Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENERAPAN SISTEM INFORMASI PADA BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Menurut Sukirno (2004) Informasi merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan bisnis dan organisasi, sehingga informasi merupakan variabel yang penting dalam operasi organisasi/perusahaan, disamping sumber daya alam, modal dan manusia. Selain itu keterbatasan kapasitas manusia untuk mampu mengolah data dan informasi yang begitu cepat berubah mendorong manusia untuk dapat memanfaatkan secara optimal teknologi dan sistem informasi yang pada zaman ini sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan kegiatan sehari-hari.

Informasi dibutuhkan untuk menyusun strategi yang dipakai dalam pencapaian tujuan organisasi/perusahaan maupun pengawasan kegiatan organisasi/perusahaan. Setiap keputusan yang diambil oleh organisasi/perusahaan merupakan hasil pengolahan dari berbagai informasi yang terkumpul dan selanjutnya keputusan tersebut dapat menjadi arahan bagi para karyawan dalam organisasi/perusahaan. Sistem pengawasan yang efektif diperlukan dalam kegiatan operasi organisasi/perusahaan agar dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat membantu organisasi/perusahaan dalam mencapai tujuan yang diharapkan serta meningkatkan produktivitas karyawan.
Informasi dapat bermanfaat bagi organisasi/perusahaan dan pengguna – pengguna lainnya, agar informasi dapat bermanfaat informasi haruslah relevan dan akurat sehingga tidak menimbulkan kesalahan fatal dalam pengambilan
keputusan. Informasi yang disajikan juga harus lengkap dan cepat secara periodik sehingga dalam pengambilan keputusan dalam pekerjaan dapat dilakukan secara menyeluruh dan tepat pada waktunya.
Dalam dunia usaha yang bergerak serba cepat dan penuh kompetisi dibutuhkan organisasi/perusahaan yang mampu menampung dan menyaring informasi sebanyak mungkin. Kekuatan bisnis saat ini sangat bergantung pada informasi yang dapat diolah menjadi keunggulan kompetitif bagi dirinya. Pada masyarakat yang hidup sebelum era informasi, penanganan informasi dilakukan secara manual atau secara mekanik dengan menggunakan mesin – mesin yang bukan komputer.
Bahkan dalam era informasi sekarang ini pun tidak sedikit organisasi/perusahaan, terutama yang kecil yang masih mengolah informasi yang dibutuhkan secara manual/mekanik. Akan tetapi karena komputer dan perangkat lunak pedukungnya yang terdapat di pasaran relatif makin murah dan memiliki kemampuan yang makin besar, makin banyak pula organisasi yang melakukan komputerisasi. Setidaknya menurut situmorang dan Dilham (2007) ada lima faktor yang sangat mempengaruhi, yaitu:
a. Pertumbuhan internet dan teknologi (internet growth and technology convergence). Ditandai dengan munculnya teknologi seperti VOIP, Wireless, komputer yang semakin cepat dan semakin murah, banyak situs – situs bisnis.
b. Perubahan lanskap bisnis (transfomation of the business enterprise), banyak perusahaan yang telah merubah lanskap bisnisnya dari konvensional menjadi digital.
c. Pertumbuhan globalisasi ekonomi (growth of a globally connected economy), munculnya kesadaran untuk membuat komunitas ekonomi baik secara regional dan global seperti integrasi ekonomi Asia, masyarakat ekonomi eropa, dan sebagainya.
d. Ledakan informasi dan pengetahuan yang berbasis ekonomi (growth of knowledge and information-based economies). Hal ini ditandai dengan globalisasi ekonomi yang semakin meningkat, dan munculnya ide – ide baru (produk dan service) di lingkungan bisnis.
e. Munculnya perusahaan – perusahaan digital (emergence of the digital firm), hal ini ditandai dengan banyaknya bisnis berbasis digital.
Menurut O’Brien (2006) , sistem informasi adalah kesatuan sistem terdiri atas orang – orang, hardware, software, jaringan komputer, sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi/perusahaan. Setiap orang bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan berbagai jenis alat fisik (hardware), perintah dan prosedur pemprosesan informasi (software), saluran komunikasi (jaringan), dan data yang disimpan (sumber daya data) sejak pemulaan peradaban. Sistem informasi memberikan nilai tambah terhadap proses, produksi, kualitas, manajemen, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah serta keunggulan kompetitif yang tentu saja sangat berguna bagi kegiatan bisnis.
Terdapat perbedaan antara data dengan informasi. Data adalah fakta – fakta, angka – angka, atau keterangan mentah/kasar yang memiliki kaitan dengan sebuah organisasi yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. Data juga
menggambarkan suatu kejadian – kejadian (event) dan kesatuan nyata (fact dan entity). Dalam representasinya, data ini juga dinyatakan dengan simbol – simbol , gambar – gambar, kata – kata atau huruf – huruf yang menunjukkan suatu ide,obyek kondisi atau situasi tertentu. Data selalu bersifat umum dan belum tentu memiliki relasi yang signifikan terhadap perencanaan dan pengambilan keputusan pada sebuah organisasi/perusahaan.
Sedangkan informasi adalah data yang telah diproses atau yang memiliki arti bagi pemakainya untuk kegunaan perencanaan dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi/perusahaan. Informasi berasal dari sumber – sumber internal maupun lingkungan. Suatu pengolah informasi menyediakan informasi dalam bentuk lisan dan tulisan dan digunakan dalam membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi (information processor). Pengolah informasi adalah salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual. Pengolah informasi dapat meliputi elemen – elemen komputer, elemen – elemen non-komputer atau kombinasinya.
Sistem informasi merupakan komponen pendukung proses manajemen dalam organisasi/perusahaan. Dengan penanganan/penerapan sistem informasi yang terkelola dengan baik, maka akan mendukung produktivitas kerja karyawan menjadi lebih baik. Dalam mengelola organisasi/perusahaan , diperlukan berbagai jenis informasi guna mendukung berbagai proses pengambilan keputusan , pertanggungjawaban dan penyelenggaraan kegiatan operasional.
Berdasarkan hal tersebut, pengolahan informasi harus dilakukan dengan sebaik – baiknya, sehingga informasi tersebut dapat terkumpul, terolah, dan tersimpan dengan baik. Dengan demikian, informasi akan lebih mudah ditelusuri dan didistribusikan sesuai dengan kebutuhan kerja karyawan pada suatu perusahaan. Meskipun penggunaan berbagai jenis informasi tersebut berbeda dari satuan kerja ke satuan kerja yang lain, namun pada tingkat tertentu terdapat kesamaan jenis informasi yang dibutuhkan itu.
Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk membuat Tugas Akhir dengan judul “ PENERAPAN SISTEM INFORMASI PADA BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI SUMATERA UTARA ”.
B. Perumusan Masalah
Dari uraian diatas, maka dapat dibuat perumusan pokok masalah agar materi yang akan dibahas tidak menyimpang dari pokok pembahasan dan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Adapun perumusan masalah yang dapat diambil sebagai dasar kajian dalam penelitian yang dilakukan yaitu:
“Bagaimana Penerapan Sistem Informasi Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Kinerja Pegawai pada Bagian Akademik Fakultas Ekonomi Sumatera Utara”.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
a. Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui penerapan sistem informasi dalam upaya meningkatkan efisiensi kinerja pegawai pada bagian akademik Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
2. Untuk membandingkan antara teori yang ada dalam praktek dihubungkan dengan teori – teori yang selama ini diterima dalam perkuliahan dan literatur – literatur lainnya.
b. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :
1. Sebagai bahan masukan kepada Fakultas Ekonomi agar kinerja pegawai pada bagian akademik Fakultas Universitas Sumatera Utara menjadi lebih baik
2. Menyediakan informasi mengenai pentingnya sistem informasi yang dipergunakan untuk perencanaan , pengendalian , pengevaluasian dan perbaikan berkelanjutan pada bagian akademik Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
3. Sebagai bahan referensi Tugas Akhir bagi peneliti lain yang ingin meneliti mengenai penerapan sistem informasi.
4. Sebagai tambahan ilmu pengetahuan mengenai sistem informasi organisasi / perusahaan.
D. Metode Penelitian
Penelitian merupakan suatu kegiatan pengumpulan , pengolahan, penyajian dan analisa data yang dilakukan dengan metode ilmiah secara efisien dan sistematis. Dengan demikian penelitian memerlukan suatu ketelitian khusus agar data yang diolah dapat menyajikan hasil yang benar – benar akurat.
Untuk mengumpulkan data yang diperlukan maka digunakan metode penelitian yang terdiri dari :
a. Jenis Data
Adapun jenis data yang dipergunakan adalah sebagai berikut :
1. Data Primer
Merupakan data yang dikumpulkan khususnya untuk riset tertentu yang sedang dilaksanakan. Data diperoleh langsung dari objeknya , misalnya data mengenai sistem informasi pendidikan pada Fakultas Ekonomi Universirtas Sumatera Utara.
2. Data Sekunder
Merupakan data yang diperoleh dari sumber lain dalam bentuk laporan dan publikasi. Sering disebut juga dara eksternal yang datangnya dari luar objek penelitian, misalnya : buku – buku dan media lainnya yang ada kaitannya dengan jduul tugas akhir ini.
E. Metode Analisis Data
Penulisan tugas akhir ini menggunakan beberapa metode analisis data antara lain :
1. Metode Deduktif
Yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data yang telah terkumpul sebagaimana adanya dengan membuat kesimpulan yang berlaku secara umum, dan dari kesimpulan tersebut maka akan diuraikan secara terperinci mengenai judul yang dibahas.
2. Metode Deskriptif
Yaitu metode yang dilakukan dengan mengumpulkan data, menganalisis, menyusun, mengklarifikasikan, serta mengajukan data yang dikumpulkan sehingga memberikan gambaran atau keterangan yang jelas mengenai masalah yang dihadapi oleh Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara dan berbagai keadaan yang berhubungan dengan judul yang dibahas.
F. Sistematika Penulisan
Tugas akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap babnya dibagi atas beberapa sub bab antara lain :
BAB I : PENDAHULUAN
Menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, maksud tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian yang terdiri dari jenis data, teknik pengumpulan data, dan metode analisis data, dan rencana penulisan yang terdiri dari jadwal survei/observasi dan sistematika penulisan.
BAB II : PROFIL INSTANSI
Dalam bab ini, dijelaskan mengenai sejarah ringkas Fakultas Ekonomi USU, struktur organisasi dan Job Description, jenis kegiatan, kinerja usaha terkini, dan rencana kegiatan.
BAB III : PEMBAHASAN
Dalam bab ini, dijelaskan tentang penerapan sistem informasi dan peranan sistem informasi terhadap peningkatan efisiensi kinerja pegawai di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN

Dalam bab ini, dijelaskan tentang kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan di bagian pendidikan Fakultas Ekonomi USU, dan saran penulis pada bagian pendidikan Fakultas Ekonomi USU, serta Daftar Pustaka yang mencantumkan semua referensi yang digunakan.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi