Kamis, 06 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENGARUH MOTIVASI TERHADAPA PENINGKATAN KINERJA CREW GOV’S COFFEE

PROPOSAL PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk dapat hidup berkembang dengan cara mengatasi tantangan baik dari lingkungan eksternal dan internal. Lingkungan yang mempengaruhi jalannya organisasi sifatnya selalu berubah. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan suatu pola pengaturan dan pengolahan sumber-sumber ekonomi, faktor-faktor produksi yang tersedia secara terarah dan terpadu sehingga akan tercapai tujuan perusahaan tersebut apabila memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dalam pekerjaannya.

Pada dasarnya perusahaan bukan saja mengharapkan pegawai yang mampu, cakap dan terampil, tetapi yang terpenting mereka mau giat bekerja dan berkeinginan untuk mencapai hasil kerja yang optimal. Kemampuan, kecakapan dan keterampilan pegawai tidak ada artinya bagi perusahaan jika mereka tidak mau bekerja keras dengan mempergunakan kemampuan, kecakapan dan keterampilan yang dimilikinya.
Oleh karena itu, motivasi penting karena dengan motivasi ini diharapkan setiap individu pegawai mau bekerja keras dan antusias untuk mencapi prestasi kerja yang tinggi.
Perilaku yang sering terjadi secara umum yang dialami banyak pegawai dalam suatu perusahaan yaitu keluhan cenderung lebih cepat muncul dari pada kepuasan, dengan demikian perasaan tidak puas dari pegawai lebih cepat ketahuan dari pada perasaan puas. Oleh karena itu, motivasi merupakan hal yang perlu dilakukan untuk dapat memperbaiki kinerja pegawai tersebut. Dalam hal ini, peranan pimpinan sangat diperlukan khusus dalam memberikan motivasi kepada pegawai. Pimpinan  hendaknya memberikan perhatian khusus terhadap pegawai dan dapat menciptakan suatu kondisi kerja yang dapat meningkatkan semangat kerja mereka.
Motivasi semakin penting untuk manajer membagikan pekerjaan pada bawahannya untuk dikerjakan dengan baik dan terarah kepada tujuan yang diinginkan.
Manajer dalam memotivasi karyawan harus menyadari bahwa karyawan akan mau bekerja keras dengan harapan dari hasil pekerjaannya ia dapat memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya.
Motivasi juga disebut sebagai pendorong, keinginan atau kebutuhan. Menurut Winardi (dalam Abdurrahmat, 2006:81), motivasi dalam sebuah konteks organisasi merupakan suatu kekuatan potensial yang ada pada diri seorang manusia, yang dapat dikembangkannya sendiri atau dikembangkan oleh sejumlah kekuatan luar yang pada intinya berkisar sekitar imbalan moneter dan imbalan nonmoneter, yang dapat mempengaruhi hasil kinerjanya secara positif atau secara negatif, dimana hal ini tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi orang yang bersangkutan.
Pencapaian tujuan motivasi kerja diharapkan dapat menghasilkan hasil kerja yang efisien, baik bagi diri individu yang bersangkutan maupun bagi organisasi.
Menurut Winardi (2007:6), motivasi adalah suatu kekuatan potensial yang ada di dalam diri seorang manusia, yang dapat dikembangkannya sendiri atau dikembangkan oleh sejumlah kekuatan dari luar. Pemimpin hendaknya mampu untuk memotivasi karyawannya agar karyawan dapat mengeluarkan dan mengembangkan potesi yang ada dalam dirinya yang nantinya dapat memberikan pengaruh baik pada perusahaan. Motivasi yang diterima oleh karyawan dapat membantu karyawan dalam mengubah cara bekerjanya, seperti menjadi lebih kreatif dalam bekerja, dapat memberikan lebih banyak inovasi dalam meningkatkan perkembangan perusahaan dan dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien.
 Hubungan antara motivasi dan tingkat kinerja sangatlah erat. Motivasi adalah kesediaan individu untuk mengeluarkan upaya yang tinggi untuk mencapai tujuan organisasi. Bila seseorang termotivasi, maka ia akan berupaya sekuat tenaga untuk mencapai sebuah tujuan. Pada umumnya, kinerja yang tinggi dihubungkan dengan motivasi yang tinggi. Sebaliknya, motivasi yag rendah dihubungkan dengan kinerja yang rendah.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai motivasi dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan dan menulisnya ke dalam bentuk laporan tugas akhir dengan judul ”Pengaruh Motivasi Terhadap Peningkatan Kinerja Crew Gov’s Coffee”.
B. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka terdapat permasalahan yang menjadi objek dalam penelitian ini, yakni Bagaimana Pengaruh Motivasi Terhadap Peningkatan Kinerja Crew Gov’s Coffee? C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis motivasi yang diberikan oleh manajer sumber daya manusia dan bagaimana pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja crew Gov’s Coffee.
2. Manfaat Penelitian a. Bagi Perusahaan  Sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi perusahaan tentang pentingnya motivasi terhadap karyawan sehingga pelaksanaan dan tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik.
b. Bagi Penulis Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk menerapkan teori- teori yang penulis dapatkan baik dari bangku kuliah maupun dari luar dan memperdalam pengetahuan serta menambah wawasan di bidang manajemen sumber daya manusia, khususnya menyangkut tentang motivasi kerja.
c. Bagi Pihak Lain Sebagai pedoman atau referensi bagi peneliti lain yang tertarik untuk mengadakan penelitian di bidang atau permasalahan yang sama di masa yang akan datang, khususnya penelitian yang berkaitan dengan motivasi kerja.
D. Metode Penelitian Metode penelitian merupakan suatu cara sistematis dan objektif untuk memperoleh data-data yang relevan dalam mengumpulkan keterangan baik secara lisan maupun tulisan.
Dimana sumber data yang digunakan penulis yaitu : a. Data Primer, yang merupakan data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti dari sumber utama yang diperlukan dalam pembahasan masalah untuk kemudian diolah dan dianalisis.
b. Data Sekunder, merupakan data yang diperoleh dari perusahaan sebagai tambahan dan data pelengkap dari data primer, antara lain seperti sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, Job Description pegawai, serta  beberapa literatur yang menghimpun beberapa teori baik yang diperoleh dari buku, arsip, dokumen dan keterangan-keterangan lain yang diperlukan penulis berhubungan dengan penelitian ini.
E. Teknik Pengumpulan Data a. Interview atau wawancara, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara tanya jawab langsung kepada manager dan crew Gov’s Coffee.
b. Studi dokumentasi, yaitu mengadakan pencatatan langsung terhadap dokumen atau arsip yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
F. Rencana Penulisan 1. Jadwal survei / observasi Penelitian ini dilakukan di Gov’s Coffee Jl. Ringroad Kompleks Tasbih 2 Blok 5 no 1, Medan. Untuk lebih jelasnya jadwal kegiatan ini dapat dilihat pada Tabel 1.1 berikut: NO KEGIATAN MINGGU KE 1 2 3 1. Persiapan 2. Pengumpulan Data 3. Penulisan Laporan Sumber: Penulis Dalam kegiatan pengumpulan data, Penulis melakukan riset selama beberapa minggu mulai dari 03 Juni – 18 Juni 2013 di Gov’s Coffee.
 2. Rencana Isi Tugas akhir ini dibagi atas 4(empat) bab dan setiap bab-nya terbagi atas beberapa sub bab, antara lain : Bab I. Pendahuluan Bab ini menguraikan tentang Latar Belakang, Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat, serta Rencana Penulisan yang terdiri dari jadwal survei/obsevasi dan rencana isi.
Bab II. Profil Fakultas Ekonomi  Dalam bab ini diuraikan mengenai sejarah ringkas, struktur organisasi & personalia, job description, jaringan usaha/kegiatan, kinerja usaha terkini dan rencana kegiatan.
Bab III. Topik Penelitian Bab ini membahas tentang Pengaruh Motivasi Terhadap Peningkatan Kinerja Crew Gov’s Coffee.
Bab IV. Penutup Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran atas Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Crew Gov’s Coffee.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi