Kamis, 06 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN FAKULTAS EKONOMI

BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah.
Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin maju sehingga menuntut sumber daya manusia yang berada di pemerintahan maupun swasta untuk bertindak semakin cepat, disiplin, dengan memperhatikan efisiensi disegala bidang, guna untuk menuju peningkatan kinerja para pegawai/karyawan. Dalam menghadapi perkembangan tersebut tentu saja diperlukan fasilitas dan peralatan serta kesiapan saranannya, serta lingkungan kerja yang memadai dan nyaman bagi para pegawai. Institusi pendidikan seperti  pun tidak luput
dari perkembangan dan tuntutan peningkatan kinerja pegawainya terhadap . Dalam melakukan usaha untuk meningkatkan kinerja para pegawai tidak cukup hanya mengandalkan fasilitas atau peralatan kerja untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan hasil kerja yang optima, tetapi juga harus didukung oleh faktor – faktor lainnya. Ada beberapa Faktor yang dapat meningkatkan kinerja pegawai, yaitu : gaji dan upah, kesipilinan, peranan pimpinan, komunikasi, lingkungan tempat kerja, dan fasilitas kerja.
Menurut Mulyadi (2001 : 377) gaji adalah pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh para karyawan yang mempunyai jenjang jabatan manajer, dan dibayarkan secara perbulan sedangkan upah merupakan pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan pelaksana (buruh) umumnya dibayarkan berdasarkan hari kerja, jam kerja atau jumlah suatu produk yang dihasilkan oleh karyawan. Gaji pada dasarnya dapat mempengaruhi tingkah laku tenega kerja itu sendiri.

Kedisiplinan merupakan cerminan dari besarnya tanggung jawab seorang pegawai terhadap tugas – tugas yang diberikan kepadanya. Hal ini mendorong gairah kerja, semangat kerja dan akan terwujudnya peningkatan kinerja pegawai itu sendiri. Semakin baik disiplin para pegawai, semakin tinggi prestasi dan peningkatan kinerjanya. Dengan demikian setiap pegawai mengetahui bahwa disiplin dalam bekerja merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai itu sendiri. Menurut Fathoni (2006 : 126) kedisiplinan adalah kesadaran dan kesediaan seseorang menaati semua peraturan perusahaan dan norma – norma sosial yang berlaku.
Peranan kepemimpinan adalah sikap seorang pemimpin dalam memperhatikan kinerja para pegawainya dan moral para pegawai. Seorang pemimpin harus dapat mengkoordinir para karyawan agar selalu mengikuti peraturan – peraturan yang sudah ditetapkan. Seorang pemimpin juga harus mampu memotivasi para karyawannya agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, seperti kebiasaan terlambat dan sering absent yang mengakibatkan tehambatnya tujuan perusahaan itu sendiri.
Komunikasi adalah hubungan interaksi antara karyawan – karyawan yang terlibat dalam satu organisasi. Komunikasi akan memungkinkan setiap anggota organisasi untuk saling membantu, dan saling mengadakan interaksi. Komunikasi memberikan pemahaman pada tugas yang berubah dan pemberian informasi serta pendapat para karyawan terhadap pekerjaan yang mereka kerjakan. Tanpa adanya komunikasi yang baik, maka akan sulit mengadakan koordinasi.
Lingkungan tempat kerja akan berdampak kepada tingkat emosional para pegawai. Kondisi seorang pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya tergantung
kepada kondisi lingkungan tempat pegawai itu sendiri bekerja(seperti lungkungan yang menarik, bersih, aman dan nyaman).
Fasilitas secara umum merupakan berkumpulnya orang, material, mesin, dan sebagainya untuk mencapai tujuan dari suatu industri barang atau jasa. Sedangkan fasilitas kerja merupakan suatu bentuk pelayanan perusahaan terhadap karyawan agar menunjang kinerja dalam memenuhi kebutuhan karyawan, sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja karyawan. Fasilitas harus dapat diatur dengan baik agar tujuan untuk memproduksi atau menyediakan jasa dengan biaya rendah, kualitas tinggi., dan menggunakan sumber daya yang minimal tercapai.
Dengan mengetahui apa saja faktor – faktor yang dapat meningkatkan kinerja pegawai tidaklah cukup tetapi dalam melihat peningkatan kinerja seorang pegawai, kita juga harus melihat dan memahami terlebih dahulu apa arti sebenarnya dari kinerja, apa saja indikator - indikator yang dapat dilihat dalam mengukur kinerja pegawai, serta apa ukuran kinerja yang ditetapkan oleh atasan (pimpinan) kepada karyawannnya (pegawai).
Fakultas Ekonomi  merupakan salah satu fakultas yang terbesar di . Fakultas Ekonomi adalah fakultas pertama yang dimiliki  bersama – sama dengan Fakultas Kedokteran dan tahun 1961 Fakultas Ekonomi mulai membuka dan menerima mahasiswa.
Fakultas Ekonomi USU merupakan sebuah instansi yang menghasilkan jasa pendidikan non- profit ( tidak berorientasi pada perolehan laba ) dan berusaha melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yaitu menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan bermanfaat.

Fakultas Ekonomi dari awal berdiri hingga sekarang menaungi dua jenjang program pendidikan, yaitu program pendidikan Strata-1 dan program Pendidikan Ahli Madia Diploma-III.
jumlah mahasiswa tahun 2008 Program S1 sebanyak 531 dan pada tahun 2009 sebanyak 646 sehingga mengalami peningkatan sebesar 17,8%. Dan pada program Diploma pada tahun 2008 sebanyak 398 dan pada tahun 2009 sebanyak 328
yang mengalami penurunan sebesar 15,8% yang disebabkan karena adanya penurunan kelulusan tingkat SMU.

Pada table 1.2 jumlah mahasiswa lulus Program S1 pada tahun 2008 sebesar 511 dan pada tahun 2009 sebesar 959. Dan pada program Diploma pada tahun 2008 jumlah mahasiswa yang lulus sebanyak 357 dan pada tahun 2009 sebanyak 600.
Fakultas Ekonomi memiliki jumlah pegawai yang dimiliki 56 orang dan 113 dosen.
Data-data tersebut memperlihatkan jarak yang cukup besar antara jumlah mahasiswa dengan jumlah pegawai yang dimiliki oleh Fakultas Ekonomi. Hal ini tentu

saja membutuhkan kinerja yang tinggi dari para pegawainya. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengkaji tentang “ Peningkatan Kinerja Pegawai pada Bagian Kepegawaian Fakultas Ekonomi ”.
2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan diatas maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut “Bagaimana kinerja pegawai pada bidang kepegawaian di Fakultas Ekonomi USU dan usaha apa saja yang telah dilakukan oleh fakultas untuk meningkatkan kinerja para pegawainya”.
3. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja para pegawai dan usaha - usaha apa saja yang telah dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dalam meningkatkan kinerja pegawainya pada bagian kepegawaian.
4. Manfaat Penelitian.
1. Bagi Fakultas Ekonomi.
Sebagai bahan masukan dan pertimbangan kepada Perguruan tinggi khususnya Fakultas Ekonomi agar dapat menyediakan dan meningkatkan factor – factor yang dapat menunjang peningkatan kinerja pegawai.
2. Bagi Penulis.
Menambah pengetahuan dan wawasan penulis mengenai fakta – fakta yang dapat meningkatkan kinerja pegawai/ karyawan.
5. Rencana Penelitian.

Penelitian ini dilakukan dibagian Kepegawaian Fakultas Ekonomi  JL. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya, jadwal kegiatan ini dapat dilihat pada table 1.3.
Penulisan Tugas Akhir ini melalui tahapan sebagai berikut :
Persiapan
Penelitian dan pengumpulan data
Melakukan penulisan Tugas Akhir
Jadwal Kegiatan Penelitian Tugas Akhir tabel 1.3
NO
Kegiatan
Waktu
Januari
Februari
Maret
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Persiapan
2
Penilitian
3
Melakukan penulisan Tugas Akhir
6. Rencana Isi.
Tugas akhir ini dibagi atas empat bab dan setiap babnya dibagi atas beberapa subbab antara lain :
BAB I : Pendahuluan.
Pada bab ini dijelaskan mengenai latar belakang dari judul yang dipilih, perumusan masalah seperti “Apasajakah faktor –faktor yang perlu ditingkatkan, ditinjau dari indicator kinerja pegawai serta standarisasi pengukuran kinerja pegawai oleh para pimpinan pada bagian kepegawaian pada Fakultas Ekonomi

guna peningkatan kinerja para pegawai”, tujuan dari penelitian, rencana penulisan yang mencakup jadwal penelitian dan pencarian data – data.
BAB II : Profil Perusahaan.
Pada bab ini, penulis menjelaskan mengenai sejarah ringkas tempat dimana penulis melakukan penelitian dan pencarian data, dimana tempat itu adalah Fakultas Ekonomi , struktur organisasi dan Job Description yang ada pada Fakultas Ekonomi, jenis kegiatan – kegiatannya, kinerja usaha terkini, dan rencana kegiatan Fakultas Ekonomi .
BAB III : Pembahasan.
Pada bab ini, penulis menjelaskan hasil dari penelitian mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan judul tugas akhir. Pembahasan disini berupa factor – factor yang berhubungan dengan peningkatan kinerja pegawai, indicator pengukuran kinerja pegawai, serta standard pengukuran kinerja pegawai pada bagian kepegawaian FE USU.
BAB IV : Kesimpulam.
Pada bab ini, penulis mencoba menjelaskan tentang kesimpulan yang merupakan inti dari pembahasan penelitian dan memberikan saran yang bertitik tolak dari pengumpulan data yang dapat membangun bagi Fakultas Ekonomi  dimasa yang akan dating.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi