BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kualitas pelayanan merupakan suatu kunci mutlak bagi suatu
perusahaan. Oleh karena itu, suatu perusahaan hendaknya terus berusaha
meningkatkan kegiatan pelayanan pada konsumen, dimana semakin tinggi kualitas
pelayanan yang diberikan, maka konsumen akan merasa semakin puas.
Peluang-peluang ini ditanggapi segera oleh perusahaan perusahaan
jasa pengiriman, baik domestic maupun yang bertaraf internasional. Untuk
memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat terhadap pengiriman atau pertukaran
informasi seperti pengiriman, penerimaan dokumen, paket, uang dengan
menjanjikan pelayanan pengiriman yang cepat dan aman, serta didukung oleh
peralatan dan teknologi yang canggih,sehinggga hanya perusahaan yang memiliki
nilai lebihlah yang akan bertahan berkembang dan maju kedepan. Keadaan ini
tentunya harus diantisipasi oleh setiap perusahaan apabila ia ingin tetap
bertahan dan terus berkembang mencapai tujuan yang telah direncanakan.
Di Indonesia PT. Tiki (Titipan Kilat) merupakan salah satu
perusahaan swasta yang memberikan pelayanan jasa bertaraf domestik yang kantor
cabang perusahaannya terbesar di seluruh Indonesia dan perusahaan tersebut
harus tetap mempertahankan mutu pelayanannya dan tidak mengabaikan
keluhan-keluhan pelanggannya yang disampaikan oleh pelanggan baik secara
langsung maupun secara tidak langsung pada PT. Tiki.
Sangat disadari bahwa pelayanan jasa pengiriman akan sangat erat
hubungannya dengan kepuasan pelanggan sebagai pemakai jasa pengiriman.
Namun hingga saat ini bahwa pelayanan
yang berdimensi kepuasan ini masih belum dapat dikatakan memuaskan, artinya
masih banyak dihadapkan pada berbagai kendala. Dan kendala itu memang bisa dating
akibat faktor teknis, yang menyangkut sarana transportasi dan komunikasi,
faktor metode yang menyangkut masalah prosedur dan tidak jarang pula sebagai
akibat faktor manusianya yang kurang memahami falsafah pelayanan, sehingga
berkesan kurang pelayanan.
Untuk
memberikan kepuasan kepada para pelanggan, PT. Tiki harus tanggap terhadap
setiap keluhan atau pengaduan dan harus ditindak lanjuti hingga tuntas dalam
waktu yang singkat. Untuk mewujdkan kepuasan para pelanggannya maka PT.Tiki
perlu meningkatkan kualitas perusahaan melalui pemberian pelayanan jasa karena
jika diabaikan, maka akan terjadi kesenjangan antara keinginan (harapan) konsumen
dengan pelayanan yang ditawarkan oleh PT. Tiki.
Berhasil
tidaknya PT. Tiki dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya tergantung pada
bentuk pelayanan jasa. Pelayanan jasa memegang peranan yang sangat penting
karena diterima atau tidaknya pelayanan PT. Tiki, semua itu tergantung dari
kualitas pelayanan jasa yang diberikan. Kegiatan pelayanan jasa yang dilakukan
oleh PT. Tiki seharusnya dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggannya.
Seperti
dalam hal kecepatan, ketepatan, keamanan, dan pemberian informasi yang lengkap
dan akurat, sehingga kesenjangan (gap) antara PT. Tiki dengan pelanggan
akan hilang. Penelitian difokuskan pada kebijakan pemberian pelayanan jasa yang
telah dilakukan oleh PT. Tiki terhadap pelanggan, mengingat peranan layanan
jasa sangat penting. Kelompok usaha titipan kilat selama lebih
dari 29 tahun telah membawa perusahaan
ini kepada suatu kemajuan yang sangat pesat.
Kepercayaan
masyarakat kepada PT. Tiki diwujudkan kedalam suatu system kerja yang
berorientasi kepada kebutuhan pelanggan. Di samping itu, pembenahan intern
perusahaan terus pula dilakukan untuk mengantisipasi adanya perubahaan sistem
perdagangan yang mengerah kepada globalisasi ekonomi dunia.
Saat
ini PT. Tiki telah melengkapi kantor pusatnya dengan fasilitas penunjang
modern, di mana sarana tersebut merupakan perlengkapan standart kurir modern
yang mempermudah pelanggan untuk berkirim paket atau uang tanpa rasa khawatir.
Dengan pengalaman selama lebih dari 25 tahun PT. Tiki sangat memahami harapan
dari pelanggan yaitu keamanan, kecepatan, ketepatan waktu, kemudahan dan
tanggung jawab dalam menangani setiap pengiriman. Dengan menerapkan azas-azas
manajemen professional serta didukung oleh karyawan yang bermotivasi dan
berdedikasi tinggi kami akan merealisasi arti yang terkandung didalam moto kami
“Hanya Satu Titipan Kilat”.
Perkembangan PT.
Tiki selama 25 tahun telah menghasilkan jaringan cabang-cabang pelayanan PT.
Tiki yang tersebar keseluruh nusantara dan mancanegara. PT. Tiki
mengkoordinasikan kegiatan masing-masing cabang dengan sistem informasi yang
terintegrasi. Sehingga di mana pun anda melacak status kiriman kami anda,
dengan cepat PT. Tiki akan menyajikan informasi yang tepat. Dan agar aktivitas
anda tak terganggu, kantor pusat PT. Tiki buka 24 jam dalam sehari dan 7 hari
dalam seminggu.
Perkembangan
jumlah pelanggan kas yang ada pada PT. Tiki selama 2 tahun terakhir dapat
dilihat dalam Tabel 1.1.
Total
pelanggan yang ada pada PT. Tiki selama 1 tahun (2007) adalah sebanyak 340,
sedangkan pada tahun berikutnya (2008), PT. Tiki memiliki jumlah pelanggan 355.
Pada tahun ini PT. Tiki mengalami penurunan pelanggan yang diakibatkan oleh
situasi ekonomi yang tidak menentu, sedangkan pada tahun 2009 PT.Tiki dapat
memperoleh pelanggan sebanyak 300 sampai pada bulan Juni, dan PT. Tiki yakin
akan mengalami peningkatan pelanggan pada tahun 2009 ini.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi