BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dewasa
ini dalam kehidupan suatu perusahaan, baik itu perusahaan swasta maupun
pemerintah, komunikasi memegang peranan penting didalamnya. Komunikasi sangat
penting untuk menjalin hubungan kerja sama antara manusia yang terlibat dalam
organisasi dan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam proses pencapaian
tujuan organisasi. Komunikasi akan memungkinkan setiap anggota organisasi untuk
saling membantu dan saling mengadakan interaksi.
Dalam
ruang lingkupnya, komunikasi akan berhasil apabila pengirim pesan dan penerima
pesan besama-sama mencapai pengertian dan kesimpulan yang sama sesuai dengan
yang dimaksudkan, tentang apa yang sebenarnya yang diinformasikan. Untuk itu
sangat diperlukan keterampilan dalam pemakaian bentuk-bentuk komunikasi dalam
suatu perusahaan demi kelancaran aktifitas perusahaan.
Dalam
perusahaan, Sumber Daya Manusia yang produktif dapat tercapai apabila
karyawan-karyawan memiliki kemampuan yang luas, disiplin dan memahami apa
pekerjaannya dan mengetahui apa-apa yang harus dilaksanakannya serta
bertanggung jawab atas pekerjaanya tersebut. Berdasarkan hal tersebut seorang
karyawan harus memahami arti penting dari komunikasi yang efisien dan tepat
guna.
Komunikasi itu sendiri memiliki
tujuan sebagai informatif, pengendali dan persuasif, selain itu komunikasi juga
bertujuan mempelajari atau mengajarkan sesuatu, mempengaruhi perilaku
seseorang, mengungkapkan perasaan, menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku
orang lain, berhubungan dengan orang lain, menyelesaian sebuah masalah,
mencapai sebuah tujuan, menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik,
menstimulasi minat pada diri sendiri atau orang lain, menciptakan dan saling
memberi pengertian (understanding) antara sesama komunikator (pengirim)
dan komunikannya (penerimanya), mengandung kebenaran, lengkap, mencakup
keseluruhan menarik dan nyata. Tetapi hal ini tidak bisa dicapai begitu saja,
karena ada banyak hambatan dalam komunikasi, misalnya: banyaknya perantara
dalam proses penyampaian informasi sehingga yang disampaikan tidak lagi akurat,
dan jika hal ini terjadi akan mengakibatkan salah pengertian (missunderstanding)
yang akan berdampak terjadinya salah paham dalam pelaksanaan aktifitas
kantor yang kemudian akan menghambat produktivitas karyawan, oleh karena itu
komunikasi sangat penting untuk dipahami dengan baik.
Peranan komunikasi dalam meningkatkan produktivitas
perusahaan sangat penting karena sistem komunikasi yang baik akan meningkatkan
aktifitas kerja karyawan serta dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.
Komunikasi pada hakekatnya memegang peranan penting tidak hanya diperusahaan
saja, tetapi juga dilembaga-lembaga lainnya, dalam pergaulan dengan masyarakat.
Komunikasi memberikan pemahaman pada tugas yang berubah dan
kemajuan serta suksesnya organisasi digunakan untuk penukaran informasi dan
pendapat. Tanpa adanya komunikasi
yang baik, maka akan sulit mengadakan koordinasi, karena itu perwujudan
komunikasi ini memiliki peran yang sangat penting.
Fenomena yang terjadi di Fakultas Ekonomi USU mengenai
komunikasi terbilang banyak. Misalnya kesalahpahaman antara staf dan pegawai di
akibatkan oleh komunikasi yang kurang baik. Hal ini menyebabkan misscommunication
dan perbedan sudut pandang dalam melaksanakan suatu tugas atau
perintah-perintah terkadang hal ini juga menyebabkan terjadinya konflik antara
staf dan pegawai.
Berdasarkan Pemahaman diatas, maka penulis tertarik untuk
menyusun Tugas Akhir yang berjudul “Pengaruh Komunikasi dalam Meningkatkan
Produktivitas Kerja Staf dan Pegawai Pada Fakultas Ekonomi ” .
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian tersebut maka perumusan masalah yang saya
ambil sebagai dasar kajian dalam penelitian yang saya lakukan yaitu:
Bagaimana pengaruh komunikasi dalam meningkatkan
produktivitas kerja staf dan pegawai pada Fakultas ekonomi USU.
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
sejauh mana pengaruh komunikasi dalam meningkatkan produktifitas kerja staf dan
pegawai pada Fakultas Ekonomi USU .
D. Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian adalah :
a. Bagi Universitas
Dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil
kebijaksanaan yang lebih baik di masa yang akan datang. Terutama untuk
memberikan masukan dan tambahan informasi serta menyampaikan saran yang mungkin
bermanfaat bagi Fakultas Ekomoni USU, mengenai masalah yang di hadapi dibidang
komunikasi.
b. Bagi Pihak Lain
Sebagai pedoman atau referensi bagi peneliti-peneliti lain
yang beminat terhadap judul yang penulis teliti, terlebih lagi agar dapat
meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang komunikasi yang ada di
perusahaan dan sebagai alat/bahan untuk membandingkannya dengan teori-teori
yang telah dipelajari semasa kuliah.
c. Bagi penulis
Sebagai tambahan ilmu pengetahuan khususnya mengenai sistem
komunikasi yang baik yang seharusnya dilaksanakan dalam suatu perusahaan.
Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk
menerapkan teori-teori yang penulis dapat.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi