Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada PT.Kimia Farma


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan dunia industri sekarang kian pesat, salah satunya di industri obat-obatan terutama dalam bentuk Generik. Perkembangan ini disebabkan mulai dari tinggi nya kebutuhan masyarakat akan nilai kesehatan dan obat-obatan yang murah namun berkualitas. Kesehatan merupakan salah satu indikator tingkat kesejahteraan manusia sehingga senantiasa menjadi prioritas dalam pembangunan nasional suatu bangsa. Salah satu komponen kesehatan yang sangat strategisadalah tersedianya obat sebagai bagian dari pelayanan kesehatan
kepada masyarakat. Tersedianya obat dalam jumlah, jenis, dan kualitas yang memadai menjadi faktor penting dalam pembangunan nasional khususnya dibidang kesehatan. Industri farmasi sebagai industri penghasil obat, memiliki peran strategis dalam usaha pelayanan kesehatan kepada masyarakat tersebut. Seiring dengan meningkatnya pendidikan dan tingkat kesadaran masyarakat akan arti pentingnya kesehatan, maka industri farmasi dituntut untuk dapat menyediakan obat dalam jenis, jumlah, dan kualitas memadai.
Obat berfungsi untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat bahkan untuk menyelamatkan jiwa manusia harus dibuat dengan cara yang baik agar dihasilkan produk yang bermutu tinggi. Industri farmasi, sebagai industri penghasil obat, dituntut untuk dapat menghasilkan obat yang harus memenuhi persyaratan khasiat (efficacy), keamanan (safety), dan mutu (quality) dalam dosis yang digunakan untuk tujuan pengobatan. Karena menyangkut nyawa manusia

maka industri farmasi dan produk industri farmasi diatur secara ketat. Peraturan-peraturan yang mengatur industri farmasi di indonesia tertuang dalam Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).
Karena banyaknya produk yang ditawarkan produsen kepada masyarakat maka persaingan di dalam industri ini pun semakin tajam. Akibat dari persaingan yang semakin tajam ini produsen dituntut untuk melahirkan inovasi-inovasi produk baru yang berbeda dari pesaing-pesaingnya untuk merebut minat konsumen dan menguasai pasar. Karena masyarakat belum banyak mengetahui dan mengenal obat yang benar-benar mempunyai khasiat yang baik bagi tubuh kita. Untuk itu para produsen harus memulai dengan mempromosikan produk agar diketahui masyarakat dan sangat penting bagi produsen untuk harus memasarkannya dan mendistribusikannya secara baik agar dapat dikenal dan dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sebagai konsumen.
Sebuah inovasi menghasilkan produk dan setiap produk yang tercipta diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setelah perusahaan menghasilkan produk, pada tahap berikutnya perusahaan melakukan penetapan harga dan setelah itu tiba saatnya perusahaan harus melempar produknya ke pasar. Produk yang diciptakan tadi perlu untuk didistribusikan agar konsumen dapat menikmati dan menkonsumsi produk tersebut.
Distribusi sangat penting dalam aktivitas sebuah perusahaan, jika perusahaan tersebut tetap ingin hidup terus secara berkesinambungan, maka perusahaan harus mampu memasarkan produk yang dihasilkannya kepada konsumen agar dikonsumsi dan otomatis perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari produk yang dikonsumsi. Dan jalan yang harus ditempuh

perusahaan adalah mendistribusikannya melalui jalur atau saluran distribusi, yaitu jalur atau keseluruhan perantara pemasaran yang dilalui barang dan jasa dari produsen hingga sampai ke pemakai industri dan konsumen. Untuk mampu memasarkan produknya ke masyarakat dan memastikan produknya dapat dinikmati konsumen maka perusahaan harus tepat membuat keputusan untuk memilih jalur pendistribusian mana yang akan digunakan perusahaan untuk merealisasikan hal tersebut.
Dalam membuat keputusan mengenai jenis jalur atau saluran pendistribusian yang akan digunakan, perusahaan perlu mempertimbangkan jenis produk, karakteristik konsumen, dan sebagainya. Dan dalam mendistribusikan produk dari produsen ke konsumen biasanya melibatkan sejumlah perantara pemasaran, yaitu orang-orang yang terlibat dalam perpindahan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Kegiatan-kegiatan pemasaran yang berkaitan dengan produk dan penetapan harga tidak akan berguna jika tidak dilengkapi dengan kegiatan distribusi. Selain itu, kegiatan promosi yang sangat penting pun tidak ada manfaatnya jikalau produk tersebut tidak tersedia pada saat dibutuhkan karena tidak terdistribusi dengan baik ke pasar. Dengan menggunakan jalur distribusi yang baik pula perusahaan bisa menjamin produknya terdistribusi pada tempat-tempat yang mudah diperoleh konsumen agar konsumen dapat menikmati produk tersebut dengan mudah.
Bisa dibayangkan bila perusahaan tidak mampu memilih jalur pendistribusian yang tepat, perusahaan akan merugi karena bisa-bisa produknya tidak akan sampai dan tidak bisa dikosumsi masyarakat. Terlebih lagi bagi produk

yang lahir dari biaya produksi yang tidak sedikit dan riset produk yang memakan waktu cukup lama apabila tidak terdistribusi dengan baik maka akan sangat mengganggu kelangsungan hidup perusahaan.
Berdasarkan latar belakang dan besarnya peranan Analisis Jalur Pendistribusian bagi kelangsungan sebuah kegiatan perusahaan maka penulis tertarik untuk membahas masalah “Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada PT.Kimia Farma Tbk Medan" sebagai judul dalam penulisan tugas akhir ini.
B. Perumusan Masalah
Sebagai alasan suatu perencanaan riset, perlu di tetapkan apa yang menjadi pokok yang dijadikan penelitian untuk menghindari pembahasan terlalu luas maka penulis membahas :
1. Bagaimana PT. Kimia Farma Tbk Medan Dalam melakukan aktivitas dalam jalur pendistribusian produknya agar perusahaan mampu dalam menghadapi pasar yang bersaing dan mampu mengoptimalkan penjualan sehingga memperoleh laba maksimum yang diperoleh perusahaan .
2. Untuk mengetahui salah satu bagian saja dari seluruh rencana perusahaan di bidang pemasaran ( sales planning ) dengan jalur pendistribusian produknya.

C. Tujuan
Adapun tujuan dari penelitian ini ada dua yaitu tujuan yang bersifat umum dan yang bersifat khusus.

1. Tujuan Umum
1. Terciptanya suatu hubungan terarah antara dunia perguruan tinggi dan dunia kerja sebagai mitra pengguna outcome-nya.
2. Meningkatkan kepedulian dan partisipasi dunia usaha dalam memberikan kontribusinya pada sistem pendidikan nasional.
3. Membuka wawasan mahasiswa agar dapat mengetahui dan memahami aplikasi ilmunya di dunia kerja pada umumnya serta mampu menyerap dan berasosiasi dengan dunia kerja secara utuh.
4. Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami sistem kerja di lapangan yang sebenarnya sekaligus mampu mengadakan pendekatan masalah secara utuh dan terstruktur.
5. Menumbuhkan dan menciptakan pola berpikir yang lebih berwawasan bagi mahasiswa .

2. Tujuan Khusus
1. Untuk memenuhi tugas akhir yang harus ditempuh sebagai persyaratan akademis di Jurusan D-III Keuangan Fakultas Ekonomi .
2. Untuk mengetahui dan membahas jalur pendistribusian obat-obatan yang digunakan oleh PT. Kimia Farma.Tbk sudah berjalan dengan efektif dan efisien.
3. Untuk mengetahui pencapaian laba maksimal, penetrasi pasar (market penetration), pengembangan pasar (market development), mempertahankan market share, memperkenalkan produk baru, dan sebagainya.


D. Manfaat Penelitian
a. Bagi Penulis, merupakan usaha untuk meningkatkan kemampuan menganalisis setiap permasalahan yang dihadapi, terutama dalam hal jalur pendistribusian, dengan mengimplementasikan teori-teori yang diperoleh selama perkuliahan.
b. Bagi Perusahaan, Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil langkah tepat di dalam memajukan perusahaan pada masa akan datang.
c. Bagi Akademik, dapat memberikan manfaat sebagai masukan bagi pihak yang membutuhkan terutama yang ada relevansinya dengan penelitian ini, serta sebagai bahan referensi dan pembanding untuk penulisan tugas akhir dimasa yang akan datang.




Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi