Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENGELOLAAN AKTIVA TETAP PADA FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Perusahaan menggunakan berbagai macam aktiva tetap dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya seperti peralatan, perabotan, alat-alat, mesin, bangunan dan tanah. Penggunaan aktiva tetap setiap perusahaan berbeda satu sama lainnya, hal ini tergantung dari jenis kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Aktiva tetap (fixed cost) merupakan aktiva berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun terlebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan, tidak untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaaat lebih dari satu tahun.

Dalam kegiatan operasi perusahaan, proses perolehan aktiva tetap ini tentu memerlukan pertimbangan-pertimbangan bagi pihak perusahaan, karena kesalahan dalam mempertimbangkan cara memperoleh aktiva tetap ini akan mempengaruhi kegiatan operasional perusahaan, terutama dari segi dana. Untuk itu diperlukan sebuah perencanaan yang tepat, mengenai kebijakan apa yang perlu diambil untuk memperoleh aktiva tetap.
Manfaat yang diberikan aktiva tetap ini sangat besar dalam perusahaan baik ditinjau dari segi fungsi, manfaat, jumlah dana yang diinvestasikan, pengolahannya yang melibatkan banyak orang, dan pembuatannya yang sering dalam jangka panjang, maupun dari segi pengawasannya yang sangat rumit. Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka aktiva tetap yang telah dimiliki

oleh perusahaan tentunya mempunyai batas waktu tertentu untuk beroperasi, serta membutuhkan perbaikan-perbaikan yang kadang kala membutuhkan dana yang tidak sedikit jumlahnya, disamping biaya-biaya pemeliharaan rutin agar dapat mendukung kegiatan perusahaan yang berkesinambungan.
Penanganan aktiva tetap ini bertujuan untuk memperoleh efisiensi agar dana yang diinvestasikan terhadap aktiva tetap memperoleh manfaat maksimum sesuai dengan rencana dan jangka waktu yang ditentukan.
Sebagai suatu instansi pendidikan, Fakultas Ekonomi  memilki berbagai macam aktiva tetap seperti gedung, tanah, komputer dan peralatan lainnya yang harganya relatif tinggi serta mempunyai peranan penting. Maka perlu penanganan khusus dalam melakukan pengolalaan terhadap aktiva tetap tersebut.
Berdasarkan pertimbangan di atas, maka penulis tertarik menulis tugas akhir dengan judul “Pengelolaan Aktiva Tetap pada Fakultas Ekonomi  “.
B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi perumusan masalah dalam tugas akhir ini adalah :
1. Apa sajakah aktiva tetap yang dimiliki oleh Fakultas Ekonomi Unversitas Sumatera Utara.



2. Bagaimana cara pengelolaan yang dilakukan kepada aktiva tetap yang dimiliki pada Fakultas Ekonomi .
3. Bagaimana memaksimalkan aktiva tetap yang dimiliki untuk mencapai tujuan dari kegiatan yang telah direncanakan Fakultas Ekonomi .
C. Tujuan dan Manfaat Penulisan
1. Tujuan Penulisan

Tujuan merupakan hasil akhir yang ingin dicapai sesuai seperti yang telah direncanakan, tanpa adanya tujuan yang jelas akan mengakibatkan suatu kegiatan kurang terarah. Sesuai dengan penjelasan di atas yang menjadi tujuan penulisan ini adalah:
a. Untuk mengetehui cara Fakultas Ekonomi dalam memperoleh aktiva tetapnya.
b. Untuk mengetahui mengenai cara yang efektif dalam melakukan pengawasan yang dilakukan Fakultas Ekonomi  terhadap aktiva tetapnya.
c. Unttuk mengetahui metode penyusutan yang digunakan oleh Fakultas Ekonomi .
2. Manfaat Penulisan
1. Bagi penulis

Dapat memperluas wawasan mengenai sistem pengelolaan aktiva tetap
yang diterapkan pada Fakultas Ekonomi .


2. Bagi perusahaan

Sebagai bahan masukan atau perimbangan, untuk melihat sejauh mana penerapan yang telah dilakukan dalam pengelolaan aktiva tetap
3. Bagi pembaca


Sebagai informasi dan referensi di dalam penulisan tugas akhir yang akan datang. 
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi