Rabu, 12 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERANAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP EFEKTIVITAS PENJUALAN DI PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR


 BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang Masalah
Mendirikan suatu usaha dengan menanamkan sejumlah modal sudah tentu mempunyai tujuan-tujuan tertentu.Tujuan tersebut dapat bersifat social dan dapat pula bersifat bisnis. Suatu perusahaan dapat berjalan lancar dan berkembang baik dalam lingkungan yang penuh resiko dan ketidak pastian membutuhkan kebijakan. Pemasaran sangat penting dalam setiap mengambil kebijakan dalam menunjang efektivitas penjualan perusahaan baik besar maupun kecil sehingga setiap pemasaran akan dapat di input agar dapat mengambil
setiap kebijakan yang di anggap penting dan perlu bagi perusahaan. Dalam dunia usaha saat ini, diperlukan berbagai aspek untuk menunjang keberhasilan suatu perusahaan agar dapat bersaing sehingga dapat meningkatkan profit atau laba perusahaan secara continue. Agar perusahaan dapat berhasil dalam memasarkan produknya, perusahaan harus mampu mengembangkan produk yang dipasarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehinggah dapat bertahan dan sedapat mungkin berkembang dalam situasi persaingan yang sedemikian rupa, maka perusahaan harus dapat selalu tanggap terhadap lingkungannya baik secara external maupun secara internal dalam usaha merebut pasar.
1
Keberhasilan suatu produk dilihat dari keadaan distribusi, dengan demikian harus yakin bahwa produk baru tersebut memang sesuai dengan minat konsumen

dimana perusahaan bisa memproduksinya dengan kualitas yang sama baiknya dengan produk-produk lamanya. Untuk mengurangi resiko kegagalan, biasanya dilakukuan tes market terlebih dahulu, artinya produk baru ini dicoba dipasarkan dan sambil dimonitor sejauh mana pasar / konsumennya. Setelah mempelajari tes market dan modofikasi produk apabila diperlukan, narulah produk dipasarkan di pasar yang lebih luas. Diversifikasi produk menggambarkan dan karakteristik menyeluruh dari barang, jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan yang ditentukan. Diversifikasi produk lebih menekankan aspek kepuasan pengguna. Didalam pemasaran dapat memberikan suatu dorongan kepada pengguna barang atau jasa untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan melalui pengenalan berbagai produk. Untuk upaya mencari dan mengembangkan produk pasar maupun keduanya dalam rangka mengejar pertumbuhan.
Suatu keanekaragaman jenis produk atau varian-varian yang baru diluncurkan oleh perusahaan guna menjawab permintaan pasar atau konsumen, ditengah tingginya persaingan dengan perusahaan yang juga memasarkan produk sejenis. Dengan demikian diversifikasi produk sangat menentukan volume penjualan produk. Menggunakan strategi diversifikasi akan menjadi paling kompleks implikasinya, karena bagi perusahaan ini akan menjadi pengalaman buruk, baik dari segi pasar maupun dari segi produknya. Pada dasarnya keputusan untuk melakukan diversifikasi akan mengandung resiko bisnis yang tinggi. Perusahaan harus melakukan studi kelayakan terlebih dahulu.

Sebelum mengambil keputusan diversifikasi, perlu dipertimbangkan terlebih dahulu strategi yang lain. Bagaimana potensi produk untuk dikembangkan di pasar lama, karena bias jadi masih banyak yang bisa digarap disana. Pilihan berikutnya perkembangan produk yang sudah ada ke pasar yang baru, pertimbangan juga untuk memasarkan produk baru tersebut di pasar yang lama.Tentunya diversifikasi tidak selalu menjadi satu-satunya pilihan strategi bagi perusahaan yang sering dilaksanakan strategi diversifikasi dikombinasikan dengan satu dari strategi lainnya, dikembangkan di pasar lama atau di pasar baru. Tergantung dari kesiapan perusahaan yang dapat dilihat dari konsumen, keuangan, dan waktu. Efektifitas menunjukkan usaha atau serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk dapat mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Namun demikian suatu tujuan yang akan diraih akan lebih efektif jika diserati dengan rencana yang matang dan didukung pula dengan adanya sarana dan presarana yang ada sekaligus memiliki tindakan yang efektif, sebab tindakan yang efektif ini suatu proses pencapaian tujuan bila memperhitungka tingkat pengorbanan yang diperlukan.
Secara umum diversifikasi juga perluasan atau pengembangan, diversifikasi produk dilakukan oleh perusahaan sebagai akibat dilaksanakannya pengembangan produk, sementara produk lama secara ekonomis masih dapat untuk dipertanhankan. Setiap strategi mempunyai kelebihan dan kekurangan, sehingga perusahaan perlu mereview terlebih dahulu strategi mana saja yang bias digunakan dan layak untuk situasi yang dihadapi saat ini. Dalam melakukuan

proses pemasaran individu-individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lain. Pemasaran juga suatu proses sosial yang tertuju pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan individu (manusia) dimana proses tersebut mencakup penciptaan dan penukaran. Kebutuhan dan keinginan inilah yang menjadi pengetahuan kita dalam pemasaran. Perbedaan mendasar dari kebutuhan dan keinginan bahwa kebutuhan timbul sebagai akibat keadaan biologis manusia itu sendiri, sedangkan keinginan timbul sebagai akibat adanya kekuatan-kekuatan mendalam. Pemasaran berguna sebagai suatu system total dari keinginan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial. Pengguna diversifikasi produk baik akan meningkatkan tingkat penerapan produk oleh pasar, maka produk terhadap produk yang dipasarkan akan semakin terbuka luas, sehingga produk dengan mudah dan dapat dipasarkan serta dapat memperoleh keuntungan yang sesuai.
Dalam pemahaman subjektif dari produsen atas sesuatu yang biasa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen.kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli pasar. Produk dapat diidentifikasi sebagai persepsi konsumen yang dijabarkan oleh produsen melalui hasil produksinya.

Dari uraian diatas, penulis merasakan tertarik meneliti permasalahan dan menetapkan judul penelitian yaitu: “Peranan diversifikasi produk terhadap efektivitas penjualan di PT. Indofood Sukses Makmur Tanjung Morawa”. B. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah: "Bagaimana peranan diversifikasi produk terhadap efektivitas penjualan di PT. Indofood Sukses Makmur Tanjung Morawa”. C. Tujuan Penelitian Setiap pelaksanaan suatu kegiatan harus mempunyai tujuan terentu. Adapun tujuan penelitian masalah sebagai berikut:
1. untuk mengaplikasi pengetahuan ilmu pemasaran dan ilmu lainnya yang telah diperoleh pada waktu kuliah dalam memecahkan masalah persoalan yang mungkin akan dihadapi dalam peneliatian perusahaan.
2. untuk mengetahui bagaimana peranan diversifikasi produk terhadap penjualan di PT. Indofood Sukses Makmur Tanjung Morawa

D. Manfaat penelitian Adapun manfaat penelitian ini adalah :
1. untuk menambah wawasan dan pengetahuan penulis tentang diversifikasi produk terhadap efektivitas penjualan yang dilakukan di PT. Indofood Sukses Makmur Tanjung Morawa.



2. Sebagai pendekatan dalam pemecahan masalah serta sebagai bahan kepada pihak perusahaan dalam menghadapi masalah diversifikasi produk.
3. Sebagai bahan masukan bagi semua pihak yang berkepentingan tentang diversifikasi produk.


  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi