BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Deskripsi Jabatan (Job Description)
adalah suatu pernyataan tertulis yang menguraikan fungsi, tugas- tugas,
tanggung jawab, wewenang, kondisi kerja dan aspek –aspek pekerjaantertentu
lainnya. Analisa jabatan memberikan fakta-fakta yang menunjukkan apa
yangdilakukan dan macam pegawai, pegawai yang bagaimana yangdiperlukan.
Fakta-fakta ini di ikhtisiarkan dalam gambaran-gambaran jabatan. Ide untuk
mengadakan uraian tiap jabatan dalam suatu organisasi sebagai dasar untuk
seleksi dan penempatan pegawai yangsesuai bukanlah suatu hal yang baru.
Beberapa jenis uraian jabatan harus ada dalam pikiransetiap pimpinan. Ide
mengenai uraian jabatan yang terinci, yang dibuat dengan cermat,iktisar
kewajibankewajiban dan tanggungjawab dalam tiap jabatan yang disusun denganbaik
sangatlah penting bagi kelangsungan hidupsuatu usaha.
Sumber Daya Manusia
yang produktif dapat tercapai apabila karyawan karyawan memiliki kemampuan yang
luas, disiplin, memahami apa pekerjaannya dan mengetahui apa – apa yang harus
dilaksanakannya, bagaimana melaksanakan pekerjaan tersebut yang sesuai pada
bagian jabatannya dan bertanggung jawab atas pekerjaannya tersebut. Berdasarkan
hal tersebut seorang karyawan harus memahami Job Descriptiondibidangnya masing
– masing dalam memiliki kontribusi yang diharapkan dari jabatannya.
Job
Description ini merupakan output yang dihasilkan Job
Analysis atauanalisa jabatan yaitu suatu proses penelitian dan pengumpulan
informasi untuk membuaturaian yang berhubungan dengan operasi dan tanggung
jawab dari suatu jabatan tertentu.
Seringkali pemahaman
tentang Job Description serta kontribusiyang diharapkan dari jabatan
tersebut tidak diperhatikan oleh setiap organisasi, baik instansi pemerintah
maupun swasta sehingga dapat kita lihat pekerjaan – pekerjaan yangtidak
teratur, pekerjaan – pekerjaan rutin terbengkalai dan karyawan kurang
bertanggungjawab terhadap pekerjaannya karena kurang paham apa fungsi uraian
tugas – tugaspokok yang harus dikerjakan dan tanggung jawab yang harus dipikul
oleh karyawandibagian mana ia ditempatkan. Selain itu, timbul juga keletihan
karyawan dalam bekerja,karena pekerjaan akan terasa rumit akibat karyawan tidak
memahami Job Descriptionpada jabatannya. Apabila perusahaan
memperhatikan pentingnya pemahaman JobDescription dan setiap karyawan
mempelajari dan menguasai Job Description padabidangnya masing – masing
maka hal itu akan dapat meningkatkan efektivitas kerja karyawan dan
produktifitas kerja akan tercapai.
Pemahaman mengenai
uraian tugas yang baik akan sangat mempengaruhi bagi kinerja perusahaan. Maka
perlu diadakannya suatu tata kelola Job Description yang baikpula
seperti dalam menyelesaikan suatu jabatan. Jabatan ini dibagi dalam pelaksanaan
yang sederhana dan menetukan waktu
dengan harapan dapat mempercepat selesainyajabatan melalui penyederhanaan kerja
dan pemberian dorongan upah. Informasi yang Diperoleh dari analisa jabatan
tersebut dapat digunakan untuk menentukan karakteristikapa yang harus dimiliki
seseorang yang akan menduduki jabatan tertentu.
Kegiatan – kegiatan
yang dilakukan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia sangat bergantung pada
informasi yang diperoleh dari analisa jabatan. Oleh karena itu, informasi dari
analisis jabatan digunakan untuk penarikan dan seleksi, kompensasi, penilaian
kinerja, serta untuk pelatihan.
Begitu pentingnya
analisis jabatan ini sehingga mengharuskan organisasi Untuk tetap melakukan
uraian terhadap jabatan dalam organisasi agar proses pekerjaan dalam organisasi
dapatberjalan dengan lancar.
Fakultas Ekonomi mengemban visi yang isinya Fakultas Ekonomi
USU ingin menjadi lembaga pendidikan yang terkenal yang memenuhi kebutuhan
perkembangan bisnis yang cepat, mampu menyediakan informasi bagi masyarakat dan
berperan serta dalam pengembangan Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Keuangan,
Akuntansi dan Manajemen. Yang menjadi salah satu Fakultas Ekonomi terkemuka
yang dikenal unggul dan mampu memenuhi kebutuhan pasar dalam persaingan global
menjadi salah satu alasan pentingnya tata kelola dan kemampuan manajerial yang
baik. Dalam rangka mewujudkan cita-cita tersebut manajemen
yang menyangkut perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi, pengawasan,
manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan yang mencakup pendanaan,
pengalokasian serta pengawasan terahadap keuangan di Fakultas Ekonomi menjadi
begitu penting. Begitu pula terhadap pemahaman tentang uraian tugas (job
description) yang baik yang merupakan upaya untuk menciptakan keteraturan
di dalamnya. Keadaan tersebutlah yang mendorong penulis untuk memilik judul “FUNGSI
JOB DESCRIPTION TEHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN KEUANGAN FAKULTAS EKONOMI "
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi