BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Sumber
Daya Manusia atau SDM adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam
mewujudkan tujuan organisasi yaitu memaksimalkan laba.Tenaga kerja memberi
sumbangan berupa tenaga,pikiran,pengalaman,dan keahlian.Hal ini berarti dalam
suatu organisasi faktor tenaga kerja merupakan masalah yang kompleks,sehingga
dibutuhkan usaha untuk memelihara dan mengembangkannya agar dapat bekerja
sesuai dengan yang diharapkan organisasi.
Suatu
organisasi perlu didukung oleh pegawai yang berkualitas dan profesional.Agar
pegawai dapat mempunyai prestasi kerja yang baik,organisasi sangat perlu
memperhatikan kompensasi yang diberikan kepada pegawai.Kompensasi adalah kontra
prestasi terhadap pengguna tenaga atau jasa yang telah diberikan oleh tenaga
kerja(Wibowo : 134).
Seorang
pimpinan didalam organisasi harus dapat membina hubungan baik dengan
pegawai,dengan cara memberikan insentif,gaji,honor,lembur,bonus dan
tunjangan-tunjangan kesejahteraan para pegawai.Karena pada hakekatnya tenaga
kerja akan lebih produktif apabaila tenaga kerja tersebut menerima gaji dan
honor yang seimbang dengan pekerjaan yang telah mereka kerjakan.Namun
tunjangan-tunjangan tersebut tidak diberikan organisasi secara cuma-cuma.Para
pegawai harus mampu menunjukan prestasi yang dimiliknya selama ia bekerja di
organisasi tersebut.
1
Universitas
Sumatera Utara
Maka dalam hal ini,gaji,honor,dan insentif
sangat besar sekali pengaruhnya karena dapat mempengaruhi sifat tingkah laku
tenaga kerja dalam melaksanakan beban menjadi tanggung jawab.Masalah ini tidak
saja menyangkut berapa jumlah uang yang diterima,melainkan beban yang menjadi
tanggung jawab,melainkan menyangkut beban pekerjaan maupun berkaitan dengan
moral dan tanggung jawab organisasi terhadap kehidupan para karyawan dan
keluarganya.Karena itu,tidak menutupi kemungkinan bila perusahaan tidak dapat
memenuhinya,maka karyawan tersebut dapat melakukan kegiatan atau tindakan yang
dapat merugikan perusahaan. Gaji,honor,dan insentif tidak saja sekedar cara
untuk memuaskan kebutuhan fisik,melainkan juga merupakan pengakuan dan rasa
mencapai sesuatu.Gaji dan Honor merupakan salah satu alat motivasi untuk
bekerja lebih keras dan berdampak dalam mengurangi pergantian pegawai. Fakultas
Ekonomi Universitas Sumatera Utara sebagai institusi dibidang pendidikan,dimana
didalamnya terdiri dari beberapa kepala bagian,dan masing-masing bagian
memiliki jumlah pegawai dan staf pengajar yang cukup banyak sehingga di dalam
memberikan ggaji,honor,dan insentif memerlukan program penimbangan prestasi
yang efektif yang digunakan untuk menentukan siapa yang harus dinaikan
pangkatnya/jabatan atau mendapatkan kenaikan gaji sesuai dengan prestasi yang
telah dimilkinya selama ia bekerja.Sesuai dengan surat keputusan Rektor
Universitas Sumatera Utara No. 237/H5.1.R/SK/KEU/2010 tentang Penetapan Satuan
Biaya Pembayaran Honorarium Kesejahteraan/Insentif Unsur
Universitas
Sumatera Utara
Pelaksanaan Akademik/Administrasi dan
Pengelola Manajemen Perguruan Tinggi Fakultas/Unit Kerja Dilingkungan
Universitas Sumatera Utara. Berdasarkan uraian diatas,maka penulis merasa
tertarik untuk membahas lebih detail lagi mengenai pengaruh pemberian
gaji,honor dan insentif terhadap kinerja karyawan.Oleh karena itu penulis
mengambil judul : “ Pengaruh Pemberian Gaji,Honor dan Insentif Terhadap
Kinerja Karyawan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara”. B. Perumusan
Masalah Penghargaan dalam bentuk uang merupakan motivasi utama bagi
kebanyakan pegawai.Hal ini disebabkan dapat membantu memenuhi
kebutuhan-kebutuhan fisik tingkat rendah dan juga kebutuhan-kebutuhan tingkat
tinggi perihal pengakuan dan prestasi.Tetapi apakah penghargaan atau tunjangan tersebut
berpengaruh dalam merangsang kinerja pegawai di dalam organisasi untuk masa
kini dan masa yang akan datang.Maka rumusan masalah dalam tugas akhir ini
adalah : “ Bagaimanakah pengaruh gaji,honor dan insentif terhadap kinerja
pegawai Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara ? “ C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaji,honor,dan
insentif terhadap kinerja pegawai di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera
Utara.
Universitas
Sumatera Utara
2. Untuk mengetahui bagaimana Fakultas Ekonomi Universitas
Sumatera Utara dalam meningkatkan kinerja pegawainya.
D. Manfaat Penelitian Adapun manfaat penelitian yang dilakukan pada Fakultas
Ekonomi Universitas Sumatera Utara adalah sebagai berikut :
1. Bagi instansi,dapat memberikan
masukan kepada Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
2. Bagi penulis,berguna untuk
mengetahui perbedaan yang ada antara praktek yang dilakukan oleh perusahaan
dengan teori bangku perkuliahan dan melalui buku-buku perpustakaan.
3. Bagi peneliti lain,sebagai masukkan atau referensi bagi
pembaca untuk membantu penulisan tugas akhir.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi