BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perpustakaan
diartikan sebagai sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan
buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut susunan tertentu yang
digunakan pembaca, bukan untuk dijual. Perpustakaan juga merupakan suatu
lembaga penyedia jasa informasi yang sebagian besar bertujuan tidak untuk
mencari keuntungan atau nirlaba. Pada banyak praktik di Indonesia, karena
institusi bersifat nirlaba, maka
kualitas layanan kepada pemakai tidak menjadi
prioritas. Bekerja asal tidak melanggar aturan, target pencapaian minimal dan
rendahnya budaya kualitas adalah gambaran yang jamak terjadi, demikian pula
dengan perpustakaan. Sorotan dan tuntutan terutama pada pegawai negeri sipil
sangat besar. Slogan layanan prima hanya ada pada pelatihan dan seminar belaka.
Sementara itu perubahan paradigma manajemen jasa sangat cepat. Di negara maju
pendekatan prinsip pemasaran sudah dilakukan oleh perusahaan jasa hampir seabad
silam. Pemakai merupakan faktor utama eksistensi dan operasionalnya suatu
institusi, terlebih lagi institusi penyedia jasa.
Fakultas
Ekonomi mempunyai suatu fasilitas yaitu
Perpustakaan yang disebut Ruang Baca Fakultas Ekonomi. Ruang baca ini
menyediakan copy cetak dan digital skripsi mahasiswa dan bahan bacaan lainnya
yang menjadi kebutuhan umum. Ruang baca dapat digunakan mahasiswa setiap hari
kerja dan jam kuliah. Pelayanan referensi jurnal dan buku ajar yang lebih
banyak dan lengkap
disediakan melalui Perpustakaan
Universitas menyediakan berbagai literatur tercetak, dan digital. Untuk
seluruh jam buka Perpustakaan, hari Senin s/d Jumat perpustakaan buka pada
pukul 08.00-12.00 WIB kemudian dibuka lagi pada pukul 16.00-19.00 WIB,
sedangkan untuk hari Sabtu perpustakaan buka pada pukul 08.00-13.00. Selama
libur semester perpustakaan ditutup sampai peleksanaan penerimaan mahasiswa
baru selesai. Biasanya perpustakaan pada Fakultas Ekonomi ini ramai dikunjungi
oleh mahasiswa apabila sedang Ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester, para
mahasiswa yang datang hanya sekedar membaca untuk persiapan ujiannya. Sedangkan
pada hari biasa, perpustakaan ini cenderung sepi dan tidak ramai didatangi oleh
mahasiswa. Tujuan dari perpustakaan sendiri, khususnya perpustakaan perguruan
tinggi adalah memberikan layanan informasi untuk kegiatan belajar, penelitian,
dan pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan
Tinggi. Sudah menjadi keharusan bagi pustakawan dan perpustakaan di Indonesia
agar mampu bersaing di lingkungan global. Melihat begitu pentingnya
Perpustakaan di kalangan mahasiswa yang ada di perguruan tinggi saat ini maka
Penulis merasa tertarik untuk meneliti secara langsung pada Fakultas Ekonomi dengan memilih judul : ”PENGARUH KUALITAS
PELAYANAN TERHADAP JUMLAH PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI , MEDAN.”
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, masalah yang dapat
dirumuskan dalam penelitian ini adalah ”Bagaimana Kualitas Pelayanan Pihak
Perpustakaan dalam
meningkatkan jumlah Pengunjung yang
ada pada Fakultas Ekonomi , Medan”.
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan terhadap jumlah pengunjung pada Perpustakaan
Fakultas Ekonomi . Apakah dengan pelayanan yang baik dapat meningkatkan jumlah
pengunjung sehingga memungkinkan mahasiswa untuk menciptakan budaya baca yang
menyebabkan para mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas sehingga dapat
menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas.
D. Manfaat Penelitian a. Bagi Perusahaan
Sebagai pertimbangan bagi pimpinan untuk dapat lebih
meningkatkan Pelayanan terhadap mahasiswa yang datang ke perpustakaan di masa
yang akan datang.
b. Bagi Universitas
Sebagai bahan pertimbangan bagi Universitas agar dapat
meningkatkan pelayanan dan fasilitaas yang ada agar kegiatan belajar-mengajar
di Universitas dapat berjalan dengan baik.
c. Peneliti Selanjutnya
Sebagai bahan masukan dan referensi bagi peneliti lain yang
ingin melanjutkan penelitian Penulis.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi