BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Setiap
perusahaan mempunyai sumber daya manusia dan informasi. Sumber daya manusia
dipengaruhi oleh unsur kerja yang berfungsi melaksanakan kegiatan operasional
perusahaan sehingga diperlukan penyelesaian pekerjaan dengan efisien.
Menurut
Sedarmayanti (2001:112) pengertian efisiensi kerja adalah perbandingan terbaik
antara suatu pekerjaan yang dilakukan dengan hasil yang dicapai oleh pekerjaan
tersebut sesuai dengan yang ditargetkan baik dalam hal mutu maupuan hasilnya
yang meliputi pemakaian waktu yang optimal dan kualitas cara kerja yang
maksimal. Perbandingan ini dilihat dari segi waktu dan segi hasil. Segi waktu,
Suatu pekerjaan disebut lebih efisien bila hasil kerja berdasarkan patokan
ukuran yang diinginkan untuk memperoleh sesuatu yang baik dan maksimal.
Sedangkan segi hasil, yaitu hasil kerja secara optimal yang dicapai oleh
seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang
diberikan.
Tujuan efisiensi
kerja pada kantor adalah untuk melakukan tugas dengan benar sesuai tolak ukur
atau standar suatu pekerjaan dan berusaha untuk mencari cara yang paling baik
untuk mencapai suatu tujuan atau misi pada kantor tersebut.
Pada bagian
keuangan fakultas ekonomi yang dilakukan hendaknya sesuai dengan sumberdaya
yang dimiliki untuk mencapai efisiensi kerja pegawai. Menurut Anwar
Mangkunegara (2005:15) dalam pelaksanaan kerja sering
dijumpai
beberapa faktor yang dapat mempengaruhi efisiensi kerja diantaranya faktor
internal dan eksternal. Faktor internal yaitu, faktor yang dihubungkan dengan
sifat-sifat seseorang. Pada bagian keuangan fakultas ekonomi sifat dari para
pegawai dapat mempengaruhi efisiensi kerja, dimana antara pegawai harus
mempunyai interaksi kerja yang baik. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor
yang mempengaruhi efisiensi kerja seseorang yang berasal dari lingkungan
seperti, pemakaian tenaga, pemakaian waktu dan pemakaian ruang.
Pemakaian tenaga
pada pegawai bagian keuangan fakultas ekonomi, menggunakan sarana mekanis
seperti komputer, kalkulator dan printer. Pemakaian waktu yang digunakan pada
pegawai bagian keuangan fakultas ekonomi diusahakan seproduktif mungkin seperti
rencana kerja dan disiplin kerja. Pemakaian ruang selalu dikaitkan dengan tata
ruang. Tata ruang kantor berupa pengaturan dan penyusunan seluruh peralatan dan
perlengkapan kantor mulai dari mesin yang digunakan di kantor sampai perabot
kantor pada tempat yang tepat, sehingga para pegawai dapat bekerja dengan baik,
nyaman, leluasa, dan bebas untuk bergerak guna tercapainya suatu efisiensi
kerja.
Menurut
Sedarmayanti (2001:118) unsur-unsur efisiensi itu sendiri antara lain
kesadaran, keahlian dan disiplin. Dengan kesadaran, seseorang akan terdorong
untuk membangkitkan semangat atau kehendak untuk melakukan sesuatu yang sesuai
dengan apa yang disadarinya dalam hal ini yang dimaksudkan adalah efisiensi.
Unsur keahlian yang juga melekat pada manusia merupakan bagian yang menjadi
sumber efisiensi, keahlian manusia dicapai bila ada pelatihan yang mendukung
pekerjaan tersebut. Sehingga apabila suatu pekerjaan difasilitasi
dengan suatu
peralatan, maka peralatan tersebut menunjang pencapaian efisiensi kerja. Kesadaran
dan keahlian seperti yang telah diuraikan sebelumnya tidak akan menjamin hasil
kerja yang baik dan efisien jika tidak disertai dengan unsur Disiplin. Oleh
karena itu dalam efisiensi diperlukan standar yang akan menjadi penunjuk arah
sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Sehingga keseluruhan sumber daya
berada dalam satu aturan yang jelas, tidak menyimpang dari apa yang diharapkan.
Menurut Sri Budi
Cantika Yuli (2005:5) efektifitas merupakan kemampuan suatu organisasi dalam
mencapai sasarn-sasaran (hasil akhir) yang telah ditetapkan secara tepat.
Perbedaan efektifitas dengan efisiensi terletak pada penilaian hasil kerja,
jika efektifitas terfokus pada cara melakukan pekerjaan dengan benar sedangkan
efisiensi terfokus pada penggunaan sumber daya yang minim dengan menghasilkan
pekerjaan yang optimal. Cara bekerja yang efisien dapat diterapkan oleh setiap
orang untuk jenis pekerjaan yang berat maupun yang ringan. Pada Bagian Keuangan
Fakultas Ekonomi pelaksanaan efisiensi tidak hanya dikalangan pimpinan saja,
tetapi juga meliputi tingkat kerja sampai paling bawah. Namun, untuk lebih
meningkatkan efisiensi dalam diri pegawai, maka dibuatlah peraturan-peraturan
yang mengikat yaitu berupa penerapan cara kerja dan tata kerja di kantor. Jika
suatu peraturan yang telah disepakati dilanggar maka akan dikenakan sanksi.
Dalam
meningkatkan efisiensi kerja pegawai pada bagian keuangan fakultas ekonomi yang
pertama sekali dilakukan adalah dengan menerapkan cara kerja dan tata kerja
yang baik. Cara kerja yang efisien pada bagian keuangan
fakultas ekonomi
dapat tercermin dari penggunaan pikiran dalam melakukan kegiatan kerja, serta
pemakaian tenaga yang dilakukan para pegawai dengan cara seefisien mungkin
dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. Sedangkan untuk tata kerja, pelaksanaan
kegiatan kerja yang dilakukan pegawai bagian keuangan fakultas ekonomi yang
seefisien mungkin mengenai suatu pekerjaaan dengan mempertimbangkan tujuan,
fasilitas, tenaga kerja, dan waktu dan yang tersedia.
Cara kerja dan
tata kerja yang efisien berfungsi untuk memudahkan para pegawai dalam pembagian
tugas dan tanggung jawab masing – masing dalam bekerja. Adanya kemungkinan yang
akan timbul dari peneraparan cara kerja dan tata kerja yang tidak efisien
adalah dapat mengakibatkan sulitnya pimpinan dalam mengambil keputusan yang
cepat dan tepat bila terjadi suatu masalah, sehingga dapat terjadi
penyimpangan, penyalahgunaan kekuasaan dan sulitnya melakukan pengawasan dan
pemeriksaan dengan cepat.
Dengan latar
belakang yang sedemikian rupa maka peniliti merasa tertarik untuk memilih
judul:
“Faktor-faktor
Yang Mempengaruhi Efisiensi kerja Pada Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi ”
B.Perumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang diuraikan diatas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai
berikut:
1. Faktor-faktor
apa saja yang mempengaruhi efisiensi kerja pegawai bagian keuangan fakultas
ekonomi USU?
2. Bagaimana
efisiensi kerja mempengaruhi prestasi pegawai bagian keuangan fakultas ekonomi
USU?
3. Bagaimana
efisiensi kerja mempengaruhi produktivitas pegawai bagian keuangan fakultas
ekonomi USU?
C. Tujuan dan
Manfaat Penelitian
a. Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan
penelitian ini dilakukan yaitu:
1. Untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi kerja pada pegawai bagian
keuangan fakultas ekonomi .
2. Untuk
mengetahui bagaimana efisiensi kerja mempengaruhi prestasi pegawai bagian
keuangan fakultas ekonomi .
3. Untuk
mengetahui bagaimana efisiensi kerja mempengaruhi produktivitas kerja pegawai
bagian keuangan fakultas ekonomi .
b. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat
dari penelitian adalah:
1. Bagi Instansi
Sebagai bahan
masukan dan pertimbangan untuk memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi
efisiensi kerja terhadap pegawai Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi .
2. Bagi Peneliti
Menambah pengetahuan
peneliti terhadap faktor yang mempengaruhi efisiensi kerja pegawai Bagian
Keuangan Fakultas Ekonomi .
3. Bagi Peneliti
Selanjutnya
Sebagai bahan
referensi bagi peneliti-peneliti lain yang meneliti pada topik yang sama.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi