Sabtu, 08 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP JUMLAH PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perpustakaan diartikan sebagai sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut susunan tertentu yang digunakan pembaca, bukan untuk dijual. Perpustakaan juga merupakan suatu lembaga penyedia jasa informasi yang sebagian besar bertujuan tidak untuk mencari keuntungan atau nirlaba. Pada banyak praktik di Indonesia, karena institusi bersifat nirlaba, maka
kualitas layanan kepada pemakai tidak menjadi prioritas. Bekerja asal tidak melanggar aturan, target pencapaian minimal dan rendahnya budaya kualitas adalah gambaran yang jamak terjadi, demikian pula dengan perpustakaan. Sorotan dan tuntutan terutama pada pegawai negeri sipil sangat besar. Slogan layanan prima hanya ada pada pelatihan dan seminar belaka. Sementara itu perubahan paradigma manajemen jasa sangat cepat. Di negara maju pendekatan prinsip pemasaran sudah dilakukan oleh perusahaan jasa hampir seabad silam. Pemakai merupakan faktor utama eksistensi dan operasionalnya suatu institusi, terlebih lagi institusi penyedia jasa.
Fakultas Ekonomi  mempunyai suatu fasilitas yaitu Perpustakaan yang disebut Ruang Baca Fakultas Ekonomi. Ruang baca ini menyediakan copy cetak dan digital skripsi mahasiswa dan bahan bacaan lainnya yang menjadi kebutuhan umum. Ruang baca dapat digunakan mahasiswa setiap hari kerja dan jam kuliah. Pelayanan referensi jurnal dan buku ajar yang lebih banyak dan lengkap

disediakan melalui Perpustakaan Universitas menyediakan berbagai literatur tercetak, dan digital. Untuk seluruh jam buka Perpustakaan, hari Senin s/d Jumat perpustakaan buka pada pukul 08.00-12.00 WIB kemudian dibuka lagi pada pukul 16.00-19.00 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu perpustakaan buka pada pukul 08.00-13.00. Selama libur semester perpustakaan ditutup sampai peleksanaan penerimaan mahasiswa baru selesai. Biasanya perpustakaan pada Fakultas Ekonomi ini ramai dikunjungi oleh mahasiswa apabila sedang Ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester, para mahasiswa yang datang hanya sekedar membaca untuk persiapan ujiannya. Sedangkan pada hari biasa, perpustakaan ini cenderung sepi dan tidak ramai didatangi oleh mahasiswa. Tujuan dari perpustakaan sendiri, khususnya perpustakaan perguruan tinggi adalah memberikan layanan informasi untuk kegiatan belajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sudah menjadi keharusan bagi pustakawan dan perpustakaan di Indonesia agar mampu bersaing di lingkungan global. Melihat begitu pentingnya Perpustakaan di kalangan mahasiswa yang ada di perguruan tinggi saat ini maka Penulis merasa tertarik untuk meneliti secara langsung pada Fakultas Ekonomi  dengan memilih judul : ”PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP JUMLAH PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI , MEDAN.”
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah ”Bagaimana Kualitas Pelayanan Pihak Perpustakaan dalam

meningkatkan jumlah Pengunjung yang ada pada Fakultas Ekonomi , Medan”.
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap jumlah pengunjung pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi . Apakah dengan pelayanan yang baik dapat meningkatkan jumlah pengunjung sehingga memungkinkan mahasiswa untuk menciptakan budaya baca yang menyebabkan para mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas sehingga dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas.
D. Manfaat Penelitian a. Bagi Perusahaan


Sebagai pertimbangan bagi pimpinan untuk dapat lebih meningkatkan Pelayanan terhadap mahasiswa yang datang ke perpustakaan di masa yang akan datang.
b. Bagi Universitas

Sebagai bahan pertimbangan bagi Universitas agar dapat meningkatkan pelayanan dan fasilitaas yang ada agar kegiatan belajar-mengajar di Universitas dapat berjalan dengan baik.
c. Peneliti Selanjutnya

Sebagai bahan masukan dan referensi bagi peneliti lain yang ingin melanjutkan penelitian Penulis.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi