Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: MEDANPERENCANAAN BISNIS NASI GORENG KEBAB


 BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang 
Dengan berkembangnya dunia usaha umumnya, maka banyak perusahaan-perusahaan yang mengalami pertumbuhan (growth) menjadi perusahaan lebih besar. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kegiatan-kegiatan yang ada di perusahaan juga bertambah banyak, begitu juga volume kegiatan yang dilaksanakan. Jika dalam perusahaan kecil, jenis kegiatan yang dilakukan terbatas sehingga akan mudah untuk direncanakan dan diawasi, setelah perusahaan mulai berkembang dan semakin besar, volume kegiatan meningkat dan semakin sulit untuk direncanakan dan diawasi. Usaha kecil menengah (UKM) mempunyai peranan penting dan strategis
bagi pertumbuhan ekonomi Negara, baik Negara berkembang maupun Negara maju.pada saat krisis ekonomi berlangsung di Indonesia, UKM merupakan sektor ekonomi yang memiliki ketahanan yang baik. Kemampuan UKM perlu diberdayakan dan dikembangkan secara terus menerus dengan berusaha mereduksi kendala yang dialami UKM sehingga mampu memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap peningkatan masyarakat . Usaha kecil menengah sangat membutuhkan perhatian yang khusus dan harus didukung oleh informasi yang akurat , agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha , yaitu jaringan pasar. Terdapat 2 aspek yang yang harus dikembangkan untuk membangun jaringan pasar yaitu:


1. Membangun sIstem promosi untuk penetrasi pasar.
2. Merawat jaringan pasar untuk mempertahankan pangsa pasar.

Seorang wirausahawan (entrepreneur) adalah seorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber sumber daya yang diperlukan sehingga sumber daya yang diperlukan sehingga sumber sumber daya itu bias dikapitlisasikan (Zimmerer ,2008) .dengan demikian wirausahawan harus mampu menciptakan peluangnya sendiri demi menciptakan suatu hal yang berharga dan dapat dipakai untuk bertahan hidup. Seorang wirausaha (entrepreneur) bekerja dan mengembangkan perusahaan/ organisasi setapak demi setapak, mengenali kelemahan dan kekuatan diri sebelum melangkah memasuki dunia usaha yang lebih besar dan penuh tantangan. Pada umumnya wirausaha adalah orang yang kreatif dalam menyelesaikan permasalahan hidup, dan faktor ini menjadikan seorang wirausaha mampu menghadapi tantangan untuk menjadi wirausaha yang sukses. Upaya kreatif seorang wirausaha menjadikan mereka pencipta perusahaan, produk yang dapat diperkenalkan dan pencipta lapangan kerja untuk orang yang membutuhkan pekerjaan.
Dunia usaha dan dunia industri saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat. Terbukti denagn banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha yang menarik ,dan sudah pasti akan menghasilkan

laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut. Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengelola bahan baku untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen. Produk dapat berupa barang atau jasa. Tujuan perusahaan membuat produk adalah untuk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen Kegitan bisnis dapat dirasakan oleh semua orang .kita semua orang .Kita semua selalu terlibat dalam kehidupan sehari hari dengan kegiatan bisnis.setiap hari kita belanja dipasar ,toko atau supermarket .Kita juga membaca Koran ,menyalakan lampu listrik ,melihat siaran televisi, mengendarai sepeda motor atau mobil atau bis kota dan sebagainya. Kesemuanya itu adalah tidak lepas dari campur tangan langsung ataupun tidak langsung dari suatu kegiata bisnis. Manfaat bisnis menurut Draft ( 2002:232) adalah :
• pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen
• keuntungan usaha
• pertumbuahan dan perkembangan usaha yang berkelanjutan
• mengatasi berbagai resiko
• tanggung jawab

Distribusi merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dalam aktivitas sebuah perusahaan. Jika perusahaan ingin tetap hidup terus secara

berkesinambungan, maka perusahaan harus mampu memasarkan produk yang dihasilkan kepada konsumen agar dikonsumsi dan otomatis perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari produk yang dikonsumsi tersebut. Dan jalan yang harus ditempuh perusahaan adalah mendistribusikannya melaui jalur atau saluran distribusi, yaitu jalur atau keseluruhan perantara pemasaran yang dilalui barang dan jasa dari produsen hingga sampai ke pemakai industri dan konsumen. Untuk mampu memasarkan produknya ke masyarakat dan memastikan produknya dapat dinikmati konsumen maka perusahaan harus membuat keputusan yang tepat dalam memilih jalur pendistribusian yang akan digunakan untuk merealisasikan hal tersebut. Di era globalisasi ini, perekonomian Indonesia semakin berkembang. Hal ini didorong oleh perkembangan bisnis yang sangat pesat di Indonesia. Perkembangan bisnis ini dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan baik bidang teknologi, sistem informasi, komunikasi, maupun bidang ilmu manajemen. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan berbagai kemudahan di segala bidang membuat masyarakat tertarik untuk memulai sebuah bisnis baik yang menghasilkan barang maupun jasa.
Suatu bisnis diciptakan untuk menyediakan produk atau jasa kepada pelanggan. Jika bisnis tersebut dapat melakukan operasinya secara efektif, maka pemilik bisnis itu akan mencapai tujuannya yaitu memperoleh tingkat pengembalian (laba) yang wajar atas investasi bisnis mereka. Tujuan dan sasaran bisnis dapat ditetapkan melalui perencanaan bisnis.

Perencanaan bisnis adalah dokumen yang menyatakan daya tarik dan harapan sebuah bisnis. Sebuah bisnis plan yang akan mengoperasikan sebuah usaha harus mencantumkan secara jelas lokasi, proses, masalah bahan baku, masalah tempat, tanah dan lainnya. Perencanaan bisnis adalah suatu cetak biru tertulis (blue print) yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian financial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta keterampilan pengelolaannya. Mengapa perencanaan bisnis begitu penting? Rencana bisnis akan bermanfaat dalam banyak cara. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa perencanaan bisnis penting untuk membangun sebuah usaha:
Pertama, rencana bisnis akan menetapkan dan memusatkan tujuan dengan memanfaatkan keterangan dan analisis yang sesuai.
Dapat dimanfaatkan sebagai suatu alat penjualan dalam menangani hubungan penting termasuk para pemberi pinjaman, investor.
Dapat dimanfaatkan rencana untuk menghimpun pendapat dan nasehat dari orang lain, termasuk mereka yang berkecimpung di bidang bisnis, Terlalu sering, pengusaha maju sedikit demi sedikit, tanpa memanfaatkan masukan dari para ahli, untuk menghemat banyak hal. Jika berprinsip suka-suka gue dalam berbisnis, maka yang ada hanyalah penderitaan yang terjadi.


Tujuan bisnis:
• Profit (keuntungan)
• Growth (pertumbuhan)
• Continuity (berkesinambungan)
• Stability (stabilitas)
• Public Service (pelayanan umum)

Bisnis adalah suatu organisasi yang menghasilkan dan menjual Product atau Jasa yang dibutuhkan konsumen pada tingkat keuntungan tertentu (Charlie,2006). Maka yang dimaksud dengan Perencanaan bisnis adalah suatu langkah yang penting yang perlu diambil oleh pengusaha bijaksana tanpa memandang ukuran bisnis. Perencanaan bisnis sebagai persiapan awal memiliki 2 fungsi penting yaitu: bagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar. Seorang wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasikan peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya itu bisa dikapitalisasikan (Zimmerer, 2008).
Adapun jenis usaha yang berkembang pesat saat ini yakni usaha di sektor kuliner. Kuliner adalah salah satu usaha yang banyak diminati masyarakat Indonesia khususnya Medan. Untuk wilayah medan sendiri, usaha kecil menengah

sudah mulai di gerakkan pemerintah daerahnya masing-masing. Untuk usaha kuliner di medan lebih banyak ditemukan di daerah perkotaan., khususnya di sekitaran kampus dikarenakan tempat tersebut merupakan tempat yang strategis dimana banyak nya usaha kuliner yang mempunyai bermacam jenis makanan dengan pasar persaingan yang sempurna. Dengan melihat prospeknya usaha Kuliner di Medan khususnya di Jl. Dr Mansur, membuat saya tertarik untuk membuat perencanaan bisnis berupa Perencanaan Bisnis Nasi Goreng Kebab. B. Ringkasan Eksekutif
Nasi goreng (Hanzi) adalah sebuah komponen penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Nasi goreng kebab merupakan jenis kuliner yang baru hadir di kota Medan, nasi goreng kebab adalah hasil dari revolusi dari kuliner yang pernah ada yaitu kebab. Nasi goreng kebab memiliki cita rasa yang khas, cita rasa khas itu hadir dari kelezatan dari daging kebab yang di campurkan ke dalam nasi goreng, dan menggunakan minyak goreng yang kaya protein yaitu minyak samin dan menggunakan berbagai campuran rempah-rampah untuk menjamin kelezatan rasa. Di dalam nasi goreng kebab bagian yang terpenting adalah daging kebab nya, karena daging kebab ini lah yang menjadi ciri khas tersendiri dari nasi goreng kebab. Dari banyaknya komoditas kuliner di Indonesia Nasi Goreng Kebab dapat dikatakan berprospek


cerah karena merupakan sebuah inovasi dari nasi goreng yang sudah dikenal cukup lama di Indonesia. Nasi goreng sangat digemari masyarakat Medan, dan peluang inilah sebagasi salah satu landasan untuk membuat produk baru, sebuah inovasi dari nasi goreng yaitu nasi goreng kebab. Warnanya sedikit kemerahan, Ditambah dengan kebab, kecambah dan irisan tipis ayam dan telur. Inilah keistimewaan nasi goreng kebab, ditambah tempatnya yang berlokasi di Jl. Dr mansur akan semakin memudahkan konsumen untuk membeli karena tempatnya yg srategis dan dikenal rata-rata masyarakat Medan. Keunggulan nasi goreng kebab ini juga dapat dilihat dari bumbu yang digunakan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan terasa aroma terasi bakar. Saat disajikan, penampilannya yang menarik, dan warnanya coklat kemerahan, berpadu taburan sayur, tak ketinggalan suwiran daging ayam, irisan telur rebus, acar mentimun, cabai rawit, dan kebab akan semakin menarik minat konsumen. Target pasar yang akan kami capai adalah masyarakat kota Medan pada umum nya dan mahasiswa USU pada khusus nya yang kami asumsikan 150.000 orang. Dari jumlah tersebut kami asumsikan 0,1% yang akan menjadi konsumen usaha kami, yaitu sekitar 150 orang/hari.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi