Kamis, 06 Maret 2014

Skripsi Finansial: KUALITAS PELAYANAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perpustakaan adalah institusi/lembaga yang menyediakan koleksi bahan perpustakaan tertulis, tercetak dan terekam sebagai pusat informasi yang diatur menurut sistem dan aturan yang baku dan didaya gunakan untuk keperluan pendidikan, penelitian dan rekreasi intelektual bagi masyarakat. Perpustakaan  merupakan sebuah instansi yang menghasilkan jasa non-profit (tidak berorientasi pada perolehan laba), seperti perusahaan penghasil jasa pada umumnya yang bertujuan menghasilkan laba bagi perusahaan.

Perpustakaan  berorientasi pada bidang penyediaan bahan untuk memudahkan mahasiswa dan dosen dalam memenuhi kebutuhannya dalam proses belajar mengajar. Dengan di berikannya fasilitas informasi pengetahuan para pengunjung akan lebih dapat mengembangkan informasi yang didapat, atau memecahkan masalahnya di bidang pendidikan
Membaca merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Membaca juga merupakan ilmu yang tidak akan pernah habis dan akan selalu berkembang. Ilmu lahir sejak keingintahuan manusia akan hal sesuatu, sehingga ilmu akan terus berkembang. Pengetahuan yang diperoleh dalam membaca akan meningkatkan harkat dan martabat, kinerja, dan produktivitas seseorang. Ilmu yang di dapatkan dalam membaca, bisa diterapkan atau diberikan kepada
masyarakat yang belum mengerti akan hal sesuatu yang anda miliki. Membaca juga merupakan hal yang penting dalam meningkatkan kemajuan bangsa. buku merupakan jendela dunia ilmu pengetahuan, tentunya untuk mengetahui apakah buku itu berkualitas atau tidak, salah satu jalan adalah harus membaca buku tersebut. Mengerti dan memahami isi bacaan adalah hal yang sangat penting untuk mengetahui apa saja yang terdapat di dalam buku bacaan, tentunya bila mengerti isi buku bacaan maka akan memberikan pengetahuan yang baru.
Minat baca dikalangan masyarakat masih sangat rendah, kurangnya minat baca dalam masyarakat dikarenakan tidak adanya waktu membaca dan langkanya buku bacaan. Pada masyarakat di perkotaan, terdapat jenis hiburan untuk menghabiskan waktu daripada membaca buku. Sedangkan pada masyarakat di daerah terpencil tidak adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk membaca seperti buku dan perpustakaan yang masih kurang dalam hal pembaharuan buku.
Peran perpustakaan dalam menyediakan buku bacaan sangat penting keberadaannya, karena dengan adanya perpustakaan sebagian besar masyarakat umum dapat menikmati buku bacaan mereka. Tak dapat dipungkiri bahwa tingkat pengetahuan bangsa pada umumnya dan masyarakat khususnya sangatlah rendah, salah satunya disebabkan oleh kurangnya minat serta perhatian masyarakat mengenai pentingnya membaca. Tentunya hal ini dapat menjadi boomerang bagi kelangsungan perkembangan pengetahuan masyarakat, dan sudah pasti menjadi tolak ukur bagi keberadaan perpustakaan sebagai penyedia buku-buku yang berpengetahuan.

Menurut Arixs (2006) pada makalah yang berjudul “Enam Penyebab Rendahnya Minat Baca”. Enam penyebabnya adalah sebagai berikut :
1. Sistem pembelajaran di Indonesia belum membuat anak-anak/siswa/mahasiswa harus membaca buku (lebih banyak lebih baik), mencari informasi/pengetahuan lebih dari apa yang diajarkan, mengapresiasi karya-karya ilmiah, filsafat, sastra dan sebagainya.
2. Banyaknya jenis hiburan, permainan (game) dan tayangan TV yang mengalihkan perhatian anak-anak dan orang dewasa dari buku, surfing di internet walaupun yang terakhir ini masih dapat dimasukkan sebagai sarana membaca. Hanya saja apa yang dapat dilihat di internet bukan hanya tulisan tetapi hal-hal visual lainnya yang kadangkala kurang tepat bagi konsumsi anak-anak.
3. Banyaknya tempat hiburan untuk menghabiskan waktu seperti taman rekreasi, tempat karaoke, night club, mall, supermarket dan sebagainya.
4. Budaya baca memang belum pernah diwariskan nenek moyang kita. Kita terbiasa mendengar dan belajar berbagai dongeng, kisah, adat-istiadat secara verbal dikemukakan orangtua, tokoh masyarakat, penguasa pada zaman dulu.
5. Para ibu, saudari-saudari kita senantiasa disibukkan berbagai kegiatan upacara- upacara keagamaan serta membantu mencari tambahan nafkah untuk keluarga, sehingga tiap hari waktu luang sangat minim bahkan hampir tidak ada untuk membantu anak membaca buku.
6. Sarana untuk memperoleh bacaan, seperti perpustakaan atau taman

bacaan, masih merupakan barang aneh dan langka.
Salah satu upaya untuk merangsang daya minat baca masyarakat yaitu dengan adanya penyediaan perpustakaan yang memiliki sarana dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Perpustakaan merupakan pusat terkumpulnya berbagai informasi dan ilmu pengetahuan baik yang berupa buku maupun bahan rekaman lainnya yang diorganisasikan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat (Mudjito, 2008). Kualitas pelayanan pada sebuah Perpustakaan merupakan salah satu factor penting dalam meningkatkan minat baca terhadap Pengunjung perpustakaan. Perpustakaan  merupakan perpustakaan pusat atau perpustakaan yang dikujungi oleh semua kalangan masyarakat khususya Mahasiswa/i USU dan Para Pelajar SMP s/d SMA. Mengingat hal itu penulis tertarik membuat tugas akhir dengan judul “Kualitas Pelayanan pengunjung Perpustakaan ’’.
1.2 Rumusan Masalah
Dalam rumusan masalah ini penulis membatasi ruang lingkup dan hanya memfokuskan pada permasalahan Kualitas Pelayanan Pengunjung Perpustakaan . Dari beberapa uraian yang telah disebutkan diatas maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut: “Bagaimanakah Kualitas Pelayanan Pengunjung Perpustakaan ?”
1.3 Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1.3.1 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah sebagai berikut:
a. Untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada di Pepustakaan ,
b. Untuk mengetahui sistem kualitas pelayanan apakah yang diterapkan Perpustakaan .
1.3.2 Manfaat Penelitian
Adapun yang menjadi manfaat penelitian dalm rangka penulisan tugas akhir ini adalah :
a. Sebagai bahan masukan bagi penulis untuk memperdalam pengetahuan penulis mengenai Kualitas Pelayanan,
b. Sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan .
c. Sebagai informasi bagi pembaca dan juga bahan referensi bagi pihak lain yang ingin melakukan penelitian sejenis.
1.4 Sistematika Penelitian
1.4.1 Jadwal Penelitian
Dalam surat balasan izin melakukan riset yang dibuat oleh Pimpinan Perpustakaan , penulis dapat melakukan riset dimulai pada tanggal 10 Maret s/d 21 Maret pada hari kerja yaitu Senin - Jumat dan pada jam kerja yang dimulai pada pukul 08.00-16.00.
1.4.2 Laporan Penelitian
Penulis membuat suatu perincian sederhana tentang isi dari masing-masing

bab dalam Tugas Akhir ini yang disusun secara sistematis sehingga uraian dapat lebih terarah. Untuk itu penulis membagi pokok pembahasan dalam 4 bab yaitu sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan
Pada bab ini diuraikan mengenai latar belakang masalah, permasalahan, tujuan dan manfaat penelitian serta sistematika penelitian dimana dalam sistematika penelitian akan dijelaskan mengenai jadwal penelitian dan laporan penelitian.
Bab II Gambaran Perusahaan
Pada bab ini dijelaskan gambaran umum mengenai kualitas pelayanan pengunjung Perpustakaan yang efektif dan baik, selain itu penulis juga menjelaskan sedikit mengenai fungsi atau manfaat Perpustakaan.
Bab III Sejarah Perpustakaan
Pada bab ini penulis menceritakan tentang sejarah Perpustakaan
Bab IV Penutup

Bab ini merupakan bab terakhir dalam tugas akhir ini yang berisikan kesimpulan dari pembahasan bab-bab sebelumnya dan juga beberapa saran sebagai bahan masukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan  dimasa yang akan datang. 
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi