BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dengan
berkembangnya dunia usaha, maka banyak perusahaan-perusahaan yang mengalami
pertumbuhan (growth) menjadi perusahaan yang lebih besar. Sehubungan
dengan hal tersebut, maka kegiatan-kegiatan yang ada di perusahaan juga
bertambah banyak, begitu juga volume kegiatan yang dilaksanakan. Perkembangan
dunia usaha telah terbukti dengan banyaknya jenis bisnis yang menarik dan
menghasilkkan laba, untuk meningkatkan taraf hidup pengusaha dan karyawan di
perusahaan tersebut.
Perkembangan
dunia usaha salah satunya adalah usaha dalam bidang industri rumah tangga,
dimana selalu menawarkan hasil-hasil produksi dengan inovasi terbaru. Saat ini
kegiatan bisnis sudah merambah di berbagai pihak masyarakat, tidak terkecuali
banyak juga ibu rumah tangga, karyawan, bahkan mahasiswa juga banyak melakukan
aktifitas berbisnis dalam kesahariannya. Hal tersebut dilatar belakangi oleh
banyaknya laba yang didapatkan dari dunia bisnis.
Salah
satu modal utama sebelum melakukan kegiatan berbisnis antara lain adalah
seberapa besar pihak tersebut ingin melakukan kegiatan bisnis yang akan
dilakukan, serta daya juang pebisnis dalam mempublikasikan barang atau jasa
yang akan di hasilkan baik itu di produksi sendiri atau dari perusahaan lain.
Akan tetapi, tidak sedikit para pebisnis memilih mundur dari kegiatan mereka
karena
merasa laba yang didapatkan tidak sebanding dengan apa yang
dikeluarkan pada saat memulai usaha bisnis.
Kelangsungan hidup berbisnis
dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain keadaan ekonomi suatu negara.
Perubahan kondisi atau keadaan ekonomi suatu negara, dapat mengakibatkan
menurunnya suatu bisnis yang telah lama berdiri bahkan bisa tidak beroperasi
lagi dikarenaka kondisi ekonomi negara jika mengalami krisis global. Namun di
pihak lain justru dapat dipakai sebagai suatu peluang bisnis bagi munculnya
usaha atau bisnis baru yang lebih kreatif dan inovatif. Faktor lain yang
mempengaruhi kelangsungan berbisnis adalah persaingan usaha, regulasi suatu
negara, politik, kondisi sosial, budaya , trend, teknonolgi dan sebagainya.
Untuk memulai bisnis diperlukan perencanaan bisnis (business
plan). Selain diperlukan oleh perusahaan berskala besar, perencanaan bisnis
juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang tergolong kedalam kelompok usaha
mikro kecil menengah (UMKM). Usaha mikro kecil menengah merupakan kegiatan
usaha yang mempunyai modal awal yang kecil, atau nilai kekayaan (asset) yang
kecil.
Didalam usaha atau bisnis, Tujuan dan sasaran bisnis dapat
ditetapkan melalui perencanaan bisnis. Menurut Syafrizal (2008:21), perencanaan
bisnis adalah suatu cetak- biru tertulis (blue print) yang berisikan
tentang misi usaha, usulan usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan
kemampuan serta keterampilan pengelolanya atau dokumen tertulis yang disiapkan
oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsur yang relevan baik internal maupun
eksternal mengenai perusahaan untuk memulai pada waktu usaha. Wirausahawan
(entrepreneur) merupakan seseorang yang mampu menciptakan
bisnis baru dengan mengambil resiko demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan
dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumber-sumber daya yang
diperlukan sehingga sumber-sumber daya tersebut dapat digunakan secara
maksimal.
Bisnis aksesoris merupakan suatu benda pelengkap dari segi
berpakaian seorang wanita muslim yang ingin tampil lebih bagus. Menutup rapat
seluruh bagian tubuh yang dianggap aurat telah menjadi gaya berbusana sebagian
besar wanita muslim di tanah air. Meski demikian keinginan para wanita muslim
untuk menutup diri tersebut tidak terlepas dari keinginan untuk tetap tampil
modis dan penuh gaya. Apalagi harus dilengkapi dengan jilbab dan perhiasan
jilbab yaitu pernak-pernik jilbab atau biasa disebut dengan pin jilbab. Hal itu
mendorong wirausaha untuk terus berkreasi mencari bentuk-bentuk baru yang kaya
alternatif juga kreatif akan tetapi tetap fashion.
Dalam menjalankan perncanaan bisnis toko aksesoris wanita
muslim, seseorang tidak harus menguasai bidang jahit-menjahit. Sebab sebuah
toko aksesoris wanita muslim tidak harus memproduksi produknya sendiri,
seseorang bisa saja membeli atau memesan dari pihak lain. Kemampuan membaca
selera pasar serta pilihan target pasar yang tepat, didukung promosi serta tata
tertib administrasi yang baik, merupakan langkah awal dalam menjalankan bisnis
toko aksesoris wanita muslim. Namun dengan keahlian menjahit merupakan modal
keahlian yang bisa membangkitkan kretifitas dalam memilih gaya dan ciri khas
dari aksesoris muslim yang dijual.
Gaya dan ciri khas produk menjadi
sangat penting agar usaha yang dijalankan mempunyai nilai lebih dibandingan
toko aksesoris sejenis lainnya. Setiap wanita baik anak-anak, remaja, pemudi,
maupun dewasa dalam berpenampilan tidak terlepas dengan pemakaian
aksesoris-aksesoris yang beranekaragam. Perubahan mode yang begitu pesat di
bidang fashion, dimana para remaja (di lingkungan sekolah atau universitas)
bahkan orang dewasa ingin selalu tampil modis di segala situasi (di lingkungan
kerja atau di event-event tertentu) dan selalu up to date dalam
mengikuti trend fashion. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis ingin
membuat suatu perencanaan bisnis dalam sebuah tugas akhir dengan judul
PERENCANAAN BISNIS TOKO AKSESORIS WANITA MUSLIM.
B. Tujuan Usaha
Dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga pada saat
krisis ekonomi yang berkepanjangan seperti saat ini diperlukan usaha-usaha yang
kreatif, penuh perhitungan dan berorientasi pasar. Usaha tersebut juga
diharapkan mampu memberikan peluang kerja bagi tenaga kerja.
Adapun tujuan dari perencanaan bisnis toko aksesoris wanita muslim
ini secara umum ada dua yaitu aspek ekonomi dan aspek sosial. Aspek ekonomi
disini merupakan peningkatan pendapatan. Sedangkan aspek sosial merupakan
sarana untuk membantu masyarakat dalam hal ketenaga kerjaaan. Tujuan
perencanaan bisnis toko aksesoris wanita muslim ini secara khusus adalah :
1. Memenuhi kebutuhan masyarakat yang
menginginkan beragam jenis jilbab dan aksesoris jilbab yaitu pernak-pernik
jilbab yang modern untuk terlihat lebih menarik dalam berbusana.
2. Menarik minat masyarakat untuk
lebih menyukai mengenakan fashion jilbab sesuai dengan yang di ajarkan di agama
islam.
3. Memproduksi jilbab dan aksesoris
jilbab islami agar memiliki nilai jual tinggi dan dapat bersaing dengan
wirausaha lainnya.
4. Terwujudnya keterampilan berwirausaha,
sehingga mampu berkontribusi nyata dalam dunia bisnis.
5. Mengembangkan jiwa wirausaha bagi peneliti.
C. Manfaat Usaha
Adapun manfaat dari perencanaan bisnis toko aksesoris wanita
muslim ini, yaitu :
1. Memberikan alternatif kepada
masyarakat dalam memilih variasi aksesoris wanita muslim
2. Dapat memenuhi kebutuhan wanita
muslim dalam hal aksesoris wanita muslim yang menarik tetap fashion dan nyaman
dikenakan. Sehingga masyarakat dapat berpenampilan menawan dan lebih bagus
dengan aksesoris muslim yang ditawarkan
3. Membangkitkan kreatifitas akan
dunia fashion dalam hal aksesoris wanita muslim
4. Diharapkan perencanaan bisnis ini
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang pastinya berguna diwaktu yang
akan datang
5. Sebagai sumber penciptaan dan
perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat atau membuka lapangan kerja
6. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat dijadikan sebagai
referensi atau masukan untuk kebijakan kebijakan usaha pada periode-periode
selanjutnya
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi