BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Sumber Daya
Manusia atau SDM adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam mewujudkan
tujuan organisasi yaitu memaksimalkan laba. Tenaga kerja memberi sumbangan
berupa tenaga, pikiran, pengalaman, dan keahlian. Hal ini berarti dalam suatu
organisasi faktor tenaga kerja merupakan masalah yang kompleks, sehingga
dibutuhkan usaha untuk memelihara dan mengembangkanya agar dapat bekerja sesuai
dengan yang diharapkan organisasi.
Suatu organisasi
perlu didukung oleh pegawai yang berkualitas dan profesional. Agar pegawai
dapat mempunyai prestasi kerja yang baik, organisasi sangat perlu memperhatikan
kompensasi yang diberikan kepada pegawai. Menurut Wibowo (2007:133) : “Kompensasi
adalah kontra prestasi terhadap penggunaan tenaga atau jasa yang telah
diberikan oleh tenaga kerja.”
Kompensasi
berkaitan juga dengan rasa keadilan antar para pegawai didalam satu organisasi
maupun antar para pegawai didalam beberapa organisasi. Dalam kondisi tertentu
insentif dan bonus merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kinerja
pegawai, tetapi dalam kondisi dan waktu yang lain mungkin tidak demikian. Untuk
itu setiap kelompok dan tingkatan dalam struktur organisasi dimungkinkan harus
ada strategi, kebijakan, dan sistem imbalan yang berbeda.
Seorang pimpinan
didalam organisasi harus dapat membina hubungan baik dengan pegawai, dengan
cara memberikan insentif, gaji, honor, lembur, bonus dan tunjangan- tunjangan
kesejahteraan para pegawai. Karena pada hakekatnya tenaga kerja akan lebih
produktif apabila tenaga kerja tersebut menerima gaji dan honor yang
seimbang dengan
pekerjaan yang telah mereka kerjakan. Namun tunjangan- tunjangan tersebut tidak
diberikan organisasi secara cuma-cuma. Para pegawai harus mampu menunjukkan
prestasi yang dimilikinya selama ia bekerja di organisasi tersebut.
Maka dalam hal
ini, gaji, honor, dan insentif sangat besar sekali pengaruhnya karena dapat
mempengaruhi sifat tingkah laku tenaga kerja dalam melaksanakan beban yang
menjadi tanggung jawab. Masalah ini tidak saja menyangkut berapa jumlah uang
yang diterima, melainkan menyangkut beban pekerjaan maupun berkaitan dengan
moral dan tanggung jawab organisasi terhadap kehidupan para karyawan dan
keluarganya. Karena itu, tidak menutupi kemungkinan bila perusahaan tidak dapat
memenuhinya, maka para karyawan tersebut sanggup melakukan kegiatan yang
merugikan perusahaan.
Gaji, Honor, dan
insentif tidak saja sekedar cara untuk memuaskan kebutuhan fisik, melainkan
juga merupakan pengakuan dan rasa mencapai sesuatu. Gaji dan honor merupakan
salah satu alat motivasi untuk bekerja lebih keras dan berdampak dalam
mengurangi pergantian pegawai.
Fakultas Ekonomi
sebagai instusi dibidang pendidikan,
dimana di dalamnya terdiri dari beberapa kepala bagian, dan masing- masing
bagian memiliki jumlah pegawai dan staf pengajar yang cukup banyak sehingga di
dalam memberikan gaji, honor, dan insentif memerlukan program penimbangan
prestasi yang efektif yang digunanakan untuk menentukan siapa yang harus
dinaikan pangkatnya atau mendapatkan kenaikan gaji sesuai dengan prestasi yang
telah dimilikinya selama ia bekerja. Sesuai dengan surat keputusan Rektor no : 237/H5.1.R/SK/KEU/2010 tentang Penetapan
Satuan Biaya Pembayaran Honorarium Kesejahteraan/ Insentif Unsur Pelaksanaan
Akademik/Administarsi
dan Pengelola Manajemen Perguruan Tinggi Fakultas/Unit Kerja Dilingkungan ..
Berdasarkan
uraian diatas, maka penulis merasa tertarik untuk membahas lebih detail lagi
mengenai pengaruh pemberian gaji, honor dan insentif terhadap kinerja karyawan.
Oleh karena itu penulis mengambil judul : “ Pengaruh Pemberian Gaji,Honor
dan Insentif Terhadap Kinerja Pegawai Pada Fakultas Ekonomi .”
B. Perumusan
Masalah
Penghargaan
dalam bentuk uang merupakan motivasi utama bagi kebanyakan pegawai. Hal ini
disebabkan dapat membantu memenuhi kebutuhan- kebutuhan fisik tingkat rendah
dan juga kebutuhan- kebutuhan tingkat tinggi prihal pengakuan dan prestasi.
Tetapi apakah penghargaan atau tunjangan tersebut berpengaruh dalam merangsang
kinerja pegawai di dalam organisasi unuk masa kini dan masa yang akan datang.
Maka rumusan masalah dalam tugas akhir ini adalah :
1. Bagaimanakah
pengaruh pemberian gaji, honor dan insentif terhadap kinerja pegawai Fakultas
Ekonomi ?
C. Tujuan
penelitian
Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk
mengetahui bagaimana pengaruh gaji, honor,dan insentif terhadap kinerja pegawai
di Fakultas Ekonomi
2. Untuk
mengetahui bagaimana Fakultas Ekonomi dalam meningkatkan kinerja pegawainya.
D. Manfaat
Penelitian
Adapun manfaat
penelitian yang di lakukan pada Fakultas Ekonomi adalah sebagai berikut :
1. Bagi
Instansi, dapat memberikan masukan kepada Fakultas Ekonomi
2. Bagi Penulis,
berguna untuk mengetahui perbedaan yang ada antara praktek yang dilakukan oleh
perusahaan dengan teori bangku perkuliahan dan melalui buku- buku perpustakaan
3. Bagi Peneliti
lain, sebagai masukkan atau referensi bagi pembaca untuk membantu penulisan
tugas akhir.
E. Sistematika
Pembahasan
Sistematika
pembahasan merupakan suatu gambaran singkat untuk membedakan pembahasan,
memudahkan pembahasan dan perincian sehingga data- data yang relevan dalam
skripsi minor ini, maka penulis merinci sistematika penulisan seperti di bawah
ini :
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini
menyajikan latar belakang masalah, rumusan masalah, maksud dan tujuan, dan
rencana penulisan.
BAB II PROFIL FE
USU
Dalam bab ini
akan diuraikan sejarah singkat, struktur organisasi, job description pada FE
USU, jaringan usaha atau kegiatan, kinerja usaha terkini, serta rencana
kegiatan yang akan dilaksanakan
BAB III
PEMBAHASAN
Dalam bab ini
akan diuraikan mengenai pengaruh pemberian gaji, upah, dan insentif terhadap
kinerja karyawan FE USU
BAB IV PENUTUP
Dalam bab ini
berisi kesimpulan dan saran
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi