BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam rangka usaha untuk mencapai tujuan suatu perusahaan,
diperlukan adanya para karyawan yang memiliki kedisiplinan yang baik sebagai
unsur penting dalam perusahaan. Karyawan yang penuh dengan disiplin dan taat
kepada peraturan yang ada. Karena kedisiplinan itu sangat penting dalam
peningkatan kinerja seseorang, sebab dengan disiplin maka semua tugas akan
dapat selesai dengan baik.Tanpa bantuan dan peran para karyawan program kerja yang
telah ditetapkan tidak dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Oleh karena
itu perlu kerja sama yang terkoordinasi dalam upaya mencapai tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya agar dapat benar-benar terlaksana.
Santoso (2004)
menyatakan bahwa kedisiplinan adalah sesuatu yang teratur, misalnya disiplin
dalam menyelesaikan pekerjaan berarti bekerja secara teratur. Kedisiplinan
berkenaan dengan kepatuhan dan ketaatan seseorang atau kelompok orang terhadap
norma-norma dan peraturan-peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun
yang tidak tertulis. Kedisiplinan dibentuk serta berkembang melalui latihan dan
pendidikan sehingga terbentuk kesadaran dan keyakinan dalam dirinya untuk
berbuat tanpa paksaan.Kedisiplinan adalah kesadaran dan kesediaan seseorang
menaati semua peraturan perusahaan dan norma -norma sosial yang berlaku. Jadi
kedisiplinan dapat diartikan bilamana karyawan datang dan pulang tepat
waktunya, mengerjakan semua pekerjaannya dengan baik, mematuhi semua peraturan
perusahaan dan norma-norma sosial yang berlaku. Kedisiplinan harus ditegakkan
dalam suatu organisasi perusahaan karena tanpa dukungan disiplin karyawan yang
baik, maka sulit bagi perusahaan untuk mewujudkan tujuannya. Jadi kedisiplinan
adalah kunci keberhasilan suatu perusahaan mencapai tujuan.
Disiplin kerja adalah disiplin terhadap waktu kerja, dan disiplin
dalam menaati peraturan yang telah ditetapkan dalam perusahaan. Dengan adanya
kesadaran yang tinggi dalam melaksanakan aturan-aturan perusahaan yang
diwujudkan dalam disiplin kerja yang tinggi, maka prestasi kerja juga akan
tercapai.
Berdasarkan berbagai pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa
kedisiplinan adalah suatu sikap dan perilaku yang mencerminkan ketaatan dan
ketepatan terhadap peraturan, tata tertib,norma-norma yang berlaku,baik
tertulis maupun yang tidak tertulis.
Pegawai memegang peranan penting dalam suatu organisasi, tanpa
bantuan dan peran para pegawai, program kerja yang telah ditetapkan tidak dapat
terlaksana secara efektif dan efisien. Oleh karena itu perlu kerja sama yang
terkoordinasi dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya agar
dapat benar-benar terlaksana.Salah satu organisasi di bidang pendidikan adalah
Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara yang mempunyai beberapa tujuan.
Tujuan itu antara lain menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing
serta menyesuaikan diri terhadap perkembangan nasional dan internasional,
menjadi lembaga yang berkemampuan melaksanakan penelitian-penelitian dan
pengabdian kepada masyarakat dan responsive terhadap perkembangan/perubahan.
Tujuan organisasi dapat dicapai apabila manajemen mampu mengelola, menggerakkan
dan menggunakan sumber daya manusia yang dimilikinya secara efektif dan
efisien. Pegawai adalah faktor penting dalam setiap organisasi baik dalam
pemerintah maupun swasta, karena hidup matinya organisasi semata-mata
tergantung pada pegawai.
Pegawai sebagai pelaku utama pada kegiatan suatu organisasi.
Pegawai merupakan faktor penentu dalam pencapaian tujuan instansi secara
efektif dan efisien. Pegawai merupakan penggerak dan penentu yang mengatur
jalannya organisasi.
Menurut Waworuntu (1991: 8) Organisasi adalah pola hubungan yang
terjadi atau berlangsung antara manusia yang berada di dalam organisasi itu
disebabkan karena adanya kesamaan seperti kepentingan, perasaan, tugas, dan
pekerjaan serta kegemaran.
Organisasi mempunyai
peraturan dan aturan permainan yang telah disepakati bersama, sebab pelanggaran
terhadap peraturan yang telah dibuat haruslah dikenakan tindakan pendisiplinan.
Untuk menerapkan peraturan-1peraturan tersebut diperlukan adanya peraturan disiplin yang
memuat pokok-pokok kewajiban, larangan, dan sanksi apabila tidak ditaati atau
larangan tersebut dilanggar.
Untuk menjalankan kedisiplinan pegawai tidak cukup hanya dengan
mempertajam pengenaan sanksi atau ancaman saja, tetapi perlu disertai dengan
perbaikan tingkat kesejahteraan pegawai. Selain penegakan disiplin kerja untuk
peningkatan prestasi kerja pegawai juga dapat ditentukan oleh faktor-faktor
lain seperti melaksanakan pekerjaan dengan baik. Jadi peran pimpinan dalam hal
ini sangat dibutuhkan untuk mempengaruhi perilaku anggota organisasi yang dalam
ini adalah pegawai Fakultas Ekonomi USU.
Pimpinan harus dapat memberikan contoh yang baik yang menyangkut
disiplin kerja kepada pegawai, sehingga pegawai dapat menerapkan dalam
pekerjaan mereka masing-masing. Pimpinan yang mempunyai tingkat kedisiplinan
yang tinggi akan lebih mudah menerapkan kedisiplinan tersebut kepada
pegawainya.
Dari uraian ini jelas bahwa kedisiplinan itu sangat penting,
fungsi kedisiplinan merupakan kebijaksanaan yang dapat digunakan untuk
meningkatkan prestasi kerja pegawai. Maka dapat disimpulkan bahwa betapa
pentingnya arti kedisiplinan dalam meningkatkan prestasi kerja pegawai.
Berdasarkan uraian
tersebut, maka penulis tertarik dengan judul “Manfaat Kedisiplinan Dalam
Meningkatkan Prestasi Kerja Pegawai Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera
Utara”.11.2 Perumusan Masalah
Dari pemikiran-pemikiran yang telah diuraikan di atas, maka
penulis tertarik dan ingin mengetahui “Bagaimana Manfaat Kedisiplinan Dalam
Meningkatkan Prestasi Kerja Pegawai Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera
Utara”.
1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.3.1 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana
manfaat kedisiplinan dalam meningkatkan prestasi kerja pegawai di Fakultas
Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
1.3.2 Manfaat Penelitian
• Bagi Penulis
Penelitian ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan penulis
tentang pentingnya kedisiplinan terhadap prestasi kerja pegawai dalam suatu
perusahaan.
• Bagi Perusahaan
Penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi mengenai
perlunya manfaat kedisiplinan dalam suatu perusahaan sehingga tujuan perusahaan
dapat tercapai dengan baik.1
• Bagi Pihak Lain
Sebagai referensi dan bahan pertimbangan bagi rekan-rekan yang
akan melakukan penelitian berikutnya.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi