Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENGAWASAN INTERNAL KAS MENGURANGI KEMUNGKINAN KECURANGAN TERHADAP KAS PADA FAKULTAS EKONOMI

1
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Perusahaan/instansi (dalam hal ini instansi pendidikan) yang besar selalu berhadapan dengan kendala-kendala yang berhubungan dengan pengawasan harta bendanya, khususnya masalah kas, dimana sebagian besar transaksi yang dilakukan perusahaan / instansi selalu melibatkan kas. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang terjadi pada masa sekarang yang memungkinkan terjadinya penyalahgunaan kas, dengan demikian perusahaan harus lebih aktif dalam melakukan pengawasan terhadap kas.

Teknologi yang semakin maju mempengaruhi perkembangan pada setiap perusahaan maupun lembaga, baik swasta maupun pemerintah. Masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan / instansi juga semakin rumit terutama dalam penyajian laporan keuangan. Oleh karena itu, profesi akuntan memegang peranan yang sangat penting dalam membantu menyusun laporan keuangan. Dalam fungsi manajemen, pengawasan merupakan tanggung jawab yang tidak dapat diabaikan.
Didalam mencapai tujuannya, perusahaan / instansi selalu menghadapi persoalan baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Dilihat dari ciri-ciri dan kepentingannya, kas selalu menjadi obyek utama yang disalahgunakan, untuk itu diperlukan adanya pengawasan-pengawasan internal yang dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan dan penyelewengan kas.

Pengawasan dapat diartikan sebagai alat untuk mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas perusahaan / instansi agar sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Salah satu cara untuk melaksanakan pengawasan adalah dengan menyusun sistem pengawasan internal kas yang memadai dan tentunya dapat dipertanggung jawabkan pelaksanaannya dalam mengamankan harta suatu perusahaan / instansi, meningkatkan efisiensi dan mendorong karyawan untuk selalu mematuhi kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh manajemen sehingga kecurangan dan penyalahgunaan kas dapat diminimalisasi atau dapat dihindari. Dengan kata lain, pengawasan internal yang baik didalam suatu perusahaan / instansi dpat menunjang keberhasilan setiap keputusan dan peratturan yang telah ditetapkan serta dapat mendukung keberhasilan operasi suatu perusahaan/ instansi ( dalam hal ini lembaga pendidikan ).
Kas merupakan asset perusahaan yang paling lancar (likuid) dari seluruh aktiva yang ada. Ini karena setiap transaksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan / instansi selalu berhubungan dengan kas. Oleh karena itu kas menjadi objek yang paling mudah untuk diselewengakan, sehingga banyak pihak yang berusaha menyelewengkan kas dengan berbagi cara. Oleh karena itu, maka perlu adanya pengawasan intern yang efektif terhadap kas. Apabila pengawasan internal terhadap kas dalam sebuah perusaaan/instansi berjalan dengan efektif maka penyalahgunaan kas dapat diketahui dengan mudah.

Dengan landasan pemikiran diatas, maka penulis memilih judul “Pengawasan Internal Kas Mengurangi Kemungkinan Kecurangan Terhadap Kas Pada Fakultas Ekonomi “.
B. Permasalahan
Sesuai dengan judul yang diambil, maka penulis mengajukan masalah pokok yang akan dibahas dalam Tugas Akhir ini, yaitu sejauh mana peran pengawasan internal kas baik secara operasional maupun dari sisi pembukuan pada Fakultas Ekonomi .
Adapun perumusan masalah yang akan dibahas pada Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana Sistem Pengawasan Internal Kas pada Fakultas Ekonomi .
2. Apa yang menjadi tujuan dari sistem pengawasan internal kas
3. Apa yang menjadi syarat atau unsur mutlak dalam suatu system pengawasan internal kas
4. Apakah pengawasan internal kas yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi  telah berjalan efektif dan efisien atau dengan kata lain dapat mencegah penyelewengan dan penyalahgunaan yang mungkin dapat terjadi.

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai penulis adalah:
a. Untuk mengetahui bagaimana sistem pengawasan internal kas pada Fakultas Ekonomi .
b. Untuk mengetahui tujuan dan syarat mutlak dari sistem pengawasan internal kas
c. Untuk mengetahui sejauh mana penerapan sistem pengawasan internal kas yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi
d. Untuk mengetahui apakah pengawasan internal kas yang dilakukan Fakultas Ekonomi USU telah berjalan efektif dan efisien.
2. Manfaat penelitian
Adapun manfaat penelitian yang ingin dicapai penulis adalah:
a. Bagi penulis, untuk menambah dan memperluas wawasan penulis mengenai pengawasan internal kas pada masa yang akan datang.
b. Bagi fakultas, dapat digunakan sebagai masukan yang bermanfaat dalam melaksanakan pengawasan internal kas pada masa yang akan datang.
c. Bagi pembaca, dapat digunakan sebagai bahan penambah ilmu pengetahuan, serta dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan untuk melakukan penelitian dimasa yang akan datang.

E. Rencana Penulisan
1. Jadwal Survei / observasi
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi , Jl.T.M. Hanafiah Kampus . Untuk lebih jelasnya jadwal kegiatan ini dapat dilihat pada Table 1.1 dibawah ini:
No
Kegiatan
Minggu Ke
1
01April-05 April 2010
2
10 April- 22 April 2010
3
23 April- 24 Mei 2010
1
Persiapan
2
Pengumpulan Data
3
Penulisan Laporan
Dalam kegiatan pengumpulan data, penulis melakukan riset pada Fakultas Ekonomi  selama beberapa minggu, yakni mulai tanggal 1 April 2010 – 24 Mei 2010.
2. Rencana isi
Penulis akan memberikan gambaran rencana isi yang membuat lebih tararahnya penulisn Tugas Akhir ini. Penulis membagi pembahasan tugas akhir ini dalam empat (4) bab, yang dianggap cukup memadai untuk mengemukakan hal yang dianggap penting dan relevan dengan judul tugas akhir yang dimaksud, dengan tujuan agar penulisan tugas akhir ini dapat lebih terarah dan sistematis. Adapun uraiannya adalah sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini akan diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, maksud dan tujuan penelitian, rencana penulisan yang mencakup jadwal survey dan rencana isi.
BAB II : PROFIL FAKULTAS
Bab ini meliputi sejarah singkat Instansi, struktur organisasi dan personalia, job description, kinerja usaha terkini dan rencana kegiatan Fakultas Ekonomi .
BAB III : TOPIK PENELITIAN
Pada bab ini penulis mencoba untuk menguraikan mengenai pengertian, fungsi, tujuan dan manfaat pengawasan intern dan juga mengenai pengertian dan fungsi kas, serta prosedur pengawasan intern kas, serta prosedur pengawasan intern kas yang diterapkan oleh perusahaan.
BAB IV : PENUTUP
Dalam bab ini penulis mencoba mengambil kesimpulan dan memberikan saran-saran yang bertitik tolak dari pengumpulan data dan pembahasan yang dilakukan dimana diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi  dimasa yang akan datang.


Download lengkap Versi Word

1 komentar:

pesan skripsi