Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: Peranan Anggaran Belanja Sebagai Alat Perencanaan pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
Perkembangan kondisi perekonomian yang semakin pesat baik di dalam maupun di luar negeri dewasa ini menimbulkan persaingan ketat baik dalam dunia usaha. Setiap perusahaan yang ingin tetap bertahan dan ingin mengembangkan dirinya dalam kondisi yang demikian, dituntut untuk dapat mengantisipasi dan megnendalikan faktor-faktor yang ingin mempengaruhi kelancaran operasi perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya.

Dalam perusahaan banyak cara dan alat yang digunakan untuk mengurangi kesalahan dan penyimpangan dalam menjalankan kegiatan perusahaan. Salah satunya adalah manajemen dan system pengendalian. Dalam melaksanakan manajemen tersebut maka dibutuhkan suatu anggaran atau perencanaan.
Perencanaan yang dimaksud merupakan pemilihan alternative yang memungkinkan untuk dilaksanakan di masa depan dengan pertimbangan tujuan yang dicapai dengan sumber ekonomi yang dimiliki. Adanya perencanaan akan menjadi panduan perusahaan dalam menjalankan semua kegiatan usaha yang akan dilakukan di depan. Dengan kata lain, anggaran merupakan rencana yang tersusun secara sistematis atas setiap kegiatan dan aktifitas perusahaan dalam menjalankan tingkat likuiditasnya.
Dalam suatu perusahaan, perencanaan merupakan standar dalam anggaran (butget). Berasil atau tidaknya suatu perusahaan dalam
mencapai tujuan, umumnya ditandai dengan kemajuan manajemen dalam melihat kemungkinan dan kesempatan di masa mendatang. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sperencanaan dan pengawasan yang harus di susun secara teliti, penuh pertimbangan serta disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan perusahaan pada saat ini.
Perlunya anggaran oleh Fakultas Ekonomi  adalah untuk dapat menjabarkan perencanaan, pengawasan, pengendalian, koordinasi dan sebagai pedoman kerja secara sistematis, selain itu juga untuk mengetahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi untuk meningkatkan tanggung jawab di masing-masing karyawan atas pekerjaan yang menjadi kewajibannya. Anggaran harus terorganisasi rapi, komprehensif dan berada pada batas-batas tertentu berdasarkan hasil yang diperoleh sebelumnya.
Begitu pula degnan suatu institusi pendidikan yang merupakan suatu badan hokum Milik Negara seperti  pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi yang memiliki anggaran belanja sebagai rincian dan jenis pengeluaran/penggunaan dana masyarakat guna belanja berbagai keperluan perusahaan. Dalam anggaran ini terdapat berbagai jenis mata anggaran sesuai dengan perencanaan kebutuhan Program Diploma III Fakultas Ekonomi. Yang diharapkan dapat mendukung kelangsungan kegiatan pendidikan dan mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Akan tetapi jika aktivitas yang dilakukan tidak sesuai dengan perencanaan yang dibuat maka diperlukan tindakan korektif terhadap hal penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dapat segera diatasi sehingga apa yang menjadi tujuan Fakultas Ekonomi akan tetap dapat
tercapai. Adapun faktor-faktor yang turut mempengaruhi Anggaran Belanja pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi adalah laju pertumbuhan enrollment, inflasi, pengembangan program, dan perbaikan serta peningkatan strategi belajar mengajar.
Kegiatan perencanaan yang di laksanakan harus memadai sesuai degnan besarnya perusahaan/lembaga tersebut. Kegiatan-kegiatan yang ada dalam perusahaan atau organisasi merupakan kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Apabila terjadi penyimpangan-penyimpangan perbedaan dalam anggaran belanja maka diperlukan suatu tindakan koreksi terhadap penyimpangan tersebut sehingga penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dapat segera diatasi sehingga apa yang menjadi tujuan Fakultas Ekonomi  akan tetap dapat tercapai.
Melihat begitu pentingya perencanaan dalam peranan anggaran belanja bagi lembaga Perguruan Tinggi dalam menjalankan oiperasinya dan mencapai tujuan atau sasaran yang ditentukan, oleh karena itu, penulis tertarik ingin mengkaji dan mebahasnya melalui penelitian dengan judul “Peranan Anggaran Belanja Sebagai Alat Perencanaan Pada Program Diploma III Pada Fakultas Ekonomi ”.

B.Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah :
1. Apakah anggaran perusahaan itu berfungsi sebagai alat pedoman kerja?
2. Apakah anggaran yang dibuat perusahaan itu berfungsi sebagai alat pengkoordinasian?
3. Apakah anggaran yang dibuat perusahaan itu berfungsi sebagai alat pengawasan?
C. Tinjauan Penelitian
Adapun tujuan penulis mengadakan penelitian adalah :
1. Untuk memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan perkuliahaan pada Diploma III Fakultas Ekonomi .
2. Untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai peranan anggaran belanja sebagai alat perencanaan pada program Diploma III Fakultas Ekonomi
D. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian adalah sebagai berikut :
1. Bagi instansi yang diteliti sebagai bahan masukan untuk pengambilan keputuasan.
2. Bagi penulis untuk menambah ilmu pengetahuan penulis dengan membandingkan teori-teori yang diperoleh selama perkuliahan dan juga untuk mengetahui sejauh mana peranan anggaran belanja yang disusun

Diploma III Fakultas Ekonomi  sebagai alat perencanaan.
3. Bagi peneliti sebagai bahan pembanding untuk melakukan penelitian di masa yang akan datang.
Sistematika Penulisan
Adapun rincian Sistematika Penulisan:
a. BAB I : PENDAHULUAN
Menguraikan Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Maksut dan Tujuan, Rencana Penulisan yang terdiri dari Jadwal, Survei/Observasi dan Rencana Isi.
b. BAB II : PROFIL PERUSAHAAN
Menguraikan sejarah singkat perusahaan, Struktur Organisasi, Job Description, Jaringan Usaha/Kegiatan, Kinerja Usaha Terkini, dan Rencana Kegiatan
c. BAB III : TOPIK PENELITIAN
Menguraikan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu mengenai Peranan Anggaran Belanja Sebagai Alat Perencanaan pada Diploma III Fakultas Ekonomi
d. BAB IV : Menguraikan Kesimpulan dan Saran terhadap hasil penelitian.dimana diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi fakultas Ekonomi  di masa yang akan datang.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi