BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Mendirikan
suatu usaha dengan menanamkan sejumlah modal sudah tentu mempunyai
tujuan-tujuan tertentu.Tujuan tersebut dapat bersifat social dan dapat pula
bersifat bisnis. Suatu perusahaan dapat berjalan lancar dan berkembang baik
dalam lingkungan yang penuh resiko dan ketidak pastian membutuhkan kebijakan.
Pemasaran sangat penting dalam setiap mengambil kebijakan dalam menunjang
efektivitas penjualan perusahaan baik besar maupun kecil sehingga setiap
pemasaran akan dapat di input agar dapat mengambil
setiap kebijakan yang di
anggap penting dan perlu bagi perusahaan. Dalam dunia usaha saat ini,
diperlukan berbagai aspek untuk menunjang keberhasilan suatu perusahaan agar
dapat bersaing sehingga dapat meningkatkan profit atau laba perusahaan secara continue.
Agar perusahaan dapat berhasil dalam memasarkan produknya, perusahaan harus
mampu mengembangkan produk yang dipasarkan sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan konsumen. Sehinggah dapat bertahan dan sedapat mungkin berkembang dalam
situasi persaingan yang sedemikian rupa, maka perusahaan harus dapat selalu
tanggap terhadap lingkungannya baik secara external maupun secara internal
dalam usaha merebut pasar.
1
Keberhasilan
suatu produk dilihat dari keadaan distribusi, dengan demikian harus yakin bahwa
produk baru tersebut memang sesuai dengan minat konsumen
dimana perusahaan bisa memproduksinya
dengan kualitas yang sama baiknya dengan produk-produk lamanya. Untuk
mengurangi resiko kegagalan, biasanya dilakukuan tes market terlebih dahulu,
artinya produk baru ini dicoba dipasarkan dan sambil dimonitor sejauh mana
pasar / konsumennya. Setelah mempelajari tes market dan modofikasi produk
apabila diperlukan, narulah produk dipasarkan di pasar yang lebih luas.
Diversifikasi produk menggambarkan dan karakteristik menyeluruh dari barang,
jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan yang ditentukan.
Diversifikasi produk lebih menekankan aspek kepuasan pengguna. Didalam
pemasaran dapat memberikan suatu dorongan kepada pengguna barang atau jasa
untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan melalui pengenalan
berbagai produk. Untuk upaya mencari dan mengembangkan produk pasar maupun
keduanya dalam rangka mengejar pertumbuhan.
Suatu keanekaragaman jenis produk atau varian-varian yang
baru diluncurkan oleh perusahaan guna menjawab permintaan pasar atau konsumen,
ditengah tingginya persaingan dengan perusahaan yang juga memasarkan produk
sejenis. Dengan demikian diversifikasi produk sangat menentukan volume
penjualan produk. Menggunakan strategi diversifikasi akan menjadi paling
kompleks implikasinya, karena bagi perusahaan ini akan menjadi pengalaman
buruk, baik dari segi pasar maupun dari segi produknya. Pada dasarnya keputusan
untuk melakukan diversifikasi akan mengandung resiko bisnis yang tinggi.
Perusahaan harus melakukan studi kelayakan terlebih dahulu.
Sebelum mengambil keputusan
diversifikasi, perlu dipertimbangkan terlebih dahulu strategi yang lain. Bagaimana
potensi produk untuk dikembangkan di pasar lama, karena bias jadi masih banyak
yang bisa digarap disana. Pilihan berikutnya perkembangan produk yang sudah ada
ke pasar yang baru, pertimbangan juga untuk memasarkan produk baru tersebut di
pasar yang lama.Tentunya diversifikasi tidak selalu menjadi satu-satunya
pilihan strategi bagi perusahaan yang sering dilaksanakan strategi
diversifikasi dikombinasikan dengan satu dari strategi lainnya, dikembangkan di
pasar lama atau di pasar baru. Tergantung dari kesiapan perusahaan yang dapat
dilihat dari konsumen, keuangan, dan waktu. Efektifitas menunjukkan usaha atau
serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk dapat mencapai tujuan atau sasaran
yang telah ditentukan sebelumnya. Namun demikian suatu tujuan yang akan diraih
akan lebih efektif jika diserati dengan rencana yang matang dan didukung pula
dengan adanya sarana dan presarana yang ada sekaligus memiliki tindakan yang
efektif, sebab tindakan yang efektif ini suatu proses pencapaian tujuan bila
memperhitungka tingkat pengorbanan yang diperlukan.
Secara umum diversifikasi juga perluasan atau pengembangan,
diversifikasi produk dilakukan oleh perusahaan sebagai akibat dilaksanakannya
pengembangan produk, sementara produk lama secara ekonomis masih dapat untuk dipertanhankan.
Setiap strategi mempunyai kelebihan dan kekurangan, sehingga perusahaan perlu
mereview terlebih dahulu strategi mana saja yang bias digunakan dan layak untuk
situasi yang dihadapi saat ini. Dalam melakukuan
proses pemasaran individu-individu
dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara
menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok
lain. Pemasaran juga suatu proses sosial yang tertuju pada pemenuhan kebutuhan
dan keinginan individu (manusia) dimana proses tersebut mencakup penciptaan dan
penukaran. Kebutuhan dan keinginan inilah yang menjadi pengetahuan kita dalam
pemasaran. Perbedaan mendasar dari kebutuhan dan keinginan bahwa kebutuhan
timbul sebagai akibat keadaan biologis manusia itu sendiri, sedangkan keinginan
timbul sebagai akibat adanya kekuatan-kekuatan mendalam. Pemasaran berguna
sebagai suatu system total dari keinginan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan
barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat
ini maupun konsumen potensial. Pengguna diversifikasi produk baik akan
meningkatkan tingkat penerapan produk oleh pasar, maka produk terhadap produk
yang dipasarkan akan semakin terbuka luas, sehingga produk dengan mudah dan
dapat dipasarkan serta dapat memperoleh keuntungan yang sesuai.
Dalam pemahaman subjektif dari produsen atas sesuatu yang
biasa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui
pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen.kompetensi dan kapasitas organisasi
serta daya beli pasar. Produk dapat diidentifikasi sebagai persepsi konsumen
yang dijabarkan oleh produsen melalui hasil produksinya.
Dari uraian diatas, penulis merasakan
tertarik meneliti permasalahan dan menetapkan judul penelitian yaitu: “Peranan
diversifikasi produk terhadap efektivitas penjualan di PT. Indofood Sukses
Makmur Tanjung Morawa”. B. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah:
"Bagaimana peranan diversifikasi produk terhadap efektivitas penjualan di
PT. Indofood Sukses Makmur Tanjung Morawa”. C. Tujuan Penelitian Setiap
pelaksanaan suatu kegiatan harus mempunyai tujuan terentu. Adapun tujuan
penelitian masalah sebagai berikut:
1. untuk mengaplikasi pengetahuan
ilmu pemasaran dan ilmu lainnya yang telah diperoleh pada waktu kuliah dalam
memecahkan masalah persoalan yang mungkin akan dihadapi dalam peneliatian
perusahaan.
2. untuk mengetahui bagaimana peranan diversifikasi produk
terhadap penjualan di PT. Indofood Sukses Makmur Tanjung Morawa
D. Manfaat penelitian Adapun manfaat penelitian ini adalah :
1. untuk menambah wawasan dan pengetahuan penulis tentang
diversifikasi produk terhadap efektivitas penjualan yang dilakukan di PT. Indofood
Sukses Makmur Tanjung Morawa.
2. Sebagai pendekatan dalam pemecahan
masalah serta sebagai bahan kepada pihak perusahaan dalam menghadapi masalah
diversifikasi produk.
3. Sebagai bahan masukan bagi semua pihak yang berkepentingan
tentang diversifikasi produk.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi