil.
5. Bahan makanan fast-food yang
menjamur di kota-kota besar.
Selain manfaat yang tersebut di atas, kentang juga bermanfaat di duniakesehatan
yang saya ambil dari media internet yaitu http://kesehatan.myhendra.web.id/2010/11/manfaat_kentang_untuk kecantikan_2.html. antara lain: -Enyahkan Kantong Mata.
Para perempuan membuang begitu banyak uang untuk krim ajaib yang diklaim
bisa menyamarkan lingkaran gelap, saat semuanya butuh kentang. Potong satu
irisan kentang mentah dan letakkan diatas selapis keju tipis, lalu tempatkan di
bawah mata selama 20 menit. Para ilmuwan menyebut zat catecholase dalam kentang
bisa mencerahkan kulit dan bakal menghalau lingkaran-lingkaran mata sedikit
dramatis.
-Buang Bercak-bercak.
Cucilah wajah dengan jus beberapa kentang saban hari, bakal
membantu mengurangi beberapa noda-noda hitam yang membandel. Problem itu bisa
diatasi dengan diawali jus kentang, kami sarankan mencobanya dulu. Bagaimanapun
jika tak berhasil ada cara simpel yakni membasuh muka dengan air bersih.
-Masker Kentang.
Pertama parutlah beberapa potong kentang lalu oles dan gosoklah ke
kulit, lakukan dengan hati-hati dan beri perhatian pada area-area yang paling
rusak.
Ampasnya biarkan menempel selama 30 menit, sebelum Anda
membasuhnya dengan air bersih dan sedikit air cuka.
-Membikin Cleanser Sebuah cleanser kentang? Mengapa tidak? Pertama-tama
campurlah parutan mentimun dan kentang selama sekitar 20 detik. Penting bahwa
Anda jangan mengelupas kulit mentimun atau kentang. Selanjutnya tambahkan satu sendok
teh tepung soda pembangkit kue, sebutir telor dan seperempat mangkuk air, lalu
blenderlah dalam kecepatan rendah selama satu menit, sebelum mengaplikasikan
cairan itu untuk membersihkan wajah dengan sebuah handuk cuci muka lembut.
Ketersediaan bahan baku dan kandungan gizi didalamnya membuat prospek
pengelolan kentang mendapat respon yang baik dari masyarakat.
Agroindustri keripik kentang di masyarakat cukup cerah dan pangsa
pasar penerima hasil produksi juga terbuka lebar. Hal ini didukung juga pla
konsumsi masyarakat yang mulai memperhatika keanekaragaman makanan yang
memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri maka dilakukan diversifikasi sehingga
memunculkan makanan yang erat dengan perilaku konsumen yang menyukai kentang.
Harga bahan mentah kentang untuk musim hujan dan musim kemarau juga
berbeda. Pada musim hujan harga kentang Rp 6.000 per kg, tetapi pada musim panas
harga kentang Rp 8.000 per kg. Uniknya, perbedaan harga bahan mentah itu tidak
mempengaruhi harga keripik kentang. Harga yang tetap sama juga berlaku untuk
keripik kentang yang belum matang atau sudah matang. Sebab satu kg keripik
kentang mentah, setelah digoreng bobotnya naik menjadi 1,2 kg.
Segmentasi pasar khususnya makanan erat kaitannya
dengan penilaian konsumen terhadap keamanan produk, nilai fungsionalnya untuk
kesehatan dan keunikan produk dimata konsumen keripik kentang merupakan salah
satu alternatif olahan pangan yang menyehatkan. Prospek dari pengembangan usaha
keripik kentang ini di Indonesia khususnya di Sumatera Utara (Medan) sangat menjanjikan.
Masyarakat mengkonsumsi kentang selain untuk di makan juga untuk obat perawatan
kulit. Sehingga kentang begitu banyak di cari dan diminati masyarakat di Medan.
Prospek keripik kentang yang saya akan lakukan dimasa yang akan
datang meskipun industri berskala menengah ke atas untuk memproduksi keripik
kentang, namun industri kripik skala rumah tangga juga masih tetap bertahan.
Ini didukung pasar yang mulai membaik. Harga penjualan produk ini juga relatif
tinggi. Industri keripik kentang yang makin banyak itu makin baik.
Pemasarannya sekarang tidak lagi sulit menjual dan memproduksi
keripik kentang dengan skala industri rumah tangga, saya yakin pembuatan
keripik kentang yang diawali dengan modal lumayan besar, pada awalnya susah
pemasarannya.
Namun, saya yakin kelak prospek usaha keripik kentang saya ini
akan mendapatkan keuntungan yang besar.
Perananan bisnis merupakan alat yang sangat penting bagi pelaku
bisnis maupun pangambil keputusan kebijakan usaha bisnis tersebut. Tujuan
perencanan bisnis adalah agar kegiatan bisnis yang akan dilaksanakan maupun
yang sedang berjalan tetap berjalan dijalur yang benar sesuai dengan yang
direncanakan.
Perencanaan bisnis juga merupakan pedoman untuk
mempertajam rencanarencana yang diharapkan, karena didalam perencanaan bisnis
kita dapat mengetahui posisi bisnis kita saat ini, arah tujuan bisnis, dan cara
mencapai sasarn yang yang ingin kita capai. Perencanaan bisnis yang baik harus
memuat tahaptahap yang harus dilakukan untuk memaksimalkan peluang keberhasilan.
Dengan melihat begitu baiknya pertumbuhan bisnis wirausaha ini,
mulai dari perencanaan usaha sampai dengan proses realisasi usaha ini. Maka
dengan ini penulis ingin membahas masalah tersebut dalam sebuah Tugas Akhir
denagn judul “ BUSINESS PLAN KERIPIK KENTANG”.
B. Permasalahan Dengan menjalankan setiap kegiatan dalam bisnis usaha, tentu saja memiliki
masalah yang terkadang muncul dan sudah pasti harus dihadapi oleh pengusaha.
Masalah merupakan faktor yang dapat membahayakan bisnis usaha jika tidak segera
diselesaikan Penulis merumuskan masalah untuk prospek usaha adalah sebagai
berikut : “Bagaimana
menjadi entrepreneur sukses dengan Wirausaha Keripik Kentang?” C.Tujuan dan Manfaat Prospek Usaha 1. Tujuan Prospek Usaha Tujuan prospek usaha ini
adalah sebagai berikut: ” Untuk mengetahui langkah menjadi entrepreneur sukses
dengan wirausaha keripik kentang” 2. Manfaat Prospek Usaha Hasil prospek usaha
ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut: a. Bagi Penulis, dapat
menambah wawasan dan pengetahuan peneliti di samping memberikan kontribusi
pemikiran dalam bidang pemasaran, khususnya yang berkaitan erat dengan bisnis
keripik kentang.
b. Bagi Perusahaan, digunakan sebagai informasi yang dapat
dijadikan dalam melakukan pemasaran produk dan strategi harga keripik kentang
serta dapat dijadikan suatu ide dalam menganekaragamkan jenis dan rasa keripik kentang
kemudian mendukung kemajuan pelaku bisnis di masa yang akan datang.
c. Bagi Pihak lain, sebagai referensi dan pengetahuan yang dapat
menjadi bahan pertimbangan untuk memulai usaha yang sejenis di masa mendatang.
D.Rencana Penulisan Rencana penulisan terdiri dari jadwal
survei/observasi dan rencana isi.
1. Jadwal Survei/Observasi Ada pun jadwal yang akan dilakukan
adalah dimulai dari tanggal 1 Maret 2011 sampai dengan 24 Maret 2011. Agar
lebih jelasnya dapat dilihat tabel 1.1 sebagai berikut: Tabel 1.1 2. Rencana Isi Laporan penelitian terdiri dari tiga
bab, dimana setiap bab saling berkaitan.
Hal ini sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pembuatan tugas akhir
yang telah ditetapkan bahwa susunan tugas akhir harus praktis dan sistematis.
Oleh karena itu, laporan penelitian tugas akhir ini disusun
sebagai berikut: · BAB I : PENDAHULUAN Pada bab ini, penulis akan
menguraikan mengenai eksekutif summary yang berisi tentang rencana bisnis yang
akan dibuat NO KEGIATAN MINGGU KE 1 2 3 1. Persiapan 2. Pengumpulan Data 3.
Penulisan Laporan mengenai produk dan peluang bisnis di masa depan.
Kemudian ringkasan proyeksi keuangan, manajemen tim dan kapabilitas dalam
mengelola bisnis.
· BAB II : TOPIK PROSPEK USAHA Pada bab ini, penulis
akan menguraikan mengenai Profil perusahaan, Biodata Pemilik, struktur
organisasi dan personalia, aspek pasar dan pemasaran, aspek produksi, analisis
SDM, rencana pengembangan usaha, pemanfaatan IT, analisis keuangan dan analisis
resiko usaha.
· BAB III : PENUTUP Sebagaimana akhir tugas ini,
penulis akan mengambil kesimpulan dari penilitian bisnis yang di lakukan dan
beberapa saran yang mungkin akan bermanfaat bagi pelaku bisnis.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi