BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Menurut Sukirno
(2004) Informasi merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan bisnis
dan organisasi, sehingga informasi merupakan variabel yang penting dalam
operasi organisasi/perusahaan, disamping sumber daya alam, modal dan manusia.
Selain itu keterbatasan kapasitas manusia untuk mampu mengolah data dan
informasi yang begitu cepat berubah mendorong manusia untuk dapat memanfaatkan
secara optimal teknologi dan sistem informasi yang pada zaman ini sudah menjadi
bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan kegiatan
sehari-hari.
Informasi
dibutuhkan untuk menyusun strategi yang dipakai dalam pencapaian tujuan organisasi/perusahaan
maupun pengawasan kegiatan organisasi/perusahaan. Setiap keputusan yang diambil
oleh organisasi/perusahaan merupakan hasil pengolahan dari berbagai informasi
yang terkumpul dan selanjutnya keputusan tersebut dapat menjadi arahan bagi para
karyawan dalam organisasi/perusahaan. Sistem pengawasan yang efektif diperlukan
dalam kegiatan operasi organisasi/perusahaan agar dapat berjalan dengan baik.
Dengan demikian dapat membantu organisasi/perusahaan dalam mencapai tujuan yang
diharapkan serta meningkatkan produktivitas karyawan.
Informasi dapat
bermanfaat bagi organisasi/perusahaan dan pengguna – pengguna lainnya, agar
informasi dapat bermanfaat informasi haruslah relevan dan akurat sehingga tidak
menimbulkan kesalahan fatal dalam pengambilan
keputusan.
Informasi yang disajikan juga harus lengkap dan cepat secara periodik sehingga
dalam pengambilan keputusan dalam pekerjaan dapat dilakukan secara menyeluruh
dan tepat pada waktunya.
Dalam dunia
usaha yang bergerak serba cepat dan penuh kompetisi dibutuhkan
organisasi/perusahaan yang mampu menampung dan menyaring informasi sebanyak
mungkin. Kekuatan bisnis saat ini sangat bergantung pada informasi yang dapat
diolah menjadi keunggulan kompetitif bagi dirinya. Pada masyarakat yang hidup
sebelum era informasi, penanganan informasi dilakukan secara manual atau secara
mekanik dengan menggunakan mesin – mesin yang bukan komputer.
Bahkan dalam era
informasi sekarang ini pun tidak sedikit organisasi/perusahaan, terutama yang
kecil yang masih mengolah informasi yang dibutuhkan secara manual/mekanik. Akan
tetapi karena komputer dan perangkat lunak pedukungnya yang terdapat di pasaran
relatif makin murah dan memiliki kemampuan yang makin besar, makin banyak pula
organisasi yang melakukan komputerisasi. Setidaknya menurut situmorang dan
Dilham (2007) ada lima faktor yang sangat mempengaruhi, yaitu:
a. Pertumbuhan
internet dan teknologi (internet growth and technology convergence). Ditandai
dengan munculnya teknologi seperti VOIP, Wireless, komputer yang semakin cepat
dan semakin murah, banyak situs – situs bisnis.
b. Perubahan
lanskap bisnis (transfomation of the business enterprise), banyak perusahaan
yang telah merubah lanskap bisnisnya dari konvensional menjadi digital.
c. Pertumbuhan
globalisasi ekonomi (growth of a globally connected economy), munculnya
kesadaran untuk membuat komunitas ekonomi baik secara regional dan global
seperti integrasi ekonomi Asia, masyarakat ekonomi eropa, dan sebagainya.
d. Ledakan
informasi dan pengetahuan yang berbasis ekonomi (growth of knowledge and
information-based economies). Hal ini ditandai dengan globalisasi ekonomi
yang semakin meningkat, dan munculnya ide – ide baru (produk dan service) di
lingkungan bisnis.
e. Munculnya
perusahaan – perusahaan digital (emergence of the digital firm), hal ini
ditandai dengan banyaknya bisnis berbasis digital.
Menurut O’Brien
(2006) , sistem informasi adalah kesatuan sistem terdiri atas orang – orang,
hardware, software, jaringan komputer, sumber daya data yang mengumpulkan,
mengubah dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi/perusahaan. Setiap
orang bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu sama
lain dengan menggunakan berbagai jenis alat fisik (hardware), perintah
dan prosedur pemprosesan informasi (software), saluran komunikasi
(jaringan), dan data yang disimpan (sumber daya data) sejak pemulaan peradaban.
Sistem informasi memberikan nilai tambah terhadap proses, produksi, kualitas,
manajemen, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah serta keunggulan
kompetitif yang tentu saja sangat berguna bagi kegiatan bisnis.
Terdapat
perbedaan antara data dengan informasi. Data adalah fakta – fakta, angka –
angka, atau keterangan mentah/kasar yang memiliki kaitan dengan sebuah
organisasi yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. Data juga
menggambarkan
suatu kejadian – kejadian (event) dan kesatuan nyata (fact dan entity). Dalam
representasinya, data ini juga dinyatakan dengan simbol – simbol , gambar –
gambar, kata – kata atau huruf – huruf yang menunjukkan suatu ide,obyek kondisi
atau situasi tertentu. Data selalu bersifat umum dan belum tentu memiliki
relasi yang signifikan terhadap perencanaan dan pengambilan keputusan pada
sebuah organisasi/perusahaan.
Sedangkan
informasi adalah data yang telah diproses atau yang memiliki arti bagi
pemakainya untuk kegunaan perencanaan dan pengambilan keputusan dalam sebuah
organisasi/perusahaan. Informasi berasal dari sumber – sumber internal maupun
lingkungan. Suatu pengolah informasi menyediakan informasi dalam bentuk lisan
dan tulisan dan digunakan dalam membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Perubahan data
menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi (information processor).
Pengolah informasi adalah salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual.
Pengolah informasi dapat meliputi elemen – elemen komputer, elemen – elemen
non-komputer atau kombinasinya.
Sistem informasi
merupakan komponen pendukung proses manajemen dalam organisasi/perusahaan.
Dengan penanganan/penerapan sistem informasi yang terkelola dengan baik, maka
akan mendukung produktivitas kerja karyawan menjadi lebih baik. Dalam mengelola
organisasi/perusahaan , diperlukan berbagai jenis informasi guna mendukung
berbagai proses pengambilan keputusan , pertanggungjawaban dan penyelenggaraan
kegiatan operasional.
Berdasarkan hal
tersebut, pengolahan informasi harus dilakukan dengan sebaik – baiknya,
sehingga informasi tersebut dapat terkumpul, terolah, dan tersimpan dengan
baik. Dengan demikian, informasi akan lebih mudah ditelusuri dan
didistribusikan sesuai dengan kebutuhan kerja karyawan pada suatu perusahaan.
Meskipun penggunaan berbagai jenis informasi tersebut berbeda dari satuan kerja
ke satuan kerja yang lain, namun pada tingkat tertentu terdapat kesamaan jenis
informasi yang dibutuhkan itu.
Oleh karena itu,
peneliti tertarik untuk membuat Tugas Akhir dengan judul “ PENERAPAN SISTEM
INFORMASI PADA BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI SUMATERA UTARA ”.
B. Perumusan
Masalah
Dari uraian
diatas, maka dapat dibuat perumusan pokok masalah agar materi yang akan dibahas
tidak menyimpang dari pokok pembahasan dan sesuai dengan kebutuhan yang
diharapkan. Adapun perumusan masalah yang dapat diambil sebagai dasar kajian
dalam penelitian yang dilakukan yaitu:
“Bagaimana
Penerapan Sistem Informasi Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Kinerja Pegawai
pada Bagian Akademik Fakultas Ekonomi Sumatera Utara”.
C. Tujuan dan
Manfaat Penelitian
a. Tujuan
Penelitian
Adapun yang
menjadi tujuan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk
mengetahui penerapan sistem informasi dalam upaya meningkatkan efisiensi
kinerja pegawai pada bagian akademik Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera
Utara.
2. Untuk
membandingkan antara teori yang ada dalam praktek dihubungkan dengan teori –
teori yang selama ini diterima dalam perkuliahan dan literatur – literatur
lainnya.
b. Manfaat
Penelitian
Adapun manfaat
dari penelitian ini adalah :
1. Sebagai bahan
masukan kepada Fakultas Ekonomi agar kinerja pegawai pada bagian akademik
Fakultas Universitas Sumatera Utara menjadi lebih baik
2. Menyediakan
informasi mengenai pentingnya sistem informasi yang dipergunakan untuk
perencanaan , pengendalian , pengevaluasian dan perbaikan berkelanjutan pada
bagian akademik Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
3. Sebagai bahan
referensi Tugas Akhir bagi peneliti lain yang ingin meneliti mengenai penerapan
sistem informasi.
4. Sebagai
tambahan ilmu pengetahuan mengenai sistem informasi organisasi / perusahaan.
D. Metode
Penelitian
Penelitian
merupakan suatu kegiatan pengumpulan , pengolahan, penyajian dan analisa data
yang dilakukan dengan metode ilmiah secara efisien dan sistematis. Dengan
demikian penelitian memerlukan suatu ketelitian khusus agar data yang diolah
dapat menyajikan hasil yang benar – benar akurat.
Untuk
mengumpulkan data yang diperlukan maka digunakan metode penelitian yang terdiri
dari :
a. Jenis Data
Adapun jenis
data yang dipergunakan adalah sebagai berikut :
1. Data Primer
Merupakan data
yang dikumpulkan khususnya untuk riset tertentu yang sedang dilaksanakan. Data
diperoleh langsung dari objeknya , misalnya data mengenai sistem informasi
pendidikan pada Fakultas Ekonomi Universirtas Sumatera Utara.
2. Data Sekunder
Merupakan data
yang diperoleh dari sumber lain dalam bentuk laporan dan publikasi. Sering
disebut juga dara eksternal yang datangnya dari luar objek penelitian, misalnya
: buku – buku dan media lainnya yang ada kaitannya dengan jduul tugas akhir
ini.
E. Metode
Analisis Data
Penulisan tugas
akhir ini menggunakan beberapa metode analisis data antara lain :
1. Metode
Deduktif
Yaitu metode
yang digunakan untuk menganalisis data yang telah terkumpul sebagaimana adanya
dengan membuat kesimpulan yang berlaku secara umum, dan dari kesimpulan
tersebut maka akan diuraikan secara terperinci mengenai judul yang dibahas.
2. Metode
Deskriptif
Yaitu metode
yang dilakukan dengan mengumpulkan data, menganalisis, menyusun,
mengklarifikasikan, serta mengajukan data yang dikumpulkan sehingga memberikan
gambaran atau keterangan yang jelas mengenai masalah yang dihadapi oleh
Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara dan berbagai keadaan yang
berhubungan dengan judul yang dibahas.
F. Sistematika
Penulisan
Tugas akhir ini
dibagi atas 4 bab dan setiap babnya dibagi atas beberapa sub bab antara lain :
BAB I :
PENDAHULUAN
Menguraikan
latar belakang masalah, rumusan masalah, maksud tujuan dan manfaat penelitian,
metode penelitian yang terdiri dari jenis data, teknik pengumpulan data, dan
metode analisis data, dan rencana penulisan yang terdiri dari jadwal
survei/observasi dan sistematika penulisan.
BAB II : PROFIL
INSTANSI
Dalam bab ini,
dijelaskan mengenai sejarah ringkas Fakultas Ekonomi USU, struktur organisasi
dan Job Description, jenis kegiatan, kinerja usaha terkini, dan rencana
kegiatan.
BAB III :
PEMBAHASAN
Dalam bab ini,
dijelaskan tentang penerapan sistem informasi dan peranan sistem informasi
terhadap peningkatan efisiensi kinerja pegawai di Fakultas Ekonomi Universitas
Sumatera Utara.
BAB IV :
KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini,
dijelaskan tentang kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan di
bagian pendidikan Fakultas Ekonomi USU, dan saran penulis pada bagian
pendidikan Fakultas Ekonomi USU, serta Daftar Pustaka yang mencantumkan semua
referensi yang digunakan.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi