Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENGAWASAN INTERNAL KAS MENGURANGI KECURANGAN TERHADAP KAS PADA FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Fakultas Ekonomi  selalu berhadapan dengan kendala-kendala yang berhubungan dengan pengawasan harta bendanya. Khususnya masalah kas, dimana sebagian besar transaksi yang dilakukan Fakultas Ekonomi  selalu melibatkan kas. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang terjadi pada masa sekarang yang memungkinkan terjadinya penyalahgunaan kas, dengan demikian perusahaan harus lebih aktif dalam melakukan pengawasan terhadap kas.

Teknologi yang semakin maju mempengaruhi perkembangan pada setiap perusahaan maupun lembaga, baik swasta maupun pemerintah. Masalah-masalah yang dihadapi oleh Fakultas Ekonomi  juga semakin rumit terutama dalam penyajian laporan keuangan. Oleh karena itu, seorang akuntan memegang peranan yang sangat penting dalam membantu menyusun laporan keuangan. Dalam fungsi manajemen, pengawasan merupakan tanggung jawab yang tidak dapat diabaikan.
Di dalam mencapai tujuannya, Fakultas ekon selalomi  selalu menghadapi persoalan baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Dilihat dari ciri-ciri dan kepentingannya, kas selalu menjadi obyek utama yang disalahgunakan, untuk itu diperlukan adanya pengawasan-pengawasan internal yang dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan dan penyelewengan kas.

Pengawasan dapat diartikan sebagai alat untuk mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas Fakultas Ekonomi  agar sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Salah satu cara untuk melaksanakan pengawasan adalah dengan menyusun sistem pengawasan internal kas yang memadai dan tentunya dapat dipertanggung jawabkan pelaksanaannya dalam mengamankan harta Fakultas Ekonomi , meningkatkan efisiensi dan mendorong pegawai untuk selalu mematuhi kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh manajemen sehingga kecurangan dan penyalahgunaan kas dapat diminimalisasi atau dapat dihindari. Dengan kata lain, pengawasan internal yang baik didalam Fakultas Ekonomi  dapat menunjang keberhasilan setiap keputusan dan peraturan yang telah ditetapkan serta dapat mendukung keberhasilan operasi.
Kas merupakan asset perusahaan yang paling lancar (likuid) dari seluruh aktiva yang ada. Ini karena setiap transaksi yang dilakukan Fakultas Ekonomi  selalu berhubungan dengan kas. Oleh karena itu kas menjadi objek yang paling mudah untuk diselewengkan, sehingga banyak pihak yang berusaha menyelewengkan kas dengan berbagai cara. Oleh karena itu, maka perlu adanya pengawasan internal yang efektif terhadap kas. Apabila pengawasan internal terhadap kas dalam Fakultas Ekonomi  berjalan dengan efektif maka penyalahgunaan kas dapat diketahui dengan mudah.
Dengan landasan pemikiran di atas, maka penulis memilih judul “Pengawasan Internal Kas Pada Fakultas Ekonomi “.

B. Permasalahan
Sesuai dengan judul yang diambil, maka penulis mengajukan masalah pokok yang akan dibahas dalam Tugas Akhir ini, yaitu peran pengawasan internal kas baik secara operasional maupun dari sisi pembukuan pada Fakultas Ekonomi .
Adapun perumusan masalah yang akan dibahas pada Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:
Apakah pengawasan internal kas yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi  telah berjalan efektif dan efisien atau dengan kata lain dapat mencegah penyelewengan dan penyalahgunaan yang mungkin dapat terjadi.
C. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai penulis adalah:
Untuk mengetahui apakah pengawasan internal kas yang dilakukan Fakultas Ekonomi  telah berjalan efektif dan efisien.
D. Manfaat penelitian
Adapun manfaat penelitian yang ingin dicapai penulis adalah:
a. Bagi penulis, untuk menambah dan memperluas wawasan penulis mengenai pengawasan internal kas pada masa yang akan datang.
b. Bagi fakultas, dapat digunakan sebagai masukan yang bermanfaat dalam melaksanakan pengawasan internal kas pada masa yang akan datang.



c. Bagi pembaca, dapat digunakan sebagai bahan penambah ilmu pengetahuan, serta dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan untuk melakukan penelitian dimasa yang akan datang.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi