BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Perpustakaan
adalah institusi/lembaga yang menyediakan koleksi bahan perpustakaan tertulis,
tercetak dan terekam sebagai pusat informasi yang diatur menurut sistem dan
aturan yang baku dan didaya gunakan untuk keperluan pendidikan, penelitian dan
rekreasi intelektual bagi masyarakat. Perpustakaan merupakan sebuah instansi yang menghasilkan
jasa non-profit (tidak berorientasi pada perolehan laba), seperti perusahaan
penghasil jasa pada umumnya yang bertujuan menghasilkan laba bagi perusahaan.
Perpustakaan berorientasi pada bidang penyediaan bahan
untuk memudahkan mahasiswa dan dosen dalam memenuhi kebutuhannya dalam proses
belajar mengajar. Dengan di berikannya fasilitas informasi pengetahuan para
pengunjung akan lebih dapat mengembangkan informasi yang didapat, atau
memecahkan masalahnya di bidang pendidikan
Membaca
merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Membaca juga merupakan ilmu
yang tidak akan pernah habis dan akan selalu berkembang. Ilmu lahir sejak
keingintahuan manusia akan hal sesuatu, sehingga ilmu akan terus berkembang.
Pengetahuan yang diperoleh dalam membaca akan meningkatkan harkat dan martabat,
kinerja, dan produktivitas seseorang. Ilmu yang di dapatkan dalam membaca, bisa
diterapkan atau diberikan kepada
masyarakat yang
belum mengerti akan hal sesuatu yang anda miliki. Membaca juga merupakan hal
yang penting dalam meningkatkan kemajuan bangsa. buku merupakan jendela dunia
ilmu pengetahuan, tentunya untuk mengetahui apakah buku itu berkualitas atau
tidak, salah satu jalan adalah harus membaca buku tersebut. Mengerti dan
memahami isi bacaan adalah hal yang sangat penting untuk mengetahui apa saja
yang terdapat di dalam buku bacaan, tentunya bila mengerti isi buku bacaan maka
akan memberikan pengetahuan yang baru.
Minat baca
dikalangan masyarakat masih sangat rendah, kurangnya minat baca dalam
masyarakat dikarenakan tidak adanya waktu membaca dan langkanya buku bacaan.
Pada masyarakat di perkotaan, terdapat jenis hiburan untuk menghabiskan waktu
daripada membaca buku. Sedangkan pada masyarakat di daerah terpencil tidak
adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk membaca seperti buku dan
perpustakaan yang masih kurang dalam hal pembaharuan buku.
Peran
perpustakaan dalam menyediakan buku bacaan sangat penting keberadaannya, karena
dengan adanya perpustakaan sebagian besar masyarakat umum dapat menikmati buku
bacaan mereka. Tak dapat dipungkiri bahwa tingkat pengetahuan bangsa pada
umumnya dan masyarakat khususnya sangatlah rendah, salah satunya disebabkan
oleh kurangnya minat serta perhatian masyarakat mengenai pentingnya membaca.
Tentunya hal ini dapat menjadi boomerang bagi kelangsungan perkembangan
pengetahuan masyarakat, dan sudah pasti menjadi tolak ukur bagi keberadaan
perpustakaan sebagai penyedia buku-buku yang berpengetahuan.
Menurut Arixs
(2006) pada makalah yang berjudul “Enam Penyebab Rendahnya Minat Baca”. Enam
penyebabnya adalah sebagai berikut :
1. Sistem pembelajaran
di Indonesia belum membuat anak-anak/siswa/mahasiswa harus membaca buku (lebih
banyak lebih baik), mencari informasi/pengetahuan lebih dari apa yang
diajarkan, mengapresiasi karya-karya ilmiah, filsafat, sastra dan sebagainya.
2. Banyaknya
jenis hiburan, permainan (game) dan tayangan TV yang mengalihkan perhatian
anak-anak dan orang dewasa dari buku, surfing di internet walaupun yang
terakhir ini masih dapat dimasukkan sebagai sarana membaca. Hanya saja apa yang
dapat dilihat di internet bukan hanya tulisan tetapi hal-hal visual lainnya
yang kadangkala kurang tepat bagi konsumsi anak-anak.
3. Banyaknya
tempat hiburan untuk menghabiskan waktu seperti taman rekreasi, tempat karaoke,
night club, mall, supermarket dan sebagainya.
4. Budaya baca
memang belum pernah diwariskan nenek moyang kita. Kita terbiasa mendengar dan
belajar berbagai dongeng, kisah, adat-istiadat secara verbal dikemukakan
orangtua, tokoh masyarakat, penguasa pada zaman dulu.
5. Para ibu,
saudari-saudari kita senantiasa disibukkan berbagai kegiatan upacara- upacara
keagamaan serta membantu mencari tambahan nafkah untuk keluarga, sehingga tiap
hari waktu luang sangat minim bahkan hampir tidak ada untuk membantu anak
membaca buku.
6. Sarana untuk
memperoleh bacaan, seperti perpustakaan atau taman
bacaan, masih
merupakan barang aneh dan langka.
Salah satu upaya
untuk merangsang daya minat baca masyarakat yaitu dengan adanya penyediaan
perpustakaan yang memiliki sarana dan meningkatkan kualitas pelayanannya.
Perpustakaan merupakan pusat terkumpulnya berbagai informasi dan ilmu
pengetahuan baik yang berupa buku maupun bahan rekaman lainnya yang
diorganisasikan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat (Mudjito, 2008).
Kualitas pelayanan pada sebuah Perpustakaan merupakan salah satu factor penting
dalam meningkatkan minat baca terhadap Pengunjung perpustakaan.
Perpustakaan merupakan perpustakaan
pusat atau perpustakaan yang dikujungi oleh semua kalangan masyarakat khususya
Mahasiswa/i USU dan Para Pelajar SMP s/d SMA. Mengingat hal itu penulis tertarik
membuat tugas akhir dengan judul “Kualitas Pelayanan pengunjung Perpustakaan
’’.
1.2 Rumusan
Masalah
Dalam rumusan
masalah ini penulis membatasi ruang lingkup dan hanya memfokuskan pada
permasalahan Kualitas Pelayanan Pengunjung Perpustakaan . Dari beberapa uraian
yang telah disebutkan diatas maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penulisan
Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut: “Bagaimanakah Kualitas Pelayanan
Pengunjung Perpustakaan ?”
1.3 Tujuan Dan
Manfaat Penelitian
1.3.1 Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan
penelitian yang dilakukan penulis adalah sebagai berikut:
a. Untuk
mengetahui kualitas pelayanan yang ada di Pepustakaan ,
b. Untuk
mengetahui sistem kualitas pelayanan apakah yang diterapkan Perpustakaan .
1.3.2 Manfaat
Penelitian
Adapun yang
menjadi manfaat penelitian dalm rangka penulisan tugas akhir ini adalah :
a. Sebagai bahan
masukan bagi penulis untuk memperdalam pengetahuan penulis mengenai Kualitas
Pelayanan,
b. Sebagai bahan
pertimbangan dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan .
c. Sebagai
informasi bagi pembaca dan juga bahan referensi bagi pihak lain yang ingin
melakukan penelitian sejenis.
1.4 Sistematika
Penelitian
1.4.1 Jadwal
Penelitian
Dalam surat
balasan izin melakukan riset yang dibuat oleh Pimpinan Perpustakaan , penulis
dapat melakukan riset dimulai pada tanggal 10 Maret s/d 21 Maret pada hari
kerja yaitu Senin - Jumat dan pada jam kerja yang dimulai pada pukul
08.00-16.00.
1.4.2 Laporan
Penelitian
Penulis membuat
suatu perincian sederhana tentang isi dari masing-masing
bab dalam Tugas
Akhir ini yang disusun secara sistematis sehingga uraian dapat lebih terarah.
Untuk itu penulis membagi pokok pembahasan dalam 4 bab yaitu sebagai berikut :
Bab I
Pendahuluan
Pada bab ini
diuraikan mengenai latar belakang masalah, permasalahan, tujuan dan manfaat
penelitian serta sistematika penelitian dimana dalam sistematika penelitian
akan dijelaskan mengenai jadwal penelitian dan laporan penelitian.
Bab II Gambaran
Perusahaan
Pada bab ini
dijelaskan gambaran umum mengenai kualitas pelayanan pengunjung Perpustakaan
yang efektif dan baik, selain itu penulis juga menjelaskan sedikit mengenai
fungsi atau manfaat Perpustakaan.
Bab III Sejarah
Perpustakaan
Pada bab ini
penulis menceritakan tentang sejarah Perpustakaan
Bab IV Penutup
Bab
ini merupakan bab terakhir dalam tugas akhir ini yang berisikan kesimpulan dari
pembahasan bab-bab sebelumnya dan juga beberapa saran sebagai bahan masukan
dalam meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan dimasa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi